Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin


15 Comments

rumput tetangga

rumput tetangga memang terlihat hijau..

temen ada yg udah bisa beli mobil.

trus ada juga temen yang ngasih hadiah ulang tahun orang tuanya mobil..

waaaa..

gw disini stress bukan main, ketemu orang tua jarang, mau kawin susah, beli mobil pun tidak bisa..

aaaaa…

yo wes lah, namanya juga dinamika hidup..

alhamdulillah temen udah bisa beli mobil

semoga hartanya berkah dan menjadi amal baik untuk dia dan sekelilingnya..

===

karena satu2 cara agar kita tidak dengki dengan rumput tetangga yang lebih hijau adalah,

mendoakannya.. 🙂

===

oh iya lupa, alhamdulillah temen keterima S2, ada yg di washington, ada yang di milano,

ada juga temen yang nikah..

alhamdulillah.. 🙂


Leave a comment

Khutbah Jum’ah Ramadhan

Jum’ah Khutbah

 

Khutbah 1.

Innal hamda lillah (verily all praise belong to Allah),

Nahmaduhu (we praise Him),

wa nasta’inuhu (and we ask for help from Him),

wanastaghfiruhu (and we ask for forgiveness),

wa na’udzu billahi (and we ask for protection),

min syururi anfusina (from our wickedness),

wa min sayyitaa’malina (and from our bad deeds),

man yahdillahu (whoever given guidance from Allah),

fala mudhillalahu (then no one can mislead him),

wa man yudhlillahu (and whoever given mislead from Allah),

fala hadiyalahu (then no one can give him a guidance),

Asyhadualla ila ha illallahu wahdahula syarikalah

Wa asyhaduanna muhammadan abduhu wa rasuluhu

Allahumma sholli ala Muhammad wa’ala alihi washohbihi ajma’in.

 

Faqolallahu taala fil qur’anil kariim :

[ta’awudz]

 

Ali Imran 102:

An Nisa 1:

Al Ahzab 70-71:

 

Amma ba’du

All praise to Allah, who created human, life and the universe. I bear witness that there is none to be worshipped than Allah, One, with no partners. He sent His Messenger Muhammad (s) with Islam as a guidance and way of life.

 

Dear Jamaah rahimakumullah.

Let us strive to increase our taqwa to Allah s.w.t., just like we try our best to increase our skill in programming, language, hobby, any other hardskill. Just like we try our best to increase our knowledge about economy, politics, theoretical in our field. Just like how we increase those, lets us increase our taqwa to Allah swt. in the same manner how we planned for those target carefully.

 

Today, I would like to speak about Ramadhan, which will be coming soon. Maybe most of us already know the importance of ramadhan, shaum Ramadhan, and the benefit that we will received from Allah with this. There are 3 points I want to share about this.

 

The first one is, what is our reaction when we know that Ramadhan will be coming soon, earlier this year? Please answer this honestly in your heart. I’ll give you 5 second. Okay done. Probably there are two kind of response. The first one is Alhamdulillah. This is a good moment for me to increase my taqwa to Allah swt. hope I could give my best for this Ramadhan. Something like that. The second is “astagfirullah.. oh my god, I am not ready, Ramadhan Y U come too early? Y U come at summer which have longest day and short night? i have exam this july, I have master presentation, I have doctoral presentation, I have any other reason…” something like that.

 

For those who response in number one, Alhamdulillah. At least, this time our Iman is in good condition. so, for those in this category, you can go to point no 2 that I will explain after this. For those in category second (which is not really happy), let us istigfar. Maybe this time our Iman is not in good condition. don’t worry, as long as we truly regret our condition and we want to become a better muslim, hope Allah will forgive us and flip our heart into taqwa person, which ready to face Ramadhan.

 

Because in hadist [Narrated by Tabarani], Rasulullah saw says, “Ramadan has come to you. (It is) a month of blessing, in which Allah covers you with blessing, for He sends down Mercy, decreases sins and answers prayers. In it, Allah looks at your competition (in good deeds), and boasts about you to His angels. So show Allah goodness from yourselves, and for the unfortunate one/person is he who is deprived in (this month) of the mercy of Allah, the Mighty, the Exalted.”

 

Beloved Jemaah rahimakumullah,

After our response is positive to face Ramadhan, the second point is Preparation Principle. Our final goal is not only happy to meet Ramadhan then suddenly tomorrow is Ramadhan and we are not preparing anything. It is not wise for a student like us to face exam/presentation/project meeting without any preparation. How could we have a goal but we don’t make a proper preparation to achieve it? There are no such successful person that success without any preparation.

 

Allah teach us in Qur’an At Taubah 46:

And if they had intended to go forth, they would have prepared for it [some] preparation. But Allah disliked their being sent, so He kept them back, and they were told, “Remain [behind] with those who remain.”

 

Allah told us in those ayat that if you are intended to go forth (jihad), you would have prepared for it. Simple logic. Clear enough. Just like Allah also teach us to prepare for die, anytime.

We still have 3 weeks now, lets prepare our Ramadhan.

 

My brothers rahimakumullah,

 

Point number 3 is the preparation itself, deciding goal and target to achieve. The goal of shaum is taqwa!

O you who believe! Observing As-Saum (the fasting) is prescribed for you as it was prescribed for those before you, that you may become Al-Muttaqun (the pious/righteous)

 

The goal is taqwa. How to achieve it in a specific way? To achieve it, Allah explain the characteristic of taqwa, which is (one of them is) explain in Q.S. Al Anfaal 29.

O you who believe! If you obey and fear Allah, He will grant you Furqan/criterion [(to judge between right and wrong), or (Makhraj, i.e. making a way for you to get out from every difficulty)], and remove from you your misdeeds/sins, and forgive you. and Allah is the Owner of the Great Bounty.

 

There are 3 characteristics:

  1. Yaj’allakum Furqoona
  2. Wayukaffir ankum sayyiatikum
  3. Wayagfirlakum

 

The first is furqoon. Actually it is very long to explain about how to be granted furqoon from Allah, but in short, scholars agree that the ways is we have to increase our knowledge (Al ‘ilmu) about islam. Our purpose of life is ibadah to Allah, to do that, we must have faith (super short meaning of taqwa) to Allah and to have it: by Al ‘ilmu.  So to become taqwa, let us increase our knowledge about islam in this Ramadhan, in every aspect. We could start from the meaning of syahadatain, about shalat, why Allah want us to do shalat, how is the right way to do shalat, etc, about zakat, shaum, hajj, aqidah, sirah, etc. make some target that after this Ramadhan we want to added some knowledge about islam. Hope by doing this, Allah increase our knowledge and ability to furqoon and become taqwa.

 

The second is Allah remove our misdeeds. Wayukaffir ankum sayyiatikum could be achieved by improving our ‘amal ‘ibadah. We are not a perfect human, so we always done misdeeds, but by increasing our ‘amal, then Allah will always bring us always get closed to goodeeds. In this Ramadhan, we could do it by doing more effort on shalat sunnah, recite qur’an, etc. in more condusive time, it should be more easier to us increasing our ‘amal.

 

The third is forgiveness from Allah. This can be done by doing istigfar. The best moment to do istigfar is at the time of sahur (before fajr). This can be seen from Q.S. Ali Imran 17:

(They are) those who are patient ones, those who are true (in Faith, words, and deeds), and obedient with sincere devotion in worship to Allah. Those who spend [give the Zakat and alms in the Way of Allah] and those who pray and beg Allah’s Pardon in the last hours of the night.

 

The most important fact from this ayat is that all the terminology such as shobirin, shodiqin,, is all in the shape of noun. The scholars said that this mean all this deed is not just done in once or twice, or ever been doing this. But this shape means it already become a habit of that person. That’s why, those who have made it until become habits, they are the one who really have taqwa to Allah. That why this explain very much about why Rasulullah, who is the most taqwa person, still doing ‘ibadah and ask for forgiveness from Allah, because, not only He is really grateful to Allah but also its already a habit of taqwa person. In this Ramadhan, we could make this a habit by istigfar at the time after sahur and before fajr, and make it our habit so that we could become taqwa.

 

Allah already explain how to become taqwa, and hope that in this Ramadhan, we could maximize all our ‘amal and become more taqwa more better muslim. Aamiin ya rabbal ‘alamin

 

Aqulu qauli haadza wastagfirullahali walakum.

!!![sit between two khutbah (around 30 second) to make du’a]!!!

 

 

Khutbah 2

 

Alhamdulillahilladzi arsala rosulahu bil huda wadinil haq,

liyudzhirohu ‘aladdini kullihi wakafa billahi syahida,

asyhadu alla ilaha illahu wahdahu laa syarika lahu,

wa asyhadu anna Muhammadan Abduhu warosuluh,

Allahumma sholli ala Muhammad wa’ala alihi washohbihi ajma’in.

amma ba’du

 

Dear Jamaah jum’ah rahimakumullah

In this second khutbah, I just want to simply summarized the first khutbah. Let us face Ramadhan with happy heart, welcoming them, not feeling pressurized from them. And after that, seriously considering about preparation to face it. And the last, defining our goal and target. The goal is already clear and to achieve that is also already mentioned. What we need to do is, for example, make a list of book of islam to increase our knowledge, make a list of ‘amal sunnah that we want to increase, and start making istigfar (dzikrullah) as our habit before fajr so that we could achieve our goal to become taqwa person.

 

As addition, from hadist Al Bukhari:

“Every action of the son of Adam is given manifold reward, each good deed receiving then times its like, up to seven hundred times. Allah the Most High said, ‘Except for fasting, for it is for Me and I will give recompense for it, he leaves off his desires and his food for Me.’ for the fasting person there are two times of joy; a time when he breaks his fast and a time of joy when he meets his Lord, and the smell coming from the mouth of the fasting person is better with Allah than the smell of musk.”

 

As we could see, it is a kind of romantic love story that we could grow in ramadhan. Shaum is special action that the reward is directly from Allah SWT, because we already leave halal thing (eat, drink) only because of Allah SWT.

Let’s make our own love story with Allah this Ramadhan, because we don’t know whether we could meet again with Ramadhan next years.

 

May Allah s.w.t. bless us and our families with taufiq and inayah so that we will be able to meet Ramadhan and giving our best effort for it. Amin Ya Rabbal Alamin.

 

Lets make dua:

Innalloha wa malaikatahu yu sholluna ‘alannabiy.

Yaa ayyuhalladzina amanu shollu ‘alaihi wasallimu taslima.
Allohummaghfirlil muslimina wal muslimat

wal mu’minina wal mu’minat al ahya iminhum wal amwat

birohmatika ya arhamamarrohimin.
Robbana dzolamna anfusana wa illam taghfirlana

wa tarhamna lanakunanna minal khosirin.
Robbana la tuzig kulubana ba’da idz hadaytana

wa hablana mil ladunka rohmatan innaka antal wahhab.
Robbij’alni mukimasholati wamin dzurriyati robbana wa taqobbal du’a.
Robbanaghfirli wali walidayya warhamhuma kama robbayani shogiro
Robbana atina fiddunya hasanah wafil aakhiroti hasanah wakina azabannar.
Subbhana robbika robbil izzati amma yasifun

wassalamun ‘alal mursalin wal hamdulillahirobbil alamin

aqimis shalat


1 Comment

temen lab

 

kalo dipikir2 lagi, gw harus banyak2 bersyukur bisa bertemu teman2 lab gw sekarang ini. walaupun kebanyakan orang jepang tidak terlalu suka diajak ngobrol, tapi klo udah kenal mereka ternyata mereka baik banget.

teman pertama gw di lab adalah tutor lab. dia orang malaysia tapi orang tionghoa. pertama kali saya mulai berdiskusi macam2 tentang lab dengan dia dan dalam bahasa inggris. dia ga prefer ngomong bahasa malaysia karena ingin memperlancar bahasa inggrisnya juga jadilah kita sepakat berkomunikasi dalam bahasa inggris. dia banyak menolong saya dalam penyesuaian di lab, seperti ngapain aja, apa yg harus dilakukan, dan dia juga membantu memberikan pendapatnya tiap kali gw mengalami kebuntuan dalam riset.

kemudian teman internasional lainnya. dua orang dari tionghoa (lagi2). tentu mereka bisa bahasa inggris tapi ga selancar temen saya yang malaysia ini. mereka bahkan lebih mahir bahasa jepangnya dibandingkan bahasa inggrisnya. mereka adalah teman internasional di lab selain tutor saya. yang satu orang sekarang sudah keterima todai dan pindah, yang satu lagi masih di lab bareng saya dan rencana kita akan lulus bareng di september tahun ini. temen yang satu ini, namanya hai, dia baik banget. sering banget ngasih pendapatnya untuk kemajuan riset gw. padahal gw sendiri udh kebingungan dan seperti kehilangan semangat, tapi dia selalu ngasih saran2 sehingga gw jadi semangat lagi. dia lulus master ini akan lanjut bekerja di perusahaan jepang.

selanjutnya adalah teman orang jepang. tidak banyak yang bisa diajak ngobrol, tentu selain kendala bahasa, stereotype orang jepang yang tidak membuka diri kepada orang lain. tapi disini saya dapet beberapa teman yang suka ngobrol seperti hamada, okui, yamazaki, horie, yoshizawa, hosaka, miyashita. sebenarnya ada yang lain tapi jarang bareng ngobrol dengan mereka. mereka adalah orang jepang lab yang pertama saya temui, walaupun sebagian ada yang lulus, akan lulus, dan baru masuk master semester dua. saya paling sering ngobrol sama hamada, karena dia satu tim risetnya sama saya, dan dia pernah internship ke brazil sehingga menjadikan dia orang jepang yang lebih terbuka. dia juga selalu berusaha ngomong ke gw dalam bahasa jepang yang mudah gw pahami sehingga komunikasi bisa berjalan.

kemudian setelah satu tahun, ada lagi 5 orang baru dan dua orang yang lebih bisa diajak ngobrol yaitu masahiro dan tate. masahiro itu teman satu tim riset, sedangkan tate tidak satu tim tapi dia termasuk orang yang selalu mengajak ngobrol walaupun tidak penting. gw sangat menghargai banget usahanya.

hari ini hal yang membuat gw sangat terharu adalah ketika masahiro cerita bahwa jadwal kenkyuu soudan (consultation) akan digunakan untuk menanyakan pada sensei apakah dia akan melanjutkan doktoral atau lanjut kerja setelah lulus master. katanya dia pengen lanjut doktor bareng gw. ini adalah kata2 yang paling membuat terharu dan membuat gw jadi ingin menulisnya di blog ini. padahal gw kaga ngerti apa2 tentang riset gw, dan juga kehidupan riset disini, tapi masa sich dia mau2 aja bareng gw. apakah karena memang dia mau lanjut doktoral, ataukah dia cuma kasihan ama gw klo ditinggal sendiri nanti di lab ini bisa2 kaga jelas nasibnya. entahlah, tapi setidaknya dia berhasil membuat gw terharu hari ini.. :’)

hasil soudannya gimana? ga tau, ga berani nanya, tapi semoga aja nanti dia mendapatkan nasib terbaik dech 🙂

syukuri apa yang bisa didapat hari ini.

berusaha terbaik untuk setiap state yang kita hadapi sekarang ini,

supaya tidak ada penyesalan diakhir nanti


2 Comments

nodame

udah lama ga nonton nodame lagi, kali ini gw coba latihan nonton tanpa subtitle. karena dulu sering nonton, harusnya gw bisa nebak2 apa artinya.. walaupun tidak mudah, tapi setidaknya belajar listening,hehe..

kali ini udah sampe cerita yang nodame di paris. disini diceritakan kalo nodame udah dapet LoA dari suatu professor disana tapi baru bisa masuk ke kampusnya asalkan lulus tes. saat itu nodame lulus tes dan akhirnya mulai belajar di conservatoire, kampus musik terkenal di perancis. pelajar pertama pun dimulai, yaitu teori analize. ternyata nodame merasa bodoh dan tidak bisa mengikuti perkuliahannya.. ia melihat orang lain hebat hebat semua. ya, baru hari pertama masuk kuliah, nodame langsung merasa down. kemudian temannya frank berusaha menghiburnya dan mengatakan bahwa ini kan masih baru, masih ada kesempatan untuk belajar. selain itu juga masih ada pelajaran praktek. nodame pun semangat lagi.

kemudian tiba hari pelajaran praktek. pembimbingnya adalah auclair sensei, sensei yang terkenal hebat disana. auclair sensei meminta nodame untuk memainkan lagu apapun yang nodame suka. karena pada minggu2 sebelumnya nodame sedang merasa galau dan ingin bisa menjadi sehebat son rui, pianis wanita muda juga yang sudah terkenal, akhirnya nodame memutuskan memainkan lagu yang pernah dimainkan son rui, lagu sulit dengan teknik tinggi. setelah mendengarkan permainan nodame, auclair sensei merasa tidak puas sama sekali. katanya, zenzen dame.. ia pun mengingatkan bahwa ia menyuruh untuk memainkan lagu yang nodame sukai, bukan lagu dengan teknik tinggi, orang yang bisa memainkan teknik tinggi di conservatoire ini banyak.. akhirnya senseinya menanyakan pada nodame, nan no tame ni koko ni kita no? untuk apa kamu jauh2 datang ke sini? nodame pun kembali merasa down karena bahkan ia pun dinilai jelek dalam pelajaran praktik.

ketika diajarkan oleh sang asisten professor, nodame pun juga merasa tidak percaya diri. ia coba memainkan lagu tapi hasilnya masih tidak bagus. sampai akhirnya sang asisten professor itu bilang ke nodame, memangnya kamu ga pernah belajar ini ya dulu di akademi? nodame jawab, pernah tapi ga ngerti. trus dibalas lagi, ya belajarlah sampai mengerti. trus ia pun teringat perkataan senseinya, buat apa datang kesini? sambil terucap dan bertanya kepada asisten professor. sang asisten pun menjawab simple, dattara yamenasai. kalau kayak begini berhenti aja. nodame pun kembali merenung. disaat sedih seperti itu, nodame hanya bisa merenung. ia ingin menelpon chiaki senpai tapi ga jadi. ia pun hanya bisa memandangi fotonya sekeluarga dari tumpukan kardus. ada banyak makna dari tatapan renungan tersebut, namun tidak dijelaskan dalam cerita ini untuk kita simpulkan sendiri.

chiaki senpai saat itu juga sedang termenung, ia pun teringat bahwa ia juga berkali-kali mengalami masa sulit kok. itu semua harus kita lewati sendiri, karena permasalahan itu memang muncul untuk membuat kita menjadi lebih kuat. ore datte, gakufu mae ni shita toki, itsumo takai kabe wo kanjiteiru, demo, hitotsu hitotsu jibun de norikoeru shikanaikara.

sebenarnya ada banyak hikmah yang bisa diambil dari film ini

1. nodame sebenarnya pintar, bukan cuma nodame tapi semua orang. asalkan ia mau berusaha sedikit lebih keras dari biasanya, maka ia bisa lebih maju dibandingkan keadaannya yang cuma ingin bermain piano seenaknya.

2. buat apa kita bermain piano? buat apa kita melakukan sesuatu? pertanyaan filosofis akan selalu keluar ketika kita berada di posisi yang genting/kritis. kemampuan menjawab tujuan ini menjadi penentu kemajuan selanjutnya, bukan masalah pintar atau karena memiliki kemampuan tinggi.

3. kadang kita selalu berpikir setiap liat film2, “ya terang aja dia kan diceritakan pintar/jenius di film, jadi klo lagi down, tunggu aja ketika dia bisa move on lagi.. beda ama kita yang ga pinter/jenius..”. padahal arti dari kejeniusan seorang karakter itu juga bisa diartikan bahwa kita itu juga pintar, kita juga bisa menjadi pintar asalkan mau berusaha. nodame yang katanya genius di film itu aja, masih suka berlatih sampai tidak tidur juga kok.. dia juga harus melawan kebiasaan buruknya bermain piano seenaknya..

nanti lanjut lagi, udah ngantuk banget


1 Comment

portofolio

hari ini abis wawancara portofolio. kita dapat dosen pewawancara yang berbeda untuk tiap mahasiswa. semula mengerjakannya dokumen portofolionya minta ampun repotnya, lumayan banyak dan agak kurang jelas poin2 yang diharapkannya. tapi ternyata ketika wawancara malah itu dokumen ga terlalu dilihat, -__-

wawancara berlangsung dengan normal, hingga akhirnya selesai dan ternyata sang dosen mulai bertanya hal basa basi..

“do you enjoy doing this research? 🙂 ”

ya, beliau bertanya sambil tersenyum.. sejenak saya tertegun mendengar pertanyaan ini, entah kenapa saat itu waktu di dalam pikiran berjalan relatif lebih lama dibandingkan waktu ruang sesungguhnya.. hingga akhirnya saya memutuskan untuk menjawab pertanyaan tersebut, “yes, this research is interesting 🙂 ”

dalam hati gw pun merenung, why, kenapa gw  ga katakan bahwa riset ini makan waktu dan hati banget? kenapa bisa bisanya gw bilang yes padahal gw stress tiap hari? why oh why..

walaupun saya berpikir, suatu hal lumrah dalam basa basi mengatakan yes, walaupun makna sebenarnya lebih kompleks dari sekedar itu. memang aneh untuk tiba tiba mengatakan no pada orang  yang belum kita kenal, akan tetapi, senyum pak dosen yang sudah beruban tersebut menenangkan hati ini dan memunculkan memori indah dibalik riset yang saya lakukan.

seperti halnya ketika tiba tiba kita ditelpon teman yang sudah sangat lama tidak kita temui dan ia menanyakan kabar kita kemudian kita jawab baik padahal kita sedang sakit fisik dan mental.. 🙂

yes, bersyukur adalah bentuk aktifitas untuk meluruhkan perasaan2 kesal di hati.. 🙂

alhamdulillah

 


Leave a comment

Quote

Aku disini sebagai pemimpin kalian

dan bukan yang terbaik diantara kalian

jika aku benar maka ikutilah, jika aku salah maka luruskanlah

kejujuran itu adalah amanah

dan kebohongan itu adalah khianat

orang yang lemah diantara kalian adalah orang yang kuat bagiku

sampai aku mengambil kebenaran untuknya

dan orang yang kuat diantara kalian adalah lemah bagiku

sampai aku mengambil kebenaran darinya

~Abu Bakr as shiddiq


Leave a comment

Tanda cinta

Beberapa tanda cinta manusia terhadap sesuatu :
1. Senang bertemu dengannya
2. Siap berlama lama dengannya
3. Rindu kepadanya ketika lama tak bertemu
4. Banyak berbicara tentangnya
5. Mentaati permintaannya dan membenci hal yg ia benci

Apabila manusia mencintai sesuatu, biasanya pun ia berdoa agar senantiasa cintanya langgeng, dan ia juga akan memperbanyak melakukan hal yg bisa meningkatkan kecintaan kepadanya..

Contohnya apabila kita suka atau cinta pada anak / pacar / istri/suami / steve job / soekarno / obama / jokowi / shake spears / ferguson / arsenal / naruto / kenshin / deelel,
Maka kita akan senang sekali apabila bisa bertemu dengannya, berbicara tentangnya, rindu kata katanya, dan juga suka/bisa berlama lama / memiliki waktu khusus dengannya..

Maka pula, sudah seberapa besar cinta kita pada Al Qur’an? Kalamullah?

Semoga kita bisa meningkatkan kecintaan kita pada Al Qur’an..