Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

Teknik belajar cepat

2 Comments

Denger denger ada teknik belajar yang sangat menarik yaitu Feynman Technique. coba coba googling sedikit akhirnya bisa sedikit paham kenapa namanya feynman technique, karena saya pribadi merasa tidak asing dengan nama tersebut.

Feynman technique ternyata diciptakan oleh peraih nobel fisika, Richard feynman, fisikawan dalam bidang elektrodinamika kuantum. Dia menerima nobel tersebut saat menjadi dosen (professor?)  di Caltech, california institute of technology. Beliau sudah meninggal ternyata, pada tahun 1988. saya ingat pernah punya buku tentang fisika yang ditulis beliau, tapi bukunya entah dimana sekarang.

Jadi feynman technique ini kurang lebih adalah: ajarkan orang lain seolah olah anda sudah mengerti. nanti ketika mengajarkan orang, anda akan menyadari bahwa anda kurang paham di salah satu point. pada point tersebut, maka bacalah referensi tentang hal tersebut dan ajarkan lagi. begitu seterusnya sehingga kita menjadi benar benar paham akan suatu hal.

Nampak menarik, dan sebenarnya saya mau mencoba mempraktikannya dalam waktu dekat ini. Saya mau mencoba menjelaskan tentang sistem kontrak hape di jepang, terutama MNVO. saya mau coba menerapkan teknik ini, barangkali jadi bener bener paham sekalian istilah istilah jepangnya juga. dulu udh pernah ngapalin kanji tentang hape trus udah lupa lagi. Kan sayang banget cepet ilangnya.

Mari kita coba belajar dan menerapkan feynman technique!

Advertisements

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

2 thoughts on “Teknik belajar cepat

  1. Iya, ngerasain sendiri, kalau pas ngajar jadi tahu kurangnya di mana sih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s