Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

Mengurus Certificate of Eligibility (CoE) di Jepang

185 Comments

Bismillahirrahmanirrahim..

Tulisan ini berisi tentang cara mendapatkan Certificate of Eligibility (CoE) jenis Dependent (istri, anak) untuk tinggal di jepang, berdasarkan pengalaman saya sendiri dan hasil baca2 banyak referensi. Untuk tinggal di jepang dalam waktu yang cukup lama (lebih dari 3 bulan) dibutuhkan CoE ini, adapun kalau hanya ingin tinggal di jepang kurang dari 3 bulan, bisa menggunakan visa turis (atau pakai e-passport aja cukup untuk tinggal di jepang kurang dari 15 hari). Contoh aplikasi yang membutuhkan CoE ini adalah pelajar, internship, dependent (istri, anak), sport, religious activity, professor, visiting research, dll. Pada intinya apabila tujuan kita untuk tinggal di jepang jelas dan semua persyaratan lengkap, biasanya insya Allah CoE bisa keluar dengan lancar.

Pengalaman yang sudah saya alami adalah membuat CoE (dependent) untuk istri saya tinggal di jepang selama saya studi disini (2 tahun). Setelah mendapatkan CoE, saya juga berhasil apply visa dependent istri di Jepang (tidak di Indonesia), yang sepertinya masih jarang orang melakukan cara ini. Referensi utama yang sebaiknya kita semua lihat adalah website imigrasi jepang: http://www.immi-moj.go.jp/english/tetuduki/kanri/hituyou_syorui.html
di web itu dijelasin  cara apply CoE, Change of Status of Residence, etc. Disana udah dijelasin detail sebenarnya, tapi saya coba rangkum aja disini.

 

PERSYARATAN:

Berdasarkan website yang saya sebutkan barusan diatas, 1 bundle persyaratan yang dibutuhkan untuk bikin CoE adalah:

  1. Formulir Aplikasi 1 berkas, download disini. Contoh ngisi formnya disini.
  2. Foto 3cm X 4cm 1 buah
    1. Foto berwarna dengan latar belakang putih
    2. Foto harus 3 bulan terakhir (katanya)
    3. Tidak boleh pakai penutup wajah/kepala/topi, tapi klo kerudung jelas boleh. klo cadar wallahua’lam
    4. Proporsi foto sebaiknya diperhatikan baik baik, jangan terlalu kecil wajahnya, harus jelas, dll. aturan resmi proporsi untuk foto CoE ada disini, jadi sebaiknya ikuti aja. klo bingung bilang aja ke tukang cetak foto.
  3. A return mail envelope with affixed stamp 392 yen. Amplop untuk pengiriman CoE yang udah selesai/approved ke alamat tempat kita tinggal. alamatnya kita tulis sendiri, perangko juga tempel sendiri. Ukuran amplop bebas, yang ukuran kertas A4 dilipet 3 itu juga gpp.
  4. The supporting documents shown on the table. Jadi dokumen tambahan yang diperlukan bergantung jenis CoE yang kita Apply. klo untuk Dependent, dokumen tambahan yang diperlukan adalah:
    1. Documents certifying the personal relationship between the person concerned and the person who is to support him or her. Kalau saya dulu pakai buku nikah fotocopy, trus bikin translatenya dalam bahasa jepang. Untuk buku nikah Islam templatenya bisa download disini, yang jelas point-point translasi harus mengikuti buku nikahnya, jangan copas langsung dari contoh template (karena template yang saya dapet dan buku nikah saya ada sedikit perbedaan).
    2. Copies of the registration certificate or the passport of the person who is to support the person concerned. Disini saya bawa Juminhyo, foto kopi resident card, ama fotokopi passport saya. Masing masing 1 lembar cukup.
    3. Documents certifying the profession and the income of the person who is to support the person concerned. Disini saya siapin surat keterangan pelajar dari kampus, ama surat keterangan penerima beasiswa. Masing masing 1 lembar cukup.
  5. Letter of Guarantee. Formulir bahwa kita akan jadi penjamin istri/anak kita. bisa download disini.
  6. Semua dokumen yang dikirimkan, tidak akan dikembalikan. Oleh karena itu klo bawa passport asli, resident card asli, ama buku nikah asli, jangan lupa diminta lagi.

 

Sebagai tambahan, klo kita bikin CoE juga untuk bayi/anak, maka persyaratannya sama persis tapi biodatanya anak kita. jadi 1 bundel persyaratan untuk 1 orang, klo kita mau bikin CoE juga buat 2 anak, maka siapkan 3 bundel dokumen (1 bundle istri + 3 bundle anak).

 

PROSES PEMBUATAN:

Proses pembuatan pada intinya kita ke kantor imigrasi di jepang. karena saya tinggal di Kanagawa-ken, maka saya bisa apply di shin-sugita yokohama, ataupun di Shinagawa Tokyo. ada lagi kantor cabang di shin-yurigaoka, tapi kurang tau klo bikin CoE disana lancar gak, yang jelas saya urus perpanjang visa di shinagawa ngantrinya panjang banget, tapi pas bikin CoE di shin-sugita sepi banget gak ngantri. selain itu shin-sugita itu kantor pusat (yokohama) jadi prosesnya cepet. Total awal apply ampe CoE jadi sekitar kurang dari 3 minggu, klo bikin di shinagawa katanya bisa 1-1,5 bulan. Intinya prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan semua dokumen yang diperlukan
  2. Datang ke kantor imigrasi pagi2 supaya gak ngantri. biasanya buka dari jam 8:30
  3. Klo belom nyiapin amplop ama perangko, di kantor imigrasi ini ada konbini yang kita bisa beli disana.
  4. Cari loket yang mengurus bagian CoE, ambil nomor antrian, tunggu sampai dipanggil
  5. Serahkan semua dokumen. Mereka cek.
  6. Kalo OK, nanti kita akan dikasih bukti terima dokumen ama nomor aplikasi. simpan nomor itu buat jaga2 klo misalnya ampe 3 bulan CoE kita gak jadi2 juga..
  7. Selesai. Tunggu pos dirumah.

 

Nah, khusus saya kemaren, belom ada satu minggu, saya dapet pos dari imigrasi, yang isinya adalah: silahkan kirimkan dokumen tambahan berupa transcript academic. Hahaha.. ini persyaratan gak ada ditulis dimana mana, googling pengalaman orang pun kayaknya gak ada yang disuruh kirim ini. saya tanya temen ini beneran yg diminta transcript academic atau bukan (soalnya suratnya dalam bahasa jepang), temen saya terheran2 dan bilang iya itu transcript academic yang diminta. Akhirnya yaudah saya kirim lagi aja lewat pos karena kita udah disiapin amplop untuk kirim balik dari mereka. Usut-punya-usut, nampaknya transcript academic dibutuhkan untuk membuktikan bahwa kita memang kuliah di jepang (bukan baito baito doang tapi kuliah bolos), mungkin seperti itu..

Setelah kirim balik, kira kira semingguan kemudian datanglah CoE istri saya, alhamdulillah.. Cepet banget prosesnya. kayaknya klo gak pake nungguin kampus buka buat ngurus transcript, mungkin 2 minggu selesai CoEnya.

 

APPLY VISA DEPENDENT DI JEPANG:

Kalo udah dapet CoE, trus itu diapain? Cara yang paling banyak digunakan orang adalah dikirim CoE tersebut ke Indonesia, kemudian istri kita akan apply visa dependent di kedubes jepang di indonesia (di jakarta, medan, bali, dll). dengan cara ini, maka butuh tambahan waktu 5 hari kirim pos jepang-indo, dan 4 hari bikin visa di kedubes. intinya sekitar tambahan 2minggu sampai istri kita benar benar bisa datang ke jepang. Saya yang tidak rela berpisah lama ama istri (:p) mencari2 info lain yang memang lebih menguntungkan buat kami. Dapat info dari teman (jago bahasa jepang) bahwa dia bikinin visa istrinya di kantor imigrasi shin-yurigaoka, jadi gak bikin di indonesia. tapi temen saya ini cukup lucu, saya tanya persyaratannya apa aja, kok bisa tau info kayak gitu, dll, dia lempeng aja jawab (kurang lebih), “saya juga kurang tau, cuma dateng ke kantor imigrasi trus bilang saya udah dapet CoE untuk istri dan kebetulan istri saya ada di jepang, bisa gak urus resident card disini?”. hebatnya dia dulu berhasil tanpa banyak pertanyaan aneh2 katanya dan langsung jadi hari itu juga, wow. jadi intinya bagaimana sich penjelasan prosesnya itu:

  1. Datang ke kantor imigrasi. Saya juga datangnya ke shin-yurigaoka karena pernah terbukti berhasil. (mau nyoba2 shin-sugita tapi jauh sebenarnya)
  2. Masuk kemudian langsung ke loketnya. sedikit cerita, shin-yurigaoka ini loketnya cuma satu, beda ama shin-sugita yang ada banyak loketnya jadi bingung klo kesana ke loket mana.
  3. Bilang ke petugas loketnya, “saya udah punya CoE untuk istri dan istri saya ada di jepang, apakah bisa mengurus resident card disini?”
  4. Nanti petugas loketnya akan memberikan form aplikasi untuk kita isi, tempel foto applicant 3×4 (foto istri), dan juga menyuruh kita untuk membeli materai 4000yen.
  5. Nah, setelah saya cek, ternyata form tersebut adalah: Application for Change of Status of Residence. Form ini juga sudah ada penjelasan detailnya di web yang saya sebutkan pertama kali diatas. Jadi yang kita apply sebenarnya adalah pengubahan status resident istri kita (dari turis) menjadi dependent. tapi karena kita udah punya CoE maka persyaratan yg perlu dibawa hampir gak ada, cuma bawa CoE doang ama foto 3×4 (ama uang 4000yen), adapun form aplikasi bisa isi di tempat.
  6. kemudian setelah selesai silahkan kita kasih ke petugas tadi dan kemudian ambil nomor antrian.
  7. Setelah dipanggil, maka resident card istri kita udah jadi, alhamdulillah selesai..
  8. Pulang. Bisa urus2 selanjutnya seperti ke kantor kecamatan register tempat tinggal, urus hoken, dll.

 

Salah satu yang sempat menjadi isu ketika meng-apply change of status of residence ini adalah yang katanya belum tentu di appove, dan klo ditolak maka harus dilakukan di Indonesia, seperti tertulis dalam penjelasannya: In addition, if applicant has the status of residence “Temporary Visitor” the applicant must satisfy the requirements stated above and have unavoidable and exceptional circumstances. Klo baca ini doang memang rasanya serem banget kayaknya susah, tapi menurut saya pribadi sich, tulisan ini mungkin tujuannya untuk menunjukan bahwa yg namanya visa turis jadi visa jenis lain perlu penilaian apakah memang layak menerima atau tidak. karena pada dasarnya, ketika kita apply CoE pun juga mereka menilai apakah orang tersebut memang layak diberikan CoE atau tidak. Makanya di website dituliskan bahwa proses pengubahan status pun seharusnya 1-3 bulan, tapi karena kita udah punya CoE maka jadinya bisa hari itu juga. Datoomou.

Oh iya, disini saya tulis apply visa dependent, tapi sebenarnya gak ada hubungannya ama visa yang ditempel di passport itu.. biasanya kan kita bakal dapet tempelan visa di passport, tapi klo melalui proses diatas, maka di passport kita gak akan ditempel visa tambahan sama sekali, tapi resident card itu udah jadi bukti bahwa kita memang punya izin tinggal di jepang.

Sekian cerita pengalaman saya membuat CoE dan visa dependent. mudah2an bermanfaat 🙂

 

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

185 thoughts on “Mengurus Certificate of Eligibility (CoE) di Jepang

  1. mantap qaqa, ayo nulis lagiii, tuh blog sebelah juga lagi produktif *trus malah awak yang ga nulis2 hahaha*

  2. Another “visa amerika” 😛

  3. Assalamualaikum wrwb,
    Salam kenal. Nama saya firdaus. Maaf pak saya ingin bertanya, kebetulan istri dapat beasiswa ke jepang. Saya dan anak menyusul dengan visa kunjungan 90hari. Sekarang kami mau mengajukan untuk membuat COE untuk mengubah menjadi dependent. Dalam formulir COE untuk pertanyaan
    12.date of entry ……..
    13.port entry
    14.Intended length of stay…
    16.intended place to apply visa
    Itu harus diisi apa ya. Karena saya dan anak sudah ada di Jepang.
    Maaf klo merepotkan dan terimakasih atas bantuannya.

    Salam.
    Firdaus

    • Wa’alaikumussalam wr wb.
      Salam kenal juga Mas Firdaus,
      Berdasarkan informasi yg saya dapat dari teman2, tanggal masuk ke jepang tidak jadi faktor penting penilaian kelayakan mendapat CoE.
      Kemarin saya isi rencana tanggal datang keluarga (walaupun belum beli tiket sama sekali, dengan asumsi istri saya akan pulang lagi ke indonesia kemudian balik lagi ke jepang). Ada juga teman saya yg mengisi 未定 (undecided). Port entry juga begitu, bebas saja rencana kita kira2 mau datang lewat narita atau haneda. Intended place to apply visa juga bebas, bisa di jakarta atau di kota yg lebih dekat dengan rumah kita (karena saya dengar untuk membuat visa khusus/dependent, tidak harus mengikuti syarat tempat tinggal KTP kita).
      Adapun intended length of stay sangat bergantung dengan visa keluarga kita yg di jepang. Istri saya kemarin hanya dikasih 2 tahun karena visa saya tinggal 2 tahun lagi, walaupun saya apply 3 tahun.
      Semoga lancar Mas

      • Oh begitu ya mas, jadi anggap aja dependentnya akan mengurus visa di indonesia ya.
        Maaf mas ada pertanyaan lagi, klo purpose of entry diisi “dependent” ya.
        Maaf klo saya boleh minta contoh form COE mas kemarin yang sudah diisi boleh ngak ya, buat panduan saya mengisi, data yg personel dihapus aja.
        Sekali lagi maaf klo menggangu.
        Terimakasih doanya, semoga lancar.
        Semoga mas juga dilancar segala urusannya. Amin.
        Salam
        Firdaus

  4. @mas firdaus
    sudah saya email ya

  5. Selamat malam mas ashlih. Sangat bermanfaat

    Saya mau tanya, kebetulan kasus saya berbeda. Teman saya orang jepang ingin mengundang saya ke jepang dan tinggal di jepang untuk jangka waktu lebih dari 3 bulan. Untuk mendapatkan CoE bagaimana ya? Karena hubungan saya Hanya sebatas teman. Tidak ada bukti ada hubungan kekerabatan.

    Kalau mungkin punya informasi Tolong bantu share.

    Terima kasih
    Sarianta

  6. Selamat siang Mas Ashlih…
    Mau tanya dong, kalau sdh dpt coe, trus dpt resident card, kita bisa langsung jemput keluarga, dan ga usah ngurus visa dependent? Langsung berangkat, nunjukkan resident card dan paspor saja?

    Sama satu lagi tanya, untuk syarat coe, boleh tdk ya kalau yg dilampirkan LOA (letter of acceptance) dr univ, soalnya nunggu certificate of enrollment atau keteramgan mahasiswa kyknya lama. Hehe

    Terima kasih…

    • Siang mba noviana,
      Maaf saya agak bingung sama pertanyaannya,
      Yg sudah dapat resident card itu mbaknya atau keluarganya? Klo mbaknya saja yg sudah dapat resident card tapi keluarganya blom bikin, tentu keluarganya gak bisa masuk jepang mba, kecuali bikin visa turis biasa.
      Klo keluarganya yang sudah dapat resident card, itu artinya sudah dapat visa dependent mba.

      Untuk syarat coe, ini coe untuk mbaknya atau keluarganya? Klo untuk mbaknya, setau saya LoA dari univ sudah cukup karna certificate of enrollment itu bisa diminta klo mbaknya sudah mulai kuliah disini.
      Klo syarat coe untuk keluarga, harus certificate of enrollment mbak, karena mbak harus membuktikan status di jepangnya sebagai apa, sepemahaman saya gak bisa pakai LoA saja.

      Semoga cukup jelas ya mba, silahkan tanya lagi klo saya ada yg salah paham.

  7. Oke, sudah jelas… maksudnya keluarga. terima kasih mas ashlih…

  8. Selamat malam Mas,.
    Mau tanya dong,bulan ini saya berangkat ke Jepang tuk sekolah Slama 2 tahun,. Dan suami saya mau nyusul setelah saya sampe Jepang 1 bulan atau tinggal disna. Apakah bisa?
    Cara tuk ngajuin nya gmn?

    Makasih

    • Malam mba,
      Bisa. Caranya macam2:
      1. Bikin coe untuk dependent visa.
      2. Bikin visa kunjungan keluarga dengan jangka waktu tinggal maksimal 3 bulan.
      3. Menggunakan epassport dan kunjungan ke jepang 15 hari
      4. Dll

  9. Mas ashlih, saya mau bertanya mengenai pengisian formulir COE untuk keluarga (istri dan anak).
    Saat ini saya sudah berada di jepang dan saya tinggal di Kanagawa Ken, Kuji. Dimana tempat tinggal saya saat ini merupakan shared house, dan kamar saya adalah kamar single.
    Nah, untuk mengisi formulir kan ditanyakan tuh Address in Japan dari si applicant (istri& anak), apakah saya bisa menggunakan alamat empat tinggal saya sekarang ? atau saya harus menggunakan alamat apato keluarga yang sudah fix akan dipakai?

    terima kasih mas.

    • Mas Jodie,
      Pada proses pembuatan coe yg sekitar 1-3 bulan itu, pihak imigrasi jepang akan menilai apakah coe tersebut berhak dikeluarkan kepada pendaftar atau tidak. Dan proses detail didalamnya saya kurang tau apakah tempat tinggal jadi pertimbangan atau tidak.

      Beberapa pengalaman saya dan teman2, pihak imigrasi bisa meminta dokumen tambahan untuk informasi mereka seperti transkrip, keterangan part time job, atau bahkan surat keterangan akan kuliah lagi di jepang (sistem informasi mereka cukup canggih). Tapi, saya juga ada teman yg mereka sekeluarga tinggal di apato single dan dapat2 aja coe nya.

      Jadi menurut saya, tinggal di apato yg untuk keluarga sedikit lebih berpeluang dibandingkan mencantumkan alamat apato single atau asrama, walaupun pengaruhnya mungkin sangat kecil.

  10. Selamat pagi, salam kenal. Saya mau nanya kalau ngurus coe bisa nggak pakai alamat diindo untuk pengiriman surat dari imigrasi ? Soalnya saya rencana kejpn tapi hanya 2 minggu sebab menggunakan visa waiver. Jadi saya nunggu di indonesia apakah bisa? Tq

  11. Mas ashlih, saya sdh d kyoto skrg. Tadi ngurus ke ward office untuk ngaktifin residence card (belakangnya ditulisi alamat kita oleh petugas). Tapi td lupa mau tanya juminhyo. Juminhyo itu apa dan bagaimana membuatnya?

    • Juminhyo itu seperti Kartu Keluarga kita di jepang,
      isinya tentang data kita, alamat, dan siapa saja yg tinggal di rumah kita.
      kalau resident card kita sudah didaftarkan di ward office,
      maka juminhyo sudah terdata dan kita tinggal minta ngeprint di ward office, bayarnya sekitar 300yen selembar.

  12. malam mas ashlih
    rencana mau ngajuin COE buat tahun depan nih mas..
    kalau permohonan COE sudah di approve di jepang..keluarga yang di indonesia hanya perlu membawa COE untuk kemudian apply visa dependent tsb ke kedubes jepang yang ada di indonesia kan ya mas ?
    bawa apa aja mas ketika keluarga apply visa ke kedubes selain COE tsb mas ?
    apa nanti ada persyaratan lain kayak persyaratan untuk permohonan Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Keluarga yang ada di website kedubes jepang itu mas ?
    terima kasih sudah berbagi mas ashlih

    • Malam mas fazil,
      Betul sekali mas (bawa coe dan apply visa dependent).
      Untuk dokumen yang perlu dibawa, silahkan buka website embassy japan di jakarta mas, kemudian liat informasi ttg visa, dan lihat bagian persyaratan untuk mengajukan visa khusus (bukan visa kunjungan keluarga/turis/dll).
      Semoga cukup jelas ya

      • I See mas ashlih 🙂
        COE itu masuk ke Visa Khusus ya mas…
        kalau boleh kasih saran mas..info cara ngisi kolom ” coe nya tuh mas lumayan tuh ada 3-4 lembar ya
        makasih mas informasi bermanfaat nya mas

      • Makasih mas fazil sarannya,
        Kayaknya memang beberapa kolomnya membingungkan ya.. Nanti klo sempet saya coba update

  13. Ohhhh,naruhodo thank u

  14. Punten mas, apa bisa saya minta nomer telepon untuk chat via w.app atau id.line , untuk saya sampaikan ke suami saya, suami saya kenshuusei dan berencana untuk membawa serta saya dan anak2 untuk tinggal disana, ada banyak sekali sepertinya yang hendak saya dan suami saya tanyakan atau konsultasi kan dengan mas ashlih, nuhun mas semoga berkenan

  15. Maz maaf saya mau tanya,suami saya sdh dtrima kontrak krja djepang slma 1 thn,tpi saat mngjukan pmbuatan coe dtolak ktny ada data cv yg meragukan saat dlu prnah magang d jepang slma 3 thn…apa msih bsa mngajukan lgi?klo bsa dlm jngka wktu brapa lma maz?mhon pnjlasanny…trima ksih..

    • Maaf mbak saya juga kurang paham kalo permasalahannya sudah lebih spesifik, karena setiap orang bisa jadi punya tambahan persyaratan yg berbeda.

      Saran saya sebaiknya ditanyakan ke pihak yg mengurus coe apa alasan visanya ditolak, kemudian lengkapi
      persyaratan yg diminta untuk meyakinkan pihak imigrasi. Selebihnya, diserahkan urusannya pada imigrasi.
      Dalam jangka waktu berapa lama juga tidak tentu, biasanya pengurusan coe sekitar 3 bulan prosesnya.

      Semoga lancar ya

  16. Selamat pagi mas,saya mau nanya,rencana saya mau kerja ke jepang,nah sekarang saya sudah punya multiple visa (batas tinggal kurang lebih 1 bulan dijepang) dan lebetulan istri saya (nihonjin)kerja di indonesia,nah kalau nanti saya kejepang buat kerja apakah saya harus megurus COE juga dan apakah pengurusannya bisa saya urus sendiri tanpa istri ke jepang lagi ?dan apakah bisa multiple visa yang saya punya bisa di urus dijepang untuk dirubah menjadi visa tinggal ?mohon informasinya.

    • Sepemahaman saya bisa mas, tidak perlu istri ke jepang.

      Ketika nanti mau kerja, mas akan mengurus visa bekerja, yang mana (biasanya) COE akan dibuatkan oleh perusahaan kemudian dikirim ke kita, kemudian kita gunakan coe tersebut untuk membuat visa bekerja di Indonesia. Atau bisa juga mas ke jepang dengan visa multiple (temporary) kemudian ubah menjadi visa bekerja.

      Sebagai tambahan, sepemahaman saya klo istri mas nihonjin, mas bisa bikin visa dependent, yang punya masa tinggal lebih lama dibandingkan visa multiple (temporary visitor).

      Semoga cukup jelas ya

  17. Selamat pagi mas, sy mau tanya, sy sdng proses coe, nanti kalau suami saya di jepang sdh terima coe,bisa tidak saya langsung ke jepang dgn visa waiver lalu urus visa saya dllnya di jepang? Jadi coe tdk perlu dikirim indonesia..Mohon infonya,Terima kasih

  18. Mau tanya mas,rencananya setelah menikah dengan orang jepang saya mau mengurus visa karena swkarang saya masih pakai visa yg 3 bulan ,itu imigrasinya dimana ya kalo di kanagawa dan apa aja syarat2nya?trmksh sblmnya

  19. Selamat pagi mas Ashlih.
    Saya kebetulan bekerja di jepang. dan baru saja menikah.
    Saya berencana membawa istri tinggal di jepang. dan akan membuat COE.
    Setelah membaca blog ini, ada pertanyaan.

    1. berdasarkanhttp://www.immi-moj.go.jp/english/tetuduki/kanri/shyorui/01-format.html
    Untuk membuat visa istri, COE nya menggunakan yang nomor 11 bukan? jika iya, saya mau tanya halaman yang perlu diisi itu halaman berapa saja? karena saya cek halaman 2 dan 3 sepertinya untuk Nurse and Certified Careworker under EPA?

    2. Lalu kebetulan, Istri saya akan datang ke jepang selama 3 minggu (menggunakan visa turis). Sebaikanya saat mengapply COE, alamat untuk mengirim COEnya itu ke Indonesia? atau ke tempat tinggal saya di Jepang? karena ketika COE selesai kan bakal di kirim ke alamat tujuan?

    3. Melihat pengalaman crita temennya mas Ashlih, misal COE bisa datang kurang dr 2 minggu di tempat tinggal saya di jepang. apakah istri beneran bisa bikin visa (mengubah status residence) di jepang? kebetulan saya tinggal d Osaka. atau sebaiknya di ubah di Indonesia ketika istri pulang ke Indonesia?

    4. Terakhir, jika COE istri sudah d trima dan mendapatkan residence card. apakah istri di perbolehkan arubaito jika statusnya menggunakan visa suami istri? apakah ada form tertentu untuk hal tersebut?

    Terima kasih.

    • Salam kenal mas raka, maaf baru balas.

      1. Klo di link web yg mas share diatas, betul di nomor 11. Yg perlu diisi page 1-3 (page 1 identitas yg mau dibikinin coe:istri, page 2 ttg surat nikah, page 3 identitas guarantor:suami). Jd form itu sama memang untuk dependent, atau untuk yg EPA juga.
      2. Pengiriman coe hanya bisa dikirim ke orang yg medaftarkan coe (dalam hal ini guarantornya), jadi dikirimnya ke alamat suami di jepang.
      3. Nah, klo pertanyaannya bisa atau tidak, jawabannya adalah: bisa,
      Karena itulah saya bikin tulisan ini 🙂
      Seharusnya imigrasi osaka dan tokyo/yokohama punya kebijakan sama saja. Klo di link web yg mas share diatas, itu khusus coe, coba cek di link yg saya tulis di paragraf awal tulisan saya. Disana nanti istri mas apply yg nomor: 2 (change of status of residence).
      Yg perlu dipahami mas, apply coe tidak selalu selesai dalam periode 2 minggu. Beberapa contoh teman saya ada yg selesainya 3 bulan atau lebih. Jd klo istri hanya datang 3 minggu, sebaiknya persiapkan worstcase bahwa coenya belum selesai jadi kembali ke cara konvensional: buat visa di indonesia.
      4. Visa dependent kalau tidak salah boleh arubaito, tp istri saya belum pernah apply dan saya kurang tau detailnya. Klo visa student punya batasan waktu untuk arubaito jadi mesti apply izin arubaito di kantor imigrasi yg sama. Kalau arubaitonya jam kerjanya tinggi dan butuh dokumen resmi, saya sarankan apply yg nomor 9.
      Semoga cukup jelas ya.

  20. MaaSyaa Allah, sangat sangat bermanfaat informasi ini mas. Kalau diizinkan, saya mau ingin minta tolong agar dibagikan contoh form COE punya mas yang sudah diisikan dan boleh diketahui. terima kasih banyak ya mas.

  21. selamat sore mas ashlih, mau nanya, berarti posisi istri mas ketika mengurus visa dependen itu memang sudah di jepang yah? Istri mas ke jepang dengan visa turis sesudah mas mendapat coe untuk istri mas?
    makasih mas..

  22. maaf bila nyimpamg ,,,, bisa tidak kita jalan jalan ke jepang (turis) 6 bulan atau setahun gitu heee ,,, newbie makasih

  23. Nah kalo kita undang pasangan kita ke jepang pake visa dependen
    Nantinya pasangan kita bisa ngga ya kerja di jepang.?

  24. Brarti ngga bisa kerja di pabrik 2 gtu ya
    Cuma part time di seven eleven seperti itu aja kah.?

  25. Salam kenal. Saya ijin bertanya:
    1. Suami akan mulai program S3 bulan april 2017 di sendai. Beliau inginnya kami berangkat bersama sama, krn beliau mengkhawatirkan kerepotan saya kalau brkt sndri dgn 3 anak. Memungkinkan tidak hal seperti ini?
    2. Bisakah coe diuruskan orang lain, misal pihak kampus, dgn kita mengirimkan semua data yg dikirimkan?
    3. Apakah ada usul untuk kami, mas? Loa dr kampus insyaallah baru keluar minggu depan. Sdngkan ktrgn mahasiswa tentu blm keluar.
    Tmksh mas bantuannya. Jazakallahu khoir

    • Maaf baru balas mbak,

      1. Bisa tapi mbak (dan anak2) menggunakan visa turis biasa, bukan visa khusus dependent.
      2. Secara formal tidak bisa, karena kampus hanya mengurus dokumen orang yg terkait langsung dengan kampusnya (yaitu mahasiswanya itu sendiri). Diuruskan pihak lain seperti agen resmi bisa, tapi saya tidak punya informasi terkait ini, dan saya blom pernah dengar teman saya yg pakai jasa seperti ini.
      3. Saran saya, sebaiknya suami pergi sendiri dulu ke sini, urus dokumen pribadinya terlebih dahulu, kemudian baru urus dokumen2 untuk mbak. Atau mbak bisa ikut ke jepang bersama suami tapi menggunakan visa turis 3 bulan dan dalam 3 bulan tersebut segera mengurus coe untuk persyaratan visa dependen. Yg jelas, kalau tahap ini diambil, disini juga akan ada kerepotan tersendiri mengurus semuanya (termasuk apakah sudah punya tempt tinggal yg bisa ditinggali oleh suami,mbak, dan anak2)
      Saran lain, kalau mbak punya keluarga lain di jepang, bisa menggunakan visa kunjungan keluarga ke keluarga tersebut.

      Semoga cukup jelas ya

  26. Maaf mas, saya mau tanya, saya akan mengajukan CEO ke jepang untuk training selama 6 bulan, masalahnya dulu waktu apply visa untuk training 3 bulan visa saya kena tolak, apakah itu akan berpengaruh dengan turunnya CEO saya atau tidak? Terimakasih

    • Sepemahaman saya, kalau permasalahan yg dulu menyebabkan visanya ditolak sudah tidak ada lagi saat mengajukan visa yang sekarang, seharusnya tidak berpengaruh mbak..

  27. Salam kenal mas ashlih,
    Saya mau nanya nih mas, saya udah bekerja dijepang sejak november 2016 kmrn dengan visa engineer, dan masa aktif visa 1 tahun (tahun kedua bisa diperpanjang 3 tahun), nah apakah bisa mengajak istri tinggal di jepang? Klo boleh saya minta template surat nikah dan yang lain untuk apply visa dependent buat istri dlm bhs jepang dong mas, makasih sebelumnya

  28. Salam kenal mas saya mau tanya kalau untuk rencana menikah dijepang Sama orang Jepang untuk proses Nya bagaimana ya?apa si calon pengantin orang jepangnya perlu/bisa mengurus COEnya?terima kasih sebelumnya

    • Salam kenal mas rifky,
      mau menikahnya dimana? klo di Indonesia, maka Mas Rifky perlu buat visa spouse nanti,
      klo nikah di jepang, maka mas harus bikin visa yang untuk kesana dulu.
      untuk visa spouse saya kurang paham detailnya, bisa coba di cek di websitenya.

  29. Assalamu’alaikum..
    Kang Ashlih terima kasih atas jawaban yg detail dan akurat selama ini dan telah banyak membantu Saya dan rekan rekan yg lain (salam kenal) dalam berbgai kondisi perihal pengurusan dokumen yg berkaitan dengan Visa dan CoE. Semoga Allah SWT senantiasa memperlancar semua urusan Kang Ashlih yg telah mempermudah urusan oran lain dan melipat gandakan rejeki nya. Aamiin.

    Kang Ashlih punten Mau minta tempelate ‘buku nikah’ dan Contoh pengisian CoE nya apabila berkenan (via email), Kalau data Pribadi nya mah mangga bisa di hilangkan atau diganti (soalnya kan privasi). Mau buat pengajuan utk isteri dan Anak nanti. Hatur nuhun pisan sateuacanna Kang Ashlih.

    Sukses terus dan ditunggu postingan2 bermanfaat lainnya seputar Jepang.

  30. Assalamualaikum
    Halo salam kenal , postingan yg sangat bermanfaat.. jika punya pasangan orang jepang ,belum ada rencana menikah dan dia merekrut saya untuk kerja di perusahaan keluarganya. apakah bisa apply COE . pertanyaan :
    1. Apakah seorang freelancer online salesperson yg tidak memiliki sertifikat pengalaman kerja atau sertifikat rekomendasi kerja bisa apply COE dan bikin visa kerja ?
    2. Apakah COE itu sejenis sertifikat penjamin yg di apply oleh pihak perekrut untuk saya selama tinggal dan kerja di jepang ?
    3. Rencana mau apply COE (specialist in humanities & international services) dan setelah COE jadi, bikin visa kerja di indonesia, apakah bisa langsung tanpa harus bikin visa turis dulu ?
    4. Supporting document (sertifikat pengalaman kerja,dll) untuk COE apakah harus dipenuhi atau hanya dokumen intinya saja, seperti resume, sertifikat kelulusan universitas, transkrip akademik ?
    5. Rencana awal tinggal 1 tahun dirumah perekrut untuk tahun berikutnya akan diperpanjang masa tinggalnya, apakah bisa ?

    Jika ada waktu luang saya mohon jawabannya. terima kasih dan sukses selalu.. 🙂

    • Waalaikumussalam..

      maaf baru balas mas/mba Ai,
      pertanyaanya cukup sulit juga dijawab karena saya tidak punya pengalaman spesifik dalam mengurus CoE untuk visa kerja, saya coba berikan beberapa pendapat yang saya pahami saja ya:

      1. Saya mendapatkan CoE dari kampus karena semua diurus oleh pihak kampus. Sepemahaman saya pun, apabila kita akan bekerja di jepang dan sudah diterima, maka CoE dibuatkan oleh pihak kantor. Adapun tugas kita hanyalah menggunakan CoE tersebut untuk kemudian apply visa kerja. Jadi bukan kita yang apply CoE.

      2. CoE adalah surat yang dikeluarkan oleh pihak imigrasi jepang, bahwa kita layak (eligible) untuk tinggal di jepang. Untuk menyatakan seseorang itu layak tinggal di jepang atau tidak, maka harus ada pihak lain yang menjadi semacam penjamin/pengundang, baik itu kampus maupun kantor. Adapun sertifikat penjamin dari pihak perekrut/kantor, itu menjadi salah satu syarat untuk membuat CoE di kantor imigrasi. Hal ini mungkin mirip seperti ketika saya membuat CoE untuk keluarga saya, maka ada beberapa dokumen yang perlu saya serahkan kepada pihak imigrasi, salah satunya guarantor letter.

      3. Tentu bisa. Karena memang bikin visa jepang di indonesia adalah cara yang paling umum, biasanya apply yang namanya visa khusus. Informasi bisa dilihat lebih detail di website japan embassy in Jakarta. Yang perlu menjadi catatan: kita sudah mendapat CoE, bukan kita yang apply CoE.

      4. Semua persyaratan yang tertulis di website harus dipenuhi. Kalau tidak dipenuhi, ada kemungkinan proses menjadi tidak lancar atau bahkan ditolak. coba dicek kembali di web berikut terkait persyaratannya:
      http://www.immi-moj.go.jp/english/tetuduki/kanri/shyorui/Table3-1.html

      5. Seharusnya bisa, asalkan semua dokumennya lengkap saja.

      Diskusi:

      Pada dasarnya, saya selalu beranggapan bahwa CoE dibuat oleh pihak kampus atau kantor, kemudian mereka akan mengirimkan CoE tersebut kepada kita, kemudian kita akan gunakan CoE tersebut untuk apply visa di Indonesia.
      Kalau kita baca kembali websitenya, memang bisa apabila yang apply CoE adalah applicant tersebut. Akan tetapi, silahkan dilihat kembali di formulir aplikasi CoE tersebut bahwa pihak perusahaan harus mengirimkan data dan signature juga. Kalau dari perusahaan skemanya kita sendiri yang apply CoE tapi data2 yang diperlukan sudah diberikan kepada kita, silahkan mas/mba apply CoE sendiri dengan menyerahkan dokumennya secara langsung ke kantor imigrasi di jepang, atau mungkin melalui pos (lagi lagi saya tidak ada pengalaman apply menggunakan pos).

      semoga pendapat saya cukup membantu,

  31. bulan januari lalu saya dan teman2 tanda tangan pengajuan CoE untuk kerja di jepang
    memang smuanya di urus sama pihak kantor
    pengajuan di kirim tgl 9januari ke Hiroshima
    kata sachou saya pengurusan CoE ke hiroshima butuh waktu min 2 minggu bisa turun ke indonesia max turun 41 hari jam kerja
    menurut perhitungan saya kalo di hitung jam kerja itu turun tgl 6 kemaren
    tapi belum ada konfirmasi apa2 dari kantor saya
    apa CoE bisa turun lebih telat dari waktu perkiraan atau gimana yaa min?
    Mohon pencerahannya

    • Ya mba wiwit, pembuatan CoE tidak selalu selesai 2 minggu seperti yg dikatakan. Bisa jadi lebih telat, tapi pada prinsipnya tidak lebih dari 3 bulan. Kalau sudah lebih dari 3 bulan tapi belum turun juga maka perlu ditanyakan kepada pihak imigrasi.

  32. Salam kenal mas Ashlih,
    Sy sudah memproses COE utk anak istri di imigrasi hamamatsu, skrg lg menunggu jadinya.
    Misalnya (krn udh kebelet) sy mengundang anak istri sy kesini dulu pake visa 3 bulan itu apa namanya mas, trus prosedurnya gimana?
    Makasih sebelumnya mas

    • Salam kenal mas candra,
      Visa kunjungan keluarga mas. Silahkan di cek di website japan embassy jakarta ya.. disana ada info lengkapnya mulai dari persyaratan yg dibutuhkan sampai prosedurnya. Nanti klo ada yang kurang jelas bisa tanya2 kesini lagi.

      • Mas, ini kok pengajuan COE ku ditolak ya, klo aq trsnlate ini suratnya kok kayaknya masalah statusku dsni, pdhl statusku engineer. trus misalnya istri & anak kesini pake visa kunjungan 3 bulan, bisa diperpanjang tanpa COE gak mas, ya gak permanen sih, misalnya diperpanjang 3 bulan lg gtu.

      • Maaf br bls mas. Hmm saya kurang tau kalau sampai ditolak. Saya juga gak ngerti kenapa bermasalah. Harus ngomong ke mereka sich minta penjelasan kenapa ditolak. Datang langsung aja ke sana.
        Kalau istri dan anak mau kesini pakai visa kunjungan bisa aja, tp untuk perpanjang saya tidak tau bisa atau tidak. Aplikasi extension yg disini biasanya untuk yg visa sebelumnya bukan visa temporary.

    • mas candra ke jepang dengan visa engineer? visa masih berlaku sampai kapan mas? mungkin itu yg mempengaruhi proses pembuatan COE istri.

      • Iya mas Pandu, visa sampai tahun 2020. Rencana sy istri kesini cm 10 bulan aj, gak sampai visa sy habis kok, kira2 ada alternatif lain gak mas supaya istri & anak bisa ikut kesini.

      • Mas candra, harusnya dengan masa berlaku visa sampai 2020 bisa untuk mengajukan COE istri buat visa dependent. Coba mas email ke alamat ini, bisa pake bahasa inggris, bilang aja mau apply COE for dependent visa. Ato email in juga surat pemberitahuan kmrn ngurus COE tpi ditolak. Good luck mas candra.
        info-tokyo@immi-moj.go.jp

  33. Mohon maaf sebelumnya
    Saya mau Tanya soal istri atau suami yang orang jepang yang mau tinggal di Indonesia
    Itu persyaratanya apa saja mas ..?
    Karena ada sodara Saya yg mau menikah sama orang jepang
    Mohon petunjuk Dan infonya
    Terima kasih atas waktunya 🙏

    • Maaf mbak lucky angle,
      saya sedikit bingung dengan pertanyaannya.
      Saya asumsikan bahwa saudara mbak akan menikah dengan orang jepang kemudian mau tinggal di jepang. maka yang perlu di apply adalah CoE spouse. silahkan lihat di link website paling atas.

      adapun klo yg dimaksud pertanyaannya adalah orang jepangnya mau tinggal di indonesia, maka dia yang perlu bikin visa indonesia. untuk detailnya saya kurang tau, bisa dilihat di website KBRI tokyo.

  34. Assalamu’alaikum. salam kenal

    Saya ada rencana membawa anak saya ke jpg. Saya tertarik dengan cara yg sudah mas lakukan setelah mendapatkan CoE, yaiu langsung mengurus resident card bagi anak. Ada beberapa pertanyaan yang saya ingin tanyakan.
    1. bagaimana pengalaman anak dan istri ketika masuk ke jepang pertama kali? apakah pihak imigrasi menanyakan mengenai visa? karena seperti mas sebutkan, didalam paspor tidak ada tempelan visa seperti biasanya.
    2. Saat entry dengan anak, berarti mengambil jalur spesial resident ya mas, tidak mengambil jalur seperti turis lain?
    3. Bolehkah saya meminta contoh pengisian CoE dan juga application for change of status and residence? karena saya masih bingung mengisi bagian No. 16 pada aplikasi untuk CoE.

    terima kasih atas jawabannya

    salam

    • Wa’alaikumussalam. Salam kenal juga mas.
      1. Pertama kali masuk jepang menggunakan visa turis/sementara (kunjungan keluarga). Jadi ada tempelan visanya tapi hanya untuk 3 bulan.
      2. Tidak, masuk melewati jalur seperti turis lain. Kalau saya bisa masuk lewat jalur spesial resident tapi karena menemani istri jadinya lewat jalur biasa.
      3. Untuk aplikasi change of status nanti saja setelah istri dan anak sampai di jepang. Untuk coe nomor 16 maksudnya intended place to apply visa?
      Kalo istri mas bikin visa dependent di indonesia, ini bisa diisi jakarta (atau di embassy jepang lain). Tp klo mau seperti cara saya (bikin visa turis di indonesia trus ubah jadi visa dependent di jepang)
      Ini bergantung ktp istri mas. Untuk bikin visa turis, harus di daerah yuridikasi ktpnya. Istri saya kemarin tidak bisa bikin di jakarta karena tidak masuk daerah yuridikasi ktpnya.
      http://www.id.emb-japan.go.jp/conind.html

      Semoga cukup jelas ya

  35. mau tanya nih,
    sebelumnya saya 2 tahun tgl di jpg sbg nihongo gakusei di nihongo gakkou gt.
    nah karena ga dapet kerja tetap akhirnya saya plg, selang 7 bulan akhirnya ada perusahaan konstruksi di kanagawa yg ngehire saya.
    dan lagi2 saya ketemu urusan CoE, dulu sih wkt visa pelajar ga sampe 3 minggu jadi. nah kalo casenya CoE untuk pembuatan visa kerja bagi yang berdomisili di luar jepang, apa sama juga sekitaran segituan lama pembuatannya? tp yang saya baca2 di forum luar sih emang mentoknya 3 bln. nah di surat perjanjian kerja gitu sih tertulis bahwa ada pengakuan biar saya siap kerja perbulan juli. apa surat yg gitu jg bakal mempengaruhi cepet ngganya CoE ya?

    • Maaf baru balas mas candra,
      Di website mereka menyatakan secara ekspisit bahwa pembuatan coe mencapai 3 bulan. Tapi bukan berarti pasti selesai dalam 3 bulan. Saya ada juga teman yg coenya baru jadi setelah lebih dari 3 bulan. Ditelpon sebelum 3 bulan pun, mereka hanya menjawab silahkan tunggu sampai 3 bulan. Setelah 3 bulan baru mereka mau memeriksa permasalahan kita kenapa belum selesai.
      Kita hanya bisa melampirkan dokumen2 yg membuktikan bahwa kita butuh cepat.

      Semoga cukup jelas ya

  36. Halo, untuk terjemahan buku nikah tidak perlu di penerjemah tersumpah dsb ya mas? Kalau boleh apa bisa minta format template terjemahan buku nikah?

    Terima kasih sebelumnya.

  37. Halo mas Ashlih, saya ada pertanyaan yang sama seperti mbak Tiffany diatas..hehe.. Mohon sekiranya ada waktu bisa dijelaskan mengenai persoalan buku nikah tsb. Kalau boleh saya juga ingin tahu format template terjemahan buku nikahnya. Terima kasih.

  38. Hallo mas klau persyaratan jd anak angkat di jepang apa aja y yg harus disiapin yg bersangkutan sm yg mau jd ortu angkatnya (nihonjin).. sm klau ngurus visa engineering di jepang apa aja yg disiapkan.. trima kasih ats waktunya.. klau bisa minta emailny mas buat tanya jwb seputar visa.. nuhun

    • Halo aldi.
      Terkait menjadi anak angkat, saya tidak tau jadi tidak bisa komentar apa apa.
      Untuk mengurus visa engineering, persyaratannya bisa dilihat di link website ditulisan atas, pilih yang bagian coe untuk engineering.

  39. Halo, Mas Ashlih. Terima kasih blognya sangat membantu. Berarti untuk kasus ini keluarga sudah ada di Jepang dulu ya? Dateng pake visa turis, terus ganti status jadi dependent pas masih di jepang?
    Terima kasih.

  40. halo mas,
    karena saya sedang mengajukan CoE sudah 1 bln msh belum keluar,rencana saya mau buat visa turis dulu (krn suami nihonjin) jadi kl CoE sudah jadi baru seperti mas ganti status gitu. yg mau saya tanyakan dulu pas mas buat visa turis 3 bln untuk anak dan istri itu melampirkan bukti tiket pp,dan jadwal perjalanan tidak?
    Terima kasih

    • halo mba,
      iya untuk visa turis (kunjungan keluarga) perlu bukti tiket pp dan jadwal perjalanan. Jadi tiket pulangnya nanti hangus (atau klo bisa refund lebih baik) karena tidak ada rencana pulang. Untuk jadwal perjalanan tidak harus full 3 bulan jalan2, bisa juga hanya stay lama di tempat suami.

  41. mohon maaf saya mau bertanya, untuk urus ceo dgn tujuan tinggal d jepang selama 1 tahun untuk program internship syaratnya apa saja ya mas? saya kuliah di jurusan sastra jepang. kebetulan program internship yg saya tuju disana adalah bidang pariwisat da perhotelan . mohon di jawab ya mas. terima kasih banyak.

  42. Halo mas, saya mau nanya dong. Saya akan pindah alamat dalam waktu dekat. Untuk mengurus CoE ini (yg berkaitan dengan alamat seperti formulir, zairyu card dll) bisa dilakukan sebelum pindah alamat atau lebih baik setelah urusan pindah alamat selesai?
    Lalu masa tinggal saya kan 2 tahun 3 bulan, akan habis dalam waktu 10 bulan dan saya harus perpanjang, pertanyaannya di formulir dependent itu kan ada pertanyaan date of entry, port of entry, intended length of stay, itu bagaimana ya kan saya belum tahu kapan bisa ke Jepangnya.. lalu masa tinggalnya juga diisi berapa lama ya?
    Mohon pencerahannya mas. Terima kasih.

    • saran saya setelah pindah alamat supaya lebih konsisten dokumen dan fotokopinya. untuk perpanjang visa, tidak perlu isi date of entry dll, ada form berbeda. silahkan cek di websitnya.
      untuk isi form dependent, date of entry diisi dikira-kira aja kapan mau datang ke jepangnya, lewat haneda atau narita, dan rencana berapa lama. kalau setelah coe jadi kemudian datang ke jepangnya di tanggal yang berbeda dengan yang diisi di form tidak masalah.

  43. Selamat siang mas, assalamualaikum.
    Maaf Mas apa boleh saya minta contoh form” coe yg di isi mas untuk pengajuan ceo visa dependent nya.
    Tolong diberikan template, contoh Dan soft copy document buat pengurusan CoE istri. Contoh” dokumen” yg di isi untuk pembuatan coe dan visa dependent istri.
    Terima kasih banyak sebelumnya.

  44. Tolong kirimkan ke email : renny.aprina22@gmail.com

  45. Assalamuallaikum Mas.. salam kenal.
    saya mau nanya Mas, saya punya kenalan orang jepang, tinggal di hirosaki Aomori. selama dua tahun ini saya sudah mengunjungi beliau empat kali dengan menggunakan visa temporary visitor, beliau menginginkan saya untuk bisa lebih lama tinggal di jepang, yang saya ingin tanyakan, apakah saya atau beliau yang harus buat COE ? bagaimana prosedur membuat COE tersebut ? mohon penjelasannya, terimakasih.

    • Bisa kita atau beliau yang buat, yang jelas buatnya di jepang bukan di indonesia. prosedurnya dan persyaratannya bisa dilihat di link website yang saya sertakan diatas, silahkan tentukan jenis coe yang ingin di apply apa. Sepemahaman saya, sekedar teman tidak bisa mengajukan dependent, harus coe jenis lain.

      • thanks infonya mas…. klo boleh tau, jenis CEO nya, jenis apa ya?

      • ada banyak jenis mas, bergantung dengan kegiatan mas selama di jepang. coba aja di cek satu satu, saya tidak tau soalnya aktifitas mas dengan kenalannya apa.. sepemahaman saya, sekedar ingin tinggal saja tidak bisa.

  46. Assalamualaikum wr.wb
    Bpak mohon maaf sblumnya,,suami sya kn d jepang nihongo gakkou
    Yg mau sya tanyakan apa gakusei bisa mengajukan visa dependent??
    Apa visa dependent hnya untuk daigakusei sja
    Trima ksih sya tunggu jwban dan pnjelasannya

    • Waalaikumussalam wr.wb.
      Bisa, tidak masalah. asalkan semua dokumen lengkap.
      termasuk penjelasan tentang penghasilan/beasiswa suami, atau keterangan lain yang bisa menjelaskan bahwa ada penghasilan selama tinggal di jepang.

      • Trima kasih bnyakk bpak untuk pnjelasannya
        Mhon maaf bisa d krimkn contoh pngisian letter of guarantee nya jikalau ada yg rahasianya d hpus sja
        K alamat email sya ini m.maswati@yahoo.com
        Trs pengisian untuk coe ada 3 page yh bpak??

      • Soalnya saya msih bingung cara pengisiannya
        Karna sya berencana mengajukan visa dependent nya d indonesia
        Jd suami sya d jepang hrus megang buku nikah asli nya yh pak?
        Barang kali ada maasukan untuk sya bapak berkas asli apa sja yg wajib suami sya pegang d jepang selain buku nikah?untuk jaga” sja bila mna d tnyakan sma pihak imigrasi jadi sudah siap
        Trima ksih
        Mhon maaf bnyak pertanyaan🙏🏻🙏🏻🙏🏻🙏🏻

  47. Mbak, saya sudah update tulisan saya diatas. Silahkan cek di bagian persyaratan. Contoh pengisian coe ataupun format letter of guarantor udh saya upload disana.

    Buku nikah asli seingat saya gak jadi ditunjukan walaupun saya bawa. Jd fotocopy sama translate aja udh cukup.
    Dokumen asli yg lain yg penting biasanya hanya ktp jepang dan passport udh cukup.

    • Untuk Anual income nya bagaimana cara mengisinya yh pak??
      Suami soalnya gakkou bkn beasiswa
      Trs penghasilan dr baito nya d tulis penghasilannya per bln atau gmn?
      Apa perlu suami sya melampirkan slip gaji nya?
      Trima kasih

  48. Oh iya,trima ksih bnyak bpak
    Bila ntr ada pertanyaan lg
    Yoroshiku onegaishimasu🙏🏻🙏🏻🙏🏻🙏🏻🙏🏻🙏🏻

  49. Siang pak, saya mau nanya, saya skrng lagi di jepang menggunkan visa Internship selama satu tahun Dan sekitar 4 bulan lagi visa saya slesai, Yang saya mau tanyakan adalah bagaimana cara mendapatkan atau persayartan, proses untuk mendaptkan eligibility atau visa kerja, karna ditempat saya bekerja/magang sekrang menawarkan kerja lagi di tahun depan, tapi dengan catatan dengan visa kerja ngurus sendiri. Mohon informasinya terimakasih

    • Coe untuk visa kerja bisa kita urus sendiri, tapi dengan beberapa dokumen keterangan dari kantor/tempat kita kerja sebagai persyaratannya.
      Untuk lebih detail persyaratannya, bisa di cek di website imigrasi langsung, di link yg ada di tulisan saya diatas. Visa kerja ada berbagai macam, jd tergantung jenis pekerjaan kita. Saran saya coe mulai diurus dari sekarang, sebelum kita pulang ke indonesia, karena mengurus coe hanya bisa di jepang.

      • Saya dibagian masak, atau chef berarti masuknya skilled labor visa. saya ada pernyataan
        1. link diatas Saya masih kurang paham tentang application coe yang mana untuk mendapatkan skilled labor visa yang Saya akan ajukan,
        2. Pas mengajukan coe kekantor imigrasi hal apa saja yg ditanyakan, dikarnakan bahasa jepang Saya yg tidak berlalu fasih
        3. Saya skrng mahasiswa tingkat akhir di Indonesia, Saya akan slesai skripsi di bulan juli 2018, pertayaan Saya adalah ketika Saya mengajukan coe Dan coe Saya jadi, tetapi Saya kembali lagi kejepang di bulan juli 2018 apakah bisa ?
        Mohon informasinya terimakasih

      • 1. coba konsultasikan dengan pekerja lain disana, mereka menggunakan visa apa. coba di cek di nomor 4, 6 atau 13.
        2. Tidak ada wawancara, hanya mengajukan dokumen persyaratan aja. klo nanti mereka ada hal yang kurang jelas dengan dokumennya, baru ditanya.
        3. Bisa saja. ketika mengajukan COE, disana ada pertanyaan kapan akan masuk ke Jepang.

  50. Selamat siang & salam kenal…

    Saya mau tanya dlm pembuatan COE itu utk anak kandung apakah ada batasan umur utk umurnya atau status (sdh menikah atau belum)?

    Visa dependant tsb biasanya bisa stay brp bulan / tahun di Jepanh? Ma kasih

    • salam kenal,
      definisi COE dependent adalah pasangan (suami/istri) yang bergantung dengan pasangannya (istri/suami) dan anak yang bergantung pada orang tuanya. Untuk anak tidak ada batasan umur, tapi klo anak sudah menikah, saya tidak tau apakah dia berubah menjadi dependent pasangannya atau masih bisa menjadi dependent orang tuanya.
      untuk berapa lama, tergantung dengan lama visa penjaminnya, atau maksimal 3 tahun dan bisa diperpanjang, tergantung mana yang paling kecil.

  51. Selamat siang Pak Aslih yang terhormat
    Saya Hana, ingin bertanya untuk syarat pembuatan COE dan Visa Defendant apakah ada jumlah minimal penghasilan harus berapa untuk applicant ataupun guarantor? Maret besok rencananya saya ingin membuat COE ke Jepang, mohon informasinya. Terimakasih banyak 🙏

    • selamat siang mba,
      tidak ada aturan baku mengenai berapa biaya minimal penghasilan applicant atau guarantor, tapi yang jelas penghasilan tersebut memang mencukupi untuk biaya hidup selama tinggal nanti.
      sebagai contoh saja: penerima beasiswa MEXT 15juta/bulan dianggap cukup untuk mengajukan visa dependent istri dan anak.
      klo beasiswa/penghasilannya dibawah itu, siap2 aja nanti di wawancara ketika ditengah jalan proses verifikasi coe-nya, temen saya ada yang pernah diwawancara soalnya.

  52. Assalamualaikum pak kmrn suami sya sudah mengajukan coe ke imigrasi,dari imigrasi gak ada masalah cuma ada satu berkas yang kurang namanya zaigaku shomei sho,nah aneh nya pas suami minta ke pihak gakkou,gakkou tidak bisa memberikannya pokonya pihak gakkou bilang dekinai 😓😓bagaimana yah pak solusinya mohon sarannya
    Trima ksih banyak

    • Waalakumusalam.
      Mba, suaminya sekarang visa apa dan berapa lama? kok gak bisa minta zaigaku shoumeisho dari kampus?

      • Suami sya visa nya student pak,visanya 2 thn,suami msih ryuugakusei blm daigakusei
        Iyaa sya smpe kalap ps tw pihak sklah tidak mmberikn zaigakushomei sho nya

      • Visa student disini semuanya ryuugaku, walaupun daigakusei juga. Saya sangat tidak paham kenapa pihak sekolah tidak bisa ngasih 在学証明書. Saran saya coba dikonsultasikan ke lembaga swasta yg biasa membantu pembuatan visa (misal: wedofy). Bayar sich jasanya tapi sepemahaman saya mereka bisa memperjelas kondisinya.

      • Oh begitu terima kasih bnyak yah pak untuk sarannya 🙏🏻🙏🏻🙏🏻sngat bermanfaat untuk sya
        Kalo boleh sya bisa mnta enggak pak contok zaigakushomei sho pnya bpak
        Jika ada hal prvasi nya bsa d coret klo berkenan tlong krim kn k email sya sja
        Ke sni m.maswati@yahoo.com
        Trima ksih bnyak sblumnya pak
        Smoga bpk dan keluarga sll d berikn kemudhan dlm setiap urusan oleh Allah SWT AamIin Allahumma AamIin

  53. malam mas ashlih,
    saya lagi di indonesia dan kebetulan suami saya orang jepang dan sedang berada di jepang tapi saya belum buat COE, kalo saya kejepang pakai visa turist trus membuat COE di jepang bersama suami saya setelah itu mengganti visa defendant apa di perboleh kan??
    mohon di balas, TRIMAKASI BANYAK

  54. asalamualaikum,wr,wb salam ukhuwah ya mas, saya husni mubarok. saya saat ini kerja jadi penerjemah di daerah kyushu tapi skr sedang disuruh dinas ke aichiken, sampe bulan , saya berniat mau buat coe buat istri anakku. kira kira2 syarat syaratnya hampir sama seperti mas kah? mungkin hanya status nya saja kali ya mas? mohon bimbingannya..

    • Wa’alaikumussalam wr wb.
      Mohon maaf baru balas mas,
      Iya syarat syaratnya sama persis, karena itu saya ambil dari websitenya. Terakhir saya cek juga masih sama. Bedanya, kita gak tau dokumen tambahan apa lagi yg bakal diminta oleh pihak imigrasi, jd siapkan dokumen selengkap2nya aja

  55. Pingback: Certificate of Eligibility:Surat Sakti Membawa Keluarga Tinggal di Jepang | TIOLOGY

  56. Assalamualaikum wr wb
    Maaf mas mau tanya itu bikin visa disana untuk istri dan anak posisinya anak dan istri sudah ada disana apa diindonesia
    Kalo sudah disana dl berarti istrinya kesana pakai visa tourist ya?
    Sama boleh minta template translate surat nikahnya? Saya buka tidak bisa soalnya
    Terima kasih

    • Wa’alaikumussalam wr wb.
      Mohon maaf baru balas.
      Betul, posisi sudah di jepang dengan visa turis.
      Templatenya tadi sudah saya cek lagi dan bisa di download.

  57. Salam kenal pak
    Kasus saya sama seperti mbak maswati nah yang mau saya tanyakan itu kemaren dari imigrasi minta copy buku tabungan sedangkan suami saya hanya baito saja apakah saldo di tabunga mempengaruhi ? Mohon penjelasannya

  58. Assalamualaikum Mas ashlih… Salam kenal. Mau Tanya, suami Sudah Punya coe dan per panjang tiap tahun. Apakah dia bisa mengajukan Coe Untuk Anak dan istrinya? Punten Boleh saya minta contoh film Coe Yg Di Isi mad Untuk pengajuan coe dan visa dependent Nya. Tlg berikan template contiguous dan soft copy document buat oengurusannya coe Istri dan Anak. Contiguous dokumen yang Di Isi Untuk pembayaran coe dan visa dependent Istri dan Anak. Terima Kasih mas

    • Wa’alaikumussalam,
      Salam kenal.
      Saya agak kurang paham requestnya, tp di tulisan saya diatas sudah saya lampirkan link untuk download contoh pengisian formnya.

  59. Assalamu’alaikum Pak, salam kenal saya ex kenshusei,yang saya tanyakan saya ingin kembali ke Jepang dengan visa engineering,terus katanya untuk pengajuan COE kita harus nulis CV yang sama dengan yang dulu kita tulis waktu kensyu,sedangkan detail CV yang dulu sudah lupa,bisakah saya mendapatkan cv yang lama guna pengurusan COE,terima kasih sebelumnya.

    • Wa’alaikumussalam, salam kenal mas. Aturannya semua dokumen yg sudah diserahkan tidak bisa diambil lagi.
      Sepemahaman saya cv (application form) tidak harus sama antara yg dulu dengan yg sekarang, bisa jadi alamat kita yg sekarang berbeda (pindah) dengan sebelumnya kan.. jadi diisi sesuai data kita sekarang aja

  60. Aslmualaikum.. Saya rika, saya baru dterima kerja d jepang. Saya djepang baru seminggu. Tp saya pengen mnajukan pmbuatan coe buat suami saya. Saya dengar2, apakah saya harus tinggal dlu dsni 3bulan baru bisa menjadi penjamin suami sy? Atau saya bis langsg saja k imigrasi untuk mmbuat coe. Terimakasih

    • Wa’alaikumussalam.
      Bisa saja mba, asal semua urusan mba di jepang sudah beres (pengurusan administrasi di kuyakusho, hoken, surat keterangan bekerja dan gaji dari kantor, sudah punya nomor telepon, dll)

  61. permisi mas. salam kenal . saya ingin bertanya
    saya mempunyai teman di tokyo, dan dia ingin saya datang dan bekerja disana kebtulan paman nya mempunyai restoran . dan saya akan di pekerjakan di tempat paman nya. saya di sana memakai visa family atau visa kunjungan keluarga saya ingin mengganti visa saya menjadi visa dependent. saya belum nikah ( jomblo) , bagaimana cara saya mengisi surat CEO nya .

    terimakasih.

    • Maaf baru balas mas ivan,

      Dari cerita yang saya pahami diatas, saya cuma bisa bilang bahwa mas ivan tidak akan bisa buat visa dependent.

      Yang bisa buat visa dependent hanya suami, istri, dan anak saja. Kemudian apabila guarantornya memiliki high skilled visa di jepang, maka jumlah dependent bertambah orang tua.
      Pamannya teman tidak akan bisa membuat visa dependent untuk teman keponakannya.

      Terkait kerja, silahkan urus visa kerja, dan yang harus mengurus coenya itu paman temennya, atau agen resmi.

  62. Salam kenal Mas Aslih,

    mau tanya sedikit :

    1. COE, no.12, Date of entry sama no 16, Intended place to apply for visa…. nah, kalo org nya uda ada di jepang, isi nya gmn tuh ya? ^^! soalnya anak2 saya dateng tgl 10 okt sedangkan saya baru mau ajuin COE sekitar tgl 12 Okt… apakah Date of Entry itu harus sebelom anak2 dateng ke jepang? Karena docs asli kan nanti dibawa anak2 setelah mereka selesai bikin visa and terbang ke japan.

    2. COE no. 22, Method of support. saya mengandalkan kiriman uang dari suami yg kerja diluar negri, cuma yg saya bingung, kl COE untuk anak ini itungan nya gmn y.. apakah relatives? karena kan uang nya dikirim ke saya dan saya yg biayain atau remitance from abroad?

    Mohon bantuan dan kesediannya menjawab ya Mas. T__T mabok soalnya…

    terima kasih.

    • Salam kenal juga mba vita,

      1. Date of entry (ceritanya) diisi tanggal anak mau ke jepang lg selanjutnya tanggal berapa, bukan yg sekarang. Ceritanya sekarang lg datang dengan vita turis (kunjungan keluarga) kan?
      Kemudian klo sekarang rencana 2-3 bulan disini, mendintg langsung apply change of visa aja, gak ush apply coe dulu baru change visa.

      2. Pilih yg relatives (kanjinya: 家族負担)
      Terkait uangnya dikirim dari suami terus dikirim ke mba, itu nanti melampirkan dokumen terpisah, bukti penghasilan mba sebagai guarantornya.

      Semoga cukup jelas ya

  63. Wah, maaf Mas, saya ga ngeh kl sudah di reply… T_T kemaren lupa centang notifikasi…

    mau menegaskan lagi nih Mas, brarti kl uda dateng pake visa kunjungan keluarga, langsung ngisi aplikasi change of status of residence aja ya? kemaren itu emang sempet bingung pas liat form nya (application for change of status of residence).. karena sekilas pertanyaannya mirip-mirip form COE ya…. emang sempet mikir jg, kok apply coe trus apply change of visa dengan form yg mirip-mirip gt. tapi masalah nya hasil googlingan semua nya rata-rata apply COE trus org nya dateng pk visa kunjungan trus COE turun, kemudian apply lg change of status of residence… makanya saya ikutin aja… ehehehehe… uda pernah ada yang kaya gini and di tolak ga Mas (siapa tau Ma nya pernah denger-denger gitu)?

    makasih banyak ya Mas atas info nya sangat sangat membantu saya yang uda butek dari kemaren-kemaren…

    • Sepemahaman saya, secara umum cuma ada 3 cara untuk apply visa dependent keluarga:
      1. Cara paling umum: Keluarga di jepang apply coe, coe jadi kemudian dikirim ke indonesia pake pos, keluarga di indonesia bikin visa di kedubes jepang, jakarta (atau kota lainnya).
      Kelebihan: gak perlu beli tiket pp jepang-indonesia, cukup beli tiket berangkat aja bisa.
      Kekurangan: proses lama, mesti tunggu coe jadi dulu, dikirim, bikin visa di indo, baru bisa berangkat.
      2. Cara tidak umum: Keluarga di jepang apply coe (waktu proses: 0,5 – 3 bulan), keluarga di indonesia datang menggunakan visa turis, setelah coe jadi, apply change of status of residence (waktu proses: 1 jam)
      Kelebihan: lebih efisien waktu kalo timingnya apply dan dateng ke jepangnya bagus. Klopun masa berlaku visa turis habis dan harus pulang, coe bisa dikirim pake pos setelah jadi.
      Kekurangan: harus beli tiket pp sewaktu datang pake visa turis.
      3. Cara formal yg jarang ditempuh: keluarga indonesia datang dengan visa turis, langsung apply change of status of residence tanpa apply coe (waktu proses: 0,5 – 3 bulan).
      Kelebihan: gak perlu repot dua kali ngurus dokumen.
      Kekurangan: beresiko masa berlaku visa turis habis tapi visa dependent belum jadi.
      ===
      Terkait ditolak atau enggak, semua bergantung ama dokumen dan reason apply coe (atau perubahan visa). Terkait cara nomor 2, saya udh pernah denger 2 kasus yg jadinya telat (dari banyak kasus temen2 saya yg berhasil). Terkait nomor 3, saya baru denger 1 kasus aja dan berhasil (tidak telat).
      Jadi cara manapun yg dipake, tergantung berapa lama masa berlaku visa turis yg di apply ama keluarganya mbak.

  64. Mas Ashlih,

    Aku mau naya ya. Aku sekeluarga mau tinggal di jepang april 2018 sampai juli 2018. Kita sudah daftarin anak2 di sekolah Prancis yg di Kyoto. Kita sdh kasi deposit di sekolah, Anak2 punya 2 pasport ( indo-Prancis) dan suamiku prancis jadi mereka ngk perlu Visa. Nah sekarang akunya yg perlu visa. Jalan yg mana sebaiknya saya tempuh ya?

    Terimakasih buanyak,
    Salam
    YUli

    • Maaf baru balas mba,
      Untuk tinggal 3 bulan aja, bisa pakai visa turis biasa.

      • Mas Ashlih, Makasi ya balasannya. Aku lagi mempersiapkan semua dokumen utk apply visa turis nya. aku harus isi ITINERARY nya… utk 3 bulan. Aduh gimana ni ? Konsulat Jepang yg di denpasar bilang itu wajib…
        kalau utk 2 minggu sih bisa. tapi ini 3 bulan…

        Makasi banyak,
        Salam
        Yuli

  65. bang mw nnya klo istri ud djpang dngn visa kunjungn 3bln, pngn nmbah 1blnn , itu hrs bkin CEO ? klo msl hrs bkin stelah jd CEO nya bkin KTP jpang istri dan hrs rubah visa k dependent?

  66. untuk mendapatkan visa dependent apakah harus punya hubungan keluarga ? kebetulan ayah saya mempunyai relasi orang jepang, nah relasi orang jepang tersebut siap menjadi penanggung saya utk mengurus visa dependent dan CoE. Apabila kasusnya seperti apakah bisa ? Kemungkinan saya tinggal 1 tahun dengan 1 bulan tinggal bersama relasi ayah saya dan setelahnya saya hidup mandiri dengan arubaito. Kebetulan saya sudah mempersiapkan bahasa jepang di level n3.

    terima kasih

    • Sepemahaman saya, CoE dependent hanya untuk spouse (istri/suami) dan anak. Bahkan orang tua, kakak, keluarga dll tidak bisa (kecuali visa penanggung highskilled).
      Silahkan di sesuaikan visanya dengan tujuan datang ke jepang.

  67. Salam kenal Mas ashlih

    Mas, maap saya mau tanya ttg visa student, kebetulan anak saya mengajukan sekolah bahasa di kyoto, dan bagaimana mengenai COE nya ? Apakah dari pihak sekolah yg memberikan dokumen ke imigrasi dan kami hanya perlu menunggu ? Apakah masa tunggunya juga sama 3 bulan ? Terima kasih sebelumnya mas

    • Seharusnya dari pihak sekolah yg membuatkan. Coba ditanya aja langsung ke pihak sekolahnya mba, siapa yg mengurus coe. Klo mereka bilang kita harus urus sendiri, coba ditanya bagaimana cara mengurusnya.

  68. Assalamualaikum
    Mas maaf mau tanya apakah visajisshusei bisa diubah jadi visa dependent ,keadaannya saya jishusei dan suami engeener dan pengen tinggal bareng

    • Wa’alaikumussalam.
      Bisa seharusnya mbak. Tp tanya dulu ke pihak tempat mbak bekerja, karena belum tentu mereka mengizinkan ubah jenis visa. Klo mba sudah selesai kontrak kemudian ubah jadi dependent harusnya bisa

  69. Salam kenal Mba,

    Mau tanya sebelum visa dependant, keluarga rencana berangkat dngn visa kunjungan keluarga. Namun saya baca2 salah satu syaratnya adalah resident card pengundang. Apakah berarti saya harus berangkat dulu kesana dan mendapatkan resident lalu keluarga proses visa kunjungan keluarga? atau adakah cara lain supaya bisa berangkat bersamaan. Terima kasih

    • Salam kenal mba,
      Klo visa kunjungan keluarga, pihak keluarga yg mengundang sudah harus tinggal di jepang. Klo mau berangkat sama sama, bisa pakai visa turis.

  70. makasih banyak kak,tulisannya sangat bermanfaat. maaf sebelumnya kak mau tanya saya progra epa belum ujian koukasiken apa bisa bawa suami kesini,dengan status resident card saya 1ahun,jadi tiap tahun saya perbarui

    • Mohon maaf Ana saya kurang tau apakah program epa bisa membawa keluarga atau belum. Silahkan ditanya kepada sensei/atasannya ya

    • Asslamualaikm selamt pgi mas Ashlih
      Sangat bermanfaat sekali tulisannya, mudah2an jadi kebaikan

      Saya ingin konsultasi dan sarannya dari mas, jadi dari kasus saya pribadi:
      Pertama, 1
      Keterangan penghasilan 3 bulan berturut2 itu harus berutan kah?
      ( karena saya akan pindah kerja resign dari prusahaan lama, kemungkinan saya tidak ada ada upah utk bulan2 kedepan)
      Namun, saya berniat apply COE istri.
      Status saya, visa engineer.
      Nah, apakah tidak masalah bila slip gajihnya yg di lampirkan nanti slip gajih yg dulu ?
      Atau saya harus nunggu kerja 3 bulanan di perusahaan baru agar bisa slip gajihnya 3 bulan berturut?

      Misal , saya akan apply visa depentn di jepang bulan desember 2020.
      Nah, bulan desember saya pindah kerja ke perusahaan baru.
      Apakah slip gajihnya dari perusahaan baru kah? ( berarti harus nunggu 3 bulanan yah?) atau bagimana yah

      Terimaksih semoga membantu

      • Waalaikumussalam,

        Sepemahaman saya tidak diminta keterangan penghasilan 3 bulan berturut turut, tapi lebih ke surat keterangan sekarang berkerja dimana dan keterangan gaji yang telah didapat selama maksimal setahun kebelakang. Jadi surat keterangan gaji yang diperlukan adalah berturut2 sebelumnya.

        Saran saya justru jangan menunggu membuat visa coe desember, tapi buat dari sekarang. surat keterangan penghasilannya dari perusahaan sekarang sampai bulan ini. klo menunggu pindah perusahaan dulu, mungkin perlu minta surat keterangan estimasi gaji dari perusahaan baru nanti, jadi tidak perlu kerja 3 bulan dulu.

        Semoga cukup jelas ya

  71. Ksk. Klau untuk pekerja enjinering cara nya bagaimana ya apakah sama? .apa ada nomor wa bisa di hubungi untuk tanya2 lagi

    • bantu jawab untuk mas saifuddin, kalau setahu saya, untuk alur proses mungkin sama, akan tetapi untuk dokumen pengajuan visa enggineering msih banyk yg diperlukan selain yg diatas, seperti data ijazah, cv, data perusahaan, baik alamat, nama direktur, laba dsb, dan untuk menguatkan, hrus ada keterangan pekerjaan seperti apa saja yang akan mas saifudin lakukan di tempat kerja

  72. sepertinya bisa, soalnya kan di form aplikasi nya tertulis untuk yang yang sedang berkativitas/ mempunya visa enggineering, reseaarcher, careworker underEPA dll

  73. terima kasih untuk mas ashlih atas tulisannya yang lengkap mudah dimengerti…

  74. Thanks info nya, bermanfaat sekali 😁 saya mau coba eksekusi

  75. Mas saya punya temen
    Ikut magang kejepang , jadi ceritanya dia uda turun COE tapi sebelum keberangkatan dia gagal medical , setelah sembuh apakah dia masih bisa berangkat ke jepang? Apakah harus lewat pemutihan data ya mas?

  76. Assalamualaikum mas Ashlih
    postingan yang sangat bermanfaat,yg sedang saya cari2 akhirnya ada versi detailnya,,hehe.
    Bolehkah mas ijin copy draft translate_an data pelengkap seperti akta lahir anak,buku nikah dan kartu keluarga?boleh dihapus kalau mengandung data privacy.Minta kirimkan ke email. Jazakallahu.

Leave a comment