Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

Mengurus Certificate of Eligibility (CoE) di Jepang

102 Comments

Bismillahirrahmanirrahim..

Tulisan ini berisi tentang cara mendapatkan Certificate of Eligibility (CoE) jenis Dependent (istri, anak) untuk tinggal di jepang, berdasarkan pengalaman saya sendiri dan hasil baca2 banyak referensi. Untuk tinggal di jepang dalam waktu yang cukup lama (lebih dari 3 bulan) dibutuhkan CoE ini, adapun kalau hanya ingin tinggal di jepang kurang dari 3 bulan, bisa menggunakan visa turis (atau pakai e-passport aja cukup untuk tinggal di jepang kurang dari 15 hari). Contoh aplikasi yang membutuhkan CoE ini adalah pelajar, internship, dependent (istri, anak), sport, religious activity, professor, visiting research, dll. Pada intinya apabila tujuan kita untuk tinggal di jepang jelas dan semua persyaratan lengkap, biasanya insya Allah CoE bisa keluar dengan lancar.

Pengalaman yang sudah saya alami adalah membuat CoE (dependent) untuk istri saya tinggal di jepang selama saya studi disini (2 tahun). Setelah mendapatkan CoE, saya juga berhasil apply visa dependent istri di Jepang (tidak di Indonesia), yang sepertinya masih jarang orang melakukan cara ini. Referensi utama yang sebaiknya kita semua lihat adalah website imigrasi jepang: http://www.immi-moj.go.jp/english/tetuduki/kanri/hituyou_syorui.html
di web itu dijelasin  cara apply CoE, Change of Status of Residence, etc. Disana udah dijelasin detail sebenarnya, tapi saya coba rangkum aja disini.

 

PERSYARATAN:

Berdasarkan website yang saya sebutkan barusan diatas, 1 bundle persyaratan yang dibutuhkan untuk bikin CoE adalah:

  1. Formulir Aplikasi 1 berkas, download disini
  2. Foto 3cm X 4cm 1 buah
    1. Foto berwarna dengan latar belakang putih
    2. Foto harus 3 bulan terakhir (katanya)
    3. Tidak boleh pakai penutup wajah/kepala/topi, tapi klo kerudung jelas boleh. klo cadar wallahua’lam
    4. Proporsi foto sebaiknya diperhatikan baik baik, jangan terlalu kecil wajahnya, harus jelas, dll. aturan resmi proporsi tidak ada untuk CoE, tapi untuk visa ada banyak contohnya disini, jadi sebaiknya ikuti aja. klo bingung bilang aja ke tukang cetak foto.
  3. A return mail envelope with affixed stamp 392 yen. Amplop untuk pengiriman CoE yang udah selesai/approved ke alamat tempat kita tinggal. alamatnya kita tulis sendiri, perangko juga tempel sendiri. Ukuran amplop bebas, yang ukuran kertas A4 dilipet 3 itu juga gpp.
  4. The supporting documents shown on the table. Jadi dokumen tambahan yang diperlukan bergantung jenis CoE yang kita Apply. klo untuk Dependent, dokumen tambahan yang diperlukan adalah:
    1. Documents certifying the personal relationship between the person concerned and the person who is to support him or her. Kalau saya dulu pakai buku nikah fotocopy, trus bikin translatenya dalam bahasa jepang. Untuk buku nikah Islam templatenya bisa download disini, yang jelas point-point translasi harus mengikuti buku nikahnya, jangan copas langsung dari contoh template (karena template yang saya dapet dan buku nikah saya ada sedikit perbedaan).
    2. Copies of the registration certificate or the passport of the person who is to support the person concerned. Disini saya bawa Juminhyo, foto kopi resident card, ama fotokopi passport saya. Masing masing 1 lembar cukup.
    3. Documents certifying the profession and the income of the person who is to support the person concerned. Disini saya siapin surat keterangan pelajar dari kampus, ama surat keterangan penerima beasiswa. Masing masing 1 lembar cukup.
  5. Letter of Guarantee. Formulir bahwa kita akan jadi penjamin istri/anak kita. bisa download disini.
  6. Semua dokumen yang dikirimkan, tidak akan dikembalikan. Oleh karena itu klo bawa passport asli, resident card asli, ama buku nikah asli, jangan lupa diminta lagi.

 

Sebagai tambahan, klo kita bikin CoE juga untuk bayi/anak, maka persyaratannya sama persis tapi biodatanya anak kita. jadi 1 bundel persyaratan untuk 1 orang, klo kita mau bikin CoE juga buat 2 anak, maka siapkan 3 bundel dokumen (1 bundle istri + 3 bundle anak).

 

PROSES PEMBUATAN:

Proses pembuatan pada intinya kita ke kantor imigrasi di jepang. karena saya tinggal di Kanagawa-ken, maka saya bisa apply di shin-sugita yokohama, ataupun di Shinagawa Tokyo. ada lagi kantor cabang di shin-yurigaoka, tapi kurang tau klo bikin CoE disana lancar gak, yang jelas saya urus perpanjang visa di shinagawa ngantrinya panjang banget, tapi pas bikin CoE di shin-sugita sepi banget gak ngantri. selain itu shin-sugita itu kantor pusat (yokohama) jadi prosesnya cepet. Total awal apply ampe CoE jadi sekitar kurang dari 3 minggu, klo bikin di shinagawa katanya bisa 1-1,5 bulan. Intinya prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan semua dokumen yang diperlukan
  2. Datang ke kantor imigrasi pagi2 supaya gak ngantri. biasanya buka dari jam 8:30
  3. Klo belom nyiapin amplop ama perangko, di kantor imigrasi ini ada konbini yang kita bisa beli disana.
  4. Cari loket yang mengurus bagian CoE, ambil nomor antrian, tunggu sampai dipanggil
  5. Serahkan semua dokumen. Mereka cek.
  6. Kalo OK, nanti kita akan dikasih bukti terima dokumen ama nomor aplikasi. simpan nomor itu buat jaga2 klo misalnya ampe 3 bulan CoE kita gak jadi2 juga..
  7. Selesai. Tunggu pos dirumah.

 

Nah, khusus saya kemaren, belom ada satu minggu, saya dapet pos dari imigrasi, yang isinya adalah: silahkan kirimkan dokumen tambahan berupa transcript academic. Hahaha.. ini persyaratan gak ada ditulis dimana mana, googling pengalaman orang pun kayaknya gak ada yang disuruh kirim ini. saya tanya temen ini beneran yg diminta transcript academic atau bukan (soalnya suratnya dalam bahasa jepang), temen saya terheran2 dan bilang iya itu transcript academic yang diminta. Akhirnya yaudah saya kirim lagi aja lewat pos karena kita udah disiapin amplop untuk kirim balik dari mereka. Usut-punya-usut, nampaknya transcript academic dibutuhkan untuk membuktikan bahwa kita memang kuliah di jepang (bukan baito baito doang tapi kuliah bolos), mungkin seperti itu..

Setelah kirim balik, kira kira semingguan kemudian datanglah CoE istri saya, alhamdulillah.. Cepet banget prosesnya. kayaknya klo gak pake nungguin kampus buka buat ngurus transcript, mungkin 2 minggu selesai CoEnya.

 

APPLY VISA DEPENDENT DI JEPANG:

Kalo udah dapet CoE, trus itu diapain? Cara yang paling banyak digunakan orang adalah dikirim CoE tersebut ke Indonesia, kemudian istri kita akan apply visa dependent di kedubes jepang di indonesia (di jakarta, medan, bali, dll). dengan cara ini, maka butuh tambahan waktu 5 hari kirim pos jepang-indo, dan 4 hari bikin visa di kedubes. intinya sekitar tambahan 2minggu sampai istri kita benar benar bisa datang ke jepang. Saya yang tidak rela berpisah lama ama istri (:p) mencari2 info lain yang memang lebih menguntungkan buat kami. Dapat info dari teman (jago bahasa jepang) bahwa dia bikinin visa istrinya di kantor imigrasi shin-yurigaoka, jadi gak bikin di indonesia. tapi temen saya ini cukup lucu, saya tanya persyaratannya apa aja, kok bisa tau info kayak gitu, dll, dia lempeng aja jawab (kurang lebih), “saya juga kurang tau, cuma dateng ke kantor imigrasi trus bilang saya udah dapet CoE untuk istri dan kebetulan istri saya ada di jepang, bisa gak urus resident card disini?”. hebatnya dia dulu berhasil tanpa banyak pertanyaan aneh2 katanya dan langsung jadi hari itu juga, wow. jadi intinya bagaimana sich penjelasan prosesnya itu:

  1. Datang ke kantor imigrasi. Saya juga datangnya ke shin-yurigaoka karena pernah terbukti berhasil. (mau nyoba2 shin-sugita tapi jauh sebenarnya)
  2. Masuk kemudian langsung ke loketnya. sedikit cerita, shin-yurigaoka ini loketnya cuma satu, beda ama shin-sugita yang ada banyak loketnya jadi bingung klo kesana ke loket mana.
  3. Bilang ke petugas loketnya, “saya udah punya CoE untuk istri dan istri saya ada di jepang, apakah bisa mengurus resident card disini?”
  4. Nanti petugas loketnya akan memberikan form aplikasi untuk kita isi, tempel foto applicant 3×4 (foto istri), dan juga menyuruh kita untuk membeli materai 4000yen.
  5. Nah, setelah saya cek, ternyata form tersebut adalah: Application for Change of Status of Residence. Form ini juga sudah ada penjelasan detailnya di web yang saya sebutkan pertama kali diatas. Jadi yang kita apply sebenarnya adalah pengubahan status resident istri kita (dari turis) menjadi dependent. tapi karena kita udah punya CoE maka persyaratan yg perlu dibawa hampir gak ada, cuma bawa CoE doang ama foto 3×4 (ama uang 4000yen), adapun form aplikasi bisa isi di tempat.
  6. kemudian setelah selesai silahkan kita kasih ke petugas tadi dan kemudian ambil nomor antrian.
  7. Setelah dipanggil, maka resident card istri kita udah jadi, alhamdulillah selesai..
  8. Pulang. Bisa urus2 selanjutnya seperti ke kantor kecamatan register tempat tinggal, urus hoken, dll.

 

Salah satu yang sempat menjadi isu ketika meng-apply change of status of residence ini adalah yang katanya belum tentu di appove, dan klo ditolak maka harus dilakukan di Indonesia, seperti tertulis dalam penjelasannya: In addition, if applicant has the status of residence “Temporary Visitor” the applicant must satisfy the requirements stated above and have unavoidable and exceptional circumstances. Klo baca ini doang memang rasanya serem banget kayaknya susah, tapi menurut saya pribadi sich, tulisan ini mungkin tujuannya untuk menunjukan bahwa yg namanya visa turis jadi visa jenis lain perlu penilaian apakah memang layak menerima atau tidak. karena pada dasarnya, ketika kita apply CoE pun juga mereka menilai apakah orang tersebut memang layak diberikan CoE atau tidak. Makanya di website dituliskan bahwa proses pengubahan status pun seharusnya 1-3 bulan, tapi karena kita udah punya CoE maka jadinya bisa hari itu juga. Datoomou.

Oh iya, disini saya tulis apply visa dependent, tapi sebenarnya gak ada hubungannya ama visa yang ditempel di passport itu.. biasanya kan kita bakal dapet tempelan visa di passport, tapi klo melalui proses diatas, maka di passport kita gak akan ditempel visa tambahan sama sekali, tapi resident card itu udah jadi bukti bahwa kita memang punya izin tinggal di jepang.

Sekian cerita pengalaman saya membuat CoE dan visa dependent. mudah2an bermanfaat 🙂

 

Advertisements

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

102 thoughts on “Mengurus Certificate of Eligibility (CoE) di Jepang

  1. mantap qaqa, ayo nulis lagiii, tuh blog sebelah juga lagi produktif *trus malah awak yang ga nulis2 hahaha*

  2. Another “visa amerika” 😛

  3. Assalamualaikum wrwb,
    Salam kenal. Nama saya firdaus. Maaf pak saya ingin bertanya, kebetulan istri dapat beasiswa ke jepang. Saya dan anak menyusul dengan visa kunjungan 90hari. Sekarang kami mau mengajukan untuk membuat COE untuk mengubah menjadi dependent. Dalam formulir COE untuk pertanyaan
    12.date of entry ……..
    13.port entry
    14.Intended length of stay…
    16.intended place to apply visa
    Itu harus diisi apa ya. Karena saya dan anak sudah ada di Jepang.
    Maaf klo merepotkan dan terimakasih atas bantuannya.

    Salam.
    Firdaus

    • Wa’alaikumussalam wr wb.
      Salam kenal juga Mas Firdaus,
      Berdasarkan informasi yg saya dapat dari teman2, tanggal masuk ke jepang tidak jadi faktor penting penilaian kelayakan mendapat CoE.
      Kemarin saya isi rencana tanggal datang keluarga (walaupun belum beli tiket sama sekali, dengan asumsi istri saya akan pulang lagi ke indonesia kemudian balik lagi ke jepang). Ada juga teman saya yg mengisi 未定 (undecided). Port entry juga begitu, bebas saja rencana kita kira2 mau datang lewat narita atau haneda. Intended place to apply visa juga bebas, bisa di jakarta atau di kota yg lebih dekat dengan rumah kita (karena saya dengar untuk membuat visa khusus/dependent, tidak harus mengikuti syarat tempat tinggal KTP kita).
      Adapun intended length of stay sangat bergantung dengan visa keluarga kita yg di jepang. Istri saya kemarin hanya dikasih 2 tahun karena visa saya tinggal 2 tahun lagi, walaupun saya apply 3 tahun.
      Semoga lancar Mas

      • Oh begitu ya mas, jadi anggap aja dependentnya akan mengurus visa di indonesia ya.
        Maaf mas ada pertanyaan lagi, klo purpose of entry diisi “dependent” ya.
        Maaf klo saya boleh minta contoh form COE mas kemarin yang sudah diisi boleh ngak ya, buat panduan saya mengisi, data yg personel dihapus aja.
        Sekali lagi maaf klo menggangu.
        Terimakasih doanya, semoga lancar.
        Semoga mas juga dilancar segala urusannya. Amin.
        Salam
        Firdaus

  4. @mas firdaus
    sudah saya email ya

  5. Selamat malam mas ashlih. Sangat bermanfaat

    Saya mau tanya, kebetulan kasus saya berbeda. Teman saya orang jepang ingin mengundang saya ke jepang dan tinggal di jepang untuk jangka waktu lebih dari 3 bulan. Untuk mendapatkan CoE bagaimana ya? Karena hubungan saya Hanya sebatas teman. Tidak ada bukti ada hubungan kekerabatan.

    Kalau mungkin punya informasi Tolong bantu share.

    Terima kasih
    Sarianta

  6. Selamat siang Mas Ashlih…
    Mau tanya dong, kalau sdh dpt coe, trus dpt resident card, kita bisa langsung jemput keluarga, dan ga usah ngurus visa dependent? Langsung berangkat, nunjukkan resident card dan paspor saja?

    Sama satu lagi tanya, untuk syarat coe, boleh tdk ya kalau yg dilampirkan LOA (letter of acceptance) dr univ, soalnya nunggu certificate of enrollment atau keteramgan mahasiswa kyknya lama. Hehe

    Terima kasih…

    • Siang mba noviana,
      Maaf saya agak bingung sama pertanyaannya,
      Yg sudah dapat resident card itu mbaknya atau keluarganya? Klo mbaknya saja yg sudah dapat resident card tapi keluarganya blom bikin, tentu keluarganya gak bisa masuk jepang mba, kecuali bikin visa turis biasa.
      Klo keluarganya yang sudah dapat resident card, itu artinya sudah dapat visa dependent mba.

      Untuk syarat coe, ini coe untuk mbaknya atau keluarganya? Klo untuk mbaknya, setau saya LoA dari univ sudah cukup karna certificate of enrollment itu bisa diminta klo mbaknya sudah mulai kuliah disini.
      Klo syarat coe untuk keluarga, harus certificate of enrollment mbak, karena mbak harus membuktikan status di jepangnya sebagai apa, sepemahaman saya gak bisa pakai LoA saja.

      Semoga cukup jelas ya mba, silahkan tanya lagi klo saya ada yg salah paham.

  7. Oke, sudah jelas… maksudnya keluarga. terima kasih mas ashlih…

  8. Selamat malam Mas,.
    Mau tanya dong,bulan ini saya berangkat ke Jepang tuk sekolah Slama 2 tahun,. Dan suami saya mau nyusul setelah saya sampe Jepang 1 bulan atau tinggal disna. Apakah bisa?
    Cara tuk ngajuin nya gmn?

    Makasih

    • Malam mba,
      Bisa. Caranya macam2:
      1. Bikin coe untuk dependent visa.
      2. Bikin visa kunjungan keluarga dengan jangka waktu tinggal maksimal 3 bulan.
      3. Menggunakan epassport dan kunjungan ke jepang 15 hari
      4. Dll

  9. Mas ashlih, saya mau bertanya mengenai pengisian formulir COE untuk keluarga (istri dan anak).
    Saat ini saya sudah berada di jepang dan saya tinggal di Kanagawa Ken, Kuji. Dimana tempat tinggal saya saat ini merupakan shared house, dan kamar saya adalah kamar single.
    Nah, untuk mengisi formulir kan ditanyakan tuh Address in Japan dari si applicant (istri& anak), apakah saya bisa menggunakan alamat empat tinggal saya sekarang ? atau saya harus menggunakan alamat apato keluarga yang sudah fix akan dipakai?

    terima kasih mas.

    • Mas Jodie,
      Pada proses pembuatan coe yg sekitar 1-3 bulan itu, pihak imigrasi jepang akan menilai apakah coe tersebut berhak dikeluarkan kepada pendaftar atau tidak. Dan proses detail didalamnya saya kurang tau apakah tempat tinggal jadi pertimbangan atau tidak.

      Beberapa pengalaman saya dan teman2, pihak imigrasi bisa meminta dokumen tambahan untuk informasi mereka seperti transkrip, keterangan part time job, atau bahkan surat keterangan akan kuliah lagi di jepang (sistem informasi mereka cukup canggih). Tapi, saya juga ada teman yg mereka sekeluarga tinggal di apato single dan dapat2 aja coe nya.

      Jadi menurut saya, tinggal di apato yg untuk keluarga sedikit lebih berpeluang dibandingkan mencantumkan alamat apato single atau asrama, walaupun pengaruhnya mungkin sangat kecil.

  10. Selamat pagi, salam kenal. Saya mau nanya kalau ngurus coe bisa nggak pakai alamat diindo untuk pengiriman surat dari imigrasi ? Soalnya saya rencana kejpn tapi hanya 2 minggu sebab menggunakan visa waiver. Jadi saya nunggu di indonesia apakah bisa? Tq

  11. Mas ashlih, saya sdh d kyoto skrg. Tadi ngurus ke ward office untuk ngaktifin residence card (belakangnya ditulisi alamat kita oleh petugas). Tapi td lupa mau tanya juminhyo. Juminhyo itu apa dan bagaimana membuatnya?

    • Juminhyo itu seperti Kartu Keluarga kita di jepang,
      isinya tentang data kita, alamat, dan siapa saja yg tinggal di rumah kita.
      kalau resident card kita sudah didaftarkan di ward office,
      maka juminhyo sudah terdata dan kita tinggal minta ngeprint di ward office, bayarnya sekitar 300yen selembar.

  12. malam mas ashlih
    rencana mau ngajuin COE buat tahun depan nih mas..
    kalau permohonan COE sudah di approve di jepang..keluarga yang di indonesia hanya perlu membawa COE untuk kemudian apply visa dependent tsb ke kedubes jepang yang ada di indonesia kan ya mas ?
    bawa apa aja mas ketika keluarga apply visa ke kedubes selain COE tsb mas ?
    apa nanti ada persyaratan lain kayak persyaratan untuk permohonan Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Keluarga yang ada di website kedubes jepang itu mas ?
    terima kasih sudah berbagi mas ashlih

    • Malam mas fazil,
      Betul sekali mas (bawa coe dan apply visa dependent).
      Untuk dokumen yang perlu dibawa, silahkan buka website embassy japan di jakarta mas, kemudian liat informasi ttg visa, dan lihat bagian persyaratan untuk mengajukan visa khusus (bukan visa kunjungan keluarga/turis/dll).
      Semoga cukup jelas ya

      • I See mas ashlih 🙂
        COE itu masuk ke Visa Khusus ya mas…
        kalau boleh kasih saran mas..info cara ngisi kolom ” coe nya tuh mas lumayan tuh ada 3-4 lembar ya
        makasih mas informasi bermanfaat nya mas

      • Makasih mas fazil sarannya,
        Kayaknya memang beberapa kolomnya membingungkan ya.. Nanti klo sempet saya coba update

  13. Ohhhh,naruhodo thank u

  14. Punten mas, apa bisa saya minta nomer telepon untuk chat via w.app atau id.line , untuk saya sampaikan ke suami saya, suami saya kenshuusei dan berencana untuk membawa serta saya dan anak2 untuk tinggal disana, ada banyak sekali sepertinya yang hendak saya dan suami saya tanyakan atau konsultasi kan dengan mas ashlih, nuhun mas semoga berkenan

  15. Maz maaf saya mau tanya,suami saya sdh dtrima kontrak krja djepang slma 1 thn,tpi saat mngjukan pmbuatan coe dtolak ktny ada data cv yg meragukan saat dlu prnah magang d jepang slma 3 thn…apa msih bsa mngajukan lgi?klo bsa dlm jngka wktu brapa lma maz?mhon pnjlasanny…trima ksih..

    • Maaf mbak saya juga kurang paham kalo permasalahannya sudah lebih spesifik, karena setiap orang bisa jadi punya tambahan persyaratan yg berbeda.

      Saran saya sebaiknya ditanyakan ke pihak yg mengurus coe apa alasan visanya ditolak, kemudian lengkapi
      persyaratan yg diminta untuk meyakinkan pihak imigrasi. Selebihnya, diserahkan urusannya pada imigrasi.
      Dalam jangka waktu berapa lama juga tidak tentu, biasanya pengurusan coe sekitar 3 bulan prosesnya.

      Semoga lancar ya

  16. Selamat pagi mas,saya mau nanya,rencana saya mau kerja ke jepang,nah sekarang saya sudah punya multiple visa (batas tinggal kurang lebih 1 bulan dijepang) dan lebetulan istri saya (nihonjin)kerja di indonesia,nah kalau nanti saya kejepang buat kerja apakah saya harus megurus COE juga dan apakah pengurusannya bisa saya urus sendiri tanpa istri ke jepang lagi ?dan apakah bisa multiple visa yang saya punya bisa di urus dijepang untuk dirubah menjadi visa tinggal ?mohon informasinya.

    • Sepemahaman saya bisa mas, tidak perlu istri ke jepang.

      Ketika nanti mau kerja, mas akan mengurus visa bekerja, yang mana (biasanya) COE akan dibuatkan oleh perusahaan kemudian dikirim ke kita, kemudian kita gunakan coe tersebut untuk membuat visa bekerja di Indonesia. Atau bisa juga mas ke jepang dengan visa multiple (temporary) kemudian ubah menjadi visa bekerja.

      Sebagai tambahan, sepemahaman saya klo istri mas nihonjin, mas bisa bikin visa dependent, yang punya masa tinggal lebih lama dibandingkan visa multiple (temporary visitor).

      Semoga cukup jelas ya

  17. Selamat pagi mas, sy mau tanya, sy sdng proses coe, nanti kalau suami saya di jepang sdh terima coe,bisa tidak saya langsung ke jepang dgn visa waiver lalu urus visa saya dllnya di jepang? Jadi coe tdk perlu dikirim indonesia..Mohon infonya,Terima kasih

  18. Mau tanya mas,rencananya setelah menikah dengan orang jepang saya mau mengurus visa karena swkarang saya masih pakai visa yg 3 bulan ,itu imigrasinya dimana ya kalo di kanagawa dan apa aja syarat2nya?trmksh sblmnya

  19. Selamat pagi mas Ashlih.
    Saya kebetulan bekerja di jepang. dan baru saja menikah.
    Saya berencana membawa istri tinggal di jepang. dan akan membuat COE.
    Setelah membaca blog ini, ada pertanyaan.

    1. berdasarkanhttp://www.immi-moj.go.jp/english/tetuduki/kanri/shyorui/01-format.html
    Untuk membuat visa istri, COE nya menggunakan yang nomor 11 bukan? jika iya, saya mau tanya halaman yang perlu diisi itu halaman berapa saja? karena saya cek halaman 2 dan 3 sepertinya untuk Nurse and Certified Careworker under EPA?

    2. Lalu kebetulan, Istri saya akan datang ke jepang selama 3 minggu (menggunakan visa turis). Sebaikanya saat mengapply COE, alamat untuk mengirim COEnya itu ke Indonesia? atau ke tempat tinggal saya di Jepang? karena ketika COE selesai kan bakal di kirim ke alamat tujuan?

    3. Melihat pengalaman crita temennya mas Ashlih, misal COE bisa datang kurang dr 2 minggu di tempat tinggal saya di jepang. apakah istri beneran bisa bikin visa (mengubah status residence) di jepang? kebetulan saya tinggal d Osaka. atau sebaiknya di ubah di Indonesia ketika istri pulang ke Indonesia?

    4. Terakhir, jika COE istri sudah d trima dan mendapatkan residence card. apakah istri di perbolehkan arubaito jika statusnya menggunakan visa suami istri? apakah ada form tertentu untuk hal tersebut?

    Terima kasih.

    • Salam kenal mas raka, maaf baru balas.

      1. Klo di link web yg mas share diatas, betul di nomor 11. Yg perlu diisi page 1-3 (page 1 identitas yg mau dibikinin coe:istri, page 2 ttg surat nikah, page 3 identitas guarantor:suami). Jd form itu sama memang untuk dependent, atau untuk yg EPA juga.
      2. Pengiriman coe hanya bisa dikirim ke orang yg medaftarkan coe (dalam hal ini guarantornya), jadi dikirimnya ke alamat suami di jepang.
      3. Nah, klo pertanyaannya bisa atau tidak, jawabannya adalah: bisa,
      Karena itulah saya bikin tulisan ini 🙂
      Seharusnya imigrasi osaka dan tokyo/yokohama punya kebijakan sama saja. Klo di link web yg mas share diatas, itu khusus coe, coba cek di link yg saya tulis di paragraf awal tulisan saya. Disana nanti istri mas apply yg nomor: 2 (change of status of residence).
      Yg perlu dipahami mas, apply coe tidak selalu selesai dalam periode 2 minggu. Beberapa contoh teman saya ada yg selesainya 3 bulan atau lebih. Jd klo istri hanya datang 3 minggu, sebaiknya persiapkan worstcase bahwa coenya belum selesai jadi kembali ke cara konvensional: buat visa di indonesia.
      4. Visa dependent kalau tidak salah boleh arubaito, tp istri saya belum pernah apply dan saya kurang tau detailnya. Klo visa student punya batasan waktu untuk arubaito jadi mesti apply izin arubaito di kantor imigrasi yg sama. Kalau arubaitonya jam kerjanya tinggi dan butuh dokumen resmi, saya sarankan apply yg nomor 9.
      Semoga cukup jelas ya.

  20. MaaSyaa Allah, sangat sangat bermanfaat informasi ini mas. Kalau diizinkan, saya mau ingin minta tolong agar dibagikan contoh form COE punya mas yang sudah diisikan dan boleh diketahui. terima kasih banyak ya mas.

  21. selamat sore mas ashlih, mau nanya, berarti posisi istri mas ketika mengurus visa dependen itu memang sudah di jepang yah? Istri mas ke jepang dengan visa turis sesudah mas mendapat coe untuk istri mas?
    makasih mas..

  22. maaf bila nyimpamg ,,,, bisa tidak kita jalan jalan ke jepang (turis) 6 bulan atau setahun gitu heee ,,, newbie makasih

  23. Nah kalo kita undang pasangan kita ke jepang pake visa dependen
    Nantinya pasangan kita bisa ngga ya kerja di jepang.?

  24. Brarti ngga bisa kerja di pabrik 2 gtu ya
    Cuma part time di seven eleven seperti itu aja kah.?

  25. Salam kenal. Saya ijin bertanya:
    1. Suami akan mulai program S3 bulan april 2017 di sendai. Beliau inginnya kami berangkat bersama sama, krn beliau mengkhawatirkan kerepotan saya kalau brkt sndri dgn 3 anak. Memungkinkan tidak hal seperti ini?
    2. Bisakah coe diuruskan orang lain, misal pihak kampus, dgn kita mengirimkan semua data yg dikirimkan?
    3. Apakah ada usul untuk kami, mas? Loa dr kampus insyaallah baru keluar minggu depan. Sdngkan ktrgn mahasiswa tentu blm keluar.
    Tmksh mas bantuannya. Jazakallahu khoir

    • Maaf baru balas mbak,

      1. Bisa tapi mbak (dan anak2) menggunakan visa turis biasa, bukan visa khusus dependent.
      2. Secara formal tidak bisa, karena kampus hanya mengurus dokumen orang yg terkait langsung dengan kampusnya (yaitu mahasiswanya itu sendiri). Diuruskan pihak lain seperti agen resmi bisa, tapi saya tidak punya informasi terkait ini, dan saya blom pernah dengar teman saya yg pakai jasa seperti ini.
      3. Saran saya, sebaiknya suami pergi sendiri dulu ke sini, urus dokumen pribadinya terlebih dahulu, kemudian baru urus dokumen2 untuk mbak. Atau mbak bisa ikut ke jepang bersama suami tapi menggunakan visa turis 3 bulan dan dalam 3 bulan tersebut segera mengurus coe untuk persyaratan visa dependen. Yg jelas, kalau tahap ini diambil, disini juga akan ada kerepotan tersendiri mengurus semuanya (termasuk apakah sudah punya tempt tinggal yg bisa ditinggali oleh suami,mbak, dan anak2)
      Saran lain, kalau mbak punya keluarga lain di jepang, bisa menggunakan visa kunjungan keluarga ke keluarga tersebut.

      Semoga cukup jelas ya

  26. Maaf mas, saya mau tanya, saya akan mengajukan CEO ke jepang untuk training selama 6 bulan, masalahnya dulu waktu apply visa untuk training 3 bulan visa saya kena tolak, apakah itu akan berpengaruh dengan turunnya CEO saya atau tidak? Terimakasih

    • Sepemahaman saya, kalau permasalahan yg dulu menyebabkan visanya ditolak sudah tidak ada lagi saat mengajukan visa yang sekarang, seharusnya tidak berpengaruh mbak..

  27. Salam kenal mas ashlih,
    Saya mau nanya nih mas, saya udah bekerja dijepang sejak november 2016 kmrn dengan visa engineer, dan masa aktif visa 1 tahun (tahun kedua bisa diperpanjang 3 tahun), nah apakah bisa mengajak istri tinggal di jepang? Klo boleh saya minta template surat nikah dan yang lain untuk apply visa dependent buat istri dlm bhs jepang dong mas, makasih sebelumnya

  28. Salam kenal mas saya mau tanya kalau untuk rencana menikah dijepang Sama orang Jepang untuk proses Nya bagaimana ya?apa si calon pengantin orang jepangnya perlu/bisa mengurus COEnya?terima kasih sebelumnya

    • Salam kenal mas rifky,
      mau menikahnya dimana? klo di Indonesia, maka Mas Rifky perlu buat visa spouse nanti,
      klo nikah di jepang, maka mas harus bikin visa yang untuk kesana dulu.
      untuk visa spouse saya kurang paham detailnya, bisa coba di cek di websitenya.

  29. Assalamu’alaikum..
    Kang Ashlih terima kasih atas jawaban yg detail dan akurat selama ini dan telah banyak membantu Saya dan rekan rekan yg lain (salam kenal) dalam berbgai kondisi perihal pengurusan dokumen yg berkaitan dengan Visa dan CoE. Semoga Allah SWT senantiasa memperlancar semua urusan Kang Ashlih yg telah mempermudah urusan oran lain dan melipat gandakan rejeki nya. Aamiin.

    Kang Ashlih punten Mau minta tempelate ‘buku nikah’ dan Contoh pengisian CoE nya apabila berkenan (via email), Kalau data Pribadi nya mah mangga bisa di hilangkan atau diganti (soalnya kan privasi). Mau buat pengajuan utk isteri dan Anak nanti. Hatur nuhun pisan sateuacanna Kang Ashlih.

    Sukses terus dan ditunggu postingan2 bermanfaat lainnya seputar Jepang.

  30. Assalamualaikum
    Halo salam kenal , postingan yg sangat bermanfaat.. jika punya pasangan orang jepang ,belum ada rencana menikah dan dia merekrut saya untuk kerja di perusahaan keluarganya. apakah bisa apply COE . pertanyaan :
    1. Apakah seorang freelancer online salesperson yg tidak memiliki sertifikat pengalaman kerja atau sertifikat rekomendasi kerja bisa apply COE dan bikin visa kerja ?
    2. Apakah COE itu sejenis sertifikat penjamin yg di apply oleh pihak perekrut untuk saya selama tinggal dan kerja di jepang ?
    3. Rencana mau apply COE (specialist in humanities & international services) dan setelah COE jadi, bikin visa kerja di indonesia, apakah bisa langsung tanpa harus bikin visa turis dulu ?
    4. Supporting document (sertifikat pengalaman kerja,dll) untuk COE apakah harus dipenuhi atau hanya dokumen intinya saja, seperti resume, sertifikat kelulusan universitas, transkrip akademik ?
    5. Rencana awal tinggal 1 tahun dirumah perekrut untuk tahun berikutnya akan diperpanjang masa tinggalnya, apakah bisa ?

    Jika ada waktu luang saya mohon jawabannya. terima kasih dan sukses selalu.. 🙂

    • Waalaikumussalam..

      maaf baru balas mas/mba Ai,
      pertanyaanya cukup sulit juga dijawab karena saya tidak punya pengalaman spesifik dalam mengurus CoE untuk visa kerja, saya coba berikan beberapa pendapat yang saya pahami saja ya:

      1. Saya mendapatkan CoE dari kampus karena semua diurus oleh pihak kampus. Sepemahaman saya pun, apabila kita akan bekerja di jepang dan sudah diterima, maka CoE dibuatkan oleh pihak kantor. Adapun tugas kita hanyalah menggunakan CoE tersebut untuk kemudian apply visa kerja. Jadi bukan kita yang apply CoE.

      2. CoE adalah surat yang dikeluarkan oleh pihak imigrasi jepang, bahwa kita layak (eligible) untuk tinggal di jepang. Untuk menyatakan seseorang itu layak tinggal di jepang atau tidak, maka harus ada pihak lain yang menjadi semacam penjamin/pengundang, baik itu kampus maupun kantor. Adapun sertifikat penjamin dari pihak perekrut/kantor, itu menjadi salah satu syarat untuk membuat CoE di kantor imigrasi. Hal ini mungkin mirip seperti ketika saya membuat CoE untuk keluarga saya, maka ada beberapa dokumen yang perlu saya serahkan kepada pihak imigrasi, salah satunya guarantor letter.

      3. Tentu bisa. Karena memang bikin visa jepang di indonesia adalah cara yang paling umum, biasanya apply yang namanya visa khusus. Informasi bisa dilihat lebih detail di website japan embassy in Jakarta. Yang perlu menjadi catatan: kita sudah mendapat CoE, bukan kita yang apply CoE.

      4. Semua persyaratan yang tertulis di website harus dipenuhi. Kalau tidak dipenuhi, ada kemungkinan proses menjadi tidak lancar atau bahkan ditolak. coba dicek kembali di web berikut terkait persyaratannya:
      http://www.immi-moj.go.jp/english/tetuduki/kanri/shyorui/Table3-1.html

      5. Seharusnya bisa, asalkan semua dokumennya lengkap saja.

      Diskusi:

      Pada dasarnya, saya selalu beranggapan bahwa CoE dibuat oleh pihak kampus atau kantor, kemudian mereka akan mengirimkan CoE tersebut kepada kita, kemudian kita akan gunakan CoE tersebut untuk apply visa di Indonesia.
      Kalau kita baca kembali websitenya, memang bisa apabila yang apply CoE adalah applicant tersebut. Akan tetapi, silahkan dilihat kembali di formulir aplikasi CoE tersebut bahwa pihak perusahaan harus mengirimkan data dan signature juga. Kalau dari perusahaan skemanya kita sendiri yang apply CoE tapi data2 yang diperlukan sudah diberikan kepada kita, silahkan mas/mba apply CoE sendiri dengan menyerahkan dokumennya secara langsung ke kantor imigrasi di jepang, atau mungkin melalui pos (lagi lagi saya tidak ada pengalaman apply menggunakan pos).

      semoga pendapat saya cukup membantu,

  31. bulan januari lalu saya dan teman2 tanda tangan pengajuan CoE untuk kerja di jepang
    memang smuanya di urus sama pihak kantor
    pengajuan di kirim tgl 9januari ke Hiroshima
    kata sachou saya pengurusan CoE ke hiroshima butuh waktu min 2 minggu bisa turun ke indonesia max turun 41 hari jam kerja
    menurut perhitungan saya kalo di hitung jam kerja itu turun tgl 6 kemaren
    tapi belum ada konfirmasi apa2 dari kantor saya
    apa CoE bisa turun lebih telat dari waktu perkiraan atau gimana yaa min?
    Mohon pencerahannya

    • Ya mba wiwit, pembuatan CoE tidak selalu selesai 2 minggu seperti yg dikatakan. Bisa jadi lebih telat, tapi pada prinsipnya tidak lebih dari 3 bulan. Kalau sudah lebih dari 3 bulan tapi belum turun juga maka perlu ditanyakan kepada pihak imigrasi.

  32. Salam kenal mas Ashlih,
    Sy sudah memproses COE utk anak istri di imigrasi hamamatsu, skrg lg menunggu jadinya.
    Misalnya (krn udh kebelet) sy mengundang anak istri sy kesini dulu pake visa 3 bulan itu apa namanya mas, trus prosedurnya gimana?
    Makasih sebelumnya mas

    • Salam kenal mas candra,
      Visa kunjungan keluarga mas. Silahkan di cek di website japan embassy jakarta ya.. disana ada info lengkapnya mulai dari persyaratan yg dibutuhkan sampai prosedurnya. Nanti klo ada yang kurang jelas bisa tanya2 kesini lagi.

      • Mas, ini kok pengajuan COE ku ditolak ya, klo aq trsnlate ini suratnya kok kayaknya masalah statusku dsni, pdhl statusku engineer. trus misalnya istri & anak kesini pake visa kunjungan 3 bulan, bisa diperpanjang tanpa COE gak mas, ya gak permanen sih, misalnya diperpanjang 3 bulan lg gtu.

      • Maaf br bls mas. Hmm saya kurang tau kalau sampai ditolak. Saya juga gak ngerti kenapa bermasalah. Harus ngomong ke mereka sich minta penjelasan kenapa ditolak. Datang langsung aja ke sana.
        Kalau istri dan anak mau kesini pakai visa kunjungan bisa aja, tp untuk perpanjang saya tidak tau bisa atau tidak. Aplikasi extension yg disini biasanya untuk yg visa sebelumnya bukan visa temporary.

    • mas candra ke jepang dengan visa engineer? visa masih berlaku sampai kapan mas? mungkin itu yg mempengaruhi proses pembuatan COE istri.

      • Iya mas Pandu, visa sampai tahun 2020. Rencana sy istri kesini cm 10 bulan aj, gak sampai visa sy habis kok, kira2 ada alternatif lain gak mas supaya istri & anak bisa ikut kesini.

      • Mas candra, harusnya dengan masa berlaku visa sampai 2020 bisa untuk mengajukan COE istri buat visa dependent. Coba mas email ke alamat ini, bisa pake bahasa inggris, bilang aja mau apply COE for dependent visa. Ato email in juga surat pemberitahuan kmrn ngurus COE tpi ditolak. Good luck mas candra.
        info-tokyo@immi-moj.go.jp

  33. Mohon maaf sebelumnya
    Saya mau Tanya soal istri atau suami yang orang jepang yang mau tinggal di Indonesia
    Itu persyaratanya apa saja mas ..?
    Karena ada sodara Saya yg mau menikah sama orang jepang
    Mohon petunjuk Dan infonya
    Terima kasih atas waktunya 🙏

    • Maaf mbak lucky angle,
      saya sedikit bingung dengan pertanyaannya.
      Saya asumsikan bahwa saudara mbak akan menikah dengan orang jepang kemudian mau tinggal di jepang. maka yang perlu di apply adalah CoE spouse. silahkan lihat di link website paling atas.

      adapun klo yg dimaksud pertanyaannya adalah orang jepangnya mau tinggal di indonesia, maka dia yang perlu bikin visa indonesia. untuk detailnya saya kurang tau, bisa dilihat di website KBRI tokyo.

  34. Assalamu’alaikum. salam kenal

    Saya ada rencana membawa anak saya ke jpg. Saya tertarik dengan cara yg sudah mas lakukan setelah mendapatkan CoE, yaiu langsung mengurus resident card bagi anak. Ada beberapa pertanyaan yang saya ingin tanyakan.
    1. bagaimana pengalaman anak dan istri ketika masuk ke jepang pertama kali? apakah pihak imigrasi menanyakan mengenai visa? karena seperti mas sebutkan, didalam paspor tidak ada tempelan visa seperti biasanya.
    2. Saat entry dengan anak, berarti mengambil jalur spesial resident ya mas, tidak mengambil jalur seperti turis lain?
    3. Bolehkah saya meminta contoh pengisian CoE dan juga application for change of status and residence? karena saya masih bingung mengisi bagian No. 16 pada aplikasi untuk CoE.

    terima kasih atas jawabannya

    salam

    • Wa’alaikumussalam. Salam kenal juga mas.
      1. Pertama kali masuk jepang menggunakan visa turis/sementara (kunjungan keluarga). Jadi ada tempelan visanya tapi hanya untuk 3 bulan.
      2. Tidak, masuk melewati jalur seperti turis lain. Kalau saya bisa masuk lewat jalur spesial resident tapi karena menemani istri jadinya lewat jalur biasa.
      3. Untuk aplikasi change of status nanti saja setelah istri dan anak sampai di jepang. Untuk coe nomor 16 maksudnya intended place to apply visa?
      Kalo istri mas bikin visa dependent di indonesia, ini bisa diisi jakarta (atau di embassy jepang lain). Tp klo mau seperti cara saya (bikin visa turis di indonesia trus ubah jadi visa dependent di jepang)
      Ini bergantung ktp istri mas. Untuk bikin visa turis, harus di daerah yuridikasi ktpnya. Istri saya kemarin tidak bisa bikin di jakarta karena tidak masuk daerah yuridikasi ktpnya.
      http://www.id.emb-japan.go.jp/conind.html

      Semoga cukup jelas ya

  35. mau tanya nih,
    sebelumnya saya 2 tahun tgl di jpg sbg nihongo gakusei di nihongo gakkou gt.
    nah karena ga dapet kerja tetap akhirnya saya plg, selang 7 bulan akhirnya ada perusahaan konstruksi di kanagawa yg ngehire saya.
    dan lagi2 saya ketemu urusan CoE, dulu sih wkt visa pelajar ga sampe 3 minggu jadi. nah kalo casenya CoE untuk pembuatan visa kerja bagi yang berdomisili di luar jepang, apa sama juga sekitaran segituan lama pembuatannya? tp yang saya baca2 di forum luar sih emang mentoknya 3 bln. nah di surat perjanjian kerja gitu sih tertulis bahwa ada pengakuan biar saya siap kerja perbulan juli. apa surat yg gitu jg bakal mempengaruhi cepet ngganya CoE ya?

    • Maaf baru balas mas candra,
      Di website mereka menyatakan secara ekspisit bahwa pembuatan coe mencapai 3 bulan. Tapi bukan berarti pasti selesai dalam 3 bulan. Saya ada juga teman yg coenya baru jadi setelah lebih dari 3 bulan. Ditelpon sebelum 3 bulan pun, mereka hanya menjawab silahkan tunggu sampai 3 bulan. Setelah 3 bulan baru mereka mau memeriksa permasalahan kita kenapa belum selesai.
      Kita hanya bisa melampirkan dokumen2 yg membuktikan bahwa kita butuh cepat.

      Semoga cukup jelas ya

  36. Halo, untuk terjemahan buku nikah tidak perlu di penerjemah tersumpah dsb ya mas? Kalau boleh apa bisa minta format template terjemahan buku nikah?

    Terima kasih sebelumnya.

  37. Halo mas Ashlih, saya ada pertanyaan yang sama seperti mbak Tiffany diatas..hehe.. Mohon sekiranya ada waktu bisa dijelaskan mengenai persoalan buku nikah tsb. Kalau boleh saya juga ingin tahu format template terjemahan buku nikahnya. Terima kasih.

  38. Hallo mas klau persyaratan jd anak angkat di jepang apa aja y yg harus disiapin yg bersangkutan sm yg mau jd ortu angkatnya (nihonjin).. sm klau ngurus visa engineering di jepang apa aja yg disiapkan.. trima kasih ats waktunya.. klau bisa minta emailny mas buat tanya jwb seputar visa.. nuhun

    • Halo aldi.
      Terkait menjadi anak angkat, saya tidak tau jadi tidak bisa komentar apa apa.
      Untuk mengurus visa engineering, persyaratannya bisa dilihat di link website ditulisan atas, pilih yang bagian coe untuk engineering.

  39. Halo, Mas Ashlih. Terima kasih blognya sangat membantu. Berarti untuk kasus ini keluarga sudah ada di Jepang dulu ya? Dateng pake visa turis, terus ganti status jadi dependent pas masih di jepang?
    Terima kasih.

  40. halo mas,
    karena saya sedang mengajukan CoE sudah 1 bln msh belum keluar,rencana saya mau buat visa turis dulu (krn suami nihonjin) jadi kl CoE sudah jadi baru seperti mas ganti status gitu. yg mau saya tanyakan dulu pas mas buat visa turis 3 bln untuk anak dan istri itu melampirkan bukti tiket pp,dan jadwal perjalanan tidak?
    Terima kasih

    • halo mba,
      iya untuk visa turis (kunjungan keluarga) perlu bukti tiket pp dan jadwal perjalanan. Jadi tiket pulangnya nanti hangus (atau klo bisa refund lebih baik) karena tidak ada rencana pulang. Untuk jadwal perjalanan tidak harus full 3 bulan jalan2, bisa juga hanya stay lama di tempat suami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s