Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin


1 Comment

Recalling

banyak hal yang telah terjadi dalam kehidupan penelitian disini.

yappari, jepang negara yang sangat hebat, apalagi dalam bidang robot.

mereka begitu rendah hati setiap kali ditanya pengetahuannya tentang robot,

namun melihat karyanya begitu membuat saya terkagum,

membuat saya tersadar betapa jauhnya saya dibandingkan mereka.

dulu, saya pengen banget masuk hirose lab,

beliau adalah sensei sangat hebat.

sampai saat ini pun, penggantinya, fukushima sensei juga orang yang ga kalah hebat.

hari ini teman lab saya yang dulu pernah di hirose lab selama setahun cerita banyak tentang lab itu,

banyak hal yang akhirnya saya sadari betapa hebatnya orang2 yang bisa masuk lab itu,

saat itu juga saya tersadar bahwa memang saya belum siap jika seandainya masuk lab itu.

teman saya ini mulai memperkenalkan beberapa robot di lab itu yang sudah tidak dipakai lagi saat ini,

mulai dari zabuton, helios, ACM, sampai Titan.

Zabuton adalah robot dengan base sederhana berbentuk kotak, menggunakan onminidirectional wheel sehingga memiliki gerakan holonomic. selain itu robot ini bisa kita naiki dan dapat dikendalikan dengan joystik seperti main game sederhana. katanya bisa mengangkat sampai beban satu ton. hebat banget.

IMG_2271

gw udah coba naiki robotnya (berat gw cuma sekitar 50an kg) dan bisa berjalan dengan lancar.

kemudian helios. helios adalah robot yang digunakan untuk explorasi dan dapat menyesuaikan dengan terrain. robot ini bisa jadi beroda atau berkaki. jika kita membayangkan tentang transformer, maka robot ini memang bisa berubah modenya. berbagai misi dapat dilakukan robot ini

IMG_2278

kemudian ACM. kalau pernah denger bahwa hirose sensei sangat ahli bidang robot ular, ini adalah robotnya. Active Cord Mechanism adalah nama versi awal robot ini, lambat laun memiliki nama yang lebih spesial tapi tetap menggunakan nama lamanya. misalkan ACM-R5, nama lainnya adalah amphibious snake-like robot. robot ular ini adalah versi yang bisa berenang di air.

IMG_2273

tidak kalah terkenal yaitu Titan. Tokyo Institute of Technology Aruki Norimono (Titech robot which can be ride and walk, kurang lebih artinya itu). sesuai namanya, robotnya bisa kita naiki dan berjalan menghadapi berbagai medan

IMG_2281

ini adalah Titan-IX, dan saya dengar mereka masih terus mengembangkannya. sudah sampai versi 13. kalau lihat robotnya, banyak sekali aspek penelitian yang bisa dilakukan hanya untuk membuat satu robot ini. katanya robot ini dikerjakan oleh 6 orang, salah satunya adalah doktoral student. and if i may recall my dreams, i ever wanted to make this kind of robot!

dan masih banyak lagi robot lainnya..

hari ini, walaupun saya bukan di hirose/fukushima lab,

saya belajar kepada tsukagoshi sensei.

beliau juga tidak kalah hebat dalam membuat robot rescue,

ada jumping robot, throwing type robot, pneumatic-snake robot, dan yang sangat terkenal di jepang yaitu bari-bari.

IMG_2282IMG_2283IMG_2279

beliau sangat ahli di bidang pneumatic control, actuator, dan memiliki sense tinggi dalam membuat rescue robot.

saya belajar banyak dari beliau selama 1,5 tahun ini.

walaupun saya selalu bilang saya merasa stress berada di lab ini,

ini semata-mata hanya karena saya sangat kurang ilmu, kurang berusaha, dan kurang ikhlas.

ada banyak hal yang bisa saya pelajari dan kesempatan yang saya miliki untuk belajar lebih banyak,

tapi kalau saya malas, percuma juga ada kesempatan tersebut, tetap saja saya tidak akan pernah maju,

baik berada di jepang ini, maupun ketika pulang di indonesia…

“if you are lazy, you are not belong anywhere” ~someone’s quote

“gantungkan cita-citamu setinggi-tingginya, kalau jatuh kau punya waktu untuk mendarat dengan aman” ~cat’s lifestyle

saya sebenarnya sudah menemukan apa yang menyebabkan saya malas, ataupun merasa malas menjalani kehidupan ini,

tapi sulit sekali untuk menyelesaikannya, karena complicated confidential maka tidak akan saya ceritakan disini (lagian ini aib)

semoga Allah berikan petunjuk kepada saya dalam menjalani hidup ini,, aamiinn..

Harus Semangat dan Berpikiran Positif!!


3 Comments

Three Laws of Robotics

#edisi tugas kuliah
#tidak perlu dianggap serius
#bikinnya juga pengen cepet2 selesai
#but i gladly accepted any comments or suggestion : )

Three laws of robotics are a well-known laws of robotics proposed by Isaac Asimov. This laws was introduced from his science fiction story (books) with title “runaround”. This law is not a ready-to-implemented law in current robotics and artificial intelligent technology, but by knowing these law, and predicting worst case on the future of robotics, it would be better to learn about the laws. The author itself (and robotics community) also revise or added the laws by the time being. Basically, the content of the three laws are:

First Law: A robot may not injure a human being, or, through inaction, allow a human being to come to harm.

Second Law: A robot must obey orders given it by human beings, except where such orders would conflict with the First law.

Third Law: A robot must protect its own existence as long as such protection does not conflict with the first or second law.

In normal point of view, there is nothing wrong with the law. But somehow this law itself actually difficult even for human to differentiate clearly between harmful action or not, between orders or just suggestion, and what is the meaning of protecting own existence. If the robot can differentiate this clearly, then the creator of the robot is the one who responsible for its creation (and definition)

In my opinion, it would be better to define what is the true meaning of the creation of the robot? Above all functionality, the purpose of creating robot should be to help human. So that, the robot may do any activity with human society, to help human, as long as it’s not conflicting the three laws.

My other opinion is, it would be better to change a little bit in the second law. A robot must obey order given by its creator or master (owner). It does not necessarily obey all order from human being, it can obey or not depend on the robot evaluation of all condition. It’s important to obey the owner so that the owner have full responsibility for any ordered action done by the robot. It also better to define an order that robot must do or just a normal suggestion to the robot.

The third law is not really necessarily pointed in the law. If the robot can live in the society (live its life), then it know what they are doing, also means understand to do good things, help human, or not harm own existence.

The last, human must treat robot as robot (machine that created by human), just like human treat animal as animal. If we scare that the robot will acts bad because it was ordered by human, then the one who sick is human (or society) not the robot.


Leave a comment

Arduino – Matlab Serial Plot

Bismillahirrahmanirrahim..

hari ini saya mau coba share bagaimana cara plot data serial dari arduino ke matlab..

saya merasa bersalah sekali klo tidak menshare ini, karena entah kenapa saya sangat kesulitan mencari informasi dari internet,

dan kalaupun banyak, lebih sering gagalnya dan tidak jelasnya..

kali ini saya coba share fungsi sederhana yang saya masukkan ke arduino yaitu sin dan cos.

nanti output dari sin dan cos ini saya kirim serial dan oleh matlab dibaca kemudian di plot dalam grafik.

banyak sekali manfaat dari plotting grafik ini, salah satunya adalah untuk memudahkan dalam analisis.

selama ini saya selalu melakukan manual yaitu baca output serial dari arduino kemudian keluarkan di serial monitor,

setelah itu baru di copy-paste ke excel dan bikin grafik dari excel.

sangat merepotkan dan melelahkan..

berikut programnya 🙂

// masukan program ini di arduino
float t,y,y2;

void setup(void)
{
Serial.begin(115200);
t = 0;
}

void loop(void)
{
y = sin(t);
y2 = cos(t);
Serial.println(y);
Serial.println(y2);
delay(100);
t = t+0.2;

}

kemudian buat file program di matlab

s = serial(‘COM6’);  %sesuaikan dengan settingan port serial arduino anda
set(s, ‘InputBufferSize’, 256);
set(s, ‘BaudRate’, 115200);
set(s, ‘DataBits’, 8);
set(s, ‘Parity’, ‘none’);
set(s, ‘StopBit’, 1);
set(s, ‘FlowControl’, ‘hardware’);  %jangan pake none, lemot
set(s, ‘Timeout’, 10);

disp(get(s, ‘Name’))
prop(1)=(get(s, ‘BaudRate’));
prop(2)=(get(s, ‘DataBits’));
prop(3)=(get(s, ‘StopBit’));
prop(4)=(get(s, ‘InputBufferSize’));
disp([‘Port Setup Done ‘, num2str(prop)])

fopen(s);
t=1;
disp(‘mulai’)
while(t<100)
data_sin = fscanf(s, ‘%f’);
data_cos = fscanf(s, ‘%f’);
plot(t,data_sin, ‘-.ro’, t, data_cos, ‘:bs’);  % lebih detail apa itu -.ro dan :bs lihat di help matlab 🙂
hold on;
t=t+1;
drawnow;
end

fclose(s);
clear s;

daaaan…. jadilah hasilnya seperti ini :

sin cos

alhamdulillah.. berhasil juga…

udah dulu ya, mau pulang dan taraweh dulu..

semoga bermanfaat..

reference :

help matlab bagian serial, plot, fopen, fscanf.

http://mycola.info/2011/04/02/plotting-the-serial-port-data-with-matlab/


6 Comments

TCFFHRC 2011

Catatan kecil Perjalanan tim robot ITB “ASA”

Trinity College, Hartford, Connecticut, Amerika, 5 – 12 April 2011

Bismillahirrahmanirrahim..

Catatan ini dibuat untuk melaporkan kejadian dan peristiwa yang dialami baik sebelum berangkat ke amerika, selama di amerika, dan setelahnya. Melalui catatan ini diharapkan agar semua kejadian dapat terdokumentasi dengan baik sehingga dapat dijadikan salah satu bahan evaluasi untuk kedepannya.

Pra Keberangkatan

Pada tahap ini, kami melakukan semua persiapan yang diperlukan. Mulai dari setelah pengumuman pemenang KRCI nasional 2010, hingga menjelang pertandingan di trinity college 2011. Persiapan Tim, Dana, Pendaftaran, Visa, Koordinasi dengan Dikti dan panitia keberangkatan, niat, dll

(bagian ini bersambung, bagian ini cukup panjang sepertinya, akan dibahas di lain cerita saja sebaiknya)

Selasa, 5 April 2011, Berangkat

Hari ini adalah hari selasa. Agenda kami mulai dari pagi macam macam, mulai dari packing, menukarkan uang, bahkan masih sempat belanja komponen cadangan, hehe. Semua diselesaikan dari pagi sampai siang. Kemudian setelah dzuhur, kami bersiap siap untuk berangkat dan pamit. Kami pamit ke kepala lembaga kemahasiswaan, dan juga ke STEI. Setelah pamit, kami berangkat ke Dikti karena kami diminta berkumpul terlebih dahulu pukul 16.00 di Dikti. Disana kami bertemu dengan pihak UGM dan Dikti yang juga turut berangkat bersama kami. Kami banyak mengobrol dan membicarakan semua persiapan yang diperlukan, termaasuk rencana penggantian uang yang digunakan seperti pembuatan visa, pendaftaran lomba, dan pembuatan jaket. Setelah itu, barulah kami bertemu dengan dirjen DP2M Pa Hapsoro dan Dirjen Dikti Pak Djoko (mantan rektor ITB). Disana kami berbicara macam macam dan terakhir ditutup dengan pamit dan doa agar semua dapat berjalan dengan lancar. Selesai itu, kami kemudian berangkat ke bandara soekarno hatta, dan kami menuju ke terminal 2 untuk berangkat menggunakan pesawat Emirates.

Ketika waktu berbincang bincang dengan Pak Dirjen, saat itu sudah diketahui bahwa visa ka dody belum keluar sampai hari ini. Alasan pending pun tidak jelas, padahal semua prosedur dan dokumen sudah lengkap, dan kami semua lolos sedangkan hanya dody yang belum lolos. Hanya ada satu asumsi sampai saat ini, bahwa orang yang mewawancarai ka dody memang orang yang sepertinya pelit. Kemudian mengetahui hal itu, akhirnya ka dody ngomong langsung ke Pak Dirjen untuk meminta dibuatkan surat keterangan langsung menggunakan tanda tangan Dirjen. Berhasil atau tidaknya, mari kita lihat pada hari hari selanjutnya.

Di perjalanan di tol, kami di-stop oleh polisi. Mereka mengatakan bahwa mobil biasa tidak boleh mengangkut barang besar yang sampai menutupi kaca spion tengah. Kemudian kami sempat hampir di tilang. Lalu dengan sigap saya keluarkan surat jalan dari Dikti, bahwa kami membawa robot. Setelah melihat ini, barulah polisi tadi memaafkan dan mengizinkan kami jalan kembali asalkan hati-hati.

Rabu, 6 April 2011, Sampai

Pesawat berangkat pukul 00.40 waktu Indonesia dini hari. Selama di perjalanan kami lebih banyak tidur atau menikmati fasilitas yang ada di pesawat seperti menonton movie. Pesawat tiba di Dubai sekitar pukul 06.30 waktu Dubai (pukul 09.30 waktu Indonesia). Kami terbang selama hampir 9 jam. Sampai di bandara, ternyata kita tidak boleh berfoto foto. Kemudian kami masuk kembali dan terdapat pengecekan x-ray seperti biasa tetapi yang ini lebih ketat. Kita bahkan harus melepas sepatu atau ikat pinggang yang mengandung logam. Disini kami menunggu hingga pukul 08.00 (11.00 waktu indonesia) kemudian masuk kembali ke pesawat selanjutnya menuju New York. Pesawat terbang sekitar pukul 08.30 waktu Dubai.

Kalo mencari waktu shalat, ini cukup memusingkan. Dengan informasi yang ada di pesawat, kita cuma tahu posisi kita dimana dan waktu GMT menunjukan pukul berapa. Kemudian dengan modal pengetahuan bahwa perbedaan waktu GMT dengan Dubai adalah 4 jam, dan perbedaan waktu dengan Indonesia 7 jam, maka ketika pukul 10.00 waktu GMT adalah kira kira pukul 11.00 waktu actual sekarang (sekarang kita di atas eropa dekat Perugia/Rimini). Dengan asumsi dzuhur di Indonesia pukul 12 dan dzuhur di arab pukul 13, berarti sekarang belum dzuhur, bisa tidur lagi, hehe..

Pesawat EK201 (A380-800 .A6-EDB) ini terbang di ketingian 33,884 ft, dengan kecepatan true air speed 556 mph, atau ground speed 550 mph. jarak yang perlu ditempuh adalah 11.400 km.

Kami tiba di New York (JFK) sekitar pukul 14.30 waktu setempat. Setelah melakukan prosedur masuk, dll. Kami baru berangkat ke Hartford sekitar pukul 16.00. tiba di Holiday Inn kira kira pukul 18.30. beres beres, kemudian makan malam di McD kemudia istirahat. Dapat kabar ternyata visa ka dody akhirnya keluar. Sekarang ka dody udah dipaksa untuk segera ngurus keberangkatan segera.

Kamis, 7 April 2011, Latihan

Hari ini kami menyiapkan lapangan dan melakukan kalibrasi serta latihan. Trus betulin semua sensor, rangkaian, mekanik yang rusak.

Makan pagi sekitar jam 07.30, kami makan roti, telur, dan minum jus. Kangen nasi…

Tadi kita foto foto, tapi  ternyata ada tempat yang ga boleh foto foto sembarangan. Akhirnya tadi ada polisi berhenti, trus marahin kita.. trus akhirnya disuruh hapus dech fotonya.. haha…

Hari ini lebih banyak tidur, entah kenapa badan ini rasanya cape dan ngantuk.. trus makan malam makanannya junk food. Eh ga jadi latihan dech..

Besok ngapain y?

Jum’at, 8 April 2011, Jalan Jalan

Hari ini katanya kita mau diajak jalan jalan. Tapi sebelumnya mau latihan dulu sebentar. Akhirnya setelah sarapan, kami bersiap siap dan mendemokan robot kami kepada Bapak bapak pembimbing. Katanya jika seandainya robot bisa berjalan lancar, maka kita bisa jalan jalan ke manhattan. Tapi apa mau dikata, kalibrasi tidak semudah yang dibayangkan. Ketika demo, robot kadang berhasil kadang gagal. Tentu saja ini karena keadaan lingkungan yang berbeda seperti suhu, dan juga lapangan latihan yang terbuat dari karet. Tidak bisa sembarangan melakukan perbaikan karena gesekan lapangan kayu dan lapangan karet berbeda. Karena demo tidak berjalan dengan mulus, akhirnya kami terus melakukan perbaikan sampai pukul 10.00. kemudian sepertinya tidak jadi ke manhattan karena jauh dan harus melakukan persiapan lebih. Setelah pukul 10.00 kami bebas melakukan apa saja, jalan jalan juga boleh. Kami akhirnya jalan jalan ke tempat yang katanya ramai saja. “Bring us to the most crowded area”. Akhirnya kami ke WallMart. Aaaa… ini mah kayak ke Carrefour.. cuma jualan kebutuhan rumah tangga. Walaupun didalamnya ada juga yang jualan ipod. Tapi di luar WallMart ada ruko ruko lain, dan kami ke ruko yang sangat erat kekerabatannya dengan kami yaitu RadioShack.

RadioShack adalah toko elektronik yang cukup terkenal, bisa pesan online juga. Disini kami beli peralatan elektronik, tools, komponen robot, dan juga ada jualan mainan robot. Mainan robot yang dijual keren banget. Ada jual mainan hexapod seharga 25 dolar dan itu digerakkan dengan 1 motor DC dan mekanisme canggih sehingga bisa bergerak seperti hexapod. Kemudian robot juga dikendalikan menggunakan remote IR kecil. Wah pokoknya keren keren mainan yang dijualnya.. teman saya nitip ipod 4th generation harganya 229 dolar memori 8Gb.

Setelah selesai belanja, kami kembali ke hotel, kemudian istirahat sebentar dan katanya mau pergi lagi ke toko souvenir. Karena sangat berharap bisa belanja oleh-oleh akhirnya kami memutuskan pergi lagi walaupun sedikit lelah dan masih kurang latihan. Harapan kami pupus sudah ketika sampai di tempat tujuan. Ternyata tempat yang kami datangi lagi adalah Mall West Farm. Aaaa… ini mah di Jakarta juga banyak… benar benar ga ada sesuatu yang bagus yang bisa dibeli sebagai oleh oleh. Nol. Saya tidak belanja apa apa, hanya teman saya saja yang mungkin belanja sedikit. Di sekeliling mall itu, seperti biasa ada ruko ruko. Nah, ruko ruko yang bagus untuk dikunjungi adalah BestBuy, RadioShack (lagi), dan ToysR’Us. Itu pun benda yang dijual ga jauh beda ama di BEC (bandung electronic city). Akhirnya saya hanya beli barang seperlunya saja, tetap belum menemukan sesuatu yang bagus buat dijadikan oleh oleh. Pulang akhirnya dengan tangan hampir hampa.

Malam hari bos dody nyampe. Freak abis dah.. bisa bisanya berpetualangan di negeri antah berantah ini.. ka dody itu datang belakangan karena visanya terlambat keluar. Dia datang sendiri nyusul ke amerika, dengan modal pas pasan, dan kemampuan bahasa inggris seadanya. Bahkan tiket pesawat pun dia tawar harganya. Gila, freak, canggih, wah pokoknya, ini mah bisa jadi cerita panjang tersendiri untuk menceritakan bos / teman satu tim kami ini, tidak cukup diceritakan disini.

Sabtu, 9 April 2011, Registrasi

Hari ini adalah hari registrasi dan latihan. Kami datang pukul 08.00 dan akan melakukan registrasi pukul 09.00. ini pertama kalinya kami kesini, kecuali ka syawal. Oh iya, sekedar pengenalan singkat, tim saya ada 5 orang, terdiri dari ka syawal, aad, dan saya sendiri. Kemudian ada Pa Sony sebagai pembimbing saya, dan ka Dody selaku manager tim. Ka syawal adalah anggota tim robot ITB yang juga berhasil juara nasional tahun 2009 dan ke trinity college amerika april 2010. Kemudian pada KRCI Juni 2010, ka syawal adalah ketua tim robot divisi senior berkaki dengan anggota aad dan saya sendiri. Tahun lalu ka syawal berhasil meraih peringkat 4, tetapi tahun ini semoga bisa lebih baik.

Kami melakukan registrasi untuk 2 robot kami, yaitu zarqun dan yaqut. Nama tim kami adalah ASA. Zarqun adalah robot kami yang juara ketika di KRCI nasional 2010. Sedangkan yaqut adalah adik perempuan zarqun yang kami buat lagi untuk bertanding di amerika. Keduanya akan memilih mode yang berbeda untuk pertandingan nanti, zarqun akan menggunakan program yang sama dengan di KRCI, yaitu memilih mode arbitrary start, sedangkan yaqut akan menggunakan mode start home. Yaqut menggunakan mode ini karena peraturan di trinity sedikit berbeda dengan KRCI, dengan menggunakan start home justru menjadi lebih menguntungkan bagi yaqut karena memiliki titik start yang tetap tidak berubah. Mode lain yang kami pilih adalah variable door location, sound activation, dan return home.

Selama latihan di trinity college, zarqun yang sudah senior dapat berjalan dengan baik, hanya saja masih ada beberapa kelemahan terutama ketika start di ruang 4. Back home juga sedikit bermasalah. Sedangkan yaqut memiliki masalah error pembacaan jarak, karena suhu dan kelembaban udara jauh berbeda ketika di Indonesia. Perbaikan demi perbaikan terus dilakukan, kami juga mengantri lapangan latihan karena juga ada dari peserta lain yang turut latihan yaitu Cina, Amerika, Kanada, Portugal, Israel. Cina dan amerika adalah lawan terkuat saat ini karena tahun lalu juara di kategori beroda, dan amerika dulu juara di kategori berkaki. Selain itu juga ada Portugal yang menggunakan iPhone.

Latihan selesai pukul 20.00. saat itu saya sedikit khawatir karena masih ada beberapa hal yang tidak sempat dicoba karena waktu sudah habis. Tapi kami pasrah saja, karena bila melakukan perubahan tak terencana maka bisa berakibat fatal ketika pertandingan. Malam kami istirahat secukupnya agar esok  bisa fit.

Minggu, 10 April 2011, The Match Begin

Hari ini adalah hari pertandingan. Mungkin hari penentuan bagi kami, apakah semua yang telah kami persiapkan akan berjalan dengan lancar atas izin Allah, atau justru tidak diizinkan oleh Allah. Kami semua menyadari, mulai dari perjuangan ketika di Indonesia, bahwa selalu ada factor X yang tidak bisa kita duga, walaupun kita telah berusaha memperbaiki, menganalisis, dan melatih robot yang sudah dibuat. Selalu ada hal hal yang kurang logis yang terjadi di setiap pertandingan. Wallahu a’lam.

Pagi kami masih sempat mencoba robot kami. Ada error yang muncul pada zarqun. Errornya sulit diidentifikasi karena ternyata hanya masalah kabel yang agak longgar. Untungnya dapat segera diketahui.

Acara kemudian dibuka. Sambutan sambutan mulai diberikan. Dari Indonesia ditunjuk salah seorang perwakilan untuk sambutan yaitu Pa Jamasri. Beliau adalah ketua rombongan keberangkatan kami dari Indonesia. Setelah sambutan, maka kemudian acara dibuka dan dimulai. Acara dimulai dengan perlombaan dari kategori robowaiters. Untuk kategori ini, peserta dari Indonesia adalah Unikom. Pertandingan pertama unikom ternyata ada sedikit kegagalan. Hal ini membuat kami juga menjadi semakin deg-degan, karena kesalahan sedikit saja tidak akan ditolerir disini. Akan tetapi tim unikom tetap tenang karena mereka memang sangat hebat dalam mempersiapkan timnya.

Pertandingan selanjutnya adalah fire fighting wheeled division. Kategori ini diwakili oleh UGM, dengan robot koplax dan ironfire. Robot pertama tim UGM yang bertanding yaitu ironfire dapat menjalankan misinya dengan baik, akan tetapi masih kalah waktu dengan Cina. Ini juga membuat kami semakin deg-degan. sudah 2 robot Indonesia yang belum menempati posisi atas.

Kemudian tibalah waktu untuk fire fighting walking division. Kami hanya bisa pasrah saja dengan keadaan apapun yang akan terjadi karena robot akan di start secara otomatis dengan satu tombol, kemudian ditentukan apakah dapat menjalankan misinya setelah alarm sound activation dibunyikan. semua ditentukan dalam satu kali start, dan tidak ada retry.

Pertandingan pertama adalah pertandingan Yaqut, sang bidadari surga. Alhamdulillah Yaqut dapat menjalankan misinya dengan  baik, tidak ada error maupun hal hal yang tidak diinginkan ketika pertandingan. Sementara Yaqut memimpin karena robot sebelumnya gagal menjalankan misinya. Kami sedikit lega.. setelah menunggu tak lama, kemudian tibalah giliran Zarqun, si kakak, yang sudah makan asam garam pertandingan lebih banyak dibandingkan Yaqut.

Pertandingan pertama Zarqun adalah start di ruang 1 dengan api di ruang 4. Setelah dibunyikan alarm, zarqun tidak kunjung bergerak, saya bertambah deg-degan.. cukup lama menunggu, kira kira 5 detik masih tidak bergerak juga. Saya meminta kepada panitia agar sound activation diletakkan lebih dekat ke robot, untungnya panitia disini cukup bersahabat sehingga mereka segera mendekatkan sound activation ke robotnya. Alhamdulillah di detik ke-7 Zarqun dapat bergerak dan mulai menjalankan misinya.. phew,, Alhamdulillah.. sedikit lega.. akan tetapi serangan shock kami tidak sampai disitu.. kami shock ketika Zarqun gagal belok di ruangan yang ketiga sehingga ia menukik, dan berbelok melalui jalur lain.. disini kami benar benar shock karena secara program pemetaan yang kami buat, Zarqun sudah gagal dan tidak mungkin memadamkan api. Zarqun terus berjalan dan benar, ia melewati begitu saja ruangan 4 yang ada api disebelahnya.. saya semakin pasrah dan ingin membiarkan saja ia berjalan jalan di arena karena ini pengalaman pertamanya bertanding di amerika. Saya  shock lagi ketika di perjalanan, Zarqun tidak dapat berbelok ke kiri dengan seharusnya, ia malah menabrakan dirinya ke tembok yang ada di depannya.. Di detik detik pertandingan itu saya sangat panik, bingung harus segera menyatakan menyerah atau bagaimana, karena kalau dibiarkan nanti servonya bisa rusak dan pertandingan selanjutnya bisa berdampak lebih buruk.. aaa,,, bingung… dan akhirnya dengan berat hati saya ngomong ke juri pertandingan, umm.. I think that we… sambil berbicara pasrah dan sambil melihat ke robot, tiba tiba lidah saya berhenti berucap,, kaget bukan main, karena ternyata saat itu Zarqun sedang melawan sunatullah programming.. ia yang tadi seharusnya secara logika dan akal sehat dan program yang dibuat, seharusnya belok kiri, ternyata ketika menabrak ke depan itu justru sedang berusaha untuk balik arah dan kembali ke jalan yang benar.. dan keajaiban itu pun terjadi, Zarqun berhasil berbalik arah dan kembali ke ruangan yang ada apinya yang sudah dilewati tadi, dan kemudian masuk, kemudian wuzz memadamkan api.. Subhanallah,, saya merinding bukan main, tidak percaya dengan apa yang terjadi, dan masih belum bisa mengembalikan akal sehat saya.. Zarqun kemudian kembali dari memadamkan api ke ruangan tempat semula ia start dengan lancar. Tanda Tanya besar masih ada di kepala saya.. saya kembali dengan perasaan senang tetapi campur heran, apa yang sebenarnya terjadi.. saya datang menghampiri aad karena ia adalah programmernya. Saya tanyakan, apa ada yang salah dengan programmnya, kok kayak tadi?? Mereka hanya senyum senyum saja ke saya dan semakin membuat saya bingung.. ga ada yang diganti programmnya, dan memang seharusnya belok kiri (kalo dalam bahasa program, belok kiri = wall kanan). Lalu ka syawal dengan kalimat sederhana mengatakan, program Zarqun mengikuti program yang Maha Kuasa.. Subhanallah.. kami benar benar tidak menyangka dan hanya bisa tertawa bahagia saja, karena memang keajaiban itu terjadi, dan ternyata perolehan nilai sementara justru Zarqun di posisi pertama dan Yaqut menjadi posisi kedua. Alhamdulillah, tidak lama kemudian trial pertama divisi berkaki selesai..

Pada pertandingan selanjutnya barulah tim tim Indonesia memimpin. Unikom mulai memimpin di kategori robo-waiters, UGM juga berhasil menempati posisi pertama dengan robot koplax yang sangat cepat. Alhamdulillah untuk tim ITB tidak ada masalah sehingga berjalan dengan lancar hingga akhir pertandingan.

Sampai trial 2 selesai, posisi robot kami adalah zarqun peringkat 1 dan yaqut peringkat 2. Di trial terakhir ini,  zarqun gagal backhome sehingga nilai bonus itu hilang. Kehilangan bonus ini sangat berpengaruh dalam nilai akhir, sehingga justru yaqut yang akhirnya juara 1. Mungkin zarqun sengaja mengalah sama adik perempuannya, zarqun kan kakak yang baik,hehe..

Pertandingan selesai. Alhamdulillah, lega sekali rasanya… perjuangan, harapan, tanggung jawab, cita-cita, pengorbanan, dan keikhlasan semua bercampur jadi satu. Tidak tahu harus berkata apa lagi, hanya rasa syukur yang bisa kami ucapkan sebanyak banyaknya..

Selesai acara, pengumuman, pemberian hadiah, penutupan, salaman, foto-foto, dan kami bersiap siap untuk segera pulang. Sampai di hotel, hanya bisa istirahat sebentar, memberi kabar, dan segera tidur karena malam harus bangun cepat untuk packing barang dan bsok pagi habis subuh langsung berangkan ke new york untuk segera pulang.

Senin, 11 April 2011, Pulang

Tadi malam kami hanya tidur beberapa jam saja. Bangun di tengah malam kemudian kami packing barang. Benar benar jadwal yang sangat padat karena kami harus terbang kembali ke Jakarta pukul 11.20 waktu New York. Selesai packing jam 04.30, kemudian kami berangkat dari holiday inn pukul 05.00 menuju bandara John F Kennedy (JFK) New York menggunakan mobil sewaan panitia dan tiba di JFK pukul 08.00. kemudian karena di awal kami tidak terkena secondary check, dan juga tidak diberi tahu ketika masuk amerika, maka kami pulang langsung ke terminal 4 ke tempat emirates, tanpa perlu melapor kepulangan terlebih dahulu. Entahlah prosedur ini benar atau tidak karena walaupun tidak diberitahu, setelah selesai membuat visa kemarin, kami diberikan lembaran tentang nseers. Di lembaran ini diberitahukan bahwa ketika pulang kami disuruh untuk melapor terlebih dahulu. Tapi kata panitia kami, kita tidak perlu melapor karena ketika masuk tidak diminta untuk melapor.

Kami mengurus tiket pesawat, bagasi, dan administrasi lainnya, ternyata hanya memakan waktu kira kira 30 menit. Jauh lebih cepat dibandingkan ketika di Indonesia kemarin. Robot kami masuk bagasi, sedangkan robot milik UGM tetap dibawa ke kabin. Setelah masuk imigrasi, kami belanja oleh oleh di toko yang ada di dalam sini. Harganya tentu saja lebih mahal, tapi apa boleh buat, kami tidak dapat tempat lagi karena tidak ada waktu untuk jalan jalan di New York. Sambil menunggu waktu boarding, kami juga sarapan sandwicth dan minum air putih. Total harganya adalah 10 dolar, wew mahal banget..

Kami naik pesawat emirates lagi, pesawat yang kami gunakan adalah EK204, aircraft B777-300ER dengan aircraft ID A6-ECT. Pesawat berangkat tepat pukul 11.20. setelah take off ternyata saya langsung tertidur. Ketika bangun, sudah disuguhi minuman dan ternyata sudah berada di ketinggian 31.000 ft dengan kecepatan true air speed 551 mph atau ground speed 540 mph. waktu yang dibutuhkan untuk sampai Dubai adalah sekitar 14 jam. Sekarang sudah masuk makan siang.

Pesawat kami sepertinya sedikit berputar ke atas jalurnya. Entah kenapa tapi ntentu mereka lebih mengerti. Klo di kepulauan kanada itu, kita melewati wilayah namanya clarenville, st. john. Ternyata kita bisa melihat ke bawah dengan jelas, tidak tertutup awan. Bahkan saya sampai tidak percaya apa benar ita di ketinggian 33rb ft, kok rasanya dekat banget. Pemandangan di bawah cukup menyeramkan, seperti pulau es yang tidak berpenghuni. Kemudian setelah pulau itu terlewati, kita memasuki samudra atlantik. Di sekitar pulau itu ada bintik bintik putih klo dilihat dari atas. Entah apa, tapi sepertinya es es yang mengapung mungkin.. kebetulan pesawat yang kami naiki sekarang sepi, bahkan kursi 2 deret disamping saya kosong sehingga saya bisa tidur dan selonjoran selama 14 jam, hehe..

Selasa, 12 April 2011, Sampe

Pukul 08.00 kami tiba di Dubai. Pesawat kami berangkat kembali pukul 11.20. ini artinya kami memiliki 2 jam waktu untuk berkeliling dan belanja oleh oleh. Disini barang barang harganya ga jauh beda dengan di bandara New York tapi kualitasnya lebih bagus.

Kami berangkat kembali pukul 11.20, pesawat yang digunakan adalah EK358. Perjalanan yang akan kami tempuh adalah sekitar 7 jam perjalanan.

Kami tiba di Jakarta pukul 22.00 WIB. Keluar dari bandara sekitar pukul 23.30 karena lama menunggu bagasi. Diluar ternyata sudah ada rombongan dikti (salah satunya dirjen dikti) menyambut kedatangan kami, dikalungkan bunga dan foto sebentar. Kemudian disiapkan juga transport untuk segera menginap di hotel di Jakarta karena besok pagi ternyata sudah ada serangkaian agenda menanti kami.. senang dan lelah bercampur, kami disambut dan diakomodasikan dengan sangat baik oleh dikti.

Malam ini kita istirahat, tapi sebelumnya menyiapkan robot sedikit karena besok diminta untuk didemokan secara sederhana dihadapan semua media termasuk Mendiknas. Malam itu kami tidak bisa langsung tidur, tetapi makan dulu di samping jendela kaca hotel sambil melihat pemandangan Jakarta di malam hari pada ketinggian.

Rabu, dst

Hari rabu dan selanjutnya ternyata sudah banyak yang menanti kami. Rabu pagi diarak keliling HI dan sekitarnya pakai mobil pick-up dari jam7 pagi. Jam7.30 pagi kami sudah harus tiba di TV-One untuk acara wawancara singkat mengenai prestasi yang telah dicapai, demo singkat robotnya, dan wawancara paling penting yaitu hadiah apa yang diberikan pemerintah kepada kami? Hehe.. Walaupun belum resmi dari mendiknas, tapi direktur dp2m dikti mengatakan bahwa kami diberikan beasiswa S2 dimanapun gratis. Alhamdulillah..

Selesai dari TV-One, kami harus segera ke gedung diknas, karena akan ada acara penyambutan resmi dari mendiknas. Jam9 kita tiba, namun sebelum itu kami diwawancara oleh TV Edukasi terlebih dahulu. Setelah selesai wawancara, baru kita ke ruangan utama dimana Pa Mendiknas yang akan menyambut kedatangan kami. Disini juga hadir rektor ITB dan dari UGM (kyknya rektornya juga). Acara dimulai dengan berbagai sambutan, laporan ketua perjalanan,  dan baru sambutan dari Mendiknas. Disini kami baru mendapat pernyataan resmi bahwa Diknas memberikan penghargaan berupa beasiswa S2 gratis dan biaya hidup, untuk dimana saja. Alhamdulillah..

Selesai rangkaian acara penyambutan, maka dilakukan demo robot memadamkan api secara singkat menggunakan lapangan super kecil yang memang telah disiapkan untuk demo. Setelah itu barulah runtutan wawancara datang dari berbagai media cetak dan elektronik, ga hafal, banyak banget yang pastinya, yang saya inget ada metro tv, mnc tv, global tv, sctv, dll. Selesai wawancara, siang kami istirahat sebentar karena sore sudah ada jadwal di liputan sore SCTV. Selesai itu, Alhamdulillah sudah tidak ada lagi, dan kami pulang ke bandung karena kamis pagi ada press conference dari ITB untuk wartawan di bandung.

Kamis pagi kami press conference, disini kaget juga karena temen temen dari unit robotika ITB datang juga dan memberikan bunga (so sweet banget y,, hehe..). siangnya penyambutan dari dekan STEI, dan ada juga sedikit wartawan yang hadir. Sore tidak ada agenda, bisa nafas.. huff..

Jumat sore wawancara di radio salman. klo yang satu ini sangat spesial buat gw karena salman sudah serasa rumah gw sendiri. Dulu gw disini sangat “bandel” dan sering dimarahin pengurus salman juga, hehe.. tapi kemaren seneng banget karena gw masih dianggap aktifis salman setelah sekian banyak “kenakalan” yang gw lakukan disini.

Sabtu siang kita ke Metro-TV. Minggu jadwal makan-makan bersama pembimbing unit robot dan kaprodi elektro,ini mah ga bisa ditolak,hehe.. senin wawancara di IMTV, tv local bandung. Hari selasa, rabu, kamis, jumat, adalah masa masa pengerjaan dan pengumpulan tugas dan ujian yang telah menumpuk, walaupun begitu masih saja ada satu-dua wartawan yang datang. Sabtu dan minggu agenda pribadi yang telah terlantar. Bahkan minggu pagi ketika diminta datang ke TV-One, hanya saya dan Ka Dody yang bisa hadir, itupun ka dody langsung pulang ke Jakarta siangnya karena sudah harus kerja hari seninnya. minggu sore baru sampai di bandung lagi.

setelah itu baru bisa sedikit nafas, walaupun sebenarnya ga bisa juga karena bulan mei telah menanti KRCI regional (lagi), dan tentunya musim duren (eh musim ujian) telah datang..

singkat cerita, saya merasa sangat bersyukur sekali karena begitu banyak pengalaman berharga yang saya alami, semua itu sungguh mengejutkan, sulit untuk diungkapkan dengan kata kata. Ini semua juga tidak lepas dari do’a dari teman teman semua.

Masih banyak sebenarnya dampak dampak lain, tapi mari kita bicarakan di postingan selanjutnya.. mohon maaf apabila ada salah kata..

Wallahu alam..


187 Comments

Visa Amerika

asw.

saya mau berbagi pengalaman buat visa amerika,

karena banyak yang bilang bikin visa amerika susah dan ribet,

ternyata tidak sesulit yang orang orang (dulu) bilang susah kok asalkan kita punya alasan yang jelas dan kuat untuk pergi ke sana.

sepertinya kedubes amerika yang saya datangi kemarin lagi baik, sepertinya semuanya dapet visanya.. walaupun ada yg wawancaranya lama atau sebentar.

untuk cerita ini, saya sendiri buat visa jenis B2, visa untuk umum.

oke kita mulai dari persiapan :

1. klo kita punya uang banyak, atau sudah ada rencana kesana, lebih baik buat visa jauh jauh hari sehingga tidak terburu buru, atau gagal planning kita karena visa keluarnya terlambat. katanya sich selesai paling cepat 3-5hari kerja. tapi saya kemarin selesai seminggu.

2.  baca semua aturan yang udah dipaparkan oleh website kedubes amerika. disana benar benar lengkap petunjuknya, bahkan ada juga tanya jawab tentang pertanyaan form onlinenya. ini website kedubesnya. nanti bisa di klik versi bahasa indonesianya. atau klik disini untuk langsung ke tkp gan.

3. tentukan jenis visa yang mau dibuat. klo kita mau jalan jalan aja kesana, berarti visa jenis B2. untuk lebih detail bisa lihat di webnya juga.

4. membuat foto ukuran 5×5, atau bilang aja ke tukang foto profesional bahwa kita mau buat foto untuk visa amerika. backgroundnya putih.

5. Mengisi form online untuk mengajukan visa. namanya form DS-160. linknya ada di web tadi juga. form ini harus diisi detail, ga bisa ada yang kosong. ngisinya juga harus segera ga bisa lama lama karena webnya akan otomatis ketutup klo dibiarkan idle selama 20 menit.

6. setelah selesai mengisi, selanjutnya menentukan jadwal wawancara. linknya juga disebutin di web kedubesnya kok. web jadwal ini agak susah dibukanya klo malem, klo pagi jam kerja lancar dibukanya, ga tau kenapa.

7. nah klo udah selesai 2 diatas, baru siapkan semua dokumen yang diperlukan, baik paspor, ktp, KK, akte, dan semua dokumen yang diminta dibawa seperti yang tertera di websitenya. singkatnya dokumen yang wajib dibawa adalah :

paspor, print lembar jadwal wawancara (setelah ngisi jadwal wawancara), bukti pembayaran visa, print lembar konfirmasi (setelah selesai ngisi form DS-160), foto 5×5 lagi, klo pernah ke amerika maka bawa dokumen sebelumnya, klo pernah kena kasus di kepolisian maka bawa juga dokumennya, akte kelahiran, KK, buku nikah (klo udah nikah), dan dokumen lainnya klo ada (seperti surat jalan dari instansi misalnya, atau undangan dari amerikanya).

8. pembayaran visa bisa dilakukan di kedubes atau di bank. lebih baik sich kita udah bayar di bank jadi nanti di kedubes tinggal ngasi bukti pembayaran aja. bayar visa bisa dilakukan di bank permata, atau bank standard chartered. biaya pembuatan visa bisa diliat di webnya, tapi kemaren 140 USD.

9. berdoa semoga semuanya berjalan lancar..

=====

setelah semua dokumen siap, dan tiba hari H dimana kita akan diwawancara, maka kira kira prosesnya seperti berikut :

1. usahakan datang ke kedubes tepat waktu

2. ngantri dulu di bagian luar kedubes sampe diperbolehkan masuk oleh petugas

3. paspor diperiksa dulu sebelum masuk kedalam

4. masuk ke dalam, trus ngantri lagi untuk ke loket pertama (penyerahan dokumen dan pembayaran).

5. di loket pertama, kita bakal ditanya tanya terkait form yang udah kita isi kemaren, fungsinya untuk memastikan aja (katanya). klo udah selesai ke loket sebelahnya yaitu pembayaran (menyerahkan bukti pembayaran)

6. setelah itu ngantri lagi untuk ke ruangan kedua.

7. masuk ruangan dimana seluruh barang kita dititipkan disini. hanya dokumen saja yg boleh dibawa. HP bahkan ditinggal juga.

8. keluar ruangan dua, masuk ke ruang tunggu ketiga. tunggu ampe dipanggil

9. masuk ke ruangan keempat, disini kita akan diambil sidik jarinya.

10. setelah selesai, menunggu lagi untuk dipanggil wawancara.

11. saatnya wawancara. wawancaranya itu diloket gitu pewawancaranya, dan kita diluar loketnya.

12. selesai wawancara kita akan dikasih kartu untuk pengambilan visanya bergantung kapan selesainya. klo kartu putih, tandanya kita dapet. klo warna lain, bisa lihat di website kedubesnya lebih jelas.

13. boleh pulang dan silahkan datang lagi pada tanggal yang telah ditentukan untuk mengambil visa. jangan lupa ambil barang yang tadi dititipkan.

=====

nah kira kira gambarannya kayak gitu. untuk jenis pertanyaan wawancaranya kira kira adalah sebagai berikut :

1. apa tujuan kita ke amerika?

2. apakah anda mampu untuk membiayai hidup selama disana? buktikan! baik melalui print tabungan, atau melalui surat tugas dibiayai instansi misalnya.

3. kapan rencana kesana, berapa lama, rencana tinggal dimana, dll?

4. apa yang akan kita lakukan disana? ini biasanya lebih detail pertanyaannya.

wawancaranya bahasa inggris, tapi klo kita bilang ga bisa bahasa inggris, dia ternyata bisa bahasa indonesia kok..

=====

trus apa lagi y? sementara ini dulu, nanti klo ada lagi diupdate.


4 Comments

Batam

Bismillahirrahmanirrahim..

“Barang siapa memudahkan urusan sesama manusia, niscaya Allah akan memudahkan urusannya.”

gw lupa diatas ini tuch ayat Al-Quran atau Hadist,

tapi gw selalu terngiang-ngiang ama kalimat ini.

ditengah banyak kesibukan, ketika memang kita bisa menolong orang, kita coba  tolong,

ketika kita bisa membantu yang sedang kesulitan, kita coba bantu,

insya Allah akan dibalas oleh Allah jika kita ikhlas.

entah apa yang telah gw lakukan sebelumnya, tapi kemarin ini,

Allah memberikan kesempatan sangat langka buat gw,

kesempatan yang gw pikir bru bisa gw capai paling cepat setelah lulus,

atau mungkin kesempatan yang belum tentu bisa gw capai

walau udah gw rencanakan di rencana jangka panjang kehidupan,

yaitu jalan jalan ke batam.

hehe.. (lebai)

=================

bukan jalan jalannya sich,

bukan ke batam juga,

tapi karena acaranya itu adalah training robotika

untuk beberapa kampus di Indonesia,

jadi pesertanya adalah (katanya) kampus yang belum pernah ikut kontes robot,

(walaupun kenyataannya ga juga).

itb diminta ngisi training tentang perancangan dan implementasi robot berkaki,

karena 2 orang hebat dari tim berkaki itb tidak bisa menghadiri, disebabkan pemberitahuannya mendadak,

akhirnya gw diminta menggantikannya (karena tidak ada lagi yang bisa datang,hehe)

=============================

alhamdulillah, bener bener pengalaman langka,

berdiri di depan, menyampaikan materi dan contoh perancangan,

dengan ilmu pas pasan,

menampilkan slide dan demo yang telah dipersiapkan,

agar robotika indonesia bisa melesat maju ke depan..

================================

alhamdulillah, seneng banget rasanya..

semoga nanti bisa mendapatkan kesempatan kesempatan langka lagi..

,, semoga gw bisa menyelesaikan deadline tugas 5 buah dalam 2 hari

gyabo.. -_-‘