Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

KRCI 2010 – Malang

5 Comments

Bismillahirrahmanirrahim..

Setelah KRCI di malang usai, berbagai peristiwa telah terjadi,

Peristiwa baik maupun peristiwa duka.

Dan semua itu telah diatur oleh Allah SWT, agar kita selalu mengambil pelajaran terhadapnya.

Kita mulai dari peristiwa baik terlebih dahulu :

Alhamdulillah ITB mengirimkan 7 robot untuk 3 divisi dari 9 robot untuk 5 divisi yang ada. 7 robot itu terdiri dari 4 robot KRI, 2 robot KRCI Battle, 1 robot KRCI Senior Berkaki. 2 robot yg belum lolos adalah 1 robot KRCI senior beroda, dan 1 robot KRSI.

Untuk hasilnya, KRI belum berhasil sampai perdelapan final, KRCI Battle gugur di perempat final saat bertanding melawan PENS, dan alhamdulillah KRCI Senior Berkaki dengan nama tim ASA (dan nama robot zarqun) berhasil meraih juara 1.

Partai final KRI adalah PENS melawan ITS, dimana PENS berhasil menang dengan predikat Robo-Pharaoh (nilai sempurna). Partai final KRCI Battle adalah Poltek Bengkalis melawan PENS, dimana Poltek Bengkalis robotnya sangat cepat dan tidak terkejar oleh PENS.

KRCI 2010 di malang kemarin, benar benar memberikan gambaran bahwa robotika di Indonesia terus berkembang pesat. Berbagai kemajuan terus diperlihatkan dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia seperti UGM, UI, PENS, ITS, UNIKOM, UNTAR, POLBAN, UNESA, Poltek Bengkalis, dll. Robot Indonesia tidak kalah dengan robot buatan negara lainnya.

Itu tadi kabar baiknya, sekarang kabar dukanya :

Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun..

Telah berpulang ke rahmatullah, Bapak Rohmat, salah satu supir bis pengantar rombongan ITB ke malang, karena sakit, Senin pada waktu sekitar pukul 10 pagi di daerah Yogyakarta.

Bapak Rohmad mulai mengeluh sakit ketika perjalanan berangkat  ke malang saat posisi di sekitar jawa tengah. Kemudian posisi kemudi digantikan oleh supir yang satu lagi. Awalnya Bapak Rohmad hanya mengeluh tidak enak badan dan masuk angin, akan tetapi ternyata penyakit ini tidak kunjung sembuh. Di perjalanan pergi masih normal keadaannya.

Setelah sampai malang, entah keesokan harinya atau 2 hari kemudian (saya lupa detailnya), ternyata penyakitnya tidak kunjung sembuh. Pihak ITB dan travel telah mengantarkan Bapak Rohmad ke rumah sakit. Menurut penuturan dokter disana, kemungkinan bapak rohmad terkena tipes. Kemudian diberikan obat oleh dokter. Hal yg cukup mengejutkan adalah, Bapak Rohmad tetap tidak mau makan dan obatnya tidak dimakan. Berbagai upaya dilakukan oleh pihak ITB dan travel untuk membantu semaksimal yg bisa dilakukan.

Ini ternyata terus berlanjut sampai perjalanan pulang. Dalam perjalanan pulang, ketika memang hendak dibawa ke rumah sakit kembali, ternyata Allah memanggilnya nyawanya terlebih dahulu. Dokter di rumah sakit kedua menyatakan, Bapak Rohmad telah meninggal terkena serangan jantung 5 menit yang lalu. Suatu analisis yang berbeda antara Bapak Rohmad pribadi, dokter pada rumah sakit pertama, dan rumah sakit kedua.

Menurut penuturan sang istri setelah rombongan sampai di bandung kembali, Bapak memang kalo maag (atau lambung?) kambuh, tidak mau makan bahkan sampai 5 hari, baru setelah itu makan banyak dan sembuh. Mungkin saat itu Bapak Rohmad berpikir bahwa penyakitnya akan sembuh dengan cara seperti biasa itu.

Wallahu ‘alam, hanya Allah yg tahu jawabannya. Yang jelas, 5 menit adalah waktu yang sangat berharga yang tak kan bisa dikembalikan.

Mungkin, perjalanan Malang – Bandung ini akan menjadi peristiwa sejarah yang tak kan terlupakan bagi kami terutama, karena peristiwa ini terjadi begitu dekat dengan kami, begitu cepat dan tak kan ada yang bisa menghalangi suratan takdir yang telah digariskan di lauhul mahfudz. Yang bisa kami lakukan sekarang hanya berdoa, Semoga amal ibadah Bapak Rohmad diterima di sisi-Nya. Aamiin..

Advertisements

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

5 thoughts on “KRCI 2010 – Malang

  1. wahh apdet lagi,, senangnya bisa terus ngapdet blog,, gw masih belon sempet nih bikin catper ke kawah ratu 2 minggu lalu 😦

    btw, kisah dukanya mengingatkan gw ama adek kelas gw yang baru aja meninggal,, dalam kondisi abis shalat shubuh pula,, Subhanallah….
    maut emang sesuatu yang paling deket ama kita ya,, tapi tak jarang mempersiapkan kematian yang baik adalah hal yang tidak menjadi prioritas kita….

  2. blogwalking dan kebawa ke blog kakak nih. hehe..
    Ka Ashlihh,, selamat yah udah jadi juara 1 KRCI berkaki 2010. Semoga tahun depan bisa tetap membawa ITB jadi juara 1 lagi dan bisa nurunin ilmunya ke angk bawah. 🙂
    p.s: kalo udah jadi artis jangan lupa saya yah. haha.. 😀

  3. @fajri
    betul betul betul (intonasi ipin upin)

    @indah
    amin..
    semoga beroda tahun depan bisa ngalahin ugm ama unikom y..
    semoga tahun depan semuanya bisa juara 1,hehe..

  4. slih, jd itb yg menang tim antum aja? yang lain juaranya mana selain pens? ada banyak kategori kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s