Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin


Leave a comment

Menang

إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُّبِينًا

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata,

لِّيَغْفِرَ لَكَ اللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِن ذَنبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ وَيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ وَيَهْدِيَكَ صِرَاطًا مُّسْتَقِيمًا

supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan memimpin kamu kepada jalan yang lurus,

وَيَنصُرَكَ اللَّهُ نَصْرًا عَزِيزًا

dan supaya Allah menolongmu dengan pertolongan yang kuat (banyak).

هُوَ الَّذِي أَنزَلَ السَّكِينَةَ فِي قُلُوبِ الْمُؤْمِنِينَ لِيَزْدَادُوا إِيمَانًا مَّعَ إِيمَانِهِمْ وَلِلَّهِ جُنُودُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (Al Fath 1-4).

Advertisements


Leave a comment

Sekilas tentang Hisab dan Rukyat

Bismillahirrahmanirrahim.

 

Hisab dan rukyat adalah kata yang cukup sering muncul di pertelevisian Indonesia terutama menjelang bulan ramadhan dan lebaran. Hal ini karena bulan ramadhan adalah ibadah bagi umat muslim, dan ibadah puasa perlu dilakukan dengan dalil. Yang sering menjadi masalah adalah belum adanya kesepakatan antar ulama muslim di Indonesia (dan juga di beberapa negara lain) terkait Kriteria yang paling cocok untuk menjadi patokan bersama. Hal ini bukan karena umat muslim bodoh dengan ilmu astronomi, atau hasil perhitungan mereka berbeda, bukan itu permasalahnnya. Permasalahannya adalah organisasi besar umat muslim di Indonesia sudah Saling Paham mengenai methode perhitungan masing2, berbagai metode perhitungan, tetapi belum ada kesepakatan untuk menentukan metoda mana yang paling tepat sesuai dalil. Kenapa belum ada kesepakatan? ini bisa dijawab dengan berpikir suuzon atau husnudzon kepada ulama kita sendiri. Saya akan coba bahas versi husnozon saja di tulisan ini 🙂

Penjelasan lebih lengkap dan ilmiah saya sarankan baca blognya Prof. Tomas Djamaluddin, profesor bidang astronomi, kepala Lapan, pemimpin komite rukyat hilal di Indonesia, dan aktifis (Ulil Albab menurut saya) yang berjuang keras agar kriteria rukyatul hilal di Indonesia bisa disepakati, dan kedepannya umat islam punya kalender islam juga yang disepakati dunia. Blognya ada banyak sekali deskripsi tentang topik tersebut. Disini saya cuma mau berusaha menambah pemahaman saya dengan cara menuliskan topik ini dalam satu tulisan singkat. 🙂

Kamus singkat

Hisab = Perhitungan.
Rukyat = Melihat.
Hilal = Bagian bulan yang terlihat.
Rukyatul hilal =  Melihat hilal.
Wujudul hilal = Ketinggian bulan positif (setelah konjungsi).
Visibilitas hilal =  Data yang menjelaskan tentang kemungkinan untuk terlihatnya bulan.
Imkanur rukyat = Kriteria hilal bisa di rukyat menggunakan hisab.
Konjungsi (Ijtimak) =  bulan masuk berdasarkan teori lunar dasar.
Elevasi = Ketinggian bulan terhadap bidang horizon Bumi.
Elongasi = Jarak (sudut) antara bulan dan matahari.
Azimut = Posisi benda langit dari kutub.

Sekilas tentang kalender

Kalender adalah alat untuk membantu perhitungan waktu. seperti yang kita ketahui, kalender ada yang mengikuti revolusi matahari (gregorian) ada juga yang revolusi bulan (lunar). Dulu, kalender berbasis matahari juga banyak mengalami masalah dan belum ada kesepakatan, sampai akhirnya terjadi konflik (silahkan baca sejarahnya sendiri). sama saja sebenarnya dengan kalender islam sekarang, yang belum ada kesepakatannya. apakah kalender lunar tidak bisa disepakati? bukan begitu, yang pakai kalender lunar bukan cuma islam, tapi juga china, nepal, mongol, hebrew, dan negara lainnya. kalender matahari saja pada akhirnya menggunakan kesepakatan tahun kabisat, setiap 4 tahun sekali ditambah satu hari. ada banyak kriteria untuk bisa membuat kalender lunar, atau bahkan kalender islam, yang terpenting adalah kriteria yang disepakati bersama, dan juga pemimpin bijak yang bisa membuat keputusan di suatu wilayah tertentu serta tentunya umat islam yang mau “nurut” ama keputusan pemimpinnya.

Sekilas tentang Dalil

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, permasalahannya bukan karena umat islam bodoh dengan ilmu astronomi, melainkan karena belum adanya kesepakatan. kalo mau dirunut lagi, alasan husnudzonnya adalah karena ulama-ulama kita, memiliki cara tangkap dan analisis yang sedikit “berbeda” dalam mensintesis dalil. Singkat cerita:

Dalil Hisab:

Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya, dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya, agar kamu mengetahui bilangan tahun, dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan demikian itu melainkan dengan benar. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui. Q.S. Yunus: 5.

Dalil Rukyatul Hilal:

Berpuasalah kalian karena melihatnya, berbukalah kalian karena melihatnya dan sembelihlah kurban karena melihatnya pula. Jika -hilal- itu tertutup dari pandangan kalian, sempurnakanlah menjadi tiga puluh hari, jika ada dua orang saksi, berpuasa dan berbukalah kalian. HR. An Nasai no. 2116. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih

Apabila bulan telah masuk kedua puluh sembilan malam (dari bulan Sya’ban, pen). Maka janganlah kalian berpuasa hingga melihat hilal. Dan apabila mendung, sempurnakanlah bulan Sya’ban menjadi tiga  puluh hari. HR. Bukhari no. 1907 dan Muslim no. 1080, dari ‘Abdullah bin ‘Umar.

Secara singkat, Hisab dipahami sebagai dalil implisit bahwa peredaran bulan bisa dipelajari (dilihat dengan dipahami) dan untuk penentuan waktu. Tentunya termasuk penentuan waktu ramadhan, syawal, dan dzulhijjah. Dalil ini juga untuk hisab penentuan waktu shalat. Adapun dalil Rukyat adalah eksplisit dari Hadist Rasulullah bahwa kita diperintahkan untuk menggenapkan bulan syaban menjadi 30 hari apabila hilal tidak terlihat.

Dapat kita pahami bahwa ulama ulama kita itu sangat mencintai Al Qur’an, Hadist, dan sunnah Rasul. Mereka juga adalah orang orang yang sangat tersentuh dengan ayat-ayat cinta dari Allah. Mereka adalah ulil albab, orang yang bijak yang tidak ingin mengabaikan ayat-ayat kauniyah. Mereka juga adalah pejuang syariat islam. Belum adanya kesepakatan adalah memang ujian dari Allah agar umat muslim bersabar, belajar meninggalkan ego, dan meningkatkan ukhuwah antar sesamanya supaya menjadi bangunan kokoh. sebuah persatuan harganya tidak murah, seperti anggapan sebagian orang bahwa umat bisa dibeli atau dipolitisasi, I don’t agree such cheap argument.

Sekilas tentang metode dan astronomi

Ada berbagai faktor yang perlu dipahami dalam menggabungkan ilmu astronomi, metode perhitungan lunar kalender, kriteria kalender, dan dalil kalender serta ibadah.

Pertama adalah mengenai peredaran bulan. Bulan beredar mengelilingi bumi dengan siklus synodis yaitu 29.5 hari mencapai posisi yang sama satu revolusi relatif terhadap revolusi bumi kepada matahari. Secara simple, akan ada satu bulan yang 29 hari dan satu bulan lain yang 30 hari. Karena itulah, suatu hal yang wajar apabila bulan sya’ban dan ramadhan yang suka dibulatkan menjadi 29 atau 30 hari (sebenarnya bulan lain juga tapi kita gak pernah bahas aja). Bulan masuk melalui fase new moon (atau konjungsi), dimana posisi matahari bulan dan bumi sejajar (alias satu plane). karena bidang revolusi bulan ada sedikit sudut dengan bidang revolusi bumi, maka kita tidak setiap bulan melihat gerhana, tapi hanya beberapa kali dalam setahun.

Kedua mengenai konjungsi bulan. Ilmu pengetahuan astronomi sudah bisa menghitung dengan sangat baik kapan terjadinya konjungsi (new moon). Data ini sudah dipakai seluruh dunia dan sudah sangat umum, bukan cuma orang Islam aja yang bahas. Pentingnya kapan terjadinya konjungsi bulan ini serta usia bulan setelah konjungsi menjadi sangat penting dalam penentuan kalender islam dan penentuan kriteria imkanur rukyat nantinya. Data ini bisa didapat dengan sangat mudah dari internet sekalipun.

Ketiga mengenai kalender dan waktu. Telah disepakati bersama bahwa islam memulai hari dari magrib, bukan dari tengah malam seperti definisi hari secara umum. oleh karena itu, apabila konjungsi terjadi setelah magrib, maka sudah melewati batas penentuan waktu apakah bulan baru sudah masuk atau dibulatkan bulan sebelumnya menjadi 30 hari. Oleh karena itu, bagi kalender islam, syarat mutlak pertama adalah konjungsi harus terjadi sebelum magrib (atau menurut bahasa Muhammadiyah = Ijtimak Qobla Ghurub).

Keempat mengenai dalil ibadah. Disini yang menjadi pembeda antara sekedar pembuatan kalender hijriyah dengan ibadah bulan ramadhan dan syawal (dan dzulhijjah). Bulan lain boleh menggunakan hisab murni, tapi khusus tiga bulan tersebut perlu dilakukan rukyat. Rukyat pun dilakukan pada akhir hari ke 29 (penentuan apakah bulan tersebut menjadi 30 atau masuk bulan baru).

Kelima mengenai integrasi dalil dan sains. Disinilah peran teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan. Bagi penganut Rukyat (seperti NU), bukan berarti mereka tidak bisa menghitung/hisab, justru metode hisab mereka gunakan untuk validasi apakah Rukyat yang dilakukan sudah benar atau belum. Gambaran kasarnya adalah, Rukyat secara umum hanya bisa dilihat apabila masuk domain visibilitas hilal. Penentuan kriteria visibilitas hilal ini (hilal kemungkinan terlihat dengan rukyat) yang biasa disebut sebagai Imkanur Rukyat. Dengan perkembangan teknologi dan alat astronomi, kriteria imkanur rukyat bisa semakin mengecil atau semakin “akurat” mendekati kriteria wujudul hilal. Imkanur rukyat adalah jembatan antara hisab dan rukyat.

Sekilas tentang cara membaca data

Karena saya bukan astronom dan bukan fisikawan, saya tidak bisa menjelaskan bagaimana cara mendapatkan data astronomis terkait bulan. Tapi di sub bab ini saya akan coba bahas tentang bagaimana cara membaca data astronomis, terutama dari BMKG Indonesia. Saya suka baca data ini karena ada data elevasi seluruh dunia dan kita juga bisa melihat data elongasi dan usia bulan di malaysia dimana akan digunakan untuk penentuan kriteria “imkanur rukyat”nya Jepang.

Berikut adalah contoh data yang bisa kita lihat dari website BMKG. data yang perlu dilihat secara sederhana adalah elevasi (peta ketinggian hilal), elongasi, dan umur bulan (setelah ijtimak). Data lain seperti peta lag ataupun fraksi iluminasi digunakan pada konteks lain untuk validasi, yang saya tidak akan bahas disini.

Elevasi

Elongasi

Umur bulan

Garis garis di peta menggambarkan nilai elevasi / elongasi / usia bulan di wilayah tersebut. Nilai ini yang nanti akan dicocokkan dengan kriteria imkanur rukyat serta untuk validasi metode Rukyat. Kalau dari contoh gambar diatas, pada tanggal 15 Mei 2018, elevasi, elongasi, dan usia bulan belum masuk kriteria masuknya bulan ramadhan, oleh karena itu di Indonesia, Malaysia, dan Jepang, awal ramadhan dimulai pada 17 Mei 2018. Untuk lebih pastinya, bisa kita lihat data pada 16 Mei 2018 bahwa semua kriteria telah masuk. Adapun mengenai kriteria imkanur rukyat indonesia, malaysia, dan jepang akan dibahas di sub bab selanjutnya.

Salah satu fakta menarik dari karakteristik peredaran bulan yang berulang adalah, apabila malam ke 29 hilal tidak terlihat, maka pada malam ke 30 hilal (insya Allah) terlihat jelas. walaupun dalam penentuan bulan, tidak perlu melakukan pengecekan di malam ke 30 karena sudah pasti dibulatkan.

Sekilas tentang Kriteria hisab rukyat di Indonesia

Setelah kita memahami cara membaca data, maka yang perlu kita pahami selanjutnya adalah kriteria imkanur rukyat. Di Indonesia, yang paling sering menjadi pembicaraan adalah elevasi >= 2 derajat karena lebih kecil dari itu biasanya sangat sulit diamati rukyatnya (didukung juga dengan data statistik). Tapi, sidang itsbat di Indonesia biasanya tidak menggunakan hisab ini secara sederhana, tapi mengacu pada Rukyat malam ke 29. Selain itu, di Indonesia belum adanya kesepakatan mengenai kriteria imkanur rukyat ini sendiri karena Muhammadiyah masih konsisten ama kriteria wujudul hilal (elevasi positif dan Ijtimak qobla ghurub), dan NU hanya mau mengumumkan setelah melakukan Rukyat (walaupun mereka sudah punya data hisab). Tapi menurut Prof Tomas di blognya, kedua organisasi islam besar di Indonesia ini mulai mau menyepakati kriteria imkannur rukyat. Semoga saja ini bisa segera terlaksana dan disepakati bersama. Lalu apa kriteria imkanur rukyatnya? Prof Tomas sempat bahas di blognya sebagai bahan proposalnya, jadi saya tidak akan bahas disini 🙂

Sekilas tentang hisab dan rukyat di Jepang

Disini yang menjadi menarik buat saya pribadi sekarang. Jepang bukannlah negara muslim, atau mayoritas muslim, jadi muslim lokal Jepang masih belum punya kemampuan yang sangat massive untuk melakukan Rukyat di seluruh wilayah Jepang. Selain itu, disini sudah ada badan Rukyat Hilal committee untuk Jepang. Menurut saya pribadi, kita sebagai muslim di Jepang sebaiknya mengikuti pendapat ini, karena lebih dekat urusannya/hajatnya dengan Muslim di Jepang dan untuk persatuan umat muslim di Jepang, dibandingkan mengikuti KMII (Keluarga Masyarakat Islam Indonesia) yang lebih fokus pada persatuan umat muslim (khusus) Indonesia.

Rukyat Hilal committee Japan sudah mengumumkan di websitenya, bahwa kriteria yang mereka gunakan adalah Rukyat di seluruh wilayah Jepang, dan apabila tidak terlihat, maka akan mengikuti hasil keputusan negara muslim terdekat yaitu Malaysia. Adapun, untuk kebutuhan kalender dan estimasi, maka kita bisa melihat kriteria apa yang digunakan Malaysia sehingga di Jepang pun bisa melakukan estimasi hisab. Malaysia menggunakan kriteria Mabims, yaitu Rukyat sekaligus imkanur rukyat dengan elevasi >= 2 derajat, elongasi >= 3 derajat, dan usia bulan >= 8 jam. dari peta BMKG diatas, dapat kita prediksi bahwa 1 ramadhan akan jatuh pada 17 Mei 2018 di Malaysia, dan juga pihak Rukyat Hilal Committee Jepang akan mengikutinya.

Closing

Sebagai seorang muslim dan ingin menjadi ulil albab juga, maka kita tidak boleh mengabaikan isu-isu seperti ini. dengan memahami isu ini dengan lebih detail, semoga bisa membuka wawasan kita, membuat kita lebih bijak dalam bersikap menghadapi berbagai macam persoalan umat, termasuk belajar untuk “nurut” serta mengupayakan persatuan umat muslim dari seluruh dunia. Semoga jerih payah kita untuk belajar pun dicatat oleh Allah sebagai salah satu amal ibadah fardu kifayah, aamiin..

 

 


2 Comments

Vaccuum

Ini bukan tentang vaccuum cleaner.. tapi karena saya udah kelamaan vakum dari blog ini.. Ada banyak banget yang pengen diceritain, termasuk persiapan sidang / open defense minggu lalu. Tapi nampaknya bulan ini belom sempet nulis, mesti nyiapin jawaban untuk close defense. Semoga mulai bulan depan bisa update berbagai macam tulisan..

Toriaezu, simpen dulu disini, soalnya gak ada versi digitalnya.. Ini kebetulan diminta Sensei untuk bikin tulisan tentang Jepang. Kebetulan bidang kami di pneumatic robotics system, jadi salah satu society yang Sensei jadi pengurusnya adalah Fluid Power System Society. Saya nulisnya bahasa inggris, tapi karena ini jurnal Jepang, jadi ama Sensei di translate Japanese, haha..

Source: Journal of Fluid Power System Society.


2 Comments

Mau perpanjang passport di KBRI Tokyo

Ini bukan pengalaman saya perpanjang passport, tapi baru pengalaman saya mempersiapkan dokumen untuk memperpanjang passport. Baru di tahap ini aja saya udh kebingungan, heeeh…

Lihatlah persyaratan yg ditampilkan di website kbri berikut, di pdf link tentang persyaratan yg diperlukan, dan di bagian catatan petugas di belakang formulir aplikasi. Udh ada 3 tempat untuk menuliskan persyaratan tapi semuanya beda!! (gak 100% beda tapi ADA aja bedanya)


Apa itu bedanya?

1. Ada yg minta foto background putih, ada yg merah. At least dua duanya konsisten minta foto dua lembar.

2. Yang satu akta lahir atau ijazah/kartu mahasiswa/surat keterangan kerja. Yang satu lagi minta semuanya. Yg satu lagi copy akte/surat nikah/ijazah.

3. Yg satu gak nyuruh bawa ktp wni, yg satu minta bawa.

Huft.. kesel banget bacanya.. gak tau dech nanti klo dibawa semua, apa lagi yang kurang.. awas aja klo ampe ada yang kurang!!


2 Comments

Makan di 3 Negara

Dulu gw pernah denger cerita orang2 hebat dan super sibuk, sangking sibuknya lokasi mereka sarapan, makan siang, dan makan malam itu di beda2 negara.. Dulu pernah berpikir hal tersebut adalah hal keren yang patut dibanggakan, tapi.. Tidak setelah gw mengalaminya sendiri..

Warning: perasaan menyesal atau kesal setelah membaca cerita ini tidak ditanggung.

===

Hari ini (ini tulisan nganggur 2-3 tahun lalu lebih tepatnya, wkwkwk) adalah hari gw mulai meliburkan diri dari kampus. Sedikit lebih awal dari jadwal seharusnya tapi tidak masalah demi berbagai urusan yg perlu dilakukan di tanah air tercinta, gw juga udh kangen banget ama ortu dan kucing2 dirumah..

Rute pulang kali ini sedikit berbeda dari biasanya, naik air asia dan transit lewat bangkok, thailand. Karena harga tiket yg lebih murah dan gw belom pernah juga mampir di thai, jd pengen cari2 pengalaman. Liat jamnya juga ideal banget, gw bisa breakfast di rumah, trus ga perlu pesen makan di pesawat, nyampe siang di bangkok bisa lunch, trus sore berangkat dan gak perlu pesen makan di pesawat, nyampe malem di jakarta bisa dinner.. Semua perencanaan matang telah dibuat demi merasakan pengalaman makan di 3 negara berbeda sekaligus.. Jadi ga sabar menunggu moment ini..

Hari H pun tiba, seperti biasa packing belom beres jadilah begadang malemnya, haha..

Akhirnya pagi makan di jepang seadanya. siang sampe thailand jadi ragu itu ayam halal apa kagak, jadinya makan yang pasti2 aja. malem baru beneran makan di indonesia.. wkwkwk.. gak ada keren-kerennya sama sekali yak pengalaman makan di 3 negara berbeda dalam sehari itu..

the end ~


10 Comments

Kontrak HP di Jepang

Bismillahirrahmanirrahim..

Bikin kontrak hape di jepang itu susah susah gampang. Susahnya adalah selain harus mempelajari bahasa jepang supaya mengerti dengan istilah istilahnya, juga kebanyakan kontrak memiliki “intrik-intrik” tersendiri untuk menarik marketnya. Sejak sebelum 2015, 3 provider besar seperti Au, Docomo, dan Softbank memegang kendali pasar. Dengan sistemnya yang kontrak dan hape yang kebanyakan locked, banyak pelanggan yang tidak bisa dengan bebas berpindah dari satu provider ke provider lain. Ketika ingin pindah, maka pelanggan akan kena biaya penalti serta kerumitan lainnya. karena itulah orang jepang banyak yang tidak berpindah dan setia menggunakan satu provider saja. Namun karena hal ini juga, ternyata membuat persaingan dalam dunia telekomunikasi jepang kurang sehat dan bergairah, akhirnya, denger juga dari temen disini, kementrian telekomunikasi jepang memutuskan bahwa provider2 telekomunikasi yang masih kecil (MVNO) perlu dinaikkan pamornya serta kebanyakan kontrak harus mulai dibuka sistem locked hape-nya. ini membuat 3 provider besar menjadi kalang kabut dan  harus menawarkan paket paket menarik.

Kontrak HP secara Umum:

Secara umum kontrak hape di jepang harus dilakukan selama 2 tahun. Dan ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang tentunya punya masa tinggal di jepang 2 tahun atau lebih. kadang ada operator yg baik yang apabila visa kita 2 tahun kurang sebulan, maka masih diperbolehkan.

Jenis kontrak ada berbagai macam, ada yang hanya nomor telepon saja, ada yang sama data internet, ada juga yang paket sama hapenya. Nah, klo zaman saya jadi pelajar dulu (sekarang juga masih sich), kebanyakan kita pakai yang sepaket nomor telepon, internet, sama hapenya. Hal ini karena paket yang ditawarkan biasanya dengan atau tanpa hape, biaya perbulannya adalah SAMA. ya, SAMA. kesel gak sich dengernya. Jadi misal kita bikin kontrak internet dan nomor telepon aja tanpa hape, harganya sekian. trus klo pilih paket sama hapenya (dan hapenya iPhone lagi..) harganya sekian juga. Ya tentu kita sebagai pelanggan akan pilih yang sama hape dong.. sama aja kayak gratis kan hapenya.. Demikian sekilas info kenapa saya pernah punya iPhone 4s, 5s, dan 6, wkwkwk..

Itu kenapa sich bisa kayak gitu? jadi itu adalah trik marketing. tanpa hape, maka kita tidak dapat diskon khusus hape. dengan hape, kita harus bayar hapenya dicicil tapi tiap bulan kita dapat diskon biaya internetnya karena pilih paket, yang ujung ujungnya total perbulannya sama aja.. begitulah. Namun sejak negara api menyerang, akhirnya MVNO harus dibiarkan merajalela dan saya pun bisa punya pilihan lebih leluasa, kontrak bulanan lebih murah, dengan tentunya bisa memakai hape jepang yang di locked tersebut.

Contoh perhitungan kontrak Docomo (Januari 2016):

Dulu saya gak ngerti apa apa tentang kontrak hape, selalu bawa teman untuk nemenin bikin kontrak. atau klo lagi pergi sendiri gak ada temen yang nemenin, pake google translate di hape trus kita (saya dan petugas counter hape) saling komunikasi pake hape, padahal udah face to face, wkwk..

Akhirnya dengan sedikit niat untuk belajar, menghapal kosa-kata, jadilah saya bisa memahami kontrak saya yang terakhir dengan Docomo. berikut adalah contoh perhitungan dan penjelasannya, apabila kita mau kontrak docomo sepaket dengan hapenya iPhone6 64Gb atau iPhone6s 64Gb:

photo-2017-02-01-15-56-36

Jadi biaya kontrak yang perlu dibayar ada 4 jenis:

  1. Biaya Paket Internet 5Gb plus gratis nelepon (5menit) 通信料金: 7000 yen/bulan.
  2. Diskon paket perbulan 通信料金割引: -1350 yen/bulan sampai setahun saja.
  3. Biaya Hapenya 機種価格: bervariasi, akan dijelaskan lagi dibawah.
  4. Diskon support perbulan 月々サポート: -918 (iPhone6) atau -3186 (iPhone6s) yen/bulan.
  5. Lain lain: biaya registrasi kontrak 手続料 sekitar 3000 yen/sekali. atau biaya pindahin nomor hape (MNP) 2500an/sekali. biaya putus kontrak 解約費 ke operator sebelumnya 10000an/sekali. dll klo ada lagi.

Terkait nomor 3 biaya hape:

Pada saat saya buat kontrak diatas, hape iPhone 6s baru keluar dan tentunya provider hape ingin supaya hapenya cepat laku dan segera habis, jadinya memilih paket iPhone6s itu cukup menggiurkan. Sebagai gambaran, harga iPhone6 saat itu adalah 78600 yen/sekali dan iPhone6s adalah 99792 yen/sekali. Kemudian karena saya pindah dari provider au ke provider docomo, saat itu ada diskon norikae (のりかえ) sebesar -20000 yen/sekali. Khusus untuk iPhone6 karena produk lama, maka ada diskon lagi 先端サポート sebesar -49200 yen/sekali. Nah kebayang kan, tinggal dijumlahin aja semua berdasarkan hape yang kita pilih. klo saya ambil iPhone6, maka saya perlu bayar hapenya sebesar 9400 yen/sekali atau dimasukkan ke biaya cicilan perbulan yaitu 392 yen/bulan. atau klo pilih iPhone6s maka harga hape yang harus dibayar adalah 64192 yen/sekali atau 2675 yen/bulan. Terkesan mahal tapi ingat diskon nomor 4 untuk iPhone6 dan iPhone6s berbeda lho.. sebagai tambahan, docomo, au, softbank, mereka punya program yang namanya shitadori 下取 yang artinya tukar hape lama kita dengan diskon untuk di kontrak berikutnya, atau dengan kata lain jual hape lama kita. harga hape shitadori bermacam macam, kebetulan kemarin saya jual iPhone4s saya karena sudah tidak terpakai, dihargain 14000 yen/sekali. karena dimasukkan ke dalam kontrak paket, maka jadinya biaya nomor 3 saya menjadi nol bukan minus untuk iPhone6, atau 50192 yen/sekali (setara 2092 yen/bulan) untuk iPhone6s.

Nah, cara menghitung biaya perbulan adalah ditotal aja biaya no 1 sampai 5. jadilah segitu biaya yang perlu dibayar sebulan. simple kan. yang gak simple adalah diskon yang namanya aneh2 dan besarnya gak konstan itu lho untuk tiap hapenya. jadinya keliatan bangen kan klo saya waktu itu kontrak iPhone6 perbulan kena 5111 yen atau klo iPhone6s perbulan kena 5551 yen. lha, beda spek tapi harga (hampir) SAMA?? kesel? buat anda yang kontrak hape selama 2 tahun, tentu lebih baik pilih iPhone6s, tapi klo buat saya yang udah punya niat cuma kontrak setahun kemudian ganti MVNO, maka tidak menyesal saya pilih iPhone6. Hal ini karena biaya nomor 3 sudah menjadi nol dan ketika putus kontrak, saya tidak perlu terbebani dengan pelunasan biaya hapenya.. saya kan pindah niatnya mau nyari biaya paling murah, bukan buat ngoleksi hape.

Jadi apa itu MVNO?

MVNO singkatan dari Mobile Virtual Network Operator. Maksudnya adalah perusahaan penyedia jasa layanan komunikasi tapi sebenarnya mereka gak punya sinyal komunikasi yang sesungguhnya. karena itulah ada tulisan virtualnya disana. biasanya perusahaan MVNO ini menggunakan sinyal (carrier) dari perusahaan yang sudah besar seperti docomo atau au. untuk softbank sendiri belum ada nampaknya.

kenapa sich saya pindah ke MVNO? karena biaya yang lebih murah. kenapa MVNO bisa lebih murah padahal sinyalnya numpang? ini karena perusahaan MVNO sudah melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan besar tersebut sehingga mereka bisa menjual kembali dengan bisnis model yang lebih menguntungkan untuk pelanggannya. contohnya adalah tidak adanya keterikatan kontrak yang harus 2 tahun seperti provider lama, mvno juga menawarkan kontrak yang lebih luwes dan paket paket yang lebih murah. Oleh karena itu, buat kita2 yang sudah punya hape, tidak ingin ganti hape, hanya butuh internet dan nomor telepon saja, maka MVNO patut diperhitungkan keberadaannya. Salah satu kekurangannya adalah katanya kecepatannya tidak bisa disamakan dengan carrier aslinya. tapi untuk level jepang, ternyata kecepatannya masih kencang dan tidak menjadi kekurangan yang berarti apabila kita hanya butuh data internet untuk hape.

MVNO ada banyak sekali, terutama yang menginduk pada provider docomo. adapun yang menginduk ke AU baru sekitar 2 perusahaan yaitu Mineo dan UQ Mobile. apa saja listnya? lengkapnya saya baca2 dari sini, tapi untuk mempermudah saya coba bikin tabel.

mvno-1

mvno-2

Itu semua menggunakan sinyal docomo, kecuali dinyatakan lain (au). Data diatas semua diambil dari web mvno-navi. Kalau lihat tabel diatas, terlihat jelas bahwa 3 provider yang memberikan pelayanan maksimal adalah IIJmio, U-mobile, dan Freetel. IIJmio dengan speednya yang 2x lebih cepat, U-mobile dengan plan paling murah dan minimum kontrak pendek, dan Freetel dengan keunggulan membayar sesuai banyaknya pemakaian. Untuk lebih detailnya, saya coba explore ke websitenya masing masing. Terutama apakah website tersebut menjelaskan cara MNP dengan jelas atau tidak.

Untuk freetel, mereka punya 3 jenis paket: suma-to komikomi, teigaku puran, tsukattabundake anshin puran. Suma-to komikomi itu paket yang sama hapenya. saya tidak baca lebih detail karena gak pengen hape juga. Teigaku puran itu paket yang pembayarannya fix untuk sekian giga perbulan. jadi klo kita pilih paket ini, maka kita bisa aman bahwa pembayaran internet kita tidak akan melebihi paket yg kita pesan, tapi klo pemakaian data kita udah melebihi kapasitas maksimal, maka kecepatan akan turun menjadi 200 kbps. Adapun tsukattabundake puran adalah paket dimana kita hanya membayar sejumlah data yang kita pakai, dengan kelipatan yang sudah ditentukan. jadi apabila kita memakai kurang dari 3 Gb, maka kita hanya bayar seharga 3 Gb, dst. ini lebih enak karena sesuai pemakaian, tapi kalau kita lengah, maka biayanya bisa naik juga. untuk paket ini maksimal pemakaian adalah 20 Gb dimana biayanya 5570 yen. Proses MNP pun dijelaskan dengan lengkap.

Untuk u-mobile, ada 5 jenis paket. Paket data aja, data and call, data+call+music, paket super, dan paket premium. karena saya jelas memilih paket data and call, maka saya coba cek apa itu paket super dan premium. adapun dua paket lain coret. paket data and call adalah yang normal, sesuai dengan tabel. Adapun paket super itu sebenarnya beneran lebih murah, tapi ada minimal kontraknya yaitu 2 tahun. klo kurang dari itu maka kena cancellation fee. buat saya yang nasibnya masih gak jelas ini maka nambah2 kontrak untuk 2 tahun adalah tidak masuk pilihan alias coret. paket premium adalah paket unlimited LTE, seperti yang saya tulis di tabel. menurut info di blog tetangga, katanya paket unlimited itu maksimal 25 GB, tapi entahlah saya tidak melihat tulisan itu sampai saat ini. Yang menarik adalah claim speed mereka sampai 375 Mbps, melebihi IIJmio, jadi menarik untuk dipilih. Proses migrasi ttg MNP pun cukup jelas.

Untuk IIJmio, websitenya bagus ada english, jadinya translatenya rapi dibandingkan web freetel atau u-mobile yang pake plugin, wkwk.. untuk paketnya, ternyata mereka bisa juga pakai hape au, mantaap.. eh tapi tenyata hapenya pun masih sangat terbatas, belum semua hape au bisa dipake, hehe.. tapi intinya sudah lebih update servicenya dbandingkan info di mvno-navi. Paketnya biasa aja, 3 GB, 6 GB, dan 10 GB. Paket 6 GB adalah yang harganya saya tulis 5 GB di tabel diatas, dan speednya pun di claim mencapai 375 Mbps (tabelnya perlu diupdate lain kali).

Setelah menimbang nimbang dan analisis konsumsi kebutuhan buat saya sendiri, maka saya memilih freetel sebagai provider saya selanjutnya. hal ini karena mereka punya skema bayar sesuai dengan penggunaan. saya bisa berusaha menghemat data sehingga bayarnya bisa jauh lebih murah, hehe..

Kontrak saya dengan freetel

Akhirnya saya memilih freetel. Maka saya lakukan semua prosedur yang diperlukan untuk apply. semua step-stepnya sudah cukup jelas di websitenya, namun akan saya coba jabarkan sedikit disini:

  1. Pastikan berapa biaya cancellation yang harus kita bayar kepada docomo, dan minta nomor MNP.
  2. Setelah dapat MNP number, maka daftar freetel di websitenya dengan memasukkan nomor MNP di formnya sekalian.
  3. Pembayaran ternyata harus pake credit card, gak bisa pake debit card
  4. selesai isi form, maka sim card akan dikirim ke rumah kita dalam selang kurang dari 5 hari.
  5. setelah sampai, maka kita diminta untuk telepon ke Kirikae Senta untuk melakukan prosedur MNP.
  6. dalam selang 30 menit, kartu baru sudah bisa dipakai. baru kita ganti kartu lama kita dengan kartu freetel yang baru.
  7. klo ada error2 dikit, restart aja dulu hapenya. selesai!

Saya ada cerita sendiri untuk mendapatkan MNP number ini. Awalnya saya coba lewat telepon, tapi karena si mba2 operatornya ngomongnya cepet dan kayak ngasih warning macem2 gitu apabila kita menggunakan nomor MNP (putus kontrak otomatis). Trus ujung ujungnya nomor MNP harus dicatat sendiri, mereka sebutin angkanya, kirain bisa minta dikirim email ternyata enggak bisa. Karena saat itu saya lagi agak ribet gak bisa nyatet, akhirnya saya bilang nanti saya ke docomo shop saja. Hari selanjutnya saya ke DUA docomo shop, dan dua2nya rame banget, ngantri ampe DUA jam. males banget gak sich. udah ngantri satu jam, trus disamperin ama petugas keliling docomo untuk nanya macem macem, semacam membantu proses yang ingin kita lakukan sebelum kita ke konter selanjutnya. walhasil saya akhirnya ngurus ama dia semua sampe mastiin berapa biaya cancellation kontrak. trus untuk nomor MNP katanya mesti di loket dan masih ngantri sejam lagi. dia menyarankan saya untuk meminta MNP number lewat telepon. trus saya udh curhat dikit ke dia klo kemaren saya udah nelepon trus dia ngomong macem macem yang saya gak ngerti jadi saya mau ngomong di loket aja. trus dia malah bilang, “gapapa, itu cuma penjelasan aja klo cancellation kontrak bakal bagaimana, dst. jadi di iyakan saja trus minta MNP number aja. bilang saja semua penjelasan sudah diberikan di docomo shop. disitu saya merasa bingung,, ada ya pegawai docomo yang ngasih saran macam begini? wkwkwk.. Akhirnya saya nelepon lagi (dan sepertinya ngobrol ama mba mba yang sama lagi) trus minta nomor MNP, dicatat di kertas dan selesai.

Sim Card Prabayar

Kebanyakan di jepang itu pascabayar, bahkan untuk MVNO sekalipun yang kontraknya bisa pendek, tetep dibutuhkan kartu kredit untuk metode pembayarannya. Nah, yang paling sering jadi pertanyaan adalah, bagaimana kalau ada turis yang datang ke jepang untuk sementara waktu dan butuh no hape atau internet?

Ada beberapa pilihan yang bisa diambil oleh para turis ini. saya jabarkan saja beberapa pilihannya:

  1. Hidupkan paket roaming dari Indonesia. silahkan cek provider masing masing untuk harganya.
  2. Sewa poket wifi dari Indonesia.
  3. Sewa poket wifi di Jepang. di bandara haneda, narita, maupun kansai ada.
  4. Beli sim card data (internet) only yang seminggu/dua minggu/sebulan/dll. ada juga yang paket berdasarkan volumenya berapa GB. ini juga bisa beli di bandara, saya liat di haneda dan kansai bahkan sudah ada vending machinenya. di narita mungkin ada tapi dulu saya belum sempet ngeliat pas disana.
    atau beli di toko elektronik jepang. contohnya dari web ijmio ini dalam english
  5. Pakai MVNO. nah ini perlu kartu kredit biasanya.

Ada banyak pilihan, jadi jangan bingung.. silahkan disesuaikan aja dengan plan dan budget masing masing.