Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin


Leave a comment

September end

Klo gak salah ada lagu judulnya september end, tapi saya coba ingat2 di kepala kayak apa lagunya gak muncul. Yasudahlah.

Jadi inget dulu pertama kali saya menginjakkan kaki di jepang di september end 2012, anginnya sangat menyejukkan. Tidak panas tapi ada terik matahari. Tidak dingin tapi angin berhembus kencang. Perasaan saat itu campur aduk. Sedih karena meninggalkan keluarga dan sahabat, tapi ada harapan di depan untuk melangkah menyambut cita2. Khawatir karena lingkungan baru, tapi ada kegembiraan menghadapi petualangan. Semua terlihat begitu asing tapi tidak membahayakan. Bagi saya, istilah selamat menempuh hidup baru tidak hanya digunakan kepada org yg baru menikah, tapi saya sematkan juga pada diri saya kala itu.

Perasaan seperti ini sangat jarang saya rasakan, mungkin ketika september end 2012 dan september end 2013 saja karena selanjutnya saya mulai terbiasa dengan kehidupan disini.

Tapi tidak september end 2018 ini. Walaupun kamu sahabatku yang pulang ke indonesia untuk menempuh lembaran hidup baru, saya merasakan betapa kuatnya nuansa september end melanda hati ini. Walaupun kamu yang akan memulai petualangan baru disana, tapi saya merasa kehidupan saya sekarang menjadi baru tanpamu disini. Padahal saya pindah ke propinsi ini 6 bulan lalu, tapi kenapa baru sekarang terasa seperti pindahan sesungguhnya..

Apakah nuansa september end ini membuat saya menjadi lemah? Tidak. This is my source of strength. This feeling. Nuansa ini membuka mata saya lebih lebar bahwa ada sesuatu di depan sana yang harus saya hadapi. Nuansa ini mengasah intuisi saya supaya bisa memilah urusan lebih efisien. Nuansa ini juga melebarkan pikiran saya agar lebih bijak menghadapi kehidupan.

Terima kasih sahabatku atas energi ini. Walaupun tidak semudah dulu, tapi aku yakin kita masih bisa bertemu. Karena ini bukan perpisahan, hanya jalan petualangan kita.

Keep ourself productive, because it is a sign of gratefulness. 

Advertisements


Leave a comment

Menang

إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُّبِينًا

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata,

لِّيَغْفِرَ لَكَ اللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِن ذَنبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ وَيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ وَيَهْدِيَكَ صِرَاطًا مُّسْتَقِيمًا

supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan memimpin kamu kepada jalan yang lurus,

وَيَنصُرَكَ اللَّهُ نَصْرًا عَزِيزًا

dan supaya Allah menolongmu dengan pertolongan yang kuat (banyak).

هُوَ الَّذِي أَنزَلَ السَّكِينَةَ فِي قُلُوبِ الْمُؤْمِنِينَ لِيَزْدَادُوا إِيمَانًا مَّعَ إِيمَانِهِمْ وَلِلَّهِ جُنُودُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (Al Fath 1-4).


Leave a comment

Sekilas tentang Hisab dan Rukyat

Bismillahirrahmanirrahim.

 

Hisab dan rukyat adalah kata yang cukup sering muncul di pertelevisian Indonesia terutama menjelang bulan ramadhan dan lebaran. Hal ini karena bulan ramadhan adalah ibadah bagi umat muslim, dan ibadah puasa perlu dilakukan dengan dalil. Yang sering menjadi masalah adalah belum adanya kesepakatan antar ulama muslim di Indonesia (dan juga di beberapa negara lain) terkait Kriteria yang paling cocok untuk menjadi patokan bersama. Hal ini bukan karena umat muslim bodoh dengan ilmu astronomi, atau hasil perhitungan mereka berbeda, bukan itu permasalahnnya. Permasalahannya adalah organisasi besar umat muslim di Indonesia sudah Saling Paham mengenai methode perhitungan masing2, berbagai metode perhitungan, tetapi belum ada kesepakatan untuk menentukan metoda mana yang paling tepat sesuai dalil. Kenapa belum ada kesepakatan? ini bisa dijawab dengan berpikir suuzon atau husnudzon kepada ulama kita sendiri. Saya akan coba bahas versi husnozon saja di tulisan ini 🙂

Penjelasan lebih lengkap dan ilmiah saya sarankan baca blognya Prof. Tomas Djamaluddin, profesor bidang astronomi, kepala Lapan, pemimpin komite rukyat hilal di Indonesia, dan aktifis (Ulil Albab menurut saya) yang berjuang keras agar kriteria rukyatul hilal di Indonesia bisa disepakati, dan kedepannya umat islam punya kalender islam juga yang disepakati dunia. Blognya ada banyak sekali deskripsi tentang topik tersebut. Disini saya cuma mau berusaha menambah pemahaman saya dengan cara menuliskan topik ini dalam satu tulisan singkat. 🙂

Kamus singkat

Hisab = Perhitungan.
Rukyat = Melihat.
Hilal = Bagian bulan yang terlihat.
Rukyatul hilal =  Melihat hilal.
Wujudul hilal = Ketinggian bulan positif (setelah konjungsi).
Visibilitas hilal =  Data yang menjelaskan tentang kemungkinan untuk terlihatnya bulan.
Imkanur rukyat = Kriteria hilal bisa di rukyat menggunakan hisab.
Konjungsi (Ijtimak) =  bulan masuk berdasarkan teori lunar dasar.
Elevasi = Ketinggian bulan terhadap bidang horizon Bumi.
Elongasi = Jarak (sudut) antara bulan dan matahari.
Azimut = Posisi benda langit dari kutub.

Sekilas tentang kalender

Kalender adalah alat untuk membantu perhitungan waktu. seperti yang kita ketahui, kalender ada yang mengikuti revolusi matahari (gregorian) ada juga yang revolusi bulan (lunar). Dulu, kalender berbasis matahari juga banyak mengalami masalah dan belum ada kesepakatan, sampai akhirnya terjadi konflik (silahkan baca sejarahnya sendiri). sama saja sebenarnya dengan kalender islam sekarang, yang belum ada kesepakatannya. apakah kalender lunar tidak bisa disepakati? bukan begitu, yang pakai kalender lunar bukan cuma islam, tapi juga china, nepal, mongol, hebrew, dan negara lainnya. kalender matahari saja pada akhirnya menggunakan kesepakatan tahun kabisat, setiap 4 tahun sekali ditambah satu hari. ada banyak kriteria untuk bisa membuat kalender lunar, atau bahkan kalender islam, yang terpenting adalah kriteria yang disepakati bersama, dan juga pemimpin bijak yang bisa membuat keputusan di suatu wilayah tertentu serta tentunya umat islam yang mau “nurut” ama keputusan pemimpinnya.

Sekilas tentang Dalil

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, permasalahannya bukan karena umat islam bodoh dengan ilmu astronomi, melainkan karena belum adanya kesepakatan. kalo mau dirunut lagi, alasan husnudzonnya adalah karena ulama-ulama kita, memiliki cara tangkap dan analisis yang sedikit “berbeda” dalam mensintesis dalil. Singkat cerita:

Dalil Hisab:

Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya, dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya, agar kamu mengetahui bilangan tahun, dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan demikian itu melainkan dengan benar. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui. Q.S. Yunus: 5.

Dalil Rukyatul Hilal:

Berpuasalah kalian karena melihatnya, berbukalah kalian karena melihatnya dan sembelihlah kurban karena melihatnya pula. Jika -hilal- itu tertutup dari pandangan kalian, sempurnakanlah menjadi tiga puluh hari, jika ada dua orang saksi, berpuasa dan berbukalah kalian. HR. An Nasai no. 2116. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih

Apabila bulan telah masuk kedua puluh sembilan malam (dari bulan Sya’ban, pen). Maka janganlah kalian berpuasa hingga melihat hilal. Dan apabila mendung, sempurnakanlah bulan Sya’ban menjadi tiga  puluh hari. HR. Bukhari no. 1907 dan Muslim no. 1080, dari ‘Abdullah bin ‘Umar.

Secara singkat, Hisab dipahami sebagai dalil implisit bahwa peredaran bulan bisa dipelajari (dilihat dengan dipahami) dan untuk penentuan waktu. Tentunya termasuk penentuan waktu ramadhan, syawal, dan dzulhijjah. Dalil ini juga untuk hisab penentuan waktu shalat. Adapun dalil Rukyat adalah eksplisit dari Hadist Rasulullah bahwa kita diperintahkan untuk menggenapkan bulan syaban menjadi 30 hari apabila hilal tidak terlihat.

Dapat kita pahami bahwa ulama ulama kita itu sangat mencintai Al Qur’an, Hadist, dan sunnah Rasul. Mereka juga adalah orang orang yang sangat tersentuh dengan ayat-ayat cinta dari Allah. Mereka adalah ulil albab, orang yang bijak yang tidak ingin mengabaikan ayat-ayat kauniyah. Mereka juga adalah pejuang syariat islam. Belum adanya kesepakatan adalah memang ujian dari Allah agar umat muslim bersabar, belajar meninggalkan ego, dan meningkatkan ukhuwah antar sesamanya supaya menjadi bangunan kokoh. sebuah persatuan harganya tidak murah, seperti anggapan sebagian orang bahwa umat bisa dibeli atau dipolitisasi, I don’t agree such cheap argument.

Sekilas tentang metode dan astronomi

Ada berbagai faktor yang perlu dipahami dalam menggabungkan ilmu astronomi, metode perhitungan lunar kalender, kriteria kalender, dan dalil kalender serta ibadah.

Pertama adalah mengenai peredaran bulan. Bulan beredar mengelilingi bumi dengan siklus synodis yaitu 29.5 hari mencapai posisi yang sama satu revolusi relatif terhadap revolusi bumi kepada matahari. Secara simple, akan ada satu bulan yang 29 hari dan satu bulan lain yang 30 hari. Karena itulah, suatu hal yang wajar apabila bulan sya’ban dan ramadhan yang suka dibulatkan menjadi 29 atau 30 hari (sebenarnya bulan lain juga tapi kita gak pernah bahas aja). Bulan masuk melalui fase new moon (atau konjungsi), dimana posisi matahari bulan dan bumi sejajar (alias satu plane). karena bidang revolusi bulan ada sedikit sudut dengan bidang revolusi bumi, maka kita tidak setiap bulan melihat gerhana, tapi hanya beberapa kali dalam setahun.

Kedua mengenai konjungsi bulan. Ilmu pengetahuan astronomi sudah bisa menghitung dengan sangat baik kapan terjadinya konjungsi (new moon). Data ini sudah dipakai seluruh dunia dan sudah sangat umum, bukan cuma orang Islam aja yang bahas. Pentingnya kapan terjadinya konjungsi bulan ini serta usia bulan setelah konjungsi menjadi sangat penting dalam penentuan kalender islam dan penentuan kriteria imkanur rukyat nantinya. Data ini bisa didapat dengan sangat mudah dari internet sekalipun.

Ketiga mengenai kalender dan waktu. Telah disepakati bersama bahwa islam memulai hari dari magrib, bukan dari tengah malam seperti definisi hari secara umum. oleh karena itu, apabila konjungsi terjadi setelah magrib, maka sudah melewati batas penentuan waktu apakah bulan baru sudah masuk atau dibulatkan bulan sebelumnya menjadi 30 hari. Oleh karena itu, bagi kalender islam, syarat mutlak pertama adalah konjungsi harus terjadi sebelum magrib (atau menurut bahasa Muhammadiyah = Ijtimak Qobla Ghurub).

Keempat mengenai dalil ibadah. Disini yang menjadi pembeda antara sekedar pembuatan kalender hijriyah dengan ibadah bulan ramadhan dan syawal (dan dzulhijjah). Bulan lain boleh menggunakan hisab murni, tapi khusus tiga bulan tersebut perlu dilakukan rukyat. Rukyat pun dilakukan pada akhir hari ke 29 (penentuan apakah bulan tersebut menjadi 30 atau masuk bulan baru).

Kelima mengenai integrasi dalil dan sains. Disinilah peran teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan. Bagi penganut Rukyat (seperti NU), bukan berarti mereka tidak bisa menghitung/hisab, justru metode hisab mereka gunakan untuk validasi apakah Rukyat yang dilakukan sudah benar atau belum. Gambaran kasarnya adalah, Rukyat secara umum hanya bisa dilihat apabila masuk domain visibilitas hilal. Penentuan kriteria visibilitas hilal ini (hilal kemungkinan terlihat dengan rukyat) yang biasa disebut sebagai Imkanur Rukyat. Dengan perkembangan teknologi dan alat astronomi, kriteria imkanur rukyat bisa semakin mengecil atau semakin “akurat” mendekati kriteria wujudul hilal. Imkanur rukyat adalah jembatan antara hisab dan rukyat.

Sekilas tentang cara membaca data

Karena saya bukan astronom dan bukan fisikawan, saya tidak bisa menjelaskan bagaimana cara mendapatkan data astronomis terkait bulan. Tapi di sub bab ini saya akan coba bahas tentang bagaimana cara membaca data astronomis, terutama dari BMKG Indonesia. Saya suka baca data ini karena ada data elevasi seluruh dunia dan kita juga bisa melihat data elongasi dan usia bulan di malaysia dimana akan digunakan untuk penentuan kriteria “imkanur rukyat”nya Jepang.

Berikut adalah contoh data yang bisa kita lihat dari website BMKG. data yang perlu dilihat secara sederhana adalah elevasi (peta ketinggian hilal), elongasi, dan umur bulan (setelah ijtimak). Data lain seperti peta lag ataupun fraksi iluminasi digunakan pada konteks lain untuk validasi, yang saya tidak akan bahas disini.

Elevasi

Elongasi

Umur bulan

Garis garis di peta menggambarkan nilai elevasi / elongasi / usia bulan di wilayah tersebut. Nilai ini yang nanti akan dicocokkan dengan kriteria imkanur rukyat serta untuk validasi metode Rukyat. Kalau dari contoh gambar diatas, pada tanggal 15 Mei 2018, elevasi, elongasi, dan usia bulan belum masuk kriteria masuknya bulan ramadhan, oleh karena itu di Indonesia, Malaysia, dan Jepang, awal ramadhan dimulai pada 17 Mei 2018. Untuk lebih pastinya, bisa kita lihat data pada 16 Mei 2018 bahwa semua kriteria telah masuk. Adapun mengenai kriteria imkanur rukyat indonesia, malaysia, dan jepang akan dibahas di sub bab selanjutnya.

Salah satu fakta menarik dari karakteristik peredaran bulan yang berulang adalah, apabila malam ke 29 hilal tidak terlihat, maka pada malam ke 30 hilal (insya Allah) terlihat jelas. walaupun dalam penentuan bulan, tidak perlu melakukan pengecekan di malam ke 30 karena sudah pasti dibulatkan.

Sekilas tentang Kriteria hisab rukyat di Indonesia

Setelah kita memahami cara membaca data, maka yang perlu kita pahami selanjutnya adalah kriteria imkanur rukyat. Di Indonesia, yang paling sering menjadi pembicaraan adalah elevasi >= 2 derajat karena lebih kecil dari itu biasanya sangat sulit diamati rukyatnya (didukung juga dengan data statistik). Tapi, sidang itsbat di Indonesia biasanya tidak menggunakan hisab ini secara sederhana, tapi mengacu pada Rukyat malam ke 29. Selain itu, di Indonesia belum adanya kesepakatan mengenai kriteria imkanur rukyat ini sendiri karena Muhammadiyah masih konsisten ama kriteria wujudul hilal (elevasi positif dan Ijtimak qobla ghurub), dan NU hanya mau mengumumkan setelah melakukan Rukyat (walaupun mereka sudah punya data hisab). Tapi menurut Prof Tomas di blognya, kedua organisasi islam besar di Indonesia ini mulai mau menyepakati kriteria imkannur rukyat. Semoga saja ini bisa segera terlaksana dan disepakati bersama. Lalu apa kriteria imkanur rukyatnya? Prof Tomas sempat bahas di blognya sebagai bahan proposalnya, jadi saya tidak akan bahas disini 🙂

Sekilas tentang hisab dan rukyat di Jepang

Disini yang menjadi menarik buat saya pribadi sekarang. Jepang bukannlah negara muslim, atau mayoritas muslim, jadi muslim lokal Jepang masih belum punya kemampuan yang sangat massive untuk melakukan Rukyat di seluruh wilayah Jepang. Selain itu, disini sudah ada badan Rukyat Hilal committee untuk Jepang. Menurut saya pribadi, kita sebagai muslim di Jepang sebaiknya mengikuti pendapat ini, karena lebih dekat urusannya/hajatnya dengan Muslim di Jepang dan untuk persatuan umat muslim di Jepang, dibandingkan mengikuti KMII (Keluarga Masyarakat Islam Indonesia) yang lebih fokus pada persatuan umat muslim (khusus) Indonesia.

Rukyat Hilal committee Japan sudah mengumumkan di websitenya, bahwa kriteria yang mereka gunakan adalah Rukyat di seluruh wilayah Jepang, dan apabila tidak terlihat, maka akan mengikuti hasil keputusan negara muslim terdekat yaitu Malaysia. Adapun, untuk kebutuhan kalender dan estimasi, maka kita bisa melihat kriteria apa yang digunakan Malaysia sehingga di Jepang pun bisa melakukan estimasi hisab. Malaysia menggunakan kriteria Mabims, yaitu Rukyat sekaligus imkanur rukyat dengan elevasi >= 2 derajat, elongasi >= 3 derajat, dan usia bulan >= 8 jam. dari peta BMKG diatas, dapat kita prediksi bahwa 1 ramadhan akan jatuh pada 17 Mei 2018 di Malaysia, dan juga pihak Rukyat Hilal Committee Jepang akan mengikutinya.

Closing

Sebagai seorang muslim dan ingin menjadi ulil albab juga, maka kita tidak boleh mengabaikan isu-isu seperti ini. dengan memahami isu ini dengan lebih detail, semoga bisa membuka wawasan kita, membuat kita lebih bijak dalam bersikap menghadapi berbagai macam persoalan umat, termasuk belajar untuk “nurut” serta mengupayakan persatuan umat muslim dari seluruh dunia. Semoga jerih payah kita untuk belajar pun dicatat oleh Allah sebagai salah satu amal ibadah fardu kifayah, aamiin..

 

 


2 Comments

Vaccuum

Ini bukan tentang vaccuum cleaner.. tapi karena saya udah kelamaan vakum dari blog ini.. Ada banyak banget yang pengen diceritain, termasuk persiapan sidang / open defense minggu lalu. Tapi nampaknya bulan ini belom sempet nulis, mesti nyiapin jawaban untuk close defense. Semoga mulai bulan depan bisa update berbagai macam tulisan..

Toriaezu, simpen dulu disini, soalnya gak ada versi digitalnya.. Ini kebetulan diminta Sensei untuk bikin tulisan tentang Jepang. Kebetulan bidang kami di pneumatic robotics system, jadi salah satu society yang Sensei jadi pengurusnya adalah Fluid Power System Society. Saya nulisnya bahasa inggris, tapi karena ini jurnal Jepang, jadi ama Sensei di translate Japanese, haha..

Source: Journal of Fluid Power System Society.


2 Comments

Mau perpanjang passport di KBRI Tokyo

Ini bukan pengalaman saya perpanjang passport, tapi baru pengalaman saya mempersiapkan dokumen untuk memperpanjang passport. Baru di tahap ini aja saya udh kebingungan, heeeh…

Lihatlah persyaratan yg ditampilkan di website kbri berikut, di pdf link tentang persyaratan yg diperlukan, dan di bagian catatan petugas di belakang formulir aplikasi. Udh ada 3 tempat untuk menuliskan persyaratan tapi semuanya beda!! (gak 100% beda tapi ADA aja bedanya)


Apa itu bedanya?

1. Ada yg minta foto background putih, ada yg merah. At least dua duanya konsisten minta foto dua lembar.

2. Yang satu akta lahir atau ijazah/kartu mahasiswa/surat keterangan kerja. Yang satu lagi minta semuanya. Yg satu lagi copy akte/surat nikah/ijazah.

3. Yg satu gak nyuruh bawa ktp wni, yg satu minta bawa.

Huft.. kesel banget bacanya.. gak tau dech nanti klo dibawa semua, apa lagi yang kurang.. awas aja klo ampe ada yang kurang!!


4 Comments

Applying Municipal Housing in Japan

Pengalaman mendaftar danchi di Jepang (tulisan dalam bahasa inggris).

Applying for Municipal Housing, City Housing, Danchi (団地), or Shiei juutaku (市営住宅), is quite a tough process in Japan. Not only they have a clear instruction and strict deadline, but also the applicants reached >4000 families for about 500 rooms. In this post, I would like to share my experience applying for municipal housing, especially in Kawasaki City, Kanagawa, Japan.

This article is written when I just got an announcement that my number is selected as one of the recipients, so I still haven’t moved yet to the new room. The reason for me applying danchi is simple: I need to move to a very cheap apartment because I don’t have anymore scholarship due to extending my study, and I also live with wife and daughter (baby), so (I think) I have a strong reason to apply this facility.

In Kawasaki city, all the information about municipal housing can be accessed from this website: http://www.kawasaki-jk.or.jp/

Actually, all the instruction is very clear, though it is written in Japanese. So, I will only explain the instruction shortly here. I have another interesting part to share from this experience, especially related to bairitsu (倍率), or in other words, the probability to be chosen as the recipient. I was waiting for the lottery results because I want to know the relationship between the probability to get the room with the applicant behavior for choosing the room. I have this dilemma when choosing the room, and I try to ask my friend and googling about this, but I did not get any information. Therefore, this article and the proposed suggestion is novel (maybe), hehehe..

How To Apply & Rules

The application is open twice a year, May and October. The date may vary, but usually at the end of May – early June / end of Oct – early Nov. The application can only be obtained at that time, as well as the information of the available rooms. The application form (one bundle envelope) can be taken at Kawasaki city housing corp, ward office, etc. The general rules are written as below:

  1. One applicant (family) is one application.
  2. One applicant can only choose one room.
  3. The applicant must be the residence of Kawasaki city or working in Kawasaki city for more than 1 year.
  4. The applicant income is 158,000 yen/month or lower. Or for special approval (特認): 214,000 yen/month or lower.
  5. If selected, the deposit money is 2-month rent.
  6. Even though the method is called lottery (抽選), but in reality, they consider our application form, family status, annual and monthly income, age, health, and any other condition.
  7. etc.

The flow of application can be described as follow:

  1. Fill the application form and submit it. For example, the period is 26 May ~ 9 June, or 21 Oct – 4 Nov. Deadline is strict. No need to attach any document, only fill the application form provided in the envelope.
  2. Based on the application form, if we qualified, then we will get a lottery number by post at the end of July / early Jan.
  3. The lottery (抽選) will be held at 7 August, or 17 Jan. It is not necessary to come.
  4. The result will be announced on the website at 8 August, or 18 Jan.
  5. The recipient will receive a letter of announcement around mid August, or mid Feb.
  6. Qualification screening at September / March. They will ask any document to prove our application status. If we fail to prove our status, then we might fail to enter the room.
  7. Briefing before staying at the house. Around October / April.
  8. Procedure for using the house. Pay for the deposit.
  9. Start living.

Probability (倍率)

Actually, the meaning of bairitsu is not probability, but the rate. However, the meaning is similar I think. When we apply danchi, we need to fill the form and choose only one room from a lot of choices. Each available room provided with the information about the room itself, size, rent, number of room, and the previous number of applicant (前回応募倍率). The bairitsu meaning is: the previous number of applicant divided by the number of previously available room. So, if last year, the available room is 2 and the number of applicants is 4, then the bairitsu becomes 2. etc. As I described before, the applicant is assessed not based on simple lottery, but also considering our status (income, family, age, health, etc). Since we don’t know the status of the other applicants, therefore, it is quite difficult to predict the probability to win the lottery. However, in this section, I would like to summarize the behavior of the Japanese people (or applicant) with regard to this probability. Let’s take several examples and see from the table below:

(Please click this post title to see the table in a wider view)

Apartment/ Room name # available room Distance from eki (minutes) Size (m2) Price (¥) Previous bairitsu (前回応募
倍率)
Current applicant (応募者数) Current bairitsu (今回応募
倍率)
一般世帯向 94         1490 15.9
Asada 1 bus: 18 41.6 17600-34700 27 7 7
Honchou 7 walk: 15 48.1 25000-49100 75 134 19.1
Nisshinmachi 1 walk: 15 69.3 35100-69000 169 135 135
Kawaramachi 10 walk: 15 42.2 17800-36600 9.9 92 9.2
Ogura higashi 2 bus: 20 61.6 29800-58500 7 11 5.5
Ogura dai1 1 bus: 15 56.3 24900-48800 3 1 1
Ogura dai2 1 bus: 15 58.7 26400-51900 2 1 1
Niko 1 walk: 10 44.9 22300-43800 22 4 4
Josakunobe 3 bus: 10 46.6 20300-44800 7 7 2.3
Josakunobe dai2 1 bus: 6 56.3 26600-52200 5 8 8
Sugou 1 bus: 10 50.6 22300-43900 3.5 2 2
Takayama 1 bus: 20 51.1 22600-44300 0.5 1 1
Arima dai3 6 walk: 10 44.4 20300-40000 8 18 3
Joufuta 1 walk: 15 63.3 32700-64200 0 8 8
若年世帯向 63         185 2.9
Honchou (3DK) 1 walk: 15 62.8 32700-64100 4 22 22
Honchou (2DK) 4 walk: 15 48.1 25000-49100 0 36 9
Kawaramachi 9 walk: 15 42.2 17800-36400 2.1 9 1
Sakado 1 bus: 5, walk: 20 60.9 27600-54100 4.5 5 5
Josakunobe 3 bus: 10 46.6 20300-44800 0 0 0
Josakunobe dai2 1 bus: 6 56.3 26600-52200 1 3 3
Nogawa higashi 4 bus: 21 65.8 31100-64600 9 3 0.8
Sugou 1 bus: 10 50.6 23100-45400 3 0 0
Arima dai3 5 walk: 10 44.4 20300-40000 6 0 0
Nakanojima tamagawa 6 bus: 7, walk: 15 58 28300-66500 3.2 3 0.5
世帯向(高齢・障害) 73         471 6.5
Asada 1 bus: 18 41.6 17600-34700 3 16 16
Honchou (2DK) 3 walk: 15 48.1 25000-49100 0 48 16
Nisshinmachi 1 walk: 15 69.3 35100-69000 100 27 27
Kawaramachi 3 walk: 15 42.2 17800-35200 13.7 20 6.7
Ogura dai1 1 bus: 15 56.3 24900-48800 1 12 12
Oomiyacho (2DK) 1 walk: 13 50.3 25500-50100 0 9 9
Shimonoge Tonoyama 1 bus: 15 66.7 31600-62100 22 7 7
Josakunobe 11 bus: 10 46.6 20300-46400 16 17 1.5
Washigamine nishi 3 bus: 30 44.4 19300-39300 1.7 3 1
Shukugawara higashi 5 walk: 10 63.2 32600-66100 28 27 5.4
単身者向 111         837 7.5
Nakanojima (新築) 24 walk: 10 32.9 17200-33700 0 264 11
Honchou (1DK) 12 walk: 15 33.6 17400-34300 13.3 340 28.3
Furuichiba 1 bus: 15 36 17700-34700 177 47 47
Takayama 5 bus: 20 32.1 13400-26300 10 1 0.2
Arima dai1 (EV nashi) 25 bus: 10 31.9 13200-26900 0.5 13 0.5
Arima dai2 13 bus: 7 32.1 13400-27400 0.9 10 0.8
Nogawa nishi 32 bus: 20 35.4 14900-29500 5 18 0.6
Nakanojima (1DK) 3 walk: 10 32.9 17100-33700 58 16 5.3
小家族向・単身者向 67         134 2
Shinsaku 2 bus: 7 36.3 14900-30300 1 14 7
Hisasue 15 bus: 25 36.3 14700-30000 0.1 2 0.1
Takayama (EV nashi) 10 bus: 20 36.3 15100-30800 0.5 6 0.6
Arima dai1 3 bus: 10 36.3 15000-30500 0.5 1 0.3
Arima dai2 16 bus: 7 36.3 15100-31000 0.4 15 0.9
シルバーハウジング
(単身者向)
33         623 18.9
Quint tanaka 2 bus: 5 32.1 16500-32500 24 86 43
Glory arc 1 bus: 15 30.7 14800-29100 78 22 22
Nisshinmachi 1 walk: 15 40.7 20600-40500 25 54 54
Furuichiba 1 bus: 15 34.8 17000-33500 84 42 42
Kugateriya 2 bus: 25 37.1 18100-35500 6.5 8 4
Nogawa higashi 3 bus: 21 39.9 19300-38000 5.7 42 14
Shukugawara higashi 3 walk: 10 38.3 19700-38800 41 34 11.3
Sanrafure yurigaoka 4 bus: 5 34.5 17500-34500 58 63 15.8
シルバーハウジング(世帯向) 14         124 8.9
Nisshinmachi 2 walk: 15 52.8 26800-52600 48 25 12.5
Furuichiba 2 bus: 15 44.5 21700-42800 13 19 9.5
Suenagasouda 1 bus: 5, walk:15 48.3 24900-48900 0 28 28
Nakanojima tamagawa 3 bus: 7, walk: 15 52.1 26000-51100 11 6 2
特別空家 19         67 3.5
Komukai (2DK) 1 bus: 10 51.9 25500-50100 12 5 5
Niko 1 walk: 10 44.9 22300-43800 0 1 1
Okamoto (1DK) 1 bus: 15 36 17700-34800 0 45 45
Takayama 1 bus: 20 32.1 13400-26300 9 0 0
Nogawa nishi 4 bus: 20 35.4 15000-29500 3 2 0.5

Surprisingly, the changing of bairitsu is not drastic even if the previous applicant is enormous. We can derive several conclusion from this year application:

  1. The number of the applicant in Kawasaki city is enormous. From 523 available room, the number of applicants is 4507 person.
  2. The number of elderly applicants is very high. This can be seen from the statistics of applicant and bairitsu for category: silver housing, tanshin, kourei, and general application.
  3. The change of bairitsu is not drastic. I was expecting that for very large bairitsu, people will be afraid to apply, then the bairitsu will decrease significantly. But that’s not the case; it tends to decrease but still large enough. It means that people who think this way (other people will avoid) is not small enough.
  4. Choosing a room with large number of availability is better than the fewer number.
  5. There are popular room and unpopular room. The popular room tends to increase in bairitsu, while unpopular room tends to almost constant. To know which room is popular, we need to see the previous (2 periods) availability and the bairitsu. 
  6. For a new building, the applicant is huge and bairitsu is larger.
  7. About 1.5% applicant has interest with tokubetsu akiya.
  8. Though I didn’t show the information about the availability of the elevator in the table, but if the building has elevator then the applicant tend to larger.
  9. Distance from the apartment to the station is somewhat not affecting much. Of course, closer from station have larger bairitsu, but farther from station doesn’t mean lower bairitsu.
  10. I still cannot derive any conclusion related to size and price. Some cases are related while other cases are not affecting the bairitsu.

Suggestion and Conclusion

After seeing the trends, I have several suggestions if you want to apply to danchi and you want to have a higher probability.

  1. Apply to a room which has a large number of availability. This usually decreases the bairitsu and increases the probability to be selected.
  2. Avoid room with large bairitsu and only available one room. Usually those rooms are favorite.
  3. If you are a small family which age less than 40, choose 若年世帯向 or 小家族向rather than 一般世帯向. We can see from the table that the average bairitsu is lower. Unless you have confidence and have a 優遇倍率 point large enough (already failed five years).
  4. If you are healthy enough, avoid apartment with elevator as they tend to have larger bairitsu.
  5. Older building has lower bairitsu than a new building.
  6. Pray.

Though I am not really sure how many percentages the people that really needed danchi is applying and the person who just try their luck applying there, I would suggest that you better applying there if you really needed it. Looking at the statistics, it is very clear that many of the applicants are old people (as we know the current characteristics of Japanese society). This can be seen from the number of the applicant in silver housing, tanshin, kourei, and general application. As for young people with small family can apply jakunen or kokazoku, and we can see that the number of applicants is not that much compared to the old people.

Hope this information useful.


2 Comments

Makan di 3 Negara

Dulu gw pernah denger cerita orang2 hebat dan super sibuk, sangking sibuknya lokasi mereka sarapan, makan siang, dan makan malam itu di beda2 negara.. Dulu pernah berpikir hal tersebut adalah hal keren yang patut dibanggakan, tapi.. Tidak setelah gw mengalaminya sendiri..

Warning: perasaan menyesal atau kesal setelah membaca cerita ini tidak ditanggung.

===

Hari ini (ini tulisan nganggur 2-3 tahun lalu lebih tepatnya, wkwkwk) adalah hari gw mulai meliburkan diri dari kampus. Sedikit lebih awal dari jadwal seharusnya tapi tidak masalah demi berbagai urusan yg perlu dilakukan di tanah air tercinta, gw juga udh kangen banget ama ortu dan kucing2 dirumah..

Rute pulang kali ini sedikit berbeda dari biasanya, naik air asia dan transit lewat bangkok, thailand. Karena harga tiket yg lebih murah dan gw belom pernah juga mampir di thai, jd pengen cari2 pengalaman. Liat jamnya juga ideal banget, gw bisa breakfast di rumah, trus ga perlu pesen makan di pesawat, nyampe siang di bangkok bisa lunch, trus sore berangkat dan gak perlu pesen makan di pesawat, nyampe malem di jakarta bisa dinner.. Semua perencanaan matang telah dibuat demi merasakan pengalaman makan di 3 negara berbeda sekaligus.. Jadi ga sabar menunggu moment ini..

Hari H pun tiba, seperti biasa packing belom beres jadilah begadang malemnya, haha..

Akhirnya pagi makan di jepang seadanya. siang sampe thailand jadi ragu itu ayam halal apa kagak, jadinya makan yang pasti2 aja. malem baru beneran makan di indonesia.. wkwkwk.. gak ada keren-kerennya sama sekali yak pengalaman makan di 3 negara berbeda dalam sehari itu..

the end ~