Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin


4 Comments

Applying Municipal Housing in Japan

Pengalaman mendaftar danchi di Jepang (tulisan dalam bahasa inggris).

Applying for Municipal Housing, City Housing, Danchi (団地), or Shiei juutaku (市営住宅), is quite a tough process in Japan. Not only they have a clear instruction and strict deadline, but also the applicants reached >4000 families for about 500 rooms. In this post, I would like to share my experience applying for municipal housing, especially in Kawasaki City, Kanagawa, Japan.

This article is written when I just got an announcement that my number is selected as one of the recipients, so I still haven’t moved yet to the new room. The reason for me applying danchi is simple: I need to move to a very cheap apartment because I don’t have anymore scholarship due to extending my study, and I also live with wife and daughter (baby), so (I think) I have a strong reason to apply this facility.

In Kawasaki city, all the information about municipal housing can be accessed from this website: http://www.kawasaki-jk.or.jp/

Actually, all the instruction is very clear, though it is written in Japanese. So, I will only explain the instruction shortly here. I have another interesting part to share from this experience, especially related to bairitsu (倍率), or in other words, the probability to be chosen as the recipient. I was waiting for the lottery results because I want to know the relationship between the probability to get the room with the applicant behavior for choosing the room. I have this dilemma when choosing the room, and I try to ask my friend and googling about this, but I did not get any information. Therefore, this article and the proposed suggestion is novel (maybe), hehehe..

How To Apply & Rules

The application is open twice a year, May and October. The date may vary, but usually at the end of May – early June / end of Oct – early Nov. The application can only be obtained at that time, as well as the information of the available rooms. The application form (one bundle envelope) can be taken at Kawasaki city housing corp, ward office, etc. The general rules are written as below:

  1. One applicant (family) is one application.
  2. One applicant can only choose one room.
  3. The applicant must be the residence of Kawasaki city or working in Kawasaki city for more than 1 year.
  4. The applicant income is 158,000 yen/month or lower. Or for special approval (特認): 214,000 yen/month or lower.
  5. If selected, the deposit money is 2-month rent.
  6. Even though the method is called lottery (抽選), but in reality, they consider our application form, family status, annual and monthly income, age, health, and any other condition.
  7. etc.

The flow of application can be described as follow:

  1. Fill the application form and submit it. For example, the period is 26 May ~ 9 June, or 21 Oct – 4 Nov. Deadline is strict. No need to attach any document, only fill the application form provided in the envelope.
  2. Based on the application form, if we qualified, then we will get a lottery number by post at the end of July / early Jan.
  3. The lottery (抽選) will be held at 7 August, or 17 Jan. It is not necessary to come.
  4. The result will be announced on the website at 8 August, or 18 Jan.
  5. The recipient will receive a letter of announcement around mid August, or mid Feb.
  6. Qualification screening at September / March. They will ask any document to prove our application status. If we fail to prove our status, then we might fail to enter the room.
  7. Briefing before staying at the house. Around October / April.
  8. Procedure for using the house. Pay for the deposit.
  9. Start living.

Probability (倍率)

Actually, the meaning of bairitsu is not probability, but the rate. However, the meaning is similar I think. When we apply danchi, we need to fill the form and choose only one room from a lot of choices. Each available room provided with the information about the room itself, size, rent, number of room, and the previous number of applicant (前回応募倍率). The bairitsu meaning is: the previous number of applicant divided by the number of previously available room. So, if last year, the available room is 2 and the number of applicants is 4, then the bairitsu becomes 2. etc. As I described before, the applicant is assessed not based on simple lottery, but also considering our status (income, family, age, health, etc). Since we don’t know the status of the other applicants, therefore, it is quite difficult to predict the probability to win the lottery. However, in this section, I would like to summarize the behavior of the Japanese people (or applicant) with regard to this probability. Let’s take several examples and see from the table below:

(Please click this post title to see the table in a wider view)

Apartment/ Room name # available room Distance from eki (minutes) Size (m2) Price (¥) Previous bairitsu (前回応募
倍率)
Current applicant (応募者数) Current bairitsu (今回応募
倍率)
一般世帯向 94         1490 15.9
Asada 1 bus: 18 41.6 17600-34700 27 7 7
Honchou 7 walk: 15 48.1 25000-49100 75 134 19.1
Nisshinmachi 1 walk: 15 69.3 35100-69000 169 135 135
Kawaramachi 10 walk: 15 42.2 17800-36600 9.9 92 9.2
Ogura higashi 2 bus: 20 61.6 29800-58500 7 11 5.5
Ogura dai1 1 bus: 15 56.3 24900-48800 3 1 1
Ogura dai2 1 bus: 15 58.7 26400-51900 2 1 1
Niko 1 walk: 10 44.9 22300-43800 22 4 4
Josakunobe 3 bus: 10 46.6 20300-44800 7 7 2.3
Josakunobe dai2 1 bus: 6 56.3 26600-52200 5 8 8
Sugou 1 bus: 10 50.6 22300-43900 3.5 2 2
Takayama 1 bus: 20 51.1 22600-44300 0.5 1 1
Arima dai3 6 walk: 10 44.4 20300-40000 8 18 3
Joufuta 1 walk: 15 63.3 32700-64200 0 8 8
若年世帯向 63         185 2.9
Honchou (3DK) 1 walk: 15 62.8 32700-64100 4 22 22
Honchou (2DK) 4 walk: 15 48.1 25000-49100 0 36 9
Kawaramachi 9 walk: 15 42.2 17800-36400 2.1 9 1
Sakado 1 bus: 5, walk: 20 60.9 27600-54100 4.5 5 5
Josakunobe 3 bus: 10 46.6 20300-44800 0 0 0
Josakunobe dai2 1 bus: 6 56.3 26600-52200 1 3 3
Nogawa higashi 4 bus: 21 65.8 31100-64600 9 3 0.8
Sugou 1 bus: 10 50.6 23100-45400 3 0 0
Arima dai3 5 walk: 10 44.4 20300-40000 6 0 0
Nakanojima tamagawa 6 bus: 7, walk: 15 58 28300-66500 3.2 3 0.5
世帯向(高齢・障害) 73         471 6.5
Asada 1 bus: 18 41.6 17600-34700 3 16 16
Honchou (2DK) 3 walk: 15 48.1 25000-49100 0 48 16
Nisshinmachi 1 walk: 15 69.3 35100-69000 100 27 27
Kawaramachi 3 walk: 15 42.2 17800-35200 13.7 20 6.7
Ogura dai1 1 bus: 15 56.3 24900-48800 1 12 12
Oomiyacho (2DK) 1 walk: 13 50.3 25500-50100 0 9 9
Shimonoge Tonoyama 1 bus: 15 66.7 31600-62100 22 7 7
Josakunobe 11 bus: 10 46.6 20300-46400 16 17 1.5
Washigamine nishi 3 bus: 30 44.4 19300-39300 1.7 3 1
Shukugawara higashi 5 walk: 10 63.2 32600-66100 28 27 5.4
単身者向 111         837 7.5
Nakanojima (新築) 24 walk: 10 32.9 17200-33700 0 264 11
Honchou (1DK) 12 walk: 15 33.6 17400-34300 13.3 340 28.3
Furuichiba 1 bus: 15 36 17700-34700 177 47 47
Takayama 5 bus: 20 32.1 13400-26300 10 1 0.2
Arima dai1 (EV nashi) 25 bus: 10 31.9 13200-26900 0.5 13 0.5
Arima dai2 13 bus: 7 32.1 13400-27400 0.9 10 0.8
Nogawa nishi 32 bus: 20 35.4 14900-29500 5 18 0.6
Nakanojima (1DK) 3 walk: 10 32.9 17100-33700 58 16 5.3
小家族向・単身者向 67         134 2
Shinsaku 2 bus: 7 36.3 14900-30300 1 14 7
Hisasue 15 bus: 25 36.3 14700-30000 0.1 2 0.1
Takayama (EV nashi) 10 bus: 20 36.3 15100-30800 0.5 6 0.6
Arima dai1 3 bus: 10 36.3 15000-30500 0.5 1 0.3
Arima dai2 16 bus: 7 36.3 15100-31000 0.4 15 0.9
シルバーハウジング
(単身者向)
33         623 18.9
Quint tanaka 2 bus: 5 32.1 16500-32500 24 86 43
Glory arc 1 bus: 15 30.7 14800-29100 78 22 22
Nisshinmachi 1 walk: 15 40.7 20600-40500 25 54 54
Furuichiba 1 bus: 15 34.8 17000-33500 84 42 42
Kugateriya 2 bus: 25 37.1 18100-35500 6.5 8 4
Nogawa higashi 3 bus: 21 39.9 19300-38000 5.7 42 14
Shukugawara higashi 3 walk: 10 38.3 19700-38800 41 34 11.3
Sanrafure yurigaoka 4 bus: 5 34.5 17500-34500 58 63 15.8
シルバーハウジング(世帯向) 14         124 8.9
Nisshinmachi 2 walk: 15 52.8 26800-52600 48 25 12.5
Furuichiba 2 bus: 15 44.5 21700-42800 13 19 9.5
Suenagasouda 1 bus: 5, walk:15 48.3 24900-48900 0 28 28
Nakanojima tamagawa 3 bus: 7, walk: 15 52.1 26000-51100 11 6 2
特別空家 19         67 3.5
Komukai (2DK) 1 bus: 10 51.9 25500-50100 12 5 5
Niko 1 walk: 10 44.9 22300-43800 0 1 1
Okamoto (1DK) 1 bus: 15 36 17700-34800 0 45 45
Takayama 1 bus: 20 32.1 13400-26300 9 0 0
Nogawa nishi 4 bus: 20 35.4 15000-29500 3 2 0.5

Surprisingly, the changing of bairitsu is not drastic even if the previous applicant is enormous. We can derive several conclusion from this year application:

  1. The number of the applicant in Kawasaki city is enormous. From 523 available room, the number of applicants is 4507 person.
  2. The number of elderly applicants is very high. This can be seen from the statistics of applicant and bairitsu for category: silver housing, tanshin, kourei, and general application.
  3. The change of bairitsu is not drastic. I was expecting that for very large bairitsu, people will be afraid to apply, then the bairitsu will decrease significantly. But that’s not the case; it tends to decrease but still large enough. It means that people who think this way (other people will avoid) is not small enough.
  4. Choosing a room with large number of availability is better than the fewer number.
  5. There are popular room and unpopular room. The popular room tends to increase in bairitsu, while unpopular room tends to almost constant. To know which room is popular, we need to see the previous (2 periods) availability and the bairitsu. 
  6. For a new building, the applicant is huge and bairitsu is larger.
  7. About 1.5% applicant has interest with tokubetsu akiya.
  8. Though I didn’t show the information about the availability of the elevator in the table, but if the building has elevator then the applicant tend to larger.
  9. Distance from the apartment to the station is somewhat not affecting much. Of course, closer from station have larger bairitsu, but farther from station doesn’t mean lower bairitsu.
  10. I still cannot derive any conclusion related to size and price. Some cases are related while other cases are not affecting the bairitsu.

Suggestion and Conclusion

After seeing the trends, I have several suggestions if you want to apply to danchi and you want to have a higher probability.

  1. Apply to a room which has a large number of availability. This usually decreases the bairitsu and increases the probability to be selected.
  2. Avoid room with large bairitsu and only available one room. Usually those rooms are favorite.
  3. If you are a small family which age less than 40, choose 若年世帯向 or 小家族向rather than 一般世帯向. We can see from the table that the average bairitsu is lower. Unless you have confidence and have a 優遇倍率 point large enough (already failed five years).
  4. If you are healthy enough, avoid apartment with elevator as they tend to have larger bairitsu.
  5. Older building has lower bairitsu than a new building.
  6. Pray.

Though I am not really sure how many percentages the people that really needed danchi is applying and the person who just try their luck applying there, I would suggest that you better applying there if you really needed it. Looking at the statistics, it is very clear that many of the applicants are old people (as we know the current characteristics of Japanese society). This can be seen from the number of the applicant in silver housing, tanshin, kourei, and general application. As for young people with small family can apply jakunen or kokazoku, and we can see that the number of applicants is not that much compared to the old people.

Hope this information useful.


2 Comments

Makan di 3 Negara

Dulu gw pernah denger cerita orang2 hebat dan super sibuk, sangking sibuknya lokasi mereka sarapan, makan siang, dan makan malam itu di beda2 negara.. Dulu pernah berpikir hal tersebut adalah hal keren yang patut dibanggakan, tapi.. Tidak setelah gw mengalaminya sendiri..

Warning: perasaan menyesal atau kesal setelah membaca cerita ini tidak ditanggung.

===

Hari ini (ini tulisan nganggur 2-3 tahun lalu lebih tepatnya, wkwkwk) adalah hari gw mulai meliburkan diri dari kampus. Sedikit lebih awal dari jadwal seharusnya tapi tidak masalah demi berbagai urusan yg perlu dilakukan di tanah air tercinta, gw juga udh kangen banget ama ortu dan kucing2 dirumah..

Rute pulang kali ini sedikit berbeda dari biasanya, naik air asia dan transit lewat bangkok, thailand. Karena harga tiket yg lebih murah dan gw belom pernah juga mampir di thai, jd pengen cari2 pengalaman. Liat jamnya juga ideal banget, gw bisa breakfast di rumah, trus ga perlu pesen makan di pesawat, nyampe siang di bangkok bisa lunch, trus sore berangkat dan gak perlu pesen makan di pesawat, nyampe malem di jakarta bisa dinner.. Semua perencanaan matang telah dibuat demi merasakan pengalaman makan di 3 negara berbeda sekaligus.. Jadi ga sabar menunggu moment ini..

Hari H pun tiba, seperti biasa packing belom beres jadilah begadang malemnya, haha..

Akhirnya pagi makan di jepang seadanya. siang sampe thailand jadi ragu itu ayam halal apa kagak, jadinya makan yang pasti2 aja. malem baru beneran makan di indonesia.. wkwkwk.. gak ada keren-kerennya sama sekali yak pengalaman makan di 3 negara berbeda dalam sehari itu..

the end ~


10 Comments

Kontrak HP di Jepang

Bismillahirrahmanirrahim..

Bikin kontrak hape di jepang itu susah susah gampang. Susahnya adalah selain harus mempelajari bahasa jepang supaya mengerti dengan istilah istilahnya, juga kebanyakan kontrak memiliki “intrik-intrik” tersendiri untuk menarik marketnya. Sejak sebelum 2015, 3 provider besar seperti Au, Docomo, dan Softbank memegang kendali pasar. Dengan sistemnya yang kontrak dan hape yang kebanyakan locked, banyak pelanggan yang tidak bisa dengan bebas berpindah dari satu provider ke provider lain. Ketika ingin pindah, maka pelanggan akan kena biaya penalti serta kerumitan lainnya. karena itulah orang jepang banyak yang tidak berpindah dan setia menggunakan satu provider saja. Namun karena hal ini juga, ternyata membuat persaingan dalam dunia telekomunikasi jepang kurang sehat dan bergairah, akhirnya, denger juga dari temen disini, kementrian telekomunikasi jepang memutuskan bahwa provider2 telekomunikasi yang masih kecil (MVNO) perlu dinaikkan pamornya serta kebanyakan kontrak harus mulai dibuka sistem locked hape-nya. ini membuat 3 provider besar menjadi kalang kabut dan  harus menawarkan paket paket menarik.

Kontrak HP secara Umum:

Secara umum kontrak hape di jepang harus dilakukan selama 2 tahun. Dan ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang tentunya punya masa tinggal di jepang 2 tahun atau lebih. kadang ada operator yg baik yang apabila visa kita 2 tahun kurang sebulan, maka masih diperbolehkan.

Jenis kontrak ada berbagai macam, ada yang hanya nomor telepon saja, ada yang sama data internet, ada juga yang paket sama hapenya. Nah, klo zaman saya jadi pelajar dulu (sekarang juga masih sich), kebanyakan kita pakai yang sepaket nomor telepon, internet, sama hapenya. Hal ini karena paket yang ditawarkan biasanya dengan atau tanpa hape, biaya perbulannya adalah SAMA. ya, SAMA. kesel gak sich dengernya. Jadi misal kita bikin kontrak internet dan nomor telepon aja tanpa hape, harganya sekian. trus klo pilih paket sama hapenya (dan hapenya iPhone lagi..) harganya sekian juga. Ya tentu kita sebagai pelanggan akan pilih yang sama hape dong.. sama aja kayak gratis kan hapenya.. Demikian sekilas info kenapa saya pernah punya iPhone 4s, 5s, dan 6, wkwkwk..

Itu kenapa sich bisa kayak gitu? jadi itu adalah trik marketing. tanpa hape, maka kita tidak dapat diskon khusus hape. dengan hape, kita harus bayar hapenya dicicil tapi tiap bulan kita dapat diskon biaya internetnya karena pilih paket, yang ujung ujungnya total perbulannya sama aja.. begitulah. Namun sejak negara api menyerang, akhirnya MVNO harus dibiarkan merajalela dan saya pun bisa punya pilihan lebih leluasa, kontrak bulanan lebih murah, dengan tentunya bisa memakai hape jepang yang di locked tersebut.

Contoh perhitungan kontrak Docomo (Januari 2016):

Dulu saya gak ngerti apa apa tentang kontrak hape, selalu bawa teman untuk nemenin bikin kontrak. atau klo lagi pergi sendiri gak ada temen yang nemenin, pake google translate di hape trus kita (saya dan petugas counter hape) saling komunikasi pake hape, padahal udah face to face, wkwk..

Akhirnya dengan sedikit niat untuk belajar, menghapal kosa-kata, jadilah saya bisa memahami kontrak saya yang terakhir dengan Docomo. berikut adalah contoh perhitungan dan penjelasannya, apabila kita mau kontrak docomo sepaket dengan hapenya iPhone6 64Gb atau iPhone6s 64Gb:

photo-2017-02-01-15-56-36

Jadi biaya kontrak yang perlu dibayar ada 4 jenis:

  1. Biaya Paket Internet 5Gb plus gratis nelepon (5menit) 通信料金: 7000 yen/bulan.
  2. Diskon paket perbulan 通信料金割引: -1350 yen/bulan sampai setahun saja.
  3. Biaya Hapenya 機種価格: bervariasi, akan dijelaskan lagi dibawah.
  4. Diskon support perbulan 月々サポート: -918 (iPhone6) atau -3186 (iPhone6s) yen/bulan.
  5. Lain lain: biaya registrasi kontrak 手続料 sekitar 3000 yen/sekali. atau biaya pindahin nomor hape (MNP) 2500an/sekali. biaya putus kontrak 解約費 ke operator sebelumnya 10000an/sekali. dll klo ada lagi.

Terkait nomor 3 biaya hape:

Pada saat saya buat kontrak diatas, hape iPhone 6s baru keluar dan tentunya provider hape ingin supaya hapenya cepat laku dan segera habis, jadinya memilih paket iPhone6s itu cukup menggiurkan. Sebagai gambaran, harga iPhone6 saat itu adalah 78600 yen/sekali dan iPhone6s adalah 99792 yen/sekali. Kemudian karena saya pindah dari provider au ke provider docomo, saat itu ada diskon norikae (のりかえ) sebesar -20000 yen/sekali. Khusus untuk iPhone6 karena produk lama, maka ada diskon lagi 先端サポート sebesar -49200 yen/sekali. Nah kebayang kan, tinggal dijumlahin aja semua berdasarkan hape yang kita pilih. klo saya ambil iPhone6, maka saya perlu bayar hapenya sebesar 9400 yen/sekali atau dimasukkan ke biaya cicilan perbulan yaitu 392 yen/bulan. atau klo pilih iPhone6s maka harga hape yang harus dibayar adalah 64192 yen/sekali atau 2675 yen/bulan. Terkesan mahal tapi ingat diskon nomor 4 untuk iPhone6 dan iPhone6s berbeda lho.. sebagai tambahan, docomo, au, softbank, mereka punya program yang namanya shitadori 下取 yang artinya tukar hape lama kita dengan diskon untuk di kontrak berikutnya, atau dengan kata lain jual hape lama kita. harga hape shitadori bermacam macam, kebetulan kemarin saya jual iPhone4s saya karena sudah tidak terpakai, dihargain 14000 yen/sekali. karena dimasukkan ke dalam kontrak paket, maka jadinya biaya nomor 3 saya menjadi nol bukan minus untuk iPhone6, atau 50192 yen/sekali (setara 2092 yen/bulan) untuk iPhone6s.

Nah, cara menghitung biaya perbulan adalah ditotal aja biaya no 1 sampai 5. jadilah segitu biaya yang perlu dibayar sebulan. simple kan. yang gak simple adalah diskon yang namanya aneh2 dan besarnya gak konstan itu lho untuk tiap hapenya. jadinya keliatan bangen kan klo saya waktu itu kontrak iPhone6 perbulan kena 5111 yen atau klo iPhone6s perbulan kena 5551 yen. lha, beda spek tapi harga (hampir) SAMA?? kesel? buat anda yang kontrak hape selama 2 tahun, tentu lebih baik pilih iPhone6s, tapi klo buat saya yang udah punya niat cuma kontrak setahun kemudian ganti MVNO, maka tidak menyesal saya pilih iPhone6. Hal ini karena biaya nomor 3 sudah menjadi nol dan ketika putus kontrak, saya tidak perlu terbebani dengan pelunasan biaya hapenya.. saya kan pindah niatnya mau nyari biaya paling murah, bukan buat ngoleksi hape.

Jadi apa itu MVNO?

MVNO singkatan dari Mobile Virtual Network Operator. Maksudnya adalah perusahaan penyedia jasa layanan komunikasi tapi sebenarnya mereka gak punya sinyal komunikasi yang sesungguhnya. karena itulah ada tulisan virtualnya disana. biasanya perusahaan MVNO ini menggunakan sinyal (carrier) dari perusahaan yang sudah besar seperti docomo atau au. untuk softbank sendiri belum ada nampaknya.

kenapa sich saya pindah ke MVNO? karena biaya yang lebih murah. kenapa MVNO bisa lebih murah padahal sinyalnya numpang? ini karena perusahaan MVNO sudah melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan besar tersebut sehingga mereka bisa menjual kembali dengan bisnis model yang lebih menguntungkan untuk pelanggannya. contohnya adalah tidak adanya keterikatan kontrak yang harus 2 tahun seperti provider lama, mvno juga menawarkan kontrak yang lebih luwes dan paket paket yang lebih murah. Oleh karena itu, buat kita2 yang sudah punya hape, tidak ingin ganti hape, hanya butuh internet dan nomor telepon saja, maka MVNO patut diperhitungkan keberadaannya. Salah satu kekurangannya adalah katanya kecepatannya tidak bisa disamakan dengan carrier aslinya. tapi untuk level jepang, ternyata kecepatannya masih kencang dan tidak menjadi kekurangan yang berarti apabila kita hanya butuh data internet untuk hape.

MVNO ada banyak sekali, terutama yang menginduk pada provider docomo. adapun yang menginduk ke AU baru sekitar 2 perusahaan yaitu Mineo dan UQ Mobile. apa saja listnya? lengkapnya saya baca2 dari sini, tapi untuk mempermudah saya coba bikin tabel.

mvno-1

mvno-2

Itu semua menggunakan sinyal docomo, kecuali dinyatakan lain (au). Data diatas semua diambil dari web mvno-navi. Kalau lihat tabel diatas, terlihat jelas bahwa 3 provider yang memberikan pelayanan maksimal adalah IIJmio, U-mobile, dan Freetel. IIJmio dengan speednya yang 2x lebih cepat, U-mobile dengan plan paling murah dan minimum kontrak pendek, dan Freetel dengan keunggulan membayar sesuai banyaknya pemakaian. Untuk lebih detailnya, saya coba explore ke websitenya masing masing. Terutama apakah website tersebut menjelaskan cara MNP dengan jelas atau tidak.

Untuk freetel, mereka punya 3 jenis paket: suma-to komikomi, teigaku puran, tsukattabundake anshin puran. Suma-to komikomi itu paket yang sama hapenya. saya tidak baca lebih detail karena gak pengen hape juga. Teigaku puran itu paket yang pembayarannya fix untuk sekian giga perbulan. jadi klo kita pilih paket ini, maka kita bisa aman bahwa pembayaran internet kita tidak akan melebihi paket yg kita pesan, tapi klo pemakaian data kita udah melebihi kapasitas maksimal, maka kecepatan akan turun menjadi 200 kbps. Adapun tsukattabundake puran adalah paket dimana kita hanya membayar sejumlah data yang kita pakai, dengan kelipatan yang sudah ditentukan. jadi apabila kita memakai kurang dari 3 Gb, maka kita hanya bayar seharga 3 Gb, dst. ini lebih enak karena sesuai pemakaian, tapi kalau kita lengah, maka biayanya bisa naik juga. untuk paket ini maksimal pemakaian adalah 20 Gb dimana biayanya 5570 yen. Proses MNP pun dijelaskan dengan lengkap.

Untuk u-mobile, ada 5 jenis paket. Paket data aja, data and call, data+call+music, paket super, dan paket premium. karena saya jelas memilih paket data and call, maka saya coba cek apa itu paket super dan premium. adapun dua paket lain coret. paket data and call adalah yang normal, sesuai dengan tabel. Adapun paket super itu sebenarnya beneran lebih murah, tapi ada minimal kontraknya yaitu 2 tahun. klo kurang dari itu maka kena cancellation fee. buat saya yang nasibnya masih gak jelas ini maka nambah2 kontrak untuk 2 tahun adalah tidak masuk pilihan alias coret. paket premium adalah paket unlimited LTE, seperti yang saya tulis di tabel. menurut info di blog tetangga, katanya paket unlimited itu maksimal 25 GB, tapi entahlah saya tidak melihat tulisan itu sampai saat ini. Yang menarik adalah claim speed mereka sampai 375 Mbps, melebihi IIJmio, jadi menarik untuk dipilih. Proses migrasi ttg MNP pun cukup jelas.

Untuk IIJmio, websitenya bagus ada english, jadinya translatenya rapi dibandingkan web freetel atau u-mobile yang pake plugin, wkwk.. untuk paketnya, ternyata mereka bisa juga pakai hape au, mantaap.. eh tapi tenyata hapenya pun masih sangat terbatas, belum semua hape au bisa dipake, hehe.. tapi intinya sudah lebih update servicenya dbandingkan info di mvno-navi. Paketnya biasa aja, 3 GB, 6 GB, dan 10 GB. Paket 6 GB adalah yang harganya saya tulis 5 GB di tabel diatas, dan speednya pun di claim mencapai 375 Mbps (tabelnya perlu diupdate lain kali).

Setelah menimbang nimbang dan analisis konsumsi kebutuhan buat saya sendiri, maka saya memilih freetel sebagai provider saya selanjutnya. hal ini karena mereka punya skema bayar sesuai dengan penggunaan. saya bisa berusaha menghemat data sehingga bayarnya bisa jauh lebih murah, hehe..

Kontrak saya dengan freetel

Akhirnya saya memilih freetel. Maka saya lakukan semua prosedur yang diperlukan untuk apply. semua step-stepnya sudah cukup jelas di websitenya, namun akan saya coba jabarkan sedikit disini:

  1. Pastikan berapa biaya cancellation yang harus kita bayar kepada docomo, dan minta nomor MNP.
  2. Setelah dapat MNP number, maka daftar freetel di websitenya dengan memasukkan nomor MNP di formnya sekalian.
  3. Pembayaran ternyata harus pake credit card, gak bisa pake debit card
  4. selesai isi form, maka sim card akan dikirim ke rumah kita dalam selang kurang dari 5 hari.
  5. setelah sampai, maka kita diminta untuk telepon ke Kirikae Senta untuk melakukan prosedur MNP.
  6. dalam selang 30 menit, kartu baru sudah bisa dipakai. baru kita ganti kartu lama kita dengan kartu freetel yang baru.
  7. klo ada error2 dikit, restart aja dulu hapenya. selesai!

Saya ada cerita sendiri untuk mendapatkan MNP number ini. Awalnya saya coba lewat telepon, tapi karena si mba2 operatornya ngomongnya cepet dan kayak ngasih warning macem2 gitu apabila kita menggunakan nomor MNP (putus kontrak otomatis). Trus ujung ujungnya nomor MNP harus dicatat sendiri, mereka sebutin angkanya, kirain bisa minta dikirim email ternyata enggak bisa. Karena saat itu saya lagi agak ribet gak bisa nyatet, akhirnya saya bilang nanti saya ke docomo shop saja. Hari selanjutnya saya ke DUA docomo shop, dan dua2nya rame banget, ngantri ampe DUA jam. males banget gak sich. udah ngantri satu jam, trus disamperin ama petugas keliling docomo untuk nanya macem macem, semacam membantu proses yang ingin kita lakukan sebelum kita ke konter selanjutnya. walhasil saya akhirnya ngurus ama dia semua sampe mastiin berapa biaya cancellation kontrak. trus untuk nomor MNP katanya mesti di loket dan masih ngantri sejam lagi. dia menyarankan saya untuk meminta MNP number lewat telepon. trus saya udh curhat dikit ke dia klo kemaren saya udah nelepon trus dia ngomong macem macem yang saya gak ngerti jadi saya mau ngomong di loket aja. trus dia malah bilang, “gapapa, itu cuma penjelasan aja klo cancellation kontrak bakal bagaimana, dst. jadi di iyakan saja trus minta MNP number aja. bilang saja semua penjelasan sudah diberikan di docomo shop. disitu saya merasa bingung,, ada ya pegawai docomo yang ngasih saran macam begini? wkwkwk.. Akhirnya saya nelepon lagi (dan sepertinya ngobrol ama mba mba yang sama lagi) trus minta nomor MNP, dicatat di kertas dan selesai.

Sim Card Prabayar

Kebanyakan di jepang itu pascabayar, bahkan untuk MVNO sekalipun yang kontraknya bisa pendek, tetep dibutuhkan kartu kredit untuk metode pembayarannya. Nah, yang paling sering jadi pertanyaan adalah, bagaimana kalau ada turis yang datang ke jepang untuk sementara waktu dan butuh no hape atau internet?

Ada beberapa pilihan yang bisa diambil oleh para turis ini. saya jabarkan saja beberapa pilihannya:

  1. Hidupkan paket roaming dari Indonesia. silahkan cek provider masing masing untuk harganya.
  2. Sewa poket wifi dari Indonesia.
  3. Sewa poket wifi di Jepang. di bandara haneda, narita, maupun kansai ada.
  4. Beli sim card data (internet) only yang seminggu/dua minggu/sebulan/dll. ada juga yang paket berdasarkan volumenya berapa GB. ini juga bisa beli di bandara, saya liat di haneda dan kansai bahkan sudah ada vending machinenya. di narita mungkin ada tapi dulu saya belum sempet ngeliat pas disana.
    atau beli di toko elektronik jepang. contohnya dari web ijmio ini dalam english
  5. Pakai MVNO. nah ini perlu kartu kredit biasanya.

Ada banyak pilihan, jadi jangan bingung.. silahkan disesuaikan aja dengan plan dan budget masing masing.


2 Comments

Teknik belajar cepat

Denger denger ada teknik belajar yang sangat menarik yaitu Feynman Technique. coba coba googling sedikit akhirnya bisa sedikit paham kenapa namanya feynman technique, karena saya pribadi merasa tidak asing dengan nama tersebut.

Feynman technique ternyata diciptakan oleh peraih nobel fisika, Richard feynman, fisikawan dalam bidang elektrodinamika kuantum. Dia menerima nobel tersebut saat menjadi dosen (professor?)  di Caltech, california institute of technology. Beliau sudah meninggal ternyata, pada tahun 1988. saya ingat pernah punya buku tentang fisika yang ditulis beliau, tapi bukunya entah dimana sekarang.

Jadi feynman technique ini kurang lebih adalah: ajarkan orang lain seolah olah anda sudah mengerti. nanti ketika mengajarkan orang, anda akan menyadari bahwa anda kurang paham di salah satu point. pada point tersebut, maka bacalah referensi tentang hal tersebut dan ajarkan lagi. begitu seterusnya sehingga kita menjadi benar benar paham akan suatu hal.

Nampak menarik, dan sebenarnya saya mau mencoba mempraktikannya dalam waktu dekat ini. Saya mau mencoba menjelaskan tentang sistem kontrak hape di jepang, terutama MNVO. saya mau coba menerapkan teknik ini, barangkali jadi bener bener paham sekalian istilah istilah jepangnya juga. dulu udh pernah ngapalin kanji tentang hape trus udah lupa lagi. Kan sayang banget cepet ilangnya.

Mari kita coba belajar dan menerapkan feynman technique!