Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

Recalling

1 Comment

banyak hal yang telah terjadi dalam kehidupan penelitian disini.

yappari, jepang negara yang sangat hebat, apalagi dalam bidang robot.

mereka begitu rendah hati setiap kali ditanya pengetahuannya tentang robot,

namun melihat karyanya begitu membuat saya terkagum,

membuat saya tersadar betapa jauhnya saya dibandingkan mereka.

dulu, saya pengen banget masuk hirose lab,

beliau adalah sensei sangat hebat.

sampai saat ini pun, penggantinya, fukushima sensei juga orang yang ga kalah hebat.

hari ini teman lab saya yang dulu pernah di hirose lab selama setahun cerita banyak tentang lab itu,

banyak hal yang akhirnya saya sadari betapa hebatnya orang2 yang bisa masuk lab itu,

saat itu juga saya tersadar bahwa memang saya belum siap jika seandainya masuk lab itu.

teman saya ini mulai memperkenalkan beberapa robot di lab itu yang sudah tidak dipakai lagi saat ini,

mulai dari zabuton, helios, ACM, sampai Titan.

Zabuton adalah robot dengan base sederhana berbentuk kotak, menggunakan onminidirectional wheel sehingga memiliki gerakan holonomic. selain itu robot ini bisa kita naiki dan dapat dikendalikan dengan joystik seperti main game sederhana. katanya bisa mengangkat sampai beban satu ton. hebat banget.

IMG_2271

gw udah coba naiki robotnya (berat gw cuma sekitar 50an kg) dan bisa berjalan dengan lancar.

kemudian helios. helios adalah robot yang digunakan untuk explorasi dan dapat menyesuaikan dengan terrain. robot ini bisa jadi beroda atau berkaki. jika kita membayangkan tentang transformer, maka robot ini memang bisa berubah modenya. berbagai misi dapat dilakukan robot ini

IMG_2278

kemudian ACM. kalau pernah denger bahwa hirose sensei sangat ahli bidang robot ular, ini adalah robotnya. Active Cord Mechanism adalah nama versi awal robot ini, lambat laun memiliki nama yang lebih spesial tapi tetap menggunakan nama lamanya. misalkan ACM-R5, nama lainnya adalah amphibious snake-like robot. robot ular ini adalah versi yang bisa berenang di air.

IMG_2273

tidak kalah terkenal yaitu Titan. Tokyo Institute of Technology Aruki Norimono (Titech robot which can be ride and walk, kurang lebih artinya itu). sesuai namanya, robotnya bisa kita naiki dan berjalan menghadapi berbagai medan

IMG_2281

ini adalah Titan-IX, dan saya dengar mereka masih terus mengembangkannya. sudah sampai versi 13. kalau lihat robotnya, banyak sekali aspek penelitian yang bisa dilakukan hanya untuk membuat satu robot ini. katanya robot ini dikerjakan oleh 6 orang, salah satunya adalah doktoral student. and if i may recall my dreams, i ever wanted to make this kind of robot!

dan masih banyak lagi robot lainnya..

hari ini, walaupun saya bukan di hirose/fukushima lab,

saya belajar kepada tsukagoshi sensei.

beliau juga tidak kalah hebat dalam membuat robot rescue,

ada jumping robot, throwing type robot, pneumatic-snake robot, dan yang sangat terkenal di jepang yaitu bari-bari.

IMG_2282IMG_2283IMG_2279

beliau sangat ahli di bidang pneumatic control, actuator, dan memiliki sense tinggi dalam membuat rescue robot.

saya belajar banyak dari beliau selama 1,5 tahun ini.

walaupun saya selalu bilang saya merasa stress berada di lab ini,

ini semata-mata hanya karena saya sangat kurang ilmu, kurang berusaha, dan kurang ikhlas.

ada banyak hal yang bisa saya pelajari dan kesempatan yang saya miliki untuk belajar lebih banyak,

tapi kalau saya malas, percuma juga ada kesempatan tersebut, tetap saja saya tidak akan pernah maju,

baik berada di jepang ini, maupun ketika pulang di indonesia…

“if you are lazy, you are not belong anywhere” ~someone’s quote

“gantungkan cita-citamu setinggi-tingginya, kalau jatuh kau punya waktu untuk mendarat dengan aman” ~cat’s lifestyle

saya sebenarnya sudah menemukan apa yang menyebabkan saya malas, ataupun merasa malas menjalani kehidupan ini,

tapi sulit sekali untuk menyelesaikannya, karena complicated confidential maka tidak akan saya ceritakan disini (lagian ini aib)

semoga Allah berikan petunjuk kepada saya dalam menjalani hidup ini,, aamiinn..

Harus Semangat dan Berpikiran Positif!!

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

One thought on “Recalling

  1. :’)
    Semangat slihhh !!!!

Leave a Reply

