Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

temen lab

1 Comment

 

kalo dipikir2 lagi, gw harus banyak2 bersyukur bisa bertemu teman2 lab gw sekarang ini. walaupun kebanyakan orang jepang tidak terlalu suka diajak ngobrol, tapi klo udah kenal mereka ternyata mereka baik banget.

teman pertama gw di lab adalah tutor lab. dia orang malaysia tapi orang tionghoa. pertama kali saya mulai berdiskusi macam2 tentang lab dengan dia dan dalam bahasa inggris. dia ga prefer ngomong bahasa malaysia karena ingin memperlancar bahasa inggrisnya juga jadilah kita sepakat berkomunikasi dalam bahasa inggris. dia banyak menolong saya dalam penyesuaian di lab, seperti ngapain aja, apa yg harus dilakukan, dan dia juga membantu memberikan pendapatnya tiap kali gw mengalami kebuntuan dalam riset.

kemudian teman internasional lainnya. dua orang dari tionghoa (lagi2). tentu mereka bisa bahasa inggris tapi ga selancar temen saya yang malaysia ini. mereka bahkan lebih mahir bahasa jepangnya dibandingkan bahasa inggrisnya. mereka adalah teman internasional di lab selain tutor saya. yang satu orang sekarang sudah keterima todai dan pindah, yang satu lagi masih di lab bareng saya dan rencana kita akan lulus bareng di september tahun ini. temen yang satu ini, namanya hai, dia baik banget. sering banget ngasih pendapatnya untuk kemajuan riset gw. padahal gw sendiri udh kebingungan dan seperti kehilangan semangat, tapi dia selalu ngasih saran2 sehingga gw jadi semangat lagi. dia lulus master ini akan lanjut bekerja di perusahaan jepang.

selanjutnya adalah teman orang jepang. tidak banyak yang bisa diajak ngobrol, tentu selain kendala bahasa, stereotype orang jepang yang tidak membuka diri kepada orang lain. tapi disini saya dapet beberapa teman yang suka ngobrol seperti hamada, okui, yamazaki, horie, yoshizawa, hosaka, miyashita. sebenarnya ada yang lain tapi jarang bareng ngobrol dengan mereka. mereka adalah orang jepang lab yang pertama saya temui, walaupun sebagian ada yang lulus, akan lulus, dan baru masuk master semester dua. saya paling sering ngobrol sama hamada, karena dia satu tim risetnya sama saya, dan dia pernah internship ke brazil sehingga menjadikan dia orang jepang yang lebih terbuka. dia juga selalu berusaha ngomong ke gw dalam bahasa jepang yang mudah gw pahami sehingga komunikasi bisa berjalan.

kemudian setelah satu tahun, ada lagi 5 orang baru dan dua orang yang lebih bisa diajak ngobrol yaitu masahiro dan tate. masahiro itu teman satu tim riset, sedangkan tate tidak satu tim tapi dia termasuk orang yang selalu mengajak ngobrol walaupun tidak penting. gw sangat menghargai banget usahanya.

hari ini hal yang membuat gw sangat terharu adalah ketika masahiro cerita bahwa jadwal kenkyuu soudan (consultation) akan digunakan untuk menanyakan pada sensei apakah dia akan melanjutkan doktoral atau lanjut kerja setelah lulus master. katanya dia pengen lanjut doktor bareng gw. ini adalah kata2 yang paling membuat terharu dan membuat gw jadi ingin menulisnya di blog ini. padahal gw kaga ngerti apa2 tentang riset gw, dan juga kehidupan riset disini, tapi masa sich dia mau2 aja bareng gw. apakah karena memang dia mau lanjut doktoral, ataukah dia cuma kasihan ama gw klo ditinggal sendiri nanti di lab ini bisa2 kaga jelas nasibnya. entahlah, tapi setidaknya dia berhasil membuat gw terharu hari ini.. :’)

hasil soudannya gimana? ga tau, ga berani nanya, tapi semoga aja nanti dia mendapatkan nasib terbaik dech 🙂

syukuri apa yang bisa didapat hari ini.

berusaha terbaik untuk setiap state yang kita hadapi sekarang ini,

supaya tidak ada penyesalan diakhir nanti

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

One thought on “temen lab

  1. tapi biasanya orang jepang bakal jadi baik dan open kalo kitanya mulai baik dan open dulu kok :))

Leave a Reply

