Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

Kucing Persia

79 Comments

Bismillahirrahmanirrahim..

Ini adalah cerita tentang keluarga kucing yang ada  di rumah saya. Cerita ini mungkin bisa agak lebai bisa juga tidak, karena tingkah laku kucing emang lucu-lucu. Perjalanan hidup keluarga kucing selama 2 tahun ini memang bukan perjalanan biasa, karena 2 tahun ini juga terjadi perubahan yang luar biasa di rumah saya sendiri,hehe..

Cerita bermula dari pertama kali pengen banget melihata kucing dirumah. Trus dulu juga pernah ada kucing anggora nyasar  ke rumah. Sempet dirawat beberapa hari, kemudian akhirnya kucing itu pergi, kayaknya udah inget lagi dimana rumah majikannya (atau diambil orang, ga tau juga, haha).  Keinginan memelihara kucing udah terpendam cukup lama sampai akhirnya orangtua mengizinkan memelihara kucing. Saya sendiri menawarkan kucing Persia aja, karena lucu banget kucingnya. Saya juga udah mencari tempat belinya, di bandung. Saat itu di toko ini memang sedang ada kucing yang siap dijual dan dibawa saat itu juga, makanya enak belinya langsung, ga pake nunggu dulu. Kita beli sepasang, harganya *** (ke sensor, klo ada yang mau tau, silahkan email ke saya). Ini adalah awal mulai dari kehidupan keluarga kucing di rumah saya.

foto tami dan puti waktu kecil umur sekitar 2 bulan.

 

Tami

Tami adalah kucing jantan berwarna hitam (hitam saja tanpa warna lain,haha) dan kelak menjadi kepala di keluarga kucing ini. Pertama kali memelihara kucing, tami ini yang paling aktif dibandingkan puti. Aktif lari-larian, mengejar mainan, nyakar-nyakar majikannya, dan juga menyerang puti. Klo udah kecapean maen, tami biasanya ngos-ngosan, kayak anjing lidahnya keluar, abis itu tidur aja sembarangan di lantai, itupun dengan berbagai pose tidur yang ngasal, haha.. lucu banget dech tingkahnya.

Tami sekarang sudah besar, sudah menjadi pemimpin di keluarga besarnya. Kucing Persia klo udah dewasa bener bener udah jarang maen-maen/bercanda lagi. tami lebih banyak duduk, tidur, makan, kencing sembarangan, berantem ama kucing liar, ngajak kawin puti atau dori, dll, hehe..

 

Puti

Puti adalah kucing betina berwarna putih dominan dan sedikit hitam dengan coklat. Kelak puti akan menjadi ibu dari segala ibu kucing di rumah ini. Puti kecil adalah puti yang imut imut dan feminim diusianya. Tidak terlalu banyak bermain seperti tami, tapi lebih banyak mengamati benda benda dirumah dan ngeberantakin,haha.. pose tidurnya elegan, tidak seperti tami yang ngasal. Klo mengeong pun jarang, menganggap dirinya memiliki suara emas mungkin,haha..

Puti adalah ratu dari semua kucing dirumah dan juga ibu dari semua ibu. maksudnya yaitu cucunya aja kadang kadang nyusu ama puti,haha.. selain itu tami yang tingkahnya kayak penguasa rumah aja ga berani macem macem ama puti, klo tami ngajakin kawin trus puti ga mau, pasti tami ditampar pake tangannya atau buntutnya,haha..

Puti sangat sayang dengan semua anak anaknya. Semua anak anaknya sering dimandiin, disusuin, trus klo makan puti ngalah sama anaknya, dll. Rasa sayangnya ini kelak membuat anak anaknya bisa menjadi kucing yang lebih dewasa dan lebih mandiri nantinya.

 

Dora dan Dori

Dora dan dori adalah anak pertama dari tami dan puti. Ga tau mana yang lahir duluan, mana yang jadi kakak mana yang jadi adik, tapi yang penting mereka adalah anak pertama,hehe. Dora itu jantan, dan dori betina. Sifat kedua anak ini adalah berlainan dari kedua induknya. Klo dori yang betina ini sangat aktif dan bandel mirip bapaknya, sedangkan dora yang jantan ini kalem dan cool seperti ibunya. Dora Dori ini warnanya hitam putih, dimana lebih banyak hitamnya, mungkin gen hitam tami saat itu lebih dominan.

Hal yang sebenarnya paling disedihkan adalah dora tidak berumur panjang. Umurnya hanya sekitar 3 bulan. Kematian dora diduga adalah karena keracunan cicak. Terakhir kali bertemu dora adalah waktu malam-malam dora sedang mengamati cicak, trus sekitar jam 4 pagi kk saya melihat dora sudah tidak bergerak lagi, itu pun terlihat disampingnya ada buntut cicak. T_T huhu.. selamat tinggal dora, semoga engkau bahagia di alam sana..

Dori setelah dewasa menjadi lebih anggun dibandingkan waktu kecil. Dori dewasa juga sangat sayang dengan adiknya, dara. Mereka selalu bermain berdua bersama sama hingga waktu dimana dori sudah harus menjadi ibu dan mengurusi anak anaknya.

 

Dara

Dara adalah anak kedua dari tami dan puti. Klo ga salah waktu itu puti melahirkan 2 anak juga, tapi yang 1 lagi mati T_T. Dara adalah kucing betina dan (mungkin) yang paling lucu dan menggemaskan diantara semuanya,haha.. dara memiliki tingkah dan sifat gabungan antara tami dan puti sehingga dara adalah kucing yang aktif, lucu, dan juga elegan,haha.. dara berwarna hitam putih juga dengan hitam dominan.

Dara paling suka sama kk saya, karena semenjak lahir dan besar lebih banyak bermain ama kk saya dibandingkan ama saya sendiri karena saya tinggal terpisah dengan dara,hehe.. setiap subuh kk saya selalu dibangunkan oleh dara dengan cara diinjak injak badannya atau dikelitikin kakinya,haha..

Sebenarnya waktu puti melahirkan dara, di klinik itu ada anak kucing baru lahir yang dibuang. Nah katanya kasian klo ga ada yang nyusuin dan akhirnya jadilah anak angkat puti, namanya adalah pomo. Tadinya cuma mau dipelihara ampe dia bisa mencari makan sendiri, tapi sekarang udah ga mau pergi lagi dari rumah saya karena merasa rumahnya disini. Yaudah akhirnya tetep kita pelihara juga, hehe.. dara dan pomo ini cukup akrab karena mungkin sepersusuan.

Oh iya, semua anak puti punya ciri khas, yaitu semua kakinya warna putih. Semua anak anaknya jadi kelihatan seperti pake kaos kaki lho,hehe..

 

Beri, Belti, dan si kembar tamtam

Beri dan belti adalah anak ketiga dari tami dan puti. Anak ketiga ini sekarang memiliki gen puti yang lebih dominan karena warnanya udah ga gelap gelap lagi. Sebenarnya anaknya puti ada 3, satu lagi saya sendiri belum sempat ketemu karena udah keburu dikasih ke tetangga saya (bahkan namanya aja belum ada T_T). Beri berwarna campuran putih dan coklat satu warna sehingga mirip buah beri. Kalo belti warnanya belang tiga yaitu hitam putih coklat. Mereka bertiga betina.

Si kembar tamtam (tamtam1 dan tamtam2) adalah anak pertama dari tami dan dori. Mungkin bisa juga disebut sebagai cucunya puti,haha.. anaknya dori seberanya ada 3, satu lagi adalah bela, tapi bela udah dikasih ke temen mama saya. Si kembar tamtam ini bener bener kembar, warnanya hitam semua, hal ini karena tami hitam, dan dori hitam putih. Cuma bela yang warnanya hitam putih dan warna putihnya di muka secara simetris sehingga seperti belah tengah rambutnya,haha… mereka bertiga juga betina.

Anak anak adalah masa yang paling lucu karena banyak tingkahnya. Kita akan melihat kucing ini belajar nyusu, merangkak, jalan, berantem, nyakar nyakar, dan semuanya dech. Yang paling lucu dari anak anak ini adalah, mereka suka nyusu secara ngasal. Jadi anaknya dori malah nyusu ke puti, dan anaknya puti malah nyusu ke dori, haha.. mereka bener bener ngasal, tergantung siapa yang saat itu ada disana, langsung diselosor kalo udah pada pengen nyusu.

 

Makanan

Makanan dari kucing Persia biasanya adalah makana kucing yang biasa dijual bebas. Bisa basah atau kering. Makanan basah itu biasanya yang mirip kayak sarden, klo kering seperti biasa. Kucing ini juga suka minum susu. Sampai saat ini belum pernah dikasih makan nasi karena kata dokter klo dikasih nasi nanti bulunya rontok. Makan tulang ga mau. Mereka paling suka makanan yang basah. Makanannya dijual banyak di hypermart, biasa dikasih makan 3x sehari, kayak manusia juga, haha.. klo kucing saya ini suka whiskas(tuna basah) dan science diet(kering).

Yang unik dari puti dan dori adalah, mereka kadang suka minum air sembarangan, air di ember, di kolam, dan juga air wastafel, haha.. mungkin klo udah menjadi ibu kucing memiliki perasaan berbeda kali ya tentang minuman.

 

Toilet

Kucing sebenarnya ga suka buang air sembarangan. Mereka sepertinya punya insting untuk menggaruk garuk klo mau buang air. Untuk ini cukup sediakan bak plastik yang tidak terpakai dan siapkan pasir di dalamnya, nanti klo mau buang air mereka akan pergi kesana dengan sendirinya.

Mandi

Mereka biasanya mandi sendiri dengan cara menjilat jilat badannya. Klo dimandiin pake air biasanya ada tekniknya, tidak mudah karena mereka suka lari. Untuk mandiin 1 kucing aja minimal ada 2 orang, itupun klo kucingnya anteng waktu lagi dimandiin seperti tami. Klo puti dimandiin sudah banget, suka berontak.

Untuk mandiin kucing, air yang digunakan air hangat, jangan dingin atau mendidih. Biasanya dimandiin badannya dulu baru kepalanya terakhir. Boleh pakai sampo khusus kucing. Ketika disampo, jangan sampai lari kucingnya, kan kasian klo lari dalam keadaan sampoan, rumah juga bisa berantakan,haha.. Klo udah selesai dimandiin, segera dikeringin pake handuk biar ga kedinginan lama lama. Klo udah kering baru bisa disisir atau pake hair dryer.

Setelah dimandiin, biasanya kucing sedikit ngambek ama kita. Dia jadi diam dan merenung seperti orang ngambek gitu dech, haha.. tapi ga lama kok ngambeknya, klo laper juga ntar baik lagi ama kita J

Oh iya, kucing Persia biasanya matanya suka belekan waktu masih kecil, nah sebaiknya itu kita bersihkan secara hati hati menggunakan tisu yang dibasahkan sedikit.

 

Mainan

Mainannya ada banyak jenisnya, ga harus mainan beli khusus seperti yang dijual di toko kucing. Kita malah mainannya pakai mainan yang super hemat tanpa beli seperti tali rafia, bungkus segel aqua, sapu lidi, laser pointer, tisu digulung, kertas dijadiin bola, dll. Apa aja bisa jadi mainan asalkan benda itu bisa bergerak atau berpindah tempat sehingga menarik perhatian. Kadang kadang gw juga beli maenan tikus tikusan yang kecil juga sich. Pernah dulu dikasih mainan laba laba besar tapi kucingnya pada takut,haha..

Kucing juga klo kita lepas di taman bakal main dengan riang gembira asalkan kita tetap mengawasi agar tidak jatuh ke got atau ke tengah jalan. Mereka juga suka klo melihat kupu-kupu, rasanya pengen mereka tangkep tapi ga bisa bisa,haha.

Kucing alami suka permainan berantem beranteman. Klo udah berantem lucu banget ngeliatnya. Ada yang ngumpet diem diem, trus pas targetnya lengah, dihajar pake ditindih. Kadang juga suka maenin buntut induknya. Yang parah klo bercanda adalah klo udah bercanda ama induknya, induknya ampe ditendang kepalanya,haha..

Kawin

Katanya sich idealnya kawin klo udah 1 tahun. Hanya saja tami dan puti 10 bulan udah mau. Tami bahkan udah pengen kawin dari sebelumnya malah tapi ditolak terus ama puti. Ga perlu diajarin, mereka punya insting sendiri kok, haha..

Untuk bisa kawin, kucing tersebut harus sudah saling mengenal dan mau satu sama lain. Selama masih ada yang belum mau (biasanya betina yang banyak maunya) maka kucing ga akan bisa kawin. Karena tami udah kenal lama ama puti makanya bisa berjalan dengan baik. Dulu tami pernah mau dikawinin ama kucing teman mama saya, tapi karena belum saling kenal, mereka ga mau. Seminggu dikurung berdua juga belum membuat mereka saling mau,hehe..

Melahirkan

Nah ini ga mudah klo kita ga tau tekniknya. Pertama kali puti melahirkan juga kita minta tolong ke dokter hewan. Lucunya adalah waktu mau melahirkan dara, puti yang biasanya pendiam langsung meong meong berisik dan nyamperin ke mama saya seperti mau bilang klo udah mau keluar. Setelah begitu langsung dibawa ke dokter hewan.

Melahirkan ketiga puti dan melahirkan pertama dori ini dilakukan sendiri karena mama saya udah belajar tekniknya. Puti juga udah biasa melahirkan jadi bisa melahirkan dengan lancar dan tenang. Tekniknya sendiri saya tidak tau bagaimana, yang ngerti mama saya,haha.. nanti diupdate dech tulisan ini klo saya udah ngerti caranya..

Tingkah Laku Spesial

Banyak banget sebenarnya tingkah laku para kucing ini, bener bener sangat menghibur dan bisa menghilangkan stress. Yang saya tulis disini hanyalah bagian yang saya ingat saja. Beberapa diantaranya adalah :

Bisa Memijit

Klo ini bener bener super special ability dari kucing Persia,haha.. ga selalu mau mijitin sich, cuma kadang kadang aja. Jadi puti suka mijitin kk dan mama saya, klo tami suka mijitin kepala saya. Klo tami mijitnya agak ngasal sich, kayaknya cuma mau maen maen ama rambut saya aja kali ya,haha..

Bisa Membangunkan orang tidur

Nah klo ini super duper special ability dari dara. Dia selalu bangunin subuh kk saya. Lebih tepatnya sich suka gangguin orang tidur di jam 4 pagi,haha..

Kucing jantan suka kencing sembarangan

Nah ini tingkah tami yang paling menyebalkan. Semua pojok rumah saya semuanya mungkin udah pernah dikencingin tami. Ini adalah kebiasaan alami dari kucing jantan yaitu menandai wilayahnya. Padahal kita udah menjelaskan baik baik ama tami bahwa ga ada kucing lain yang mau merebut wilayah tami, tapi tetep aja dia kencing, haha.. aduh aduh.. yang satu ini bener bener ga bisa diilangin kebiasaannya kayaknya.

Sesama betina berantem

Klo yang ini belum ketauan apa penyebabnya. Kadang kadang puti suka marahin dori maupun dara yang sekarang sudah pada dewasa. Dori juga suka marah ke dara kadang kadang. Yang jelas klo masih kecil ga pernah dimarahin padahal.

Memahami perasaan manusia

Klo yang ini cuma mama saya aja yang punya banyak pengalaman, karena sebenarnya kucing dirumah semua dirawat ama mama saya jadi semua kucing nurut. Dan yang pastinya kucing tau klo kita lagi stress sehingga biasanya mereka nyamperin kita dengan sendirinya lho..

Kisah keluarga kucing ini tidak pernah ada habisnya. Bahkan kadang kadang klo ada tingkah yang sangat lucu, saya sampe dismsin mama saya bahwa si tami/puti/dll tadi bertingkah lagi,haha.. adanya kucing dirumah bener bener bisa menghilangkan stress yang ada, bahkan walaupun sudah 2 tahun berlalu, tidak ada bosan bosannya bermain ama kucing. :)

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

79 thoughts on “Kucing Persia

  1. akhirnya yang ditunggu2 datang juga, postingan tentang keluarga kucing lu :)
    semua yang lu tulis bener banget dah, tingkah lucu yang lu gambarin juga kebayang banget dah..
    gw jadi tau sekarang kenapa bulu chiko gampang rontok, coz makanannya gw campur nasi..

    btw, sekarang di rumah gw ada 8 anak kucing shlih, 7 anak kandung, 1 adopsi (ada yang buang anak kucing di depan rumah gw :(

    oiya, anak chiko mati 2 ekor, jadi tinggal 2 ekor :'(
    pengen maen ke rumah lu dah shilh, maen ama keluarga si tami dan puti :D

  2. yoi.. mampir kesini jri..
    ajain maen, ntar suruh maen di kebun,hehe
    pasti lucu banget dech

  3. woaa ka ashlih kucingnya banyak banget ! haha
    itu beli dimnanya bandung? Pengen juga euy..hhe

  4. itu peternakan kucing persia slih?
    hehe..
    ada 9 gitu
    mendingan jadiin peternakan aja

  5. @galih
    awalnya beli di bandung,
    klo mau jangan beli, nanti saya kasih
    dirumah kebanyakan soalnya,hehe

    @andi
    mau aja sich jadiin peternakan,
    tapi nanti klo gw udah mampu membiayai
    hidup anak,istri,ama kucing y..
    hehe

  6. Jual di kaskus.

    ~becanda Slih. :p

  7. Aku mau donk yg warna putih….gmn caranya.

  8. aku sudah punya anggora satu jantan..warnanya coklat muda usia 11 bln..itu dikasih sm saudara 9bln lalu kolokan bangeettt…nah aku ingin punya warna putih..ini no hp aku. 081510817369…

  9. @fajar
    awas kau, musuh kucing awak adalah musuh awak juga,
    hehe

    @martinawati
    maaf y baru bls, terakhir saya ketemu orang tua, katanya udah ada orang yang akan menampungnya, jadi udah ga ada lagi yang mau dikasih. mungkin lain waktu y mba

    @ega
    wew

  10. mmeeoonngg.

  11. kalau adopt bisa ndak? kebetulan di rumah cuman ada 1 kitty. biar jadi teman. dibalas via 081555602919 juga okay.
    ditunggu

    salam

  12. kucing saya mau kawin nih. udah ngebet banget pengen kawin tapi yang jantannya gamaueun ama si cuplis. minta saran dong kasian ngeliat mukanya yang sedikit mupeng kawin hahaha. pengen ama persia lagi biar anaknya lucu :D

  13. klo addopt betina, da g? kbetulan drmh dah da jantan,,
    please,, call or sms d 085 7313 444 22

  14. @omarjoko, ayugitaw, ree

    maaf br bls y..
    kucing saya udah ga ada yg bisa dikasihin lagi,
    udah dikasih ke temen orang tua semua :)

  15. aq mau dong 1 byg betina

  16. 085641919820
    di serang ni mbak

  17. salam kenal ashlih…saya juga mau satu aja kalau masih ada,kebetulan saya lagi pengen banget pelihara kucing persia…ditunggu kabar baiknya…ROBBIE

  18. aku punya banyak anakan kucing, tp kampung, hayooo……sapa yang mau……???

  19. kucingku Persia + kampung ada sekitar 28 ekor, ada yg mau…..

  20. Ashlih cerita km lucu2 bgt,sama aq jg ngrasa kucing it m lucu2,aq pny awal’a maincoon jntn,it aq bl dr stpm tarakanita kt’a c dia nemu ad dsklh,dia g bs ksh mkn’a djual d k aq,aq bl cm 300rb,stpm it n aq g ngrti kl it kcg mhl,trs aq ksh nm bowmer,e trs kbnrn ad ttga yg pny himalaya cw yg mo kwn,dia dksh tau m ttgax kl aq ad kcg cwo,akhrx lhr 5ank bgs2,2hmly,1abu2/blue ky anggora,1cklttaby wjh n mata ky persia mdiumnose,1orngetabymaincoon ky bpx,mgkn bpx it ud mix x,aq dksh 2 yg hmlya cw n yg ky persia,skrg aq bl cw’a orngesmokewhtetaby,biar s bowmer kl mo kwn trslurkn,trs aq rncnax pgn cr jntn u/ ankx bwmer yg hmlya,jamie,aq pgnx cr prsia yg pth plos biar ckp kl pny ank sm s jamie n kylie(btna yg aq bl),trs ttga n tmn adk n aq ad yg sk n psn ankx,jdx aq rncana jualn ank kcg,abz kl udh byk kn g kuat ngurusx,bowmer it lucu bgt,prtm d bl ky org sngsara,mgkn klprn,tp skrg bdnx jumbo,smp ttga pd sk blg dia algojo,dia ky ibu2 sk ceboki ankx n main lri2an m ankx,ngawinin jamie(aq ksh pil kb biar g jd,ti ktx bs cct ank),s kylie blm dkwn,mgkn kyliex blm baleq,bowmer msh priksa bau pi2sx aj,kcg m mnta ampn lcux

    • waah desy kucingnya pasti lucu2 dech,
      pengen liat klo ada fotonya.. :D
      itu komentar diatas dari liza katanya punya kucing persia banyak,
      desy nyari persia kan..

      kucing saya sekarang jumlahnya lagi pas dirumah,
      belum ada anak lagi..

  21. Mau dong satu :):):)

  22. heheee….Eva, kucingku udah ada 5 ekor yg kukasihin ke orang2 jd sekarang tinggal yg kampung sekitar 20 ekor, trs Persia putihnya tinggal 2 ekor, sepasang cowok cewek…ntar kalo dia hamil aku kasih deh ya anaknya… gak usah pake bayar, nggak tega njualnya….hiks…

  23. q pux kucing betina bru beli nmax pikuy,tp kdang q ksian liat dy ksepian gk puxa teman,q mw dong melihara kcing km byr pikuy ad temanx.

  24. serius kalo minta kucing mau di kasih????kamu tinggal dimna???aku pengen bgt kucing udah muter” pet shop ga dapet yang cocok….alamat kamu dimna??????

  25. @puthi, rizki, karina,
    klo sekarang lagi ga ada, coba hubungi liza aja :D

  26. Wah,, liat crita qm jdi pngen coba memelihara kucing..
    tpi sbagai pemula saya hrus bnyak belajar dri ashlih hee..
    klo boleh sya mau adopsi tam tam 1 gmn??
    tpi rumah saya d’ serang banten

  27. aslih, saya punya warnanya hitam pekat.. lucu bgt.. crtanya sudah lama gak pulang krn kuliah di jkt, pas pulang ke rumah tiba2 ada kucing.. ya krena gak trbiasa aku usir aja kucing itu, tapi pas lagi minum susu kucing itu minta2, dan saya kasih 3x sekali. awalnya sih nyangka kucing lokal.. eh tiba2 ada org lewat yg mau beli 800 rb.. wah gak dikasih wong udah akrab n cuma punya satu kok kucingnya… usianya 6 bln, jantan, warnanya hitam pekat. klw ada yg betina boleh gak saya mau…? :-)

  28. lovely story . :) say hi to all your cats family.

  29. Anakku pengen banget piara kucing persia, tapi hrgnya itu loh yg bikin sakit dompet papahnya , terpaksa dech di alem piara hamster, tapi tetep aja ngambek pengen kucing persia, pusing….

  30. assalamualaikum mbak.. Salam kenal yah. Dengan senang hati saya mau dong kalo di kasih kucing. Sdh lama bgt pengen kucing tapi persiakan mahal jd mkr2 terus deh tiap mau beli. Jd jgn sunkan ya mba kalo mau ngasih aq. InsyaAllah dirawat dgn baik. Terimakasih sebelumnya. Yulik

  31. jdi pngen mlihara kucing…
    tpi harus cari byk infonya dlu.
    tpi qra2 biaya mlihara kucing mahal ga si. qra2/ bln prawatannya apa ja n btuh biaya brp?

    • secara umum perawatan rutin biasanya makan (beli yang sekarung gede aja 5kg sekitar 300rb), ngajak main (mainan bekas tali), sama membersihkan rumah.

      klo mandiin kucing bisa di petshop (sekitar 60rb) atau mandiin sendiri.

      klo kucingnya sehat dan ga stress, ga perlu khawatir sakit.

  32. hii ashlih aku ayu… aku punya kucing persia dikasi pacarku dari bandung n ku bawa ke jogja sekitar 5bulan yg lalu, kucingku namanya witty (abu-abu) n snowbell (putih). umurnya dah 4th…
    baru tanggal 8 april 2012 kemarin witty lahiran 3 kucing… namanya al, el, doel.. (kaya nama anak artis yah…ckckckck)
    seneng bisa berbagi cerita sama ashlih… doain ya moga keturunan witty n snowbell jd anak2 yang sholeh n berbakti…ckck aminn

  33. Wah….mengharukan sekali cerita keluarga kucingnya.
    Saya bingung nih, satu minggu ini ada seekor kucing persia yg sering keluar masuk rumah saya. Karena kasihan, saya kasih makan (ikan, sossis, daging tapi dia gak mau) dan niatnya sih pengen saya mandiin (tapi belum berani, ntar kenapa2 lg).
    Kasih saran dong makanan apa yg bagus dan alternatif makanan/minuman yang biada dikonsumsi kucing jenis ini, dan bagaimana cara membersihkan bulunya…. ?

    Please…….

    • coba dikasih makanan kucing aja, beli yang 1kg dulu mungkin. atau coba dikasih susu. klo ga mau makan juga, coba dibawa ke dokter.
      nanti klo udah mau makan dan sehat lagi, baru dimandiin..
      bersihin bulunya dielus2 atau pake sisir..

  34. numpang lewat ya.. ko kucing aq mah ga mau minuym susu tapi kalo makanan yang di jual mau…

  35. ashlih mau donk dikasih 1 aja kucing persianya…

  36. waahh mau dong aku pelihara satu persia yang betina..
    ibu ku mau banget kucing persia..
    kalo ada boleh ya aku pelihara..hehe ;)

  37. Pingback: About My Life

  38. ashlih pengen dong ngadopsi 1 . minta nomer nya dong
    nih nomer gw 087722581785 :D

  39. kakak……bisa minta kucingnya gk…hehe….

  40. kk nak smansa ya?? kk blh mnta kucing nya gak??pliss 1 aj..cz aq pgn bgt melihara kucing… klo ad krim k email aq ya..thx..

  41. Mbak, sy mw nanay kucing saya yg jantan udah umur 1,5thn sementara betina2thn, tp samapi sekarang tdk mau kawin, saya belinya setelah dewasa, namun udah 6 bulan ini gak mau kwn, malah berantem trus. Knpa ya? Thx

    • wah gawat juga klo udh 6 bulan digabung tapi masih ga mau juga,
      mungkin ga suka kayaknya,
      apalagi klo baru gabung setelah dewasa lebih susah maunya.

      kucing juga ada musim kawinnya, klo mereka udh masuk musimnya
      coba aja saling dideketin dan diawasi supaya ga berantem..
      semoga itu bisa menambah keakraban diantara mereka :)

  42. Mbak aku mau donk persianya kalo ada yg bs dikasih lagi bs sms 087887077732 ya. Thx

  43. lucunya…. :*
    aku juga punya 2 indukan dan abis ngelahirin baby 5
    mumumumuuuu :*

  44. Hi cat lovers..
    Lucu banget baca critanya.. Mengalir n menyenangkan..

    Dear ashlih n liza.. Mauu doong kl masi ada kucingnya.. Pengen persia putih.. Jantan kl ada.. :)) Kucingku abu2 udah dikenalin dgn jantan2 bbrp kali tp ogah mulu.. Pingiiin punya kitten.. Mkn harus lama adaptasinya..jadi pengen punya jantannya spy sepasang..
    Mdh2an ada kucingnya yaa, pasti dirawat dengan hati. :D.. Hubungi sy yaa.. No sy 08176874667. Trims banyaak..

  45. hey hey saya mau banget pelihara kucing nih , udah nyarinyari tapi harganya gacocok buat pelajar :D kalo ada yang rela memberikan kucingnya kepada saya , dengan senang hati saya rawat dengan baik :) langsung saja hubungi 087825425741

  46. lucu bgt kucingnya,sama kyk kucing aku,tp sayangnya aku cuman punya 1 kucing (persia) d rumah sama kyk tami,jantan warnanya hitam (umurnya msh 7 bln).
    mau dong kalo dikasih yang betina,terserah mau warna apa,yg penting ikhlas ngasihnya :D
    saya janji akan ngerawatnya dengan baik,kalo mau ngasih hubungin saya ke no 082377214610
    kepengen bgt punya keluarga kucing kyk ashlih

  47. mau dong kucingnya satu kalo ada yg bisa dikasih

  48. Hay.. Saya juga pecinta kucing, drumah ada 7 ekor kucing trus yg 1 lagi hamil.. Seneeeng banget liat kelakuan kucing.. Kalo hbs jalan pulang kerumah liat kucing itu bahagia banget..hehee..boleh nanti kita sharing cerita tentang kucing.. :)

  49. Bagi dooong kucing nyaaaa
    Saya pengen banget piara kucing lagi.punya saya mati :(
    Ada yang baik hati ga yah ngasih kucing nya
    Kalo ada sms saya dong (˘ʃƪ˘) 081288378700

  50. Gan!! Bagi Dong Pliss Gan Yg Mana Aja Deh Gan Ya Saya Pengen Piara Belom Pernah Beli Kucing ni Gan Beli Deh Gan Harganya Brp Gan ??? 190 BRP GAN !!!!!!! :(

  51. pengen mas belum punya yang jantan hubungi aku yaa 087755135880

  52. wah lumayan banyak ya kucingnya…kalau boleh tau kira-kira berapa ya anggaran yang diperlukan untuk merawat kucing-kucing tersebut untuk masing-masing item pemeliharaanya

  53. mohon maaf saya tidak bisa menjawab semuanya,
    sekarang ini jumlah kucing persia di rumah saya sedang konstan.
    semua yang lahir sekarang kebanyakan campuran dengan kucing kampung.
    bentuknya mirip kucing kampung tapi bulunya halus semua, walaupun tidak setebal persia.

    untuk persia nampaknya masih akan lama lahirnya karena menunggu jantannya dulu.

    • Ashlih blh sya mnta 1 kucing persianya,kl ad sy pngn yg cwe n msih kitten umur 2.5-3blnan,kl ad wrna yg cerah2 red/cream/3 color /ptih gtu.please3 sy pngn bgt.kl ad contact sy ya dinomer.087822257333.kl udh ad bsa kirim fotonya keemail sy di.
      Thanks.
      arini.yasmin@gmail.com

  54. Wah kucingnya lucu sekali….aku mau donk merawatnya,,aq seneng punya kucing

  55. Huh. Ini tulisan isinya cm mamer doank. Dan PHP. Pura2 mau ngasi org adop yg ada udah diminta malah gak bisa. OMDO!!!

    • Terima kasih untuk komentarnya Mas wahyu ilham.
      saya baru sadar lagi ternyata tulisan saya ini mengandung unsur php.
      dulu pernah pengen edit tapi lupa.
      karena mas tidak suka, dan mungkin ada beberapa yang tidak suka,
      saya coba perbaiki tulisan ini khusus bagian akhirnya supaya tidak salah paham lagi.

      tulisan ini saya buat hampir 3 tahun yang lalu
      dulu saya buat tulisan ini bukan dengan tujuan pamer, tapi karena saya suka sekali menulis.
      dulu juga yang meminta kucing saya ada banyak sekali,
      karena itu saya lebih prioritaskan kepada tetangga/teman sekitar saya terlebih dahulu karena lebih mudah.
      teman baik saya di kampus pun ada yg minta tapi belum jadi saya kasih,
      karena semua memang tidak sekedar memberi tapi juga kesempatan yang ada.

      tujuan dari tulisan2 di blog ini semata-mata pendapat pribadi, limpahan kontroversi hati, maupun untuk melatih kemampuan deskriptif yg saya miliki. semoga kemampuan tersebut dapat berguna di masa depan kelak.
      karena itu mohon maaf apabila pada blog pribadi saya ada kata yang menyinggung pembaca sekalian.

      salam,
      pemilik blog.

      #saya tetap menerima komentar tentang kucing, baik sharing cerita maupun pertanyaan. kalau pertanyaan saya akan coba jawab semampu saya

  56. Hai ashlih,,seneng bgt baca tulisan kmu,hehe… Sy drmh jg ada persia himalaya betina,tp umur 6 bln udah kepengen kawin,ampundeh berisiknya siang-malam,,kasian bgt dengernya… Udah 2x birahi lewat, sy blm mau kawinin krn saya pikir msh kecil,takut anaknya nggk disusui nanti. Tp nanti heat ketiga mau saya pacak saja dulu,huhu.. Kasihan dengarnya klo lagi minta kawin… Mnurutmu baik nggak ya klo umur 8 bln dikawinin? Saya takut dia knp2 soalnya… Nanti mw adop jantan juga spy klo mw kawin tersalurkan…

    • Hai juga citra,hehe..
      Dulu klo ga salah kucing saya 10 bulan udh kawin, kurang tau juga baik atau nggak, tapi klo emg udh ketemu jodohnya mah kawinin aja,hehe..
      Di pacak diapain itu? Baru denger?
      Coba aja cari tetangga/temen sekitar yg punya kucing ras, trus coba dikawinin. Klo udh kasian banget, bawa ke petshop aja, biasanya ada petshop yg terima kawinin kucing. Biasanya gratis (ga pasti juga) paling bayar biaya makan selama menginap aja. Trus klo punya anak dia minta bagi 2..

  57. pngn pelihara kucing kiranya ada yang mau hibahkan gratis huhu susah ya nyari dikira saya gak serius gak bs nemu gratis

  58. Aaaah seneng banget ngebaca ceritanya. Aku mau pelihara kucing mulai minggu depan (actually kucingku baru sampe minggu depan). Tp ngga diizinin ortuku kyaaaa ngga tau ini gimana jadinya padahal udah aku pesen. Selama ini main sama kucingnya temen rasanya enak banget hehe. Friendly, banget.

    Anyway aku newbie di dunia perkucingan. Mohon saran dan bimbingannya yaaak.

    @budespeaking :)

  59. klo ada yang mau menghibahkan kucing ras betina boleh hubungi saya di 085624161312. lokasi saya di Bandung. Saya mencari kucing betina untuk menemani persia jantan saya. kasian dia di rumah ga ada pasangan.hhe… makasih. :)

  60. mau dong kucing persia nya….apalagi yg putih hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 44 other followers