Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

Tukar ANA mileage

Leave a comment

Perjuangan hidup menjadi mahasiswa dengan beasiswa pas-pasan, membuat kita menjadi lebih kreatif dalam memanfaatkan segala sumber pundi-pundi uang, hehe..

Hari ini baru inget kalo gw pernah pake pesawat ANA, trus sebagai kompensasinya kita dapat point berupa mileage. untuk mendapatkan mileage ini tidak ada biaya pendaftaran sama sekali, cukup daftar saja dalam program mileage, maka setiap penggunaan pesawat ANA, kita akan dapat “hadiah” miles yang bisa ditukar menjadi beberapa penawaran.

sebenarnya info lengkapnya ada disini, gw juga baru tau:
https://www.ana.co.jp/wws/japan/e/local/amc/reference/tukau/

awal baca agak2 bingung sich, setelah mandalami beberapa waktu akhirnya mulai ngerti2 dikit. intinya miles yang kita punya bisa ditukar ke dalam beberapa pilihan:

  1. Tiket pesawat lagi -> yang pastinya butuh miles banyak
  2. Sky coin -> bisa buat beli tiket, dan dipakai di ANA travel. penawarannya nampaknya menarik, bisa dapat nilai exchange yang lebih besar
  3. ANA value voucher, ANA shopping point award, ANA selection award -> belanja di toko ANA
  4. Coupon award -> nah ini ditukar jadi kupon kupon / voucher belanja di tempat tertentu kayak hotel, restaurant, dll. liat persyaratannya harus punya point gede2, dan kayaknya restoran/hotel mahal2 gitu.
  5. Overweight baggage -> buat bayar kelebihan bagasi, wkwk
  6. Donation -> nyumbang
  7. Partner point -> nah mungkin ini yang paling merakyat, tapi minimal 10.000 miles

Jadi intinya saya mau bahas yg nomor 7 karena paling merakyat, miles sedikit, dan lebih tepat guna, wkwkwk..

List partner point ANA ada macam macam, mulai dari Suica, e-money Rakuten Edy, iTunes gift code, T point, pitapa, point metro, tokyu point, yamada denki, rakuten super point, matsumoto kiyoshi, nanaco, dll..

intinya dengan menukar 10.000 miles, maka kita akan dapat 10.000 point dari beberapa pilihan diatas. yang artinya juga biasanya adalah 1 point setara dengan 1 yen. Naah, menurut gw pribadi sich, yang paling merakyat adalah Suica. Suica bisa dipakai hampir di semua konbini di jepang, juga bisa dipakai buat naik kereta, sangat bermanfaat kan.. klo yang lain mungkin tergantung orangnya, klo dia suka belanja di rakuten, mungkin rakuten super point jadi lebih bermanfaat buat dia, dll. Nah gw sedikit tertarik dengan Tokyu point sebenarnya, tapi ternyata hanya bisa untuk kartu tokyu point yang versi Top&ClubQ Pasmo Master Card version aja, tokyu point card cupu yang gw punya gak bisa didaftarin ternyata, wkwk..

Bagaimana klo miles gak nyampe 10.000? ada beberapa cara untuk meningkatkan miles yaitu beli tiket pesawat, belanja di ANA, atau tukar daari point card lain ke ANA mileage. kebetulan kartu kredit gw kan ANA card, ternyata “hadiah” point kartu kredit yg gw dapat dari penggunaan kartu kredit bisa ditukar ke ANA mileage. dengan adjust point point yg kita punya, kita bisa tukar menjadi sesuatu yang lebih tepat guna. Hehe..

Saya menggunakan kata “hadiah” karena sepertinya tidak ada unsur spekulasi maupun judi didalam penggunaan point ini, wallahu ‘alam klo ternyata ada pendapat lain, hehe.. mohon beritau saya klo memang ada pendapat yg kuat terkait masalah ini. Adapun untuk status kartu kredit di jepang, saya melihat ini sebagai kebutuhan yang “hampir primer” dimana beberapa kebutuhan tidak dapat dibeli tanpa menggunakan kartu kredit seperti langganan internet, daftar conference, dll. btw ngomong2 ttg kartu kredit di jepang kapan2 aja ya terpisah dari postingan ini, karena cukup menarik juga untuk dibahas..

Semoga bermanfaat, wallahu ‘alam

 

Advertisements

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s