Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

Another Step

4 Comments

It’s been a long time since i haven’t write anything. rasanya entah kenapa agak malas/malu mau nulis sesuatu. mungkin karena apa-apa yang gw kerjakan kebanyakan nyampah.. tapi hari ini gw coba evalusi diri, alhamdulillah gak nyampah2 amat kok hidup gw selama beberapa bulan terakhir ini.. nampaknya tulisan kali ini akan berisi cerita2 bagus aja supaya bisa jadi remainder, supaya gw sadar klo gw dulu juga pernah jadi orang produktif kok, jadi gak ada alasan di masa depan klo menghadapi banyak masalah.. selain itu gak baik menceritakan aib diri sendiri walaupun juga gak kalah banyak ūüė¶

1. Conference to IROS Submitted

Alhamdulillah akhir bulan februari kemaren Sensei nyuruh gw submit ke IROS. IROS adalah konferens nomor 2 terbaik di bidang robotika, nomor 1 yang paling bagus namanya ICRA tapi udah tutup sekitar 5-6 bulan yang lalu. klo ICRA prosesnya 1 tahun, IROS lebih mending yaitu sekitar 7 bulan. accept rate IROS denger2 sekitar 40an% jadi sebenarnya masih deg-degan juga apakah paper gw bakal accepted atau enggak. klo accepted, insya Allah sept akhir-oktober ini konferensnya di Hamburg, Jerman. This will be my first experience to step on the europe. pengumumannya nanti Juni, trus revisi ampe Juli klo ada, baru pengumuman agustus. Semoga aja keterima, karena ini bisa jadi salah satu modal gw untuk syarat kelulusan doktor (syarat lulus minimal dari Sensei: 2 jurnal + 1 high quality conference).

2. Disuruh submit paper ama sensei ke TRO

Gak lama setelah submit IROS, Sensei bilang gw suruh submit ke TRO (IEEE Trans on Robotics). bisa dibilang TRO termasuk jurnal terbaik di bidang robotika saat ini dengan impact factor 2.6. sebenarnya ada juga jurnal lain yang lebih tinggi tapi tidak khusus robotika, tapi lebih ke industrial electronics (which impact factor 6.5), atau jurnal lain yang ke arah control theory banget seperti Automatica (impact 3.2). Tapi karena riset gw lebih banyak mechatronics, jadi lebih baik ke TRO, atau nanti coba beberapa jurnal lain yang lebih ke applied robotics. apapun sich gw sebenarnya untuk submit jurnal pertama gak muluk2 harus yang bagus2 banget, selain karena gw belum berpengalaman, nampaknya datanya pun gak banyak2 banget. tapi yang membuat gw cukup senang adalah karena Sensei akhirnya ngasih lampu hijau untuk submit ke jurnal. sekarang gw masih berusaha menulis, target gw harus submitted di bulan juni ini. selain itu sebaiknya di tahun pertama doktoral ini gw sudah accepted 1 jurnal supaya gw bisa lulus doktoral dengan lancar. belum lagi gw masih punya kuliah yang belum lunas yaitu internship 3 bulan. blom tau mau internship dimana, tapi mungkin di jepang aja. gw pengen ngerasain kerja di perusahaan jepang.

3. Masjid Indonesia Tokyo

Saat ini gw tergabung dalam panitia pembangunan masjid indonesia tokyo. dulu sejak 2009 kepanitiaan ini bernama masjid meguro karena rencana mau dibangun di meguro. ternyata pembangunan masjid itu tidak mudah, buktinya sampai 5 tahun ini belum berhasil juga untuk dibangun. ada banyak permasalahan, tidak cuma dana, tapi juga politis. oleh karena itu tantangannya tidak mudah juga. akhirnya di tahun 2014, saat itu ada beberapa orang penting yang bisa menjadi penggerak untuk akselerasi kepanitiaan ini seperti Pak Bowo (dosen arsitektur ITB), Pak Aziz (Dosen Tokodai orang indonesia), dan bentang (mahasiswa doktoral tokodai) selaku ketua panitianya tahun ini. gw sendiri bantuin bentang sebagai sekertaris, karena gw merasa punya banyak pengalaman di bidang ini sich, dan khusus kepanitiaan ini gw ga mau cari2 pengalaman, tapi lebih ke mengerahkan seluruh kemampuan yang gw punya supaya masjid ini bisa mulai dibangun. alhamdulillah di tahun 2015 ini mulai tampak tanda2 positif bahwa masjid akan mulai bisa dibangun. mulai dari penentuan lokasi yang mulai definit di SRIT, kemudian izin penggunaan tanah SRIT ke kemenlu yang sudah turun, sampai pencarian dana 100jt yen yang alhamdulillah sudah hampir tertutupi semua.. memang gak sembarangan orang2 yang terlibat di kepanitiaan ini, orang2 KBRI, termasuk wakeppri dan dubes sendiri ikut turun tangan. gw orang2 coro cuma terima perintah aja supaya di level bawah bisa berjalan dengan lancar.. saat ini masih ada beberapa kendala yang harus diselesaikan seperti pemilihan dan pembuatan kontrak pembangunan ke constructor. selain itu izin ke lingkungan sekitar SRIT, serta pengurusan surat2 resmi bangunan SRIT harus beres juga sebelum mulai dibangun. masih banyak yang harus kita lakukan sich tapi insya Allah kita harus optimis supaya bisa mulai peletakan batu pertama di 2015.. aamiin

4. Mushalla Tokodai

kemarin pihak tokodai survei dan melihat-lihat kondisi musala (temporary) tokodai di gedung yang biasa kita jadikan mushala. selama ini tokodai gak punya mushala resmi, oleh karena itu teman2 muslim disini punya ide, bagaimana kalau kita kirimkan masukan2 ke pihak tokodai dengan bertubi-tubi sehingga mereka membaca bahwa kita itu butuh mushala. akhirnya dilaksanakanlah ide tersebut dan kita kerahkan seluruh muslim disini supaya mengisi kuisioner dari kampus untuk perbaikan kampus. melalui jalur itulah kita kirimkan masukan yang isinya seragam yaitu butuh mushala di kampus. entah apakah karena dari kuisioner itu atau bukan, tapi beberapa bulan kemarin mereka mulai melihat mushala temporary kita dan mengatakan bahwa mereka punya ide untuk membangun mushala khusus wanita. Nah, dari situlah kita melihat adanya peluang untuk berbicara dan presentasi kepada kampus tentang kebutuhan kita terhadap mushala. teman2 muslim di tokodai akhirnya rapat dan menghasilkan kesepakatan mengenai kebutuhan mushala untuk tokodai. isinya adalah kita lebih butuh mushala untuk shalat jumat dan tempat wudhu, ketimbang mushala yang khusus wanita saja. dalam slide tersebut kita jelaskan juga mengenai islam, shalat, jamaah, dan beberapa tambahan lainnya seperti data2 muslim tokodai serta kondisi mushala saat ini. alhamdulillah mereka bisa paham dan mulai membuka diri untuk mengadakan pertemuan lanjutan membahas masalah mushala ini. insya Allah dalam minggu ini kita akan presentasi kedua dimana yang menghadiri adalah orang yang lebih atas dibandingkan sebelumnya. kemungkinan akan ada presentasi lagi sich menurut teman gw, yaitu ke wakil rektorat, nah klo udah disini, gw akan minta beberapa teman yang udah jagoan bahasa jepang dan presentasi untuk melobi mereka, salah satunya adalah fajri, temen gw yang satu ini sudah dikenal sama richijo (wakil rektor tokodai) jadi dia akan sangat familiar klo yang presentasi itu nanti fajri. semoga lancar2 aja pertemuan2 selanjutnya dan mushala yang diidamkan di tokodai bisa terwujud..

5. Sports

Gw suka olahraga, salah duanya adalah futsal dan renang. selama sekitar dua bulan terakhir tim futsal ppi tokodai (kimochi fc) berlatih intensif tiap minggu demi menghadapi pertandingan futsal mahasiswa se-kanto. tiap latihan bisa sekitar 3 jam. gw merasa menjadi orang paling sehat se-lab karena cuma gw yang tiap minggu olahraga dan durasinya gak tanggung2, hehe.. dalam pertandingan futsal se kanto itu, gw berhasil mencetak hattrick di babak penyisihan, namun sayang kami harus kalah di babak semi final oleh tim SRIT. mereka masih muda2 dan emang jago2 banget. bahkan mereka adalah yang juara 1 pertandingan tersebut, haha.. yah ada alasan lah ya, dikalahkan oleh tim yang akhirnya juara 1, hehe..

selain futsal, setiap ditanya orang gw selalu bilang klo gw suka berenang. akan tetapi hampir setengah tahun gw tidak berenang2 lagi. oleh karena itu demi mempertahankan status hobi gw berenang, gw putuskan untuk berenang lagi di kolam renang kampus. kejadian absurd dulu yang gw gak bawa handuk tidak mau gw ulangi, kali ini gw bawa handuk besar beserta jepitan jemuran, dengan tujuan untuk membuat pintu/gorden di tempat mandi bilasnya supaya gak terbuka, karena tempat bilasnya itu terbuka pintunya, malesin banget.. karena udah lama gak berenang, tenyata stamina gw lemah banget. dalam 30 menit gw udah kecapean. padahal gw maen futsal 3 jam kuat tapi berenang cuma 30 menit.. gawat kayaknya gw bener2 harus berlatih stamina lagi, demi mempersiapkan ramadhan nanti..

6. Pindahan Rumah Baru

kontrak apartemen (apato) di jepang biasanya tiap 2 tahun. nah karena tahun pertama gw tinggal di asrama, dan sekarang sudah memasuki tahun ketiga gw di tokyo, artinya sudah saatnya gw memperpanjang kontrak apato, atau mencari apato baru. karena apato lama gw gak bisa diperpanjang mau direnovasi, akhirnya gw putuskan untuk mencari apato baru. akhirnya gw pilih di daerah miyamae-ku karena banyak orang indonesia disana, dan juga lebih deket ke kampus ookayama. sebenarnya ada komunitas indonesia lain sich kayak aoba-ku tapi terlalu jauh dari ookayama, lebih deket ke suzukakedai. akhirnya gw putuskan tinggal di miyamae-ku aja.. pindahan ini bener2 meningkatkan level nihonggo gw banget, dari yang gak bisa ngomong apa2 sampe gw bisa ngomong ke orang agen apato ketika nyari2 rumah, dan juga nelpon2in perusahaan listrik air gas untuk mutus kontrak di rumah lama dan mulai kontrak di rumah baru. ini berkat bantuan kang beje juga sich yang terus memandu gw ketika nelpon2 dan ke agen. gw emang request ke kang beje untuk nemenin dan pasif aja bantuin gw klo gw mulai cengo’ gak ngerti dia ngomong apa misalnya.. insya Allah gw mulai pindah ke apato baru mulai minggu depan.. makin sibuk ngurusin pindahan2 dan beberes rumah..

7. Lain lain

ada banyak hal lain juga yang sebenarnya sedang gw lakukan. salah satunya adalah target hafalan al-kahfi alhamdulillah berhasil selesai dalam waktu sekitar 4 bulan (selesai hari ini,hehe). entah ini lama atau cepat buat orang lain, tapi buat gw sendiri sich ini udah super cepet banget, gak nyangka bisa berhasil selesai. nampaknya memang harus bikin grup kecil yang isinya orang-orang yang beneran niat menghafal jadinya bisa terdorong maju dengan cepat. di grup itu gw selesai nomor 2 sebenarnya, temen yang berhasil duluan (namanya aad) bisa selesai dalam 3 bulan, yabai naa ano hito.. karena ramadhan sudah dekat, saatnya mempertanggung jawabkan hafalan yang selama ini sudah dihafal, harus diulang semua dan selesai di ramadhan.

wew, gak nyangka dalam beberapa bulan terakhir ini ternyata bisa juga gw produktif, setidaknya menurut gw produktif sich walaupun mungkin gak seberapa dibandingkan teman2 gw yang lain.. well, itulah gunanya berteman dengan orang2 soleh, supaya kita ketularan juga dengan kebiasaan2 mereka.. ada banyak sich sebenarnya inspirasi2 yang bisa ditulis, tapi untuk kali ini segini dulu, gw mesti zemi besok (eh nanti siang deng..) gyaa belum siap malah nulis ini..

Bismillahirrahmanirrahim..

94:7

Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,

94:8

dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap. (94:7-8)

Advertisements

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

4 thoughts on “Another Step

  1. Alhamdulillah, gw ikut happy dengan segala step lo Sli, dan sebenernya gw jadi makin merasa nyampah T.T
    Nomer 1 ama nomer 2 nya intimidating pisan bro

  2. keep your productivity, shlih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s