Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

中間発表

7 Comments

中間発表 = chuukan happyou (biasa dipanggil cukang)
Chuukan happyou adalah salah satu event penting bagi seorang mahasiswa di departemen saya (tokodai, atau mungkin seluruh jepang). Bisa dikatakan event ini adalah sidang 1 mahasiswa.

Event ini adalah event berdarah2 bagi saya pribadi, tidak tidur, dan pergulatan emosi antara kita dan pembimbing.

Dalam mempersiapkan event ini, berulang kali revisi slide dan revisi gambar dilakukan. Keselnya minta ampun ketika disuruh mengubah slide/gambar bolak balik yang terkadang menurut kita salah tapi mau ga mau harus dikerjakan karena perintah sensei absolut, pendapat kita relatif.

Dengan ancaman, klo mau sukses chukang, maka saya harus sampai disini (suatu kondisi x). Kemudian presentasi tidak boleh lebih dari 7 menit, klo lebih jelek, kalo kurang juga akan terlihat jelek. Trus suara saya disuruh lebih keras, karena selama ini saya selalu mendapat tekanan, maka suara saya mengecil dalam tiap latihan (pathetic)

Setelah intensif dikejar2 satu minggu akhir ama sensei, tidak tidur beberapa kali, selanjutnya adalah hari H, which is hari ini tadi sore. Semua org yg presentasi mesti memakai jas.

Sebelum presentasi, gw berdoa semoga gw bisa tenang, suara gw jelas, pokoknya semoga semuanya bisa lancar.
Kemudian perang pun dimulai. Presentasi gw harus keras, jelas, dan tepat waktu.

Slide demi slide kulewati. Semua yg sudah kupersiapkan akan dipertaruhkan pada sesi tanya jawab kelak yang hanya 3 menit. Dan.. Alhamdulillah saya bisa selesai tepat 7 menit, hanya tersisa slide kesimpulan dan rencana kedepan. Saya putuskan untuk baca saja karena bagian itu cuma sebentar.

Sesi tanya jawab pun dimulai.
Kira2 30 detik habis hanya untuk menunggu siapa yg akan bertanya. Setelah pertanyaan muncul, gw coba jawab dengan sedikit mengulang pertanyaannya demi menghabiskan waktu. Setelah itu gw jawab dan ternyata salah??!!
Maksudnya saya salah nangkep pertanyaannya..
Akhirnya pertanyaan diulang, pertanyaannya lebih simple dari sebelumnya, dan masalahny pertanyaannya cuma, apakah yg saya buat memenuhi syarat spec?

Saya jawab ya dong, dalam hati: org specnya juga saya yg nentuin.

Done.

Selesai.

End.

Hampa.

Perjuangan berdarah selama dua minggu terakhir berakhir begitu saja. Merasa sedikit kesel dengan ancaman dan penyiksaan yg udh sensei berikan tp yasudahlah bersyukur saja karena sudah berlalu.

At least saya bisa tidur hari ini..

Pheeeewww

#maaf klo lebai, tp emg lebai kok klo dipikir2 lagi..

Advertisements

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

7 thoughts on “中間発表

  1. Alhamdulillah kelar jg yak.. Mantap yg bagian “gw coba jawab dengan sedikit mengulang pertanyaannya demi menghabiskan waktu” hahahaha…

  2. huaaa, selamat sliii, ngeriks lah ini asli
    wah bagus tuh strateginya ngulang pertanyaan :))

  3. alhamdulillah, selamat sih, semoga terus dikuatkan, dimudahkan, dan dilancarkan, aamiin 🙂

  4. Bahkan ada 3 kata ganti orang pertama yg dipake di satu tulisan : saya, gw, ku
    Hahaha
    *salahfokus*

  5. otsukare:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s