Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

Monbusho Term.

Leave a comment

udah lama pengen nulis ini, tapi lupa terus. padahal ini sangat banyak orang yang bertanya atau bahkan kebingungan dengan istilah-istilah/terminologi yang sering digunakan ketika apply beasiswa monbusho. bisa dibilang ini lanjutan tulisan ttg tulisan saya sebelumnya disini.

oke kita coba bahas satu satu ya..

1. MEXT.
Departemen pendidikan (dst) jepang. bisa dibilang Diknasnya. mext mengeluarkan beasiswa kepada mahasiswa asing yang mau belajar di jepang melalui program beasiswa bernama monbukagakusho (atau disingkat monbusho).

2. G2G
singkatan dari government to government. istilah G2G sangat populer di Indonesia, tapi bukan berarti ini istilah resmi dari MEXT. istilah ini banyak digunakan di indonesia untuk memudahkan pemahaman bahwa jika kita ingin mendaftar beasiswa monbusho G2G (atau lebih tepatnya embassy recommendation), maka programnya dibuka setiap tahun bulan april oleh kedubes jepang di jakarta. info detailnya silahkan langsung ke website kedubes jepang di jakarta. programnya ada banyak seperti teacher training, japanese studies, college, S1, atau Research student. G2G tidak menawarkan pendaftaran langsung ke S2 atau S3, tapi bagi yang ingin S2 atau S3, biasanya dapat mengambil program research student, untuk kemudian melakukan aplikasi perpanjangan (extension) ke S2 atau S3.

3. U2U
singkatan dari university to university. lagi lagi istilah U2U sangat populer di Indonesia, tapi bukan berarti ini istilah resmi dari MEXT. istilah ini banyak digunakan di indonesia untuk memudahkan pemahaman bahwa jika kita ingin mendaftar beasiswa monbusho U2U (atau lebih tepatnya university recommendation), maka programnya dibuka setiap tahun oleh universitas di jepang pada rentang waktu pendaftaran yang berbeda-beda tergantung universitasnya. untuk mengetahuinya maka kita harus langsung mencari infonya ke website universitas tujuan kita (menyediakan program monbusho atau tidak, periodenya kapan, persyaratannya apa, dll). ini contoh infonya kalau di kampus tokodai : http://www.titech.ac.jp/english/graduate_school/news/.

4. Research Student
adalah program pendidikan/riset non-gelar di kampus jepang yang bertujuan untuk melakukan riset/penelitian selama rentang waktu tertentu (maksimal 18-24 bulan). biasanya setelah mengambil program ini, kemudian dimanfaatkan untuk lanjut ke pendidikan lebih tinggi seperti S2 atau S3 (walaupun tidak lanjut juga sah-sah saja). program research student bisa ditawarkan oleh G2G atau U2U (contohnya tokodai juga menawarkan program research student dengan beasiswa monbusho)

5. IGP-A atau IGP-C
istilah ini khusus digunakan pada kampus tokodai. singkatan dari International Graduate Program. program yang ditawarkan tokodai untuk mahasiswa asing yang ingin masuk ke tokodai. jika kita ingin apply beserta monbusho, maka pilih IGP-A, jika kita ingin apply tanpa beasiswa monbusho (beasiswa lain cari sendiri) maka bisa apply IGP-C. isi dari program IGP-A ‘kebanyakan’ adalah program integrated (S2 dan S3 terpadu). jadi bagi yang hanya ingin daftar S2 saja atau S3 saja, maka pilihannya hanya IGP-C.

6. Research Plan
Rencana riset yang akan kita lakukan apabila kita diterima beasiswa monbusho / universitas jepang. biasanya ini menjadi salah satu persyaratan untuk mendaftar beasiswa monbusho (atau mungkin semua jenis beasiswa).

7. LoA
singkatan dari Letter of Acceptance. surat bukti bahwa kita telah diterima oleh universitas tujuan kita, untuk kemudian digunakan dalam persyaratan pengajuan beasiswa monbusho (kebanyakan G2G, adapun U2U bentuknya bisa sedikit berbeda)

sementara cukup dulu. semoga tulisan saya tidak malah menambah bingung. kalo dirasa ada yang kurang, silahkan komentar, semoga nanti bisa saya coba tambahkan/update.

semoga membantu 🙂

Advertisements

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s