Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

kasaneru

1 Comment

重ねる means to pile up, to put something on another, to repeat..

habis belajar ini tadi, jadi terbayang betapa banyak kesalahan yang gw lakukan berulang kali padahal sudah mengerti bahwa itu salah. ketika di lab, di kampus, belajar, bergaul dengan teman teman, bahkan terhadap diri sendiri.

sudah tahu bahwa datang ke lab tidak boleh terlambat, masih juga terlambat. sudah tahu bahwa datang kuliah di sini jangan telat karena tidak bagus masih juga telat, sudah tahu bahwa pelajaran yg tidak dipahami harus diulang masih juga malas, sudah tahu bahwa peer harus dikerjakan masih juga ga serius, sudah tahu bahwa hati hati dalam bergaul menjaga perasaan orang masih juga seenak hati, sudah tahu bahwa kita harus disiplin dengan diri, tidak malas, tidak menunda-nunda, paham prioritas waktu, menjaga emosi, bersabar, dan tidak menyalahkan orang lain, masih juga diulang ulang kesalahannya..

ketika diingatkan ama sensei, teman, guru, atau fenomena, sekali dua-kali tentu masih bisa diterima. namun biasanya orang yang menasehati juga akan malas kalau kesalahnnya diulang terus menerus.. tentu sebagai orang yang menasehati akan bingung harus berbuat apa dan biasanya orang tersebut akan menggeser prioritasnya dalam menasehati dan akan fokus pada kesibukan lain yg lebih bermanfaat. akhirnya orang yg dinasehati tersebut akan merasa bahwa, saya tidak diperhatikan/ tidak ada yg peduli pada saya/ semua orang disini sama saja, dll..

#mungkin terlalu generalisir tapi setidaknya ini yang saya rasakan..

terhitung kemarin, 2 guru dan 4 orang teman saya sepertinya merasa menyerah/ tidak mood dengan saya. kenapa sich anak ini masih sering mengulangi kesalahan? hari ini bahkan guru bahasa jepang saya bilang, kalau belajar kan harus diulang ulang, begitu juga dengan kanji, klo tidak diulang2 maka akan terus salah. saya cuma bisa bantu segini, tergantung kamu mau berusaha semaksimal apa.. sejenak saya berpikir, ternyata dimanapun saya berada, saya masih terus mengulang kesalahan.. rasanya mau berpindah saja, dari keadan sekarang menuju keadaan yg lebih sederhana (melepas tanggung jawab dan mimpi muluk dahulu).

namun fenomena terakhir hari ini membuat saya tersadar, memang sudah saatnya saya berhenti menyalahkan kambing hitam, sudah saatnya saya berhenti berpikir bahwa tidak ada yg peduli pada saya, sudah saatnya saya berhenti mengandai yang bukan bukan..

yang lebih saya takutkan sekarang, kalau Allah sudah bosan mengingatkan saya, akhirnya saya dibiarkan saja berada dalam kesesatan.. naudzubillah.. hiks takut

#dan kesalahan lain yang sering saya ulang ulang adalah, sudah tahu harus berubah, tapi kok masih juga begini..

😦

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

One thought on “kasaneru

Leave a Reply

