Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

Ust. Fadlan Garamatan dari Papua

5 Comments

Bismillahirrahmanirahim..

 

Alhamdulillah, saya bersyukur sekali karena bisa bertemu dengan ust. Fadlan garamatan, seorang ustadz dari pedalaman papua yang, subhanallah, bisa mengislamkan puluhan ribu warga papua dsana.

Semula saya tidak kenal siapa beliau. Ketika diberitahu akan datang ke Tokyo sama teman pun, saya masih biasa biasa saja. Bahkan sempat merasa sedikit repot karena dimintai tolong untuk menjemput dan membantu menyiapkan acaranya di tokodai.

Sekitar 3 bulan ini, mood saya bisa dibilang sangat buruk. Ada banyak masalah dalam riset yang saya jalankan, tidak merasa enjoy di lab, tidak bisa menikmati kehidupan di jepang sama sekali, dan tidak bisa mensyukuri keadaan yang ada jadinya. Hidup disetir dengan keadaan lingkungan yang ada. Mood jelek ini, kalau dibiarkan terus sulit untuk bisa hilang nampaknya, karena tiap kali ada masalah, saya ga punya teman cerita sekarang. Dulu ada kang tedi. Kang tedi ini enak banget diajak ngobrol, menenangkan hati. Tapi sekarang kang tedi udh pulang ke Indonesia.

Mood jelek selama 3 bulanan ini, saya juga ga tau mau diapain. Saat ini, saya sedang mengurus pindahan dari asrama ke apato dekat kampus. Saya pilih dekat kampus agar aktifitas bisa berjalan lancar. Kemudian saya meminta izin kepada sensei agar tidak datang ke lab selama 3 hari untuk mengurus kepindahan. Sensei mengizinkan, tapi entah kenapa malah diiringi dengan tugas yg sangat banyak untuk minggu depan -__-

Takdir Allah yang akhirnya mempertemukan saya dengan ust fadlan. Saya izin dari lab rabu, dan ternyata beliau mesti dijemput hari rabu. Yasudah pagi saya pergi menjemput bersama rama di narita. Pertama bertemu biasa saja, ngobrol seperti biasa. Namun kesederhanaan beliau, ketulusan hati beliau, entah kenapa merasuk ke hati saya. Beliau memberikan saya harapan dan semangat baru. Pagi itu saya antar beliau sampai penginapan di apartemen teman, kemudian mohon pamit karena saya harus melanjutkan pindahan.

Saya melanjutkan aktifitas pindahan. Di siang yang sangat panas, jepang sedang musim panas (summer), bisa sampai 35 derajat hari itu, angin tidak ada dan kelembaban udara sangat rendah. Perempuan pakai rok mini semua. Ditambah sudah masuk bulan ramadhan. Komplit.

Hari jumat adalah hari dimana ust fadlan mengisi di kampus saya. Hari jumat, yang seharusnya saya mendapat giliran presentasi paper, namun karena saya izin pindahan, maka giliran saya dipindah. Dan hari jumat itu saya manfaatkan waktu untuk membantu menyiapkan acara juga. Dengan niatan, saya tidak ingin ramadhan saya sia sia tahun ini, mood jelek, target tak ada, cuma dapet kehausan dan kecapean aja.

Lagi lagi, stelah mendengar ceramah dari ust fadlan, saya bersyukur sekali karena Allah pertemukan saya dengan beliau disini.  Allah bukakan pikiran saya untuk bersyukur, dan juga berpikir luas. Beliau diundang ke jepang bukanlah oleh lembaga islam besar di jepang, namun bentuk kesungguhan dari teman teman saya disini, yang ingin sekali beliau datang ke Tokyo. Beliau datang dan menginap di rumah teman, bukan di hotel. Beliau juga tidak minta jalan jalan, namun agenda sepenuhnya diserahkan kepada panitia. beliau bahkan datang dan membagikan CD dakwah di papua gratis kepada kita semua, dengan harapan menjadi inpirasi dakwah di jepang. Semua agenda beliau datang ke jepang diatur oleh teman saya lukman, dia orang hebat disini. Dia rela cuti khusus hari jumat untuk memfasilitasi agenda kegiatan ust fadlan selama disini. Semua berlangsung begitu cepat, hanya saya yang berpikir terlalu lama dan masih merasa heran dengan segala perencanaan yang ada. Alhamdulillah saya bersyukur sekali, karena Allah bukakan pikiran saya yang sempit ini, bahwa parameter seorang ust hebat, tidaklah dilihat dari siapa yang mengundangnya, seberapa besar acaranya, berapa nominal gajinya, bagaimana pengurusan akomodasinya, dll. Namun yang hebat itu adalah, yang ikhlas dalam berdakwah, dan bisa menyentuh hati orang yang mendengarnya.

Terima kasih ya Allah, Engkau pertemukan aku dengan beliau.

Semoga beliau bisa terus istiqamah dalam berdakwah, di jalan yang Engkau ridhoi.. aamiin..

Advertisements

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

5 thoughts on “Ust. Fadlan Garamatan dari Papua

  1. hmm, krn ini tak bisa di wawancara. semoga dapatkn hasil terbaik risetnya.

    harus mampu berdiri, sebanyak tahmid yg diucap di bumi, sejumlah tahlil yg beralun sampai mati yg menemui.-muslim sejati

  2. Sanagt menarik Ustad Fadlan Garamatan ini.

  3. subhanallah.sy orang malaysia.sy sangat kagum dengan ustaz ini.Allah telah memilih dia utk berdakwah di tempat yg sangat sukar dan mencabar namun semangat tidak pernah luntur.teruskan usaha mu wahai ustaz.Allah sentiasa akan melindungi mu,insha-Allah.usah gentar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s