Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

Bertanya

3 Comments

Akhirnya ada jg org jepang yg lumayan suka ngobrol. Kata org org kan biasanya org jepang jarang ngomong duluan, kecuali kita ajak ngomng. Ini kan gawat secara saya jg lumayan introvert, tapi akhirnya ketemu jg ama yg suka ngobrol.
Beberapa hari terakhir ini, mereka suka bertanya ttg saya, kenapa ga boleh makan babi, shalat ngapain, dll.. Bahkan terakhir dtanyain ini kenapa jenggot ga dicukur? Haha..

Saya pribadi agak bingung mau jawab gmn, secara terminologi/kosakata AlQuran sangat sulit saya pahami dalam bahasa inggris, apalagi bahasa jepang. Akhirnya pada kesempatan kesempatan seperti ini, saya hanya bisa bermain aman, dengan menjawab selogis atau sediplomatis mungkin 😦
Bahkan sampai mereka sedikit berkomentar “kibishi ne..”
Hiks, i cant say anything again..

Sampai pada suatu hari, teman saya bilang,
“ga usah dibuat buat slih jawabannya, jawab aja apa adanya, walaupun mungkin ada yg ga logis. siapa tau mereka memang ingin tahu ttg islam apa adanya”

Hmm.. Iya jg ya, kenapa saya terlalu pusing memikirkan alasan logis dibalik semua perintah yg Allah swt berikan pada kita.
Katakanlah, kenapa babi haram? Penyakitkah? Orang jepang tiap hari makan babi fine fine aja.. Kenapa ga makan daging sapi? Karena disembelih bukan atas nama Allah? Apa bedanya ama potong biasa? Kembali lagi, toh mereka fine fine saja tuch?
Ada yg bilang, sebenarnya makanan itu berpngaruh kepada sikap/mental mereka akhirnya. Apakah orang indonesia yg dominan muslim dan kebanyakan mental koruptor itu tidak ada pengaruh dari makanannya?
Entahlah, sulit jg hanya menyimpulkan hanya dengan sedikit data.

Jadi apa jawaban yg bener?
saya jg ga tau apa yg bener, tapi jawaban terbaik yg saya pahami saat ini, karena islam mengajarkan seperti ini.
Klo bisa ditambahkan dengan data logis mungkin lebih baik..

Wallahualam, saya masih perlu banyak belajar lagi,
Ditambah belajar bahasa arab dan inggrisnya penting jg..

Harusnya dulu saya bersyukur bisa mendapatkan makanan halal dengan sangat mudah di indonesia..
pergi jauh dari tempat mukim, membuat saya jadi banyak berpikir lg tentang kehidupan.
Jangan jangan selama ini saya hanya ikut ikutan nenek moyang saja, tanpa tahu apa dibaliknya.. Tapi alhamdulillah Allah berikan saya kesempatan pergi jauh, mungkin karena tau ini anak bodoh banget jadi sebaiknya pergi jauh sana belajar 🙂

Semoga setiap langkah hidup kita senantiasa dituntun oleh Allah ke jalan yg diridhaiNya..

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

3 thoughts on “Bertanya

  1. aamiin
    perjalanan panjang senantiasa membuat kita berkontemplasi terhadap diri dan kehdupan 🙂
    nice slih 😀

  2. temenku yg orang thai jg sering nanya2. seperti kenapa sih pake jilbab. gak panas? trus kenapa sih harus 5x berdoanya. hehe.

Leave a Reply

