Ash

きれいな 旅行なんです – Semeru

7 Comments

Bismillahirrahmanirrahim..

(sound effect  :  ふたり — いきものがかり)

章 はじめ

Ada yang bilang klo ribuan kata,kalimat, dan tulisan tidak akan dapat mengalahkan satu gambar, karena gambar bisa melukiskan ribuan makna. Tapi gw punya pendapat tambahan, yang bisa mengalahkan gambar/foto adalah tempat itu sendiri. Yup, datang langsung ke alam dapat mengalahkan ribuan gambar sekalipun. Berada langsung di alam, suasananya akan ditangkap langsung oleh kelima indra kita, mata, hidung, telinga, mulut, dan kulit. Perasaan yang didapat tidak dapat dikalahkan oleh tulisan atau foto sekalipun.

Walaupun gw tahu hal ini, gw tetap akan menuliskan catatan perjalanan ini, beserta fotonya. Karena dengan membaca dan melihat, maka mudah mudahan perasaan yang ada disana bisa diingat kembali..

Ok, hajimemashou..

章一 Depok

kami berangkat akhirnya hari sabtu siang naik matarmaja. Tim yang berangkat adalah gw, dani, zufry, ryan, ihsan, nanda. Disana kami janjian dengan heri, sang pemilik QrunWisata. Total tim yang berangkat adalah 13 orang, dengan 6 orang temannya kirun. Dari 6 orang tersebut, ternyata tandow (smansa 06) juga ikut.

Keberangkatan dimulai dengan memesan tiket ke senen. Gw janjian ama dani jam9pagi di stadebar. Kemudian tiba tiba dani sms, katanya jam10pagi aja dech.. yaudah gpp, toh jam stgh9pagi sebenarnya gw belom siap,hehe.. hal yang tidak terduga adalah ternyata hari sabtu depok macet, walhasil gw akhirnya nyampe stadebar jam stgh11, lupa diperhitungkan,hehe.. akhirnya kita berangkat naek ekonomi ke senen. Dani sebagai agen QrunWisata ternyata masih gabut, masa cara ke senen aja kaga tau,haha.. akhirnya gw terpaksa nanya ke hasan&dhay karena gw sendiri juga lupa caranya,haha..

Kami memutuskan ketemuan di senen aja, jadi yg laen rencana nyusul ketemuan di senen. Ternyata takdir berkata lain, gw dan dani yg rencananya mau berangkat duluan untuk beli tiket, ternyata malah ketemu rombongan ihsan, nanda, ryan di dalam kereta ekonomi tersebut, haha.. ini mah sama aja berangkat bareng. Yang lebih parah lagi adalah, jupri yang berangkat dari bandung, malah nyampe duluan di senen daripada kami, jadi sempurnalah dani sebagai agen QrunWisata sebagai agen gabut,hahaha…

章二 Matarmaja

Kami akhirnya berangkat jam14 dari stasiun senen. Alhamdulillah dapet tempat duduk di gerbong belakang dengan bagian penyambung gerbong terbuka, jadi kita bisa melihat pemandangan secara bebas. Kemudian ternyata kami menyadari hal yang sangat bagus, kalo mau naek matarmaja, maka lebih baik pesan di gerbong belakang, karena ternyata agak sepi (asal tidak ada arema). Klo dulu gw berangkat kan di gerbong agak tengah, ternyata lebih banyak orang yang duduk dibawah daripada di gerbong belakang. Jadi saran saya klo ke malang, kita pesan di gerbong belakang aja.

Sebelumnya gw udah bilang ke yang laen supaya bawa sesuatu untuk menghilangkan kebosanan karena perjalanan akan mencapai 20jam. Ternyata yang bawa novel cuma dani, itu pun cuma 1, yaitu 5cm. Akhirnya setelah melihat yang lain udah pada mati gaya, maka gw keluarkan UNO yang gw bawa. Bagaikan mendapatkan air di tengah gurun pasir, mereka semua akhirnya segar kembali dalam perjalanan sampai malang,haha..

章三 Tumpang

Setelah sampai di malang, kami kemudian makan siang di warung pojok. Gw pesen mujair, yang laen rawon kecuali dani soto daging. Makanan yang kita makan ini kelak akan menjadi bukti penting dalam cek kesehatan,hehe..

Setelah makan kami pergi ke tumpang carter angkot 80rb. Katanya sich ini harga standar ke tumpang. Yaudah gpp, akhirnya kita ke tumpang dan sampai di pos tempat penyewaan jip untuk naik ke ranu pane. Posnya itu di pasar tumpang, deket alfamart.

Setelah sampai di tumpang, karena yang tau banyak tentang tata cara pendakian adalah kirun, maka kita menghubungi HP kirun. Saat itu dani yang menghubungi kirun. Kami sebagian ada yg belanja dulu di alfamart. Ternyata kirun tidak bisa dihubungi. Berkali kali dihubungi tetap tidak bisa. Di saat yang bersamaan, ada orang yang menawarkan jeep buat ke atas. Dia Tanya Tanya udah bawa semua dokumen atau belum seperti fotokopi ktp, surat kesehatan, surat wisata, dll. Hah?? Kita kan jadi bingung, padahal cuma disuruh bawa fotokopi ktp aja.. semakin bingung lagi karena kirun tidak bisa dihubungi..

Kami berpikir keras, mungkin hp kirun baterenya abis atau ga ada sinyal, ini kan alasan standard dan wajar klo ada orang lagi naek gunung. Kemudian dani ingat bahwa salah satu yang ikut adalah tandow. Maka dicobalah menghubungi tandow. Setali tiga uang, tandow juga tidak bisa dihubungi. Setelah berpikir lama, akhirnya kita samperin orang yang tadi nawarin jeep itu. Ternyata yang diminta cuma fotokopi ktp ama surat kesehatan aja. Entahlah yang namanya surat wisata itu, yang jelas ga pernah ada instruksi dari QrunWisata. Jeep ke ranu pane harganya 450rb untuk 15 orang, dengan model jeep terbuka. Bikin surat kesehatan  juga murah cuma 5rb di puskesmas deket alfamart tumpang ada.

Kami melakukan cek kesehatan terlebih dahulu. Yang di cek standar, yaitu tensi, tinggi, berat. Ternyata berat gw naek sedikit,haha.. tensi gw saat itu 130/80. Masih agak normal. Semua orang tensinya hasilnya bagus kecuali dani (yang tadi siang makan soto daging sendiri) tensi dani sangat tidak normal yaitu 140/100. Gile kan.. ini mah darah tinggi, bahaya klo segini terus. Akhirnya dokter yang meriksa menyuruh dani istirahat dan rileks dulu sebentar, siapa tahu terlalu lelah baru datang dari Jakarta, atau stress, atau makanan kurang tepat. Kami yang sehat sehat ini jadi harus berpikir kembali apakah akan menunggu dani sampai sehat atau meninggalkan dani sang agen QrunWisata ini di tumpang saja,haha… semakin sempurna/ultimate cacatnya nih dani sebagai agen QrunWisata,haha.. setelah melakukan pengecekan tensi ulang, ternyata masih 140/100, haha.. gawat kan.. akhirnya dokternya bilang, yaudah ini tetap saya tulis 140/100, mudah mudahan diatas dibolehin ama yang jaga pos. mudah mudahan nanti turun, mungkin sekarang masih cape juga. Akhirnya dani tetap berangkat ke ranu pane, dengan worst case ga boleh naek ke atas.

章四 Perjalanan ke Ranu Pane

Kami akhirnya naik ke ranu pane. Medan perjalanan terlalu berat untuk dilalui mobil biasa. Di perjalanan ini juga, kami melihat sun set sangat indah. Kamudian ketika malam telah tiba, klo kita melihat ke atas, bagaikan berada di observatory, kami melihat banyak sekali bintang tersebar merata dan jelas sekali melihatnya. Saking indahnya, kami minta berhenti sebentar untuk melihat langsung dari luar. Subhanallah banget, bener bener sangat indah pemandangannya, mata rasanya tidak mau terpejam sedikitpun.. gw coba foto ternyata gagal. Keindahan alam ini memang terlalu mahal untuk bisa diabadikan lewat foto.. bintang terlihat jelas, dan terasa dekat sekali dengan kita. Mereka seolah olah memberikan salam penyambutan kepada kami bahwa kelak akan ada keindahan yang tidak kalah dari ini selanjutnya.

章五 Ranu Pane

Pertama kali sampai, yang kami lakukan adalah mengambil tas, mengeluarkan baju untuk di dobel atau tripel, ditambah syal, kupluk, sarung tangan dan kaos kaki, terakhir ditutup oleh jaket. Gila, dingin banget ini, lebih dingin dari bromo/pananjakan. Bandung aja kalah. Ranu pane adalah kaki gunung semeru yang berada 2100m dpl. Kami akhirnya daftar daftar dulu, kemudian menginap di rumah warga yang memang biasanya disewakan untuk para pendaki. 50rb/kamar/malam. Sampai kamar kami hanya bisa meringkuk dalam kamar menghilangkan kedinginan.

Ada lagi yang mengerikan. Klo mau ke wc, berarti kami harus keluar, dan itu dingin banget. Udah itu wcnya ga ada lampu, jadi harus pake senter. Dingin parah, bahkan gw bisa mengeluarkan katon-goukakyu no jutsu versi uap dari mulut.. jangan pernah berpikiran untuk mandi di sini buat yg ga biasa dingin, bunuh diri namanya. Semula kami berpikir untuk naik ke atas pada malam hari, tapi itu terlalu berbahaya untuk pemula. Track semeru itu kecil dan sampingnya jurang. Selain itu secara peraturan kita ga boleh naik ke atas malam hari, hanya saja biasanya tetap ada yang naik ke atas, biasanya itu untuk orang yang sudah biasa naik gunung. Akhirnya plan kami yang mau naik ke atas malam hari gagal dan diganti besok pagi. Ini berdampak pada kepulangan kami ke depok harus mundur 1 hari. Tapi tak apalah, memang ini justru yang terbaik sehingga kita bisa menikmati semeru lebih lama.

章六 Perjalanan ke Ranu Kumbolo

Bangun pagi kami shalat subuh. Bagi saya ini subuh yang sangat spesial, di tempat yang sangat dingin, suasanya juga tenang. Klo di pananjakan kemarin, subuhnya juga sangat dingin, tapi suasanya ramai, tidak tenang. Yang laen pada foto foto di ranu pane, tapi gw lebih memilih untuk meringkuk di kamar lagi,hehe..

Pagi jam 7.15 setelah sarapan pagi, kami berangkat. Sebelum berangkat kami berdoa dulu semoga baik baik saja. Kami ber13orang ditemani 1orang guide akhirnya berangkat. Perjalanan menuju ranu kumbolo dengan ketingginan 2400m dpl, akan ditempuh sejauh 10km. kami hanya naik 300m keatas, tapi ternyata harus berputar putar dulu sampai 10km.

Disini tidak ada yang bisa saya tuliskan, semua hanya bisa dirasakan secara langsung keindahan alamnya. Diksi apapun rasanya kurang tepat untuk menggambarkan keindahan alam hutan dan jurang semeru ini.

Perjalanan ditempuh sejauh 4 pos pemberhentian, dengan total waktu 4,5 jam.

Suasana paling ajaib adalah ketika kami melihat ranu kumbolo dari jauh, kami yang belum sampai dan sudah lelah ternyata justru menjadi bersemangat kembali melihat betapa indahnya ranu kumbolo.

Keindahan yang tidak bisa dituliskan dengan kata kata.

章七 Ranu Kumbolo

Akhirnya kami tiba di ranu kumbolo – surganya semeru. Disini selain kami menikmati indahnya pemandangan alam, kami juga bisa bersantai. Banyak juga yang mendirikan tenda disini. Kami masak-masak, makan makan, foto foto, dll.

Tak bisa dituliskan dengan kata kata keindahannya..

章八 Tanjakan Cinta

disini ada mitos, katanya klo kita bisa menaiki tanjakan cinta ini tanpa henti, tanpa melihat ke bawah, dan sambil memikirkan orang yang dicintai, maka keajaiban cinta katanya akan muncul. Entah benar atau tidak, tapi cukup menarik untuk dicoba.

Tanjakannya ternyata tidak mudah, tinggi, dan entah kenapa godaan untuk melihat ke belakang begitu besar. Waktu gw coba naek, ternyata cukup melelahkan. Gw juga tergoda untuk melihat ke belakang, dan pemandangannya gila keren banget. Berarti gw gagal dong mencoba mitos itu? Yah apapun itu tidak peduli karena memang tanjakannya sangat menantang dan pemandangan di atas bukit itu tidak kalah indahnya. Setelah sampai di atas yang menunggu kami adalah hamparan ilalang, savanna/stepa, pegunungan, langit indah, dan keindahan lain yang tak bisa di tuliskan. Semeru memang selalu memberikan keindahan tiada hentinya pada para pengunjungny..

Disini gw sempatkan untuk tidur siang sebentar sambil diterpa oleh keindahan alam dan matahari. Nyaman sekali rasanya.

章九 Kembali ke Ranu Pane

Perjalanan kami memang tidak sampai mahameru. Hal ini karena memang tidak dipersiapkan sebelumnya, dan peralatannya. Yang pake carrier aja cuma ihsan ama jupri. Yang laen model backpack. Nanda malah lebih unik lagi, penampilannya kayak mau kerumah sodara,haha..

Sedih juga rasanya harus kembali meninggalkan keindahan alam ini. Tapi sudah terlalu siang dan kami harus segera pulang agar tidak kemalaman di jalan. Kami juga sempat membawa air danau dari ranu kumbolo karena air minum sudah habis. Minum air danau? Memang itu sudah wajar kata orang yang memang biasa ke sini.

章十 Pulang

Malam ini tadinya kami berencana tidur di ranu pane lagi. Tapi setalah menghitung hitung sebenarnya keuangan sudah menipis. Kemudian jupri yang lagi duduk duduk diluar ngobrol ngobrol ama bapak bapak pemilik jeep.  Ternyata ada rezeki jatuh dari langit. Bapak bapak itu menawarkan biaya yang cukup murah untuk turun ke bawah, dan juga menawarkan rumahnya untuk menginap secara gratis. Kemudian bapak itu juga meng-iming-imingi kami bahwa ada juga anak UMM yang ikut nginep, lumayan kan kenalan ama cewe katanya,haha.. bapak juga kan pernah muda seperti kalian,haha.. bisa banget nich bapanya nawarin penawaran jeep murah, penginapan gratis pula, siapa yg ga tertarik coba. Rasanya ini memang benar benar rezeki jatuh dari langit dikala keuangan kami sedang menipis. Akhirnya setelah berpikir pikir, kami menerima tawaran bapak itu. Malam itu kami menginap di tumpang, di rumah bapak tersebut. Benar benar serasa anak gunung banget, kerjaannya numpang nginep dirumah orang. Kami turun gabung dengan rombongan dari yogya dan semarang sehingga berjumlah 13orang. Kami bertiga belas patungan sehingga bisa mencukupi biaya jeep. Adapun menginap di rumah bapak memang gratis, karena rumah bapak tersebut cukup besar. Kami hanya tidur di karpet ruang tamu itu juga udah syukur banget. Bahkan paginya kami dikasih makan gratis oleh bapaknya. Bener bener rezeki nomplok banget. Kami kemudian pulng ke stasiun carter angkot pun dibantuin bapaknnya nyariin. Subhanallah. Masih banyak orang baik di Indonesia ini..

Kami akhirnya pulang kembali naik matarmaja. Kereta matarmaja ternyata sepi, bahkan kami yang hanya pesan 6 kursi dapat 12 kursi sehingga bisa tidur tiduran. Tentu saja itu tetap dengan teori di gerbang belakang. Alhamdulillah kami sampai Jakarta senin siang dengan selamat

章 おわり

perjalanan ini benar benar sangat indah. Rasanya sebagian jiwa gw masih tertinggal disana. Rasanya ingin banget suatu saat nanti menaklukkan semeru beneran sampai mahameru dengan penuh persiapan. Katanya masih banyak keindahan yang ditawarkan diatas ranu kumbolo. Naik gunung ternyata sangat menyenangkan, memberikan kesegaran pikiran sehingga kita siap kembali menghadapi rutinitas hidup, dan juga ramadhan yang sudah dekat. Bersyukur sekali rasanya, bisa menikmati keindahan alam yang diciptakan oleh Allah SWT tanpa sia-sia. Manusia yang kecil ini tidak boleh berlaku sombong di hutan gunung semeru agar tidak celaka. Belajar untuk bersabar dalam bertahan, belajar mempersiapkan segala sesuatu, belajar untuk saling tolong menolong, adalah pelajaran yang diberikan alam kepada manusia untuk bisa diterapkan di dunia ini. Semoga pelajaran berharga ini bisa diterapkan oleh kita semua.

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang brguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda tanda (keesaan dan kebesara Allah) bagi kaum yang memikirkan.” Q.S. Al Baqarah 164

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

7 thoughts on “きれいな 旅行なんです – Semeru

1. what a nice post ^^,
    it’s not about the destination, it’s about the journey,, rite?
    banyak banget memang hikmah yang bisa kita petik di setiap perjalanan kita, gak mesti pas nge-trip sih,,
    kali ini Anda yang membuat saya iri,, hehehe
    pengen banget ikut slih gw sebenernya,, tapi kalo gw ikut bakalan ngulang satu semester gw gara2 gak lulus mata kuliah magang 😦

btw,, gw kemaren dikasih tau sedikit info tentang diving,,
    lu pengen banget diving kan??
    feel free 2 contact me ya ^^,

2. wuaaa.. mupeng >,<
    fajri ajak2 eke juga dong, zzzz

3. kerenkerenkeren

4. jrie, lo kayak yg di koran koran..

“hubungi akyu y”

wakakkakakak

5. kamfrettt lu, shley…..
    Gamau ngasih tau lagi ah kalo ada info2 diving,, huh
    *pundung

6. seru banget ke semeru..

jadi kangen mau naik gunung lagi T.T