Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

Shalat Khusyu

1 Comment

Bismillahirrahmanirrahim..

Pengen banget bisa shalat khusyu. Akhirny beli buku Pelatihan Shalat Khusyu tulisan Abu Sangkan.

Sejak pertama beli ampe sekarang bahkan gw blom baca bab 1 nya. Bukan karena males, tapi karena nggak ada waktu,hehe.. enggak deng..

Jadi ini buku mantep banget. Ada 5 kata pengantar. Bahkan kata pengantar aja gw blom selesai bacanya. Bukan karena kepanjangan, tapi karena memang kekuatan kata kata yang dituliskan oleh 5 kata pengantar ini sungguh menakjubkan, membuat gw merinding, dan rasanya belum membaca bukunya saja sudah cukup memberikan motivasi dan semangat untuk shalat khusyu.

Gw mau tulis beberapa kalimat yang mantep mantep dari kata pengantar buku ini :

========

“Sesungguhnya beruntunglah orang orang yang beriman (yaitu) orang orang yang khusyu dalam shalatnya” Q.S. Al Mu’minun 1-2.

Dalam bahasa arab, setidaknya shalat memiliki 2 pengertian. Pertama shalat berarti ikatan sebagaimana ditemukan dalam kata silaturahmi, yaitu bertemu untuk mengikat tali kasih sayang.

Kedua, shalat bermakna doa. Berdoa artinya berbisik, menyeru, dan meminta pada Allah. Dan Allah pun gantian akan membalas doa dan bisikan hambaNya. Hanya saja bisikan Allah begitu lembut, hanya telinga hati nurani saja yang mampu menangkapnya dengan jernih.

Shalat khusyu itu bukan diciptakan, tapi diterima, seperti kita tidak menciptakan cinta tapi menerima dan merasakannya.

“Ketahuilah bahwa hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang” (Al-Quran)

========

bener banget tuch kalimat kalimat diatas. Shalat itu mungkin seharusnya seperti seseorang ingin bertemu kekasihnya, dimana dia akan sangat menjaga penampilannya, menjaga pikiran dan tutur katanya, berkomunikasi dengan baik, dan saling memandang mesra melepas kerinduan (mungkin, awak belum pernah pacaran). Kenapa klo ama manusia bisa, ama Allah ga bisa?

Mungkin juga ini salah satu alasan kenapa umat islam ga maju maju, karena belum khusyu shalatnya.

Wallahu alam bisshawab.

Advertisements

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

One thought on “Shalat Khusyu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s