Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

Imagine Cup

11 Comments

Bismillahirrahmanirrahim..

Sekarang jam 01.32. Waktu gw nulis ini, gw ga bisa tidur. Entah kenapa, tapi gw merasa bahwa gw cupu banget selama ini. Gw nulis ini tepat setelah gw selesai baca proposal project dari pemenang Imagine Cup kategori Embedded Development tahun 2009. Pemenangnya (kalo ga salah orang cina/korea).

Bukan masalah teknologi yang digunakan, tapi masalah ide, kreatifitas, dan kesungguhan mereka dalam memberikan salah satu solusi untuk 8 permasalahan dunia.

Jadi Imagine Cup itu secara kasar mungkin seperti kompetisi pembuatan paper/sistem/solusi dari 8 permasalahan dunia, seperti kelaparan, kesehatan, pendidikan, dll. (info lebih lengkap lihat di imaginecup.com).

Ketika gw membaca proposal dan melihat video sang juara tahun lalu, gw bener bener nyadar bahwa level kreatifitasnya berbeda. Mereka out-of-box. Mereka juga konsisten terhadap solusinya dari tahun tahun sebelumnya. Sebelumnya mereka juara kategori software design. Dan kemudian mereka juara kategori embedded dovelopment. Luar biasa kan..

Jadi apa sich solusi mereka?

Goal mereka adalah “to end world hunger”. Solusinya adalah menciptakan sistem untuk membantu mengembangbiakan serangga yang bisa dimakan di afrika.  Pertama denger gw kaget kok bisa ada ide/solusi yang ga pernah terpikirkan oleh gw selama ini. Lihat videonya bagus, penyajian videonya oke walaupun narasinya ga terlalu bagus. Tapi waktu gw baca papernya, mereka meneliti ini sudah dari tahun 2005. Mereka lampirkan perkembangan mereka. Terlihat banget bahwa mereka emang bener niat membuat solusi tersebut. Bener-bener membuat gw tersadar. (dan gw semakin melek setelah melihat tulisan bahwa missionaris disana membuat solusi ini juga, dan sudah diterapkan. Mereka tidak hanya membuat makanan dari serangga, tapi juga biscuit dari serangga sehingga mereka merasa senang walaupun makan serangga).

Wew, beda banget ama gw yang sekarang. Gw jadi ingin berhenti sejenak. Apakah solusi yang gw buat untuk diikutin di imagine cup hanya untuk menang saja, atau memang bisa terus dilanjutkan untuk benar benar menjadi solusi?

Orang yang menang apakah orang yang pandai membuat paper, sistem yang modern,  presentasi, atau penyajian video yang bagus? Apakah yang menguasai teknologi canggih, rumit, terbaru? Gw rasa tidak. Tapi orang yang sungguh sungguh terhadap apa yang mereka yakini dan lakukan. Walaupun kalah, mereka akan tetap merasa sebagai pemenang, karena mereka yakin terhadap apa yang mereka lakukan bisa bermanfaat untuk banyak orang. Sang pemenang tidak akan pernah ragu dan kecewa.

Huff.. gw ga mau menyesal terhadap apa yang telah gw lakukan. Gw mau menang, tapi gw ga mau ragu kayak gini. Karena itu gw ingin berpikir sedikit lagi, untuk meyakinkan hati ini, bahwa imagine cup yang lagi gw ikuti, yang sudah banyak menyita, tidak boleh menjadi pembelajaran sia-sia.

{mohon doanya y teman-teman.. Sekarang gw lagi semifinal imagine cup. Kalo lolos ini, final berangkat ke polandia. Doakan gw ikhlas dan lurus menjalankan ini}

Si Pitung – Avicenna – goes to Warsaw, Poland.

Amin..

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

11 thoughts on “Imagine Cup

  1. weeww,, jangan ragu slih,, luruskan niat hanya untuk beribadah pada Allah,, selalu berdoa supaya Allah memantapkan hatimu, kawan…..

  2. Sekedar mampir

  3. amin2,,
    btw ide klompokny ashlih yg diikutin ke imagine cup-nya apa slih?

  4. wah Ci,,
    dengan tulus ikhlas sepenuh hati gw ucapkan,,

    semoga sukses!

    ikhlas, ihsan, istiqomah!

    *nama tiga anak kembar

    burung irian burung cenderawasih,
    cukup sekian dan terima kasih.

  5. chih, maan najah! semoga sukses yaa! (><)9
    haduh2 kalian keren2 sekalii, saya merasa cupu.. haha

  6. eia, mau tau juga dong idenya apa.. akakkak

Leave a Reply

