Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

Social Engineering

10 Comments

Social Engineering – Mencari No. HP Gita Gutawa

– dalam rangka tugas mata kuliah : Keamanan Informasi –

Sekitar akhir Januari saya mendapatkan tugas dari mata kuliah Keamanan Informasi (Mata kuliah non-prodi bagi anak EL) tentang social engineering. Dosennya adalah Pa Budi. Seperti biasa gaya khas Pak Budi mengajar adalah menayangkan film film menarik. Saat itu kami semua menonton film tentang hacker yaitu Kevin Mitnick.

Disini diceritakan bahwa Kevin Mitnick adalah seorang hacker (atau lebih tepat cracker) yang jago, tapi bukan yang paling jago. Hal yang paling menarik dari Kevin Mitnick adalah ia seorang yang sangat ahli dalam hal social engineering. Kemampuan inilah yang membuat dia terus lepas dari kejaran FBI. Ia berhasil melakukan serangan interception pada jaringan komunikasi FBI, sehingga setiap kali FBI mempunyai rencana, Kevin Mitnick sudah tahu apa yang akan dilakukan. Diceritakan bahwa pada suatu hari Kevin Mitnick melakukan hacking pada komputer seseorang, ternyata seseorang itu adalah seseorang yang pandai juga dalam ilmu hacking. Pada akhirnya Kevin Mitnick berhasil ditangkap oleh orang itu. Orang itu adalah Tsutomo Shimomura, orang jepang.

Jadi sebenarnya yang membuat seseorang lebih lihai adalah bukan kemampuan hacking yang dimiliki, tapi justru kemampuan social engineering. Kemampuan ini adalah kemampuan dalam hal komunikasi, mempengaruhi orang, dan membuat orang lengah (dalam kasus Kevin Mitnick). Social engineering bukanlah sesuatu yang illegal karena ini adalah skill yang bisa dibentuk dengan pengalaman. Karena itulah penting bagi seorang engineer memiliki/mempelajari hal ini.

Cerita intinya dimulai disini. Jadi pada suatu hari, Pa Budi menanyakan kepada kami siapa artis yang paling terkenal sekarang.. Anak-anak menjawab bermacam macam, seperti ada penawaran lelang barang. Sampai pada akhirnya ada yang menjawab Gita Gutawa. Lalu lelang ditutup dengan Gita Gutawa. Disebutkanlah tugas untuk kami adalah mencari nomor HP Gita Gutawa. Apa?! Tugas yang sangat aneh.. akhirnya fix tugas tersebut dan kita tidak boleh menyebutkan bahwa ini adalah tugas. Kita juga tidak boleh melakukan hacking pada komputer orang untuk mendapatkan nomor HPnya. Inti yang ditekankan dalam tugas ini adalah social engineering.

Saya sangat bersemangat mendengar hal ini, saya juga mau tau seberapa jauh saya bisa melakukan social engineering. Gagal berhasil urusan belakangan. Akhirnya saya coba-lah melakukannya. Dengan modal internet saya melakukan usaha pertama.

Usaha pertama yang saya lakukan adalah mengidentifikasi target, seperti profilnya, facebooknya, sekolahnya, dll (maklum saya ga suka nonton TV).  Ditemukanlah banyak informasi tentang Gita Gutawa, secara dia adalah artis terkenal. Saya mencoba mencari sekolahnya, karena awalnya saya ingin mencari database melalui sekolahnya. Akhirnya didapatkanlah bahwa dia sekarang bersekolah di SMP Islam (lupa) dan SMA Binus. Buka-buka website SMPnya, ternyata tidak ditemukan data nomor HPnya. Kemudian saya coba buka website Binus, ternyata lebih secure websitenya dibandingkan website SMPnya. Saya tidak bisa melangkah banyak karena hanya yang memiliki ID yang bisa masuk. (Oh iya, kenapa saya mencari di database SMA? Karena nomor HP saya ada di database SMA saya, jadi mungkin aja berhasil.)

Karena saya punya teman di binus, saya lakukan social engineering teman saya yaitu Edwin (maaf y win gw boong,hehe..). Seperti biasa basa-basi adalah senjata utama komunikasi, sehingga obyek setidaknya merasa nyaman dengan kita. Kemudian baru saya masuk ke babak utama, saya bilang mau pinjam nomor IDnya, cuma mau liat database aja sedikit. Seperti yang sudah saya duga, teman saya satu ini pasti heran dan bertanya kenapa. Saya sudah siapkan mental (tebal muka), saya jawab aja, sebenarnya saya ingin bisa dapat nomor HP Gita Gutawa, eh tidak, minimal alamat emailnya dech.. saya bilang saya mau ada penelitian kecil-kecilan, dan perlu data statistik, dan pengennya narasumbernya yang maksimal sekalian sehingga bisa dapat kesimpulan maksimal.

Yup, saya rasa saya berhasil di satu bagian kecil ini, karena teman saya ini tidak bertanya saya sedang mencari data statistik apa, untuk apa, dan detail lainnya, karena saya juga ga mau berbohong lebih lanjut lagi. (sekarang saya mengerti kenapa orang yang sudah terlanjur bohong akan terus berusaha menutupi kebohongannya, karena tidak ingin kebohongan sebelumya terbongkar sehingga nama baiknya hancur). Dia langsung menjawab apa adanya, Edwin bilang, “setau gw sich di website Binus itu ga disimpen database siswanya, jadi percuma juga kalo lo mau cari di website. Orang temen gw aja yang jadi asisten baru dapat no HP mahasiswanya waktu jadi asisten, jadi kayaknya ga mungkin dech nyari disana”. Oh gitu,, saya jawab. “kalo temen lo ada yang punya ga win?”. Edwin menjawab, “kayaknya ga ada dech, kan dia SMA Binus, SMA ama kampus beda yang ngurusnya”.

“hm.. yaudah dech win, kalo ada info kasitau gw y..”. akhirnya saya belum berhasil dapat dari teman saya yang satu ini, ga mungkin kan gw maksa-maksa, ntar ketauan. Akhirnya gw terjun ke teman gw yang satu lagi namanya Yulian Bagus (biasa dipanggil jebe). Rasanya saya perlu menceritakan teman saya yang satu ini..

Jebe adalah seorang yang sangat menyukai Putri Titian. Sejak SMA dia sangat mengidolakannya, sebegitu inginya sehingga ia berusaha untuk bisa bertemu dengan putri titian. Tapi yang saya salut dari teman saya yang satu ini adalah dia orang yang berhasil melakukan social engineering karena dia berhasil mendapat nomor HP Putri Titian, bahkan sampai ke tahap foto dan makan bareng bersama. Hebat kan?! Karena itu saya mencoba melakukan social engineering kepada teman saya yang satu ini. Saya bilang saya mau berguru ama dia.

“Be, ajarin gw cara lo bisa makan bareng ama Putri Titian dong.. gw juga mau nich ketemu artis,, (aduh sebenarnya gw malu mengakui hal ini ke dia, tapi apa boleh buat). Gw pengen banget bisa ketemu Gita Gutawa nich..” tapi tahukah teman-teman apa yang dia jawab,,

“Udahlah slih, lo cari cewe biasa aja, jangan artis.. repot slih..” wakakak, saya tertawa mendengar jawaban sms dia, saya sudah duga pasti dia salah paham.. sms kami berlanjut terus, sampai akhirnya saya menelpon dia supaya meyakinkannya bahwa saya serius. Saya akhirnya mendapatkan bagaimana caranya dia melakukan social engineering. Karena saya tidak mau dia salah sangka, yasudah saya putuskan untuk memberi tahu JB tentang hal yang sebenarnya. Saya tidak ingin dia salah paham. Yang penting saya sudah berhasil melakukan social engineering kecil-kecilan dan mendapatkan caranya.

Cara yang dilakukan adalah join di grup-grup / forum-forum fansnya, dan aktiflah disana. Akhirnya usaha yang ketiga mulai disini. Saya mencari banyak info, join di grup facebooknya, mencari forum forumnya, sampai-sampai saya mendapatkan website bernama http://www.nomorhpgitagutawa.com. Saya tertawa karena bisa-bisanya ada website seperti ini, tapi tidak ada isinya sama sekali. Karena terlalu banyak infonya, dan sepertinya tidak ada yang jelas, akhirnya saya putuskan untuk berhendi dulu. Pada akhirnya yang saya dapat hanya nomor HP manajernya. Saya belum menghubungi manajernya karena saya belum mendapat alasan yang paling baik untuk bisa melakukan social engineering kepada manajernya. Akhirnya saya tunda dulu sambil mencari ide-ide.

Sementara menunggu, saya masih punya teman yang bisa dihubungi, yaitu Oki Setiana Dewi. Dia sekarang udah jadi artis hebat (pemeran anna di film Ketika Cinta Bertasbih), ga nyangka teryata dia sudah berhasil melangkah dalam meraih cita-citanya. Wew, inget ini, gw jadi serasa cupu banget nich, blom berhasil meraih apa-apa, tapi lebih banyak gagalnya semenjak kuliah ini..

Untuk yang satu ini, gw langsung gagal, karena sms gw ga dibales. Kayaknya dia ga nyimpen nomor HP gw. dulu gw pernah ngehubungi Oki buat ngisi di acara ramadhan Salman ITB. Karena gw khawatir dia ga nyimpen no HP gw, gw tulis nama gw dibawahnya. Ternyata dia ngerespon, dan kita ngobrol cukup banyak waktu itu, (walaupun akhirnya gw ga jadi ngundang Oki di acara ramadhan karena hasil syuro menyatakan, Batal, padahal gw yg mimpin syuro tapi gw juga yang gagal,hihi,,). Minimal no HPnya bener dan dia masih inget gw, tapi bener dia ga nyimpen nomor HP gw. yaudahlah, jadi inget pesen jebe, repot ngehubungi artis,hehe..

Akhirnya sampai sekarang saya belum berhasil dapat no HP Gita Gutawa. Mungkin juga karena saya lemah dalam hal forum-forum, bahkan akun rileks aja saya lupa ID ama passwordnya. Kemudian karena belum dapat ide buat ngebohongin manajernya juga makanya sampai sekarang belum berhasil. Phew, yaudah lah, walaupun tugas ini gagal, tapi gw masih mau mencoba social engineering minimal kayak yang dilakukan Jebe. Semoga aja akhir semester ini gw udah bisa foto bareng,hehe..

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

10 thoughts on “Social Engineering

  1. 🙂 very nice…..
    jangan menyerah ya ashlih!!!!!!*hihihi*

  2. social engineering,wow, saya cukup tertarik, barusan nyoba dikit, gak dapet, hhe 😛

    semoga sukses tugasnya slih 😀

  3. hahaha, pengalaman yg lucu, ntar kalo udah jago mungkin bs dapet nomor2 orang tkenal laenny :p
    tp tnyata social engineering it pake teknik ngibul jg y 😀

  4. ngakak gw bacanya slih,, kocak banget,,,
    kalo social engineering kayanya banyak bersinggungan dengan psikologi nih
    *ngelirik dea
    coba berguru ama dea aja, atau butuh bantuan buat hubungin oki? coba ke vidya aja… hehe

  5. Klo di tempat gw yg kayak gini2 anak SI yang belajar, trus nama mata kuliahnya manajemen keamanan informasi (MKI)

    Klo gw belajar kriptografi dengan pendekatan matematika abstrak @_@ , klo di MKI belajar mempengaruhi orang sampe keceplosan membocorkan hal penting.

  6. kok gw ngeliat ini sedikit banyak mirip ama dunia intelijen yak.

    blajar ma bokap gw aja Ci, kalo g salah boka gw pernah di BIN dah bentar. haks4.

  7. Bahkan akun rileks aja lupa…
    Gyaaaa whuahahahaha…
    Parah..

    Btw, WordPress awak udah kagak kadal luar angkasa lagi, Ci…

  8. hell0…., gita gutawa aq blh mnt’ n0 henf0nd km gx ?

  9. @marsha delia

    maaf saya bukan gita gutawa…
    saya cuma orang yang kebetulan juga lagi nyari
    no HP gita gutawa,,
    hehe..

  10. ahaha.. ternyata motif lo itu toh slih.. :ngakak

Leave a Reply

