Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

Tips kalo ditilang

11 Comments

Bismillahirrahmanirrahim..

sebelum gw ngasi tips kalo ditilang, mungkin gw mau kasih gambaran sedikit waktu gw disidang. oh iya, ini persidangan SIM ditilang lho.. bukan waktu gw difitnah itu.. (apaan sih GJ)

pertama masuk :

masukkan surat tilang slip merah kita ke tempat pengantrian, suasana agak mencekam.

awal dimulai :

hakim masuk, mulai membaca nama orang yg ditilang, menyuruh maju ke depan, ditanyain melanggar apa, selesai, ganti orang, masih sama, ganti orang ketiga, masih sama..

setelah orang ketiga :

nama dipanggil, tanpa ditanya apapun, langsung disuruh ke pos tempat bayar denda, dst.

apa?? gw kirain disidang itu tiap orang ditanyaain, ternyata cuma diliat aja kertas sidang kita, bayar denda, trus selesai. entah kenapa gw merasa dateng disidang itu cuma buang buang waktu aja, tapi supaya gw ga buang buang waktu aja, gw ngobrol ngobrol ama satpamnya ttg pertilangan. berikut adalah hasil kesimpulannya :

kalo kita ditilang, maka :

pertama tanya dulu kesalahan kita apa,
lalu tunjukkan SIM dan STNK kita,
kemudian terjadi perbincangan dan penawaran,
kita akan ditawarkan apakah kita mau di tilang ata bayar denda disini,
maka kita jangan pilih bayar denda disini,
karena itu adalah nama lain dari uang damai,

lalu kita milih apa?

sebenarnya ada satu pilihan lg yang biasanya disembunyikan oleh penilang,
yaitu pilihan bayar lewat bank.
bilang aja, kita mau bayar lewat bank dan minta slip biru.
jika lancar (tidak dipersulit) maka kita akan melakukan penentuan harga penilangan,
kita minta aja daftar biaya tilang itu berapa,
biasanya melanggar rambu 30rb, ga pake helm sekitar 20rb, dll

setelah minta lalu kita akan disuruh transfer ke bank,
ambil bukti transfer,
lalu ambil SIM kita di polres daerah kita ditilang,
bukan di tempat kita ditilang.

kelebihan bayar di bank itu adalah lebih cepat selesai,
walaupun kita akan sedikit repot bolak balik ke bank dan polres,
tapi ini kelebihan kalo emang kita ga bisa dateng karena waktu sidang bertepatan dengan ujian misalnya,
akan tetapi gw saranin ikut sidang aja,
menambah pengalaman,
lagi pula ga lama kok,
waktu itu gw cuma sekitar 50menit dari pertama kali dateng ampe selesai.

semoga bermanfaat

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

11 thoughts on “Tips kalo ditilang

  1. asslm, akh pengalaman yang berharga… eh mau nanya tema blog antum namanya apa sh, gambar naruto di atas bisa diganti2 kan? lagi nyari tema yan bagus ne…

    tu ane udah cment, gantian commnt donk..he3

  2. Assalamualaikumn…

    Akh, ga prnah ngerasain ditilang nih…

  3. kalo gak punya SIM didenda berapa slih?hhe

  4. Masalahnya Bapak Polisi yang terhormat sering ndak bawa itu slip biru…
    Kampret sekali bukan? Maksa buat ambli slip merah! 👿

  5. Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

    Ashlih,, blognya q link yah…link juga blogq 🙂
    Semangat2 buat PMBR!

    Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

  6. yah, gw kira tips buat menghindari tilangan…..

    (kecewa…)

  7. @wahyu
    temanya bebas aja,hehe

    @denli
    ywdh cari masalha aja, lumayan dapet pengalaman

    @Eckq
    kalo ga salah sekitar 50rban dech,hehe

    @ardianto/iwan
    wah, ntar kalo ditilang lagi, gw coba tanyain deh..

    @Racha
    udah kok

    @Zul
    buat menghindari tilangan
    tipsnya : lengkapi segala atribut anda
    hehe

  8. waktu tu gw baca di blog tetangga ttg pertilangan. dia ribut abis2an sm pak polisi gara2 minta slip biru. hahaha.. sungguh deh keder gw mah ama polisi

  9. aduh gw ga pernah ditilang sih ci gimana yah (hahahaha orang kemana2 naek angkot juga:p)

  10. asslm..
    wah baru baca blog ini, alhamdulillah, karna saya ditilang, tapi hari sidang udah lewat…jadi tambah ilmu dengan baca blog ini. Oh ya, tau gak, kalo hari sidang udah lewat, ambil sim nya di mana ya? Syukran. salam kenal.

  11. ini ashlih

    wasw.
    salam kenal juga dino,,

    stau saya tetep diambil di tempat sidang, tapi kykny kena denda lg dech..
    tanya tanya aja ke polisi (yg terlihat terpercaya) disana klo udah nyampe..

Leave a Reply

