Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

Problem Solving Approach

Leave a comment

Seperti biasanya, Insinyur harus selalu bersifat logis. Dalam penyelesaian masalahpun juga harus mempunyai metode yang logis. Pendekatan yang biasanya dipakai adalah Problem Solving Approach. Berikut adalah algoritmanya..

Untitled

Maksud dari diagram alir diatas adalah, pertama-tama dalam menyelesaikan masalah, kita harus mengidentifikasi terlebih dahulu masalah tersebut. Kalau kita tidak mengetahui masalah tersebut, bagaimana mungkin kita bisa menyelesaikannya. Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak mau menyelesaikan masalah bersama (halah, gombal pisan euy…)

Langkah selanjutnya adalah mensintesis masalah tersebut menjadi bagian bagian kecil. Ibaratnya itu kita membuat solusi tapi masih dalam tahap brainstorming. Semua hal hal yang berhubungan dengan masalah tersebut disebutkan dan kemudian dipilah pilah.
Lalu yang ketiga adalah menganalisis semua bagian solusi yang sudah kita pilah pilah. Langkah ini bertujuan untuk mengefektifkan langkah yang akan kita tempuh.

kemudian mengaplikasikan hasil analisis kita apakah bisa diterapkan. Jika kita tidak pernah mau mencoba untuk menyelesaikan masalahnya, maka masalahnya tidak akan pernah selesai. Buat apa udah susah payah buat analisis, tapi kita tidak berani mencobanya.

Next, memeriksa apakah hasil yang sudah berhasil kita aplikasikan itu ternyata benar benar bisa diterapkan untuk semua jenis masalah. Jika sudah, maka kita buat kesimpulan untuk penyelesaian masalah tersebut. Jika belum, maka teruslah membuat analisis lain yang dapat menyelesaikan masalah itu dengan lebih umum.tanda panah mengarah pada synthesis karena sebelum membuat analysis, kita harus kembali mengeluarkan brainstorming tambahan agar dapat data yang baru.

Jika dalam waktu yang ditentukan belum dapat kesimpulan yang umum juga, maka gunakan kesimpulan sementara.
Algoritma diatas sangat berguna untuk membantu menyelesaikan berbagai jenis masalah, bahkan untuk masalah memasak sekalipun.. ^^

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s