Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

Pemanasan Global

Leave a comment

Bismillahirrahmanirrahim…

Masalah pemanasan global seringkali kita dengan baik di Televisi, Radio, surat kabar, maupun dari pelajaran kuliah. Seperti berita kriminal, sering dilihat tapi mudah dilupakan. Kita menyadari tentang masalah ini, tetapi kita merasa bahwa masalah kita juga ada banyak sehingga kita sering merasa bahwa yang penting adalah menyelesaikan masalah kita dahulu baru yang lain. Padahal masalah manusia itu sebenarnya tidak akan pernah habis, kalaupun ternyata tiba tiba kita telah menyelesaikan habis masalah kita, apakah benar kita akan langsung melirik masalah pemanasan global untuk menyelesaikannya? Apakah pemikiran bahwa masalah global ini bukan masalah kita akan menyelesaikan permasalahan ini? Kalo kita melirik fakta yang ada, ternyata pemanasan global juga sangat dekat dengan kehidupan kita. hal ini akan sangat sangat berbahaya untuk masa depan kita jika kita tidak segera menyelesaikannya.

Menurut berbagai sumber yang ada, masalah utama pemanasan global adalah emisi gas CO2.  Gas ini dapat berasal dari banyak hal, baik kebakaran hutan, asap industry, asap kendaraan bermotor, pembakaran sampah, Listrik, bahkan dari pernapasan kita saja menghasilkan gas CO2. Karena kita manusia tidak mungkin mengubah gas buangan pernapasan kita sendiri, maka hal ini tidak dijadikan kategori penyebab masalah :p

Kebakaran hutan (deforestasi) merupakan salah satu masalah besar di Dunia. Menurut State of the world’ forest 2007 yang dikeluarkan FAO, Angka deforestasi Indonesia pada tahun 2000-2005 mencapai 1,8 juta hektar pertahun. Sedangkan pada tahun yang sama Brazil mencapai 3,1 juta hektar pertahun. Sekilas brazil merupakan Negara deforestasi terbesar di dunia, tetapi karena Brazil memilikihutan yang jauh lebih besardibandingkan Indonesia, maka laju deforestasi Indonesia adalah 2% pertahun. Sedangkan Brazil 0,6% pertahun.

Asap Industri, kendaraan bermotor, dan pembakaran sampah juga jelas sangat berbahaya. Karena mereka semua menghasilkan asap pembakaran berupa CO ataupun CO2 yang mana bisa menambah gas penyebab pemanasan global jika tidak diolah dengan benar. Selain menghasilkan gas tersebut, juga menghasilkan gas lain berupa NOx , SOx ,Pb , yang mana dapat mengganggu kesehatan manusia sekaligus dapat juga menyebabkan hujan asam.

Masalah listrik? Sepertinya terdengar aneh, tapi ini ternyata fakta yang juga mengejutkan. Menurut DetikINET, dari berbagai piranti yang diuji, computer menempati peringkat teratas penyumbang emisi karbon sebesar 40%. Sementara itu menurut data Kevin klustner, CEO dari Verdiem, konsumsi energy listrik bagi computer di seluruh dunia terbuang sekitar 5,4 miliar dolar amerika selama setahun karena dipakai dengan sia sia.

Dari semua factor factor penyebab pemanasan global, sepertinya agak sulit jika kita harus terjun ke lapangan kemudian berdemo agar pemerintah serius menghadapi deforestasi, menghadapi masalah asap Industri, asap pembakaran sampah, asap kendaraan bermotor, dan penyebab lainnya. Jika kita hanya menunggu aksi dari pemerintah, maka sebuah kesuksesan membangun Negara yang bebas dari polusi pun hanya akan menunggu saja di ujung perjalanan dan tidak pernah akan datang dengan sendirinya kepada kita. yang perlu kita lakukan sekarang adalah aksi nyata dari diri kita sendiri.

Kalau begitu, apa saja sich yang bisa kita lakukan agar Dunia ini bisa sehat kembali. Beberapa diantaranya adalah..

1. Menggunakan kendaraan bermotor seperlunya saja. Bukankah jalan kaki/bersepeda akan sangat menyehatkan untuk tubuh kita. jika kita merasa bermasalah dengan hal ini karena waktu, maka yang perlu kita lakukan adalah kembali melatih me-manage waktu kita.

2. Mulailah menjaga lingkungan sekitar kita. dengan memulai membuang sampah pada tempatnya, memisahkan jenis sampah yang ada, maka pengolahan sampah akan bisa menjadi lebih baik.

3. Untuk masalah listrik, maka jika tidak terlalu perlu memakai computer, maka dimatikan saja karena selain bayar listrik mahal, hal itu juga terbuang sia sia. Mungkin kita bisa berpikir bahwa kita sudah membayar listriknya sehingga kita bebas memakainya, akan tetapi ingatlah bahwa mubazir adalah perbuatan setan. Kemudian juga lampu lampu jika tidak dipakai, dimatikan saja. Hemat energi juga termasuk ke dalam hemat sumber daya alam.

Sebenarnya masih banyak sekali tips tips lain tapi dapat kita kembangkan sendiri. Kalau kita masih memikirkan bahwa tidak akan ada orang yang mau melakukan ini/ menjaga lingkungan, maka hal ini memang tidak akan pernah selesai. Kalaupun ada, apakah kita ingin menjadi orang yang sudah mengetahui kebenaran tetapi tidak mau melaksanakannya? Apakah kita ingin menjadi golongan orang yang tidak peduli terhadap sesama atau orang yang hanya paham benar teori tapi tidak mau dipraktekkan? Teori sebaik apapun tidak akan berguna jika tidak diaplikasikan. Selama kita masih mampu, maka kitalah yang harus memulainya dari diri sendiri, dari hal hal yang kecil, dan dari sekarang juga.

Advertisements

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s