Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

HKI

Leave a comment

kalo ngomongin yang satu ini, susah banget buat kita untuk menghargai hak orang yang telah berkarya dengan membeli original. Mau beli yang original, tapi mahal. mau beli yang bajakan juga ga tega.mau minjem punya orang yang original, tapi ga ada yang punya. Mau pinjem yang bajakan, sama aja ngebajak juga. Bagaikan nggak makan buah simalakama nich..

kenapa sich harus ada HKI (hak kekayaan intelektual)? Atau bahasa kerennya intellectual property right. Ya jelaslah,, karena membuat suatu karya itu tidak mudah! Selain itu suatu karya pasti ada manfaatnya. Kalo gitu kenapa suatu karya dipublikaksikan tapi ga mau dibajak? Sederhananya, suatu karya kalo tidak dipublikasikan, maka tidak akan ada manfaatnya.

HKI itu dibagi 2, yaitu Hak Cipta dan Hak Kekayaan Industri. Hak Cipta (copyright) adalah hak eksklusif bagi Pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.(Pasal 1 ayat 1). Sedangkan Hak Kekayaan Industri itu meliputi paten, merek, desain industry, desain tata letak sirkuit terpadu, rahasia dagang, dan varietas tanaman.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2001, Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada Inventor atas hasil Invensinya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri Invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya (Pasal 1 Ayat 1).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 , Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf- huruf, angka- angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur- unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa.(Pasal 1 Ayat 1)

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000, Desain Industri adalah suatu kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis atau warna, atau garis dan warna, atau gabungan daripadanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memberikan kesan estetis dan dapat diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkan suatu produk, barang, komoditas industri, atau kerajinan tangan. (Pasal 1 Ayat 1)

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2000, Sirkuit Terpadu adalah suatu produk dalam bentuk jadi atau setengah jadi, yang di dalamnya terdapat berbagai elemen dan sekurang-kurangnya satu dari elemen tersebut adalah elemen aktif, yang sebagian atau seluruhnya saling berkaitan serta dibentuk secara terpadu di dalam sebuah bahan semikonduktor yang dimaksudkan untuk menghasilkan fungsi elektronik.(Pasal 1 Ayat 1)

Desain Tata Letak adalah kreasi berupa rancangan peletakan tiga dimensi dari berbagai elemen, sekurang-kurangnya satu dari elemen tersebut adalah elemen aktif, serta sebagian atau semua interkoneksi dalam suatu Sirkuit Terpadu dan peletakan tiga dimensi tersebut dimaksudkan untuk persiapan pembuatan Sirkuit Terpadu. (Pasal 1 Ayat 2)

Menurut Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000, Rahasia Dagang adalah informasi yang tidak diketahui oleh umum di bidang teknologi dan/atau bisnis, mempunyai nilai ekonomi karena berguna dalam kegiatan usaha, dan dijaga kerahasiaannya oleh pemilik Rahasia Dagang.

Intinya semua elemen diatas dilindungi hukum. Lalu bagaimana mungkin kita bisa ikut memakai suatu produk / jasa yang original tetapi harganya terlalu mahal? Kita akan mengenal yang namanya moral right dan economic right. Moral right lebih kepada bagaimana kita menghargai suatu karya dan tidak melakukan pembajakan. Economic right lebih kepada bagaimana kita bisa memakai suatu produk bajakan tetapi hak ekonomi pencipta tidak dilanggar.

Inti kesimpulannya adalah, jika kita ingin memfotokopi suatu buku,maka yang perlu kita fotokopi adalah bagian yang kita perlukan saja. Tidak berlebihan, tidak semua buku difotokopi, atau tidak difotokopi untuk dijual. Hal ini didasarkan pada economic right. Selain itu juga terdapat undang undang yang mengatur bahwa jika kita memakai sesuatu produk dengan tujuan pendidikan, maka itu diperbolehkan dengan berbagai aturan tentunya.

Oleh karena itu, kepada semua orang yang sudah paham tentang hal ini, agar mulai menghargai hasil karya cipta orang lain. suatu karya cipta tidak mudah untuk dibuat. Apakah kita mau nantinya jika kita berhasil menciptakan sesuatu, maka karya kita dirampas oleh orang lain dengan seenaknya.

Advertisements

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s