Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

Pengaruh Teknologi dalam kultur kita

Leave a comment

film

a. Die Hard 4.0

Film ini menceritakan tentang sekelompok hacker yang ingin meminta uang kepada pemerintah, dan jika tidak menyerahkan uang, maka semua fasilitas yag ada di amerika yang dikendalikan oleh computer akan dihack dan dikendalikan olh penjahat tersebut. Lalu dimulailah petualang sang jagoan untuk mencari dan menangkap penjahat tersebut. Film ini menggambarkan betapa mudahnya kita untuk mendapatkan banyak informasi asalkan kita bisa memahami teknologi. Kita bisa mendapatkan banyak hal jika kita mau belajar dan berusaha.

b. Transformer

Jika anda ingin sesuatu yang segar, maka tontonlah film ini. Film ini benar benar totalitas dalam memberikan efek efek visualisasi yang akan memanjakan mata kita. Film yang secara konsep adlah imajinasi anak anak kecil ini ternyata juga sangat cocok untuk ditonton oleh orang dewasa. Mungkin saja suatu saat nanti kita dapat menciptakan sebuah kendaraan yang dapat berubah, baik menjadi kendaraan lain maupun menjadi robot yang cerdas. Kita tinggal menggabungkan konsep robot artificial dengan konsep kendaraan kemudian didukung oleh proses transformasi maka jadilah sebuah teknologi baru yang sangat menjanjikan. (hm.. disinilah letak permasalahan terbesarnya..)

c. The Matrix

Film yang dibintangi oleh Keanu reeves ini sangat memukau penonton. Pasalnya selain efek efek yang sangat canggih, pemerannya pun ganteng ganteng dan cantik cantik (alah.. basa basi memuji..). film ini jelas mengandung unsure teknologi. Salah satunya adalah mengenai gerak relative. Jka kita mampu bergerak dengan kecepatan relative hamper sama dengan benda lain, maka benda tersebut akan terlihat hampir diam terhadap kita. Saat ini teknologi macam itu sudah dimanfaatkan dalam bidang pesawat terbang. Jika saja kita mampu melaju dengan sangat cepat,maka jarak bukan lagi halangan untuk manusia jika ingin saling bertemu.

2. Buku/Cerita

a. Full Metal Alchemist

Walaupun cerita ini lebih banyak menggambarkan tentang alkimia, tetapi terdapat unsure teknologi juga. Salah satunya adalah pemeran utama tokoh ini, Edward elric. Ia seorang alkemis jenius tetapi tangan kanan dan kaki kirinya telah lenyap karena suatu peristiwa sehingga diganti dengan tangan dan kaki robot. Teknologi semacam itu mungkin saja dibuat untuk digunakan oleh orang yang cacat anggota tubuh sehingga orang tersebut masih dapat beraktivitas.

b. Yu Gi Oh

Ini adalah salah satu certa yang paling saya suka. Ceritanya tentang seorang tokoh bernama yugi yang memiliki 2 kepribadian sehingga semua orang yang suka mengganggunya akan dilenyapkan melalui game kegelapan. Selain game kegelapan, yugi juga sangat ahli dalam game lain. Game yang ditekankan dalam cerita ini adalah game kartu M&W. salah seorang rival yugi, bernama kaiba. Ia memiliki kaiba corporation dimana perusaahan ini bergerak maju dalam bidang game M&W. melalui duel disk dan duel ring, maka pemain dapat melihat visualisasi kartu seperti pada aslinya. Suatu saat nanti, mungkin para gamer sejati mulai dapat menikmati visualisasi hologram dari kartu sehingga permainan game kartu menjadi lebih menegangkan.

c. Let’s and Go

Film yang bercerita tentang game tamiya ini benar benar memberikan banyak pengetahuan kepada anak anak. Bagaimana tidak, film ini mengajarkan anak untuk dapat berpikir teknis agar mobil miliknya dapat melaju lebih cepat. Apakah itu melalui penggantian roda, body mobil yang aerodinamis mupun perbandingan gear pada dynamo. Melalui film ini diharapkan agar anak anak termotivasi untuk menciptakan mobil yang efisien dan tidak boros energy.

3. Lirik Lagu

a. SMS

Lagu ini menceritakan salah satu teknologi yang disalahgunakan oleh orang sehingga orang yang mengerti teknologi akan mengetahui salah satu penyimpangan orang tersebut. Salah satu lirik yang menggambarkan pmanfaatan teknologi dalam penyimpangan adalah, “Bang, sms siapa ini bang? Kok pesannya pake sayang sayang…”

b. Radio

Lagu yang dipopulrkan oleh Sheila on 7 ini ternyata menyimpan makna dalam pada teknologi. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang ingin menyampaikan kerinduannya pada seseorang lewat radio. Walaupun ia tidak tahu dimana orang ersebut, tetapi ia dapat menyampaikan pesannya lewat radio. Sekarang ini pun kirim kirim salam di radio sudah menjadi hal yang biasa. Salah satu liriknya adalah, “lewat radio, aku sampaikan, kerinduan yang lama terpendam..”

c. MiRC

Lagu ini termasuk lagu yang udah lama banget. Lagu ini menceritakan tentang orang yang memanfaatkan Teknologi Internet untuk chatting. melalui chatting, ramli mendapatkan seorang gebetan baru bernama Putri. Sebenarnya mencari jodoh lewat chatting itu kurang bagus karena orang itu belum kita kenal apakah orang baik-baik atau tidak. oh iya, salah satu lirik lagunya itu adalah, “si Ramli raja chatting, punya gebetan namanya Putri…”

Advertisements

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s