Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

What is Engineering??

Leave a comment

Apa itu Teknologi? Argh,, padahal gw milih ITB karena gw suka ama elektronik, makanya gw ingin memperdalam teknik, tapi sekarang malah ditanya ama dosen apa itu teknologi dan apa itu teknik. Trus bedanya apa. Udah itu jadi tugas lagi, mana gw juga bingung lagi gimana ngejelasinnya…

Kita pasti tau computer, kita juga punya HP, kita kuliah naek angkot (mohon maaf untuk yang jalan.. {padahal gw sendiri jalan}), kita nyari nyari orang yang punya antenna astro supaya bisa nonton liga inggris, kita suka dengerin music di MP3 player, atau bahkan kita punya hardisk eksternal yang bisa digunakan untuk menyimpan hasil download film naruto untuk ditonton di waktu senggang. Semua itu merupakan bagian dari teknologi.

Orang yang melaksanakan/berperan dalam teknologi disebut insinyur. Insinyur itu pasti orang yang hebat dech.. (hehe ^^). Karena dia dapat membaca permasalahan masyarakat,berpikir kreatif, dan menciptakan solusi cerdas. Ga percaya?

DJaman dahulu kala, orang masih pake kartu pos buat ngirim ucapan lebaran, orang orang masih memakai mesin tik untuk menulis sesuatu secara rapi,dll. Tapi sekarang, tinggal ketik reg <spasi>chat and date, kemudian kirim ke nomor tujuan maka tiba tiba aja kita akan segera memiliki teman baru untuk diajak ngobrol. Atau ketika kita bingung bagaimana untuk mengunjungi sanak saudara di tempat nun jauh disana, sekarang sudah ada psawat terbang.

Seorang insinyur melihat permasalahan yang ada,kemudian dengan kreatif, mereka menciptakan benda yang dapat membantu pekerjaan mereka. Maka dapat juga dikatakan bahwa insinyur adalah seorang problem solver. Seorang insinyur juga harus ahli dalam bidang matematika, science, dan ekonomi. Bagaimana agar produk yang diciptakan dapat memberikan keuntungan kepada banyak pihak,baik pembuat, penjual maupun pembeli. Selain itu juga insinyur juga harus pandai bekerja sama dan berkomunikasi agar ide yang ia ciptakan dapat dikembangkan, dibantu oleh pihak sponsor, dan dapat dipahami oleh masyarakat.

Seorang insinyur dengan seorang scientist adlah berbeda. Dimana ketika seorang scientist membuat hipotesis dan kesimpulan, seorang insinyur menggunakan hipotesis tersebut untuk dimanfaatkan menjadi pembuatan produk yang bermanfaat. Jika ternyata seorang insinyur gagal mengaplikasikan idenya, maka ia harus bekerja sama dengan scientist untuk kembali merevisi teorinya, dan begitulah seterusnya.

Lalu apa itu teknologi dan bedanya dengan teknik? Argh.. tetap aja gw masih bingung ama pertanyaaan ini. Sejauh ini, palingan menurut gw teknologi itu adalah sekumpulan teknik teknik yang saling bekerja sama dan membuat suatu perkembangan dalam peradaban yang ada. Kalo teknik itu ilmu yang digunakan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan menerapkan dari ilmu lainnya. Yah.. pengertiannya agak ga ngenakin sich tapi terima aja lah…

Advertisements

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s