Ash

Menjadi bagian dalam pembuktian bahwa Islam adalah Rahmatan lil Alamin

Perumpamaan

Leave a comment

Beruntunglah kita yang selalu berusaha untuk berteman dengan orang saleh. Selalu saja ada manfaat yg bisa kita petik.
Hari ini saya ngobrol2 dgn teman, dan karena terlalu bersemangat akhirnya keluarlah perumpamaan2 dalam pembicaraan tersebut. tapi karena pembicaraan belum selesai sudah diputus, akhirnya pesan yg ingin saya sampaikan rasanya tidak tersampaikan dengan baik.
Alhamdulillah saat itu ada ust topan, akhirnya saya coba melanjutkan pembicaraannya dengan ust topan. Beliau mendengarkan saya sampai habis, dan setidaknya saya merasa pesan saya sudah tersampaikan.
Tapi hal yang menarik adalah, beliau melihat kelemahan dalam perumpamaan yg saya buat sehingga beliau mencoba memperbaiki dan saya pun paham bahwa memang perumpamaan saya kurang tepat. Alhamdulillah jadi dapat tambahan ilmu..
Setidaknya ada beberapa hikmah dalam pembicaraan hari ini:
1. Berteman dengan orang saleh/baik insya Allah bisa menularkan kebaikan juga kepada kita
2. Berhati hatilah dalam berbicara, apalagi menggunakan perumpamaan (tidak gegabah). Jgn sampai perumpamaan tersebut jadi menyesatkan pikiran kita.
3. alangkah lebih baik apabila berbicara dengan org, biarkan org tersebut menyelesaikan pembicaraannya terlebih dahulu, shingga jika ada kesalahan menurut pendengar, maka kesalahan tersebut bisa lebih diterima oleh pembicara ketika disampaikan.
#teguran untuk diri sendiri!

هُوَ الَّذِي أَنزَلَ عَلَيْكَ الْكِتَابَ مِنْهُ آيَاتٌ مُّحْكَمَاتٌ هُنَّ أُمُّ الْكِتَابِ وَأُخَرُ مُتَشَابِهَاتٌ فَأَمَّا الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ زَيْغٌ فَيَتَّبِعُونَ مَا تَشَابَهَ مِنْهُ ابْتِغَاءَ الْفِتْنَةِ وَابْتِغَاءَ تَأْوِيلِهِ وَمَا يَعْلَمُ تَأْوِيلَهُ إِلَّا اللَّهُ وَالرَّاسِخُونَ فِي الْعِلْمِ يَقُولُونَ آمَنَّا بِهِ كُلٌّ مِّنْ عِندِ رَبِّنَا وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ

Author: ashlih

electrical engineering ITB no gakusei desu

Leave a comment